Test Keberanian, 5 Destinasi Wisata Ekstrim Di Indonesia

Tulisan ini kiriman Guest Blogger, Burhan Abdillah. Teman-teman juga bisa menulis untuk blog ini sesuai dengan syarat dan ketentuan.

Bagi seorang pria, wisata tak hanya sekedar menikmati keindahan alam saja, terlebih sekedar berswafoto, melainkan mereka berharap dapat melakukan aktivitas ekstrim. Oleh sebab itu jangan heran apabila pria lebih selektif dalam memilih destinasi wisata liburan. Tujuan mereka hanya ingin menghilangkan rasa penat sekaligus mendapatkan pengalaman menyenangkan berada di objek wisata-wisata ekstrim, khususnya bagi para pria tinggal di kota besar begitu mendambakan suasana berbeda. Nah, dari sekian banyak tujuan wisata memacu adrenaline, berikut beberapa destinasi wisata ekstrim di Indonesia paling menarik dikunjungi.

Kereta Gantung Di Pantai Timang

Sebagai kota istimewa, Provinsi Yogyakarta memeliki sejumlah objek wisata kece. Walaupun memang sih lebih di dominasi oleh wisata pantai, lantaran letak geografis Jogja perbatasan langsung dengan pantai laut selatan, lebih tepatnya di Kabupaten Gunungkidul. Misal di pantai Timang, wisatawan benar-benar bisa merasakan sensasi wisata alam dengan menaiki kereta gantung. Berada di ketinggian mencapai 50 meter dan memiliki jarak sejauh 100 meter. Kondisi kereta pun terbuat dari kayu ala kadarnya, nampak begitu tradisional. Bahkan ketika melintasi laut, percikan ombak air sampai ke badan. Kereta gantung hanya dapat dinaiki oleh satu orang, tidak lebih.

Gua Jomblang

Masih di kota pelajar, ternyata di Kabupaten Gunungkidul tak hanya menawarkan destinasi wisata pantai saja, jenis-jenis wisata lainnya seperti air terjun, gua, area perbukitan, sungai dan budaya begitu menarik dikunjungi. Gua Jomblang Gunungkidul misal, merupakan gua terkenal dengan cahaya surga lantaran untuk memasuki gua tersebut terbilang sulit, yakni wisatawan wajib melewati mulut gua secara vertikal.

Cara masuk gua, membutuhkan teknik penurunan tali tunggal. Jadi pengunjung begitu dibatasi, agar terhindar dari hal-hal tak diinginkan. Setelah memasuki gua, wisatawan bakal disuguhkan pemandangan gua bersejarah yang banyak ditumbuhi oleh tanaman endemic melalui proses evolusi akibat paparan sinar matahari.

Panjat Tebing Citata

Wisata ekstrim di Indonesia selanjutnya cocok buat kamu hobi memanjat. Berada di area pegunungan kapur Citatah Jabar. Wisata adrenalin di bogor ini menawarkan sensasi memanjat tak biasa. Dengan ketinggian tebing mencapai 100 meter, para climbing dihadapkan permukaan batu tajam-tajam dan terbilang lapuk. Oleh sebab itu harus berhati-hati terhadap alas kaki pijakan ketika memanjat tebing. Sangat cocok buat kamu gemar memacu adrenalin.

Ranto Canyon Brebes

Kalau barusan membahas kegiatan memanjat, kali ini objek wisata cocok bagi kamu memiliki kegemaran rafting. Wisata Ranto Canyon Brebes merupakan wisata alam menawarkan berbagai kegiatan liburan menyenangkan seperti body rafting, berenang dan cliff jumping. Umumnya pengunjung datang kesini ingin menikmati aliran sungai dari atas, objek wisata Brebes ini sangat cocok bagi kamu merindukan suasana asri.

Wisatawan bakal diajak menyusuri aliran sungai sekitar 770 meter. Selama kegiatan penyusunan sungai, bakal disuguhkan panorama tebing-tebing kokoh terletak mengapit ke dua sisi sungai dan keragaman bebatuan keren, sehingga seolah-olah pengunjung terbawa nuansa liburan ala Eropa. Pemandangan seperti itulah membuat siapa pun bakal berdecak kagum keindahan alam nusantara.

Wisata Paralayang Malang

Kota apel Malang, merupakan salah satu tempat paling favorit dikunjungi oleh wisatawan domestik. Semua itu bukan tanpa sebab, keindahan alam menyatu dengan hawa sejuk khas kota Malang, membuat wisatawan senantiasa berkunjung di sini. Terlebih lagi fasilitas super lengkap telah tersedia, misal aja bagi pengunjung ingin merasakan sensasi terbang di langit dapat merasakan sensasi paralayang di Batu Malang.

Sekitar tahun 2011, wisata adrenalin di Malang ini begitu viral, ya pada waktu itu dijadikan tempat penyelenggara event Batu Open Paraglinding yang diikuti oleh para atlit-atlit kondang domestik hingga mancanegara. Semenjak event itulah Kota Batu Malang mematenkan diri sebagai pelopor paralayang se Jawa Timur. Cukup membayar paket wisata sebesar Rp. 350.000 sampai Rp. 500.000, wisatawan sudah dapat merasakan sensasi terbang di ketinggian mencapai 1.320 mdpl sembari menikmati keindahan alam Batu Malang.

Selancar Mentawai

Wisata ekstrim di Indonesia terakhir yakni berselancar dan merupakan salah satu spot paling menantang di Mentawai. Lebih tepatnya berada di kepulauan Mentawai, deburan ombak mencapai ketinggian 1,5 hingga 4,5 meter merupakan daya tarik utama. Berdasarkan informasi diterima bahwa setidaknya panti kepulauan Mentawai memiliki 72 spot selancar dengan 49 spot masuk dalam kategori eksklusif. Pesona ombak Mentawai mampu membuat wisatawan dunia rela berkunjung jauh ke sini bahkan tercatat banyak artis-artis Hollywood telah merasakan sensasi keseruan liburan di sini.

2 thoughts on “Test Keberanian, 5 Destinasi Wisata Ekstrim Di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge