Mau Membuat Artikel Berkualitas? Ini Tipnya

Blogpost ini hasil karya Diaz Ahmad Fahrezy, pemilik blog PortalSosial.com.

Anda juga bisa menulis untuk isnuansa.com dengan membaca syaratnya sebagai Guest Blogger.

~~~

cara menulis artikel berkualitas

Jumlah blogger kini makin banyak saja ya. Dan seorang blogger tentulah perlu menulis artikel yang berkualitas di blognya.

Kenapa sih artikel berkualitas yang harus ditulis?

Karena Google sangat mengunggulkan sebuah artikel yang berkualitas di hasil pencariannya. Sehingga para blogger perlu berjuang untuk membuat artikel yang berkualitas agar bisa masuk di halaman pertama Google. 

Bagaimana artikel berkualitas itu? Artikel berkualitas mempunyai banyak poin-poin, beberapa di antaranya adalah :

  • Artikel itu bisa menyelesaikan masalah apabila telah selesai dibaca.
  • Artikel itu orisinil, maksudnya adalah bukan hasil copy paste.
  • Artikel itu sangat nyaman dibaca, bisa dikarenakan gaya bahasa, aturan paragraf dan lain-lain.

Itu sedikit poin-poin dari artikel berkualitas.

Seperti yang sudah saya tuliskan di awal bahwasanya artikel berkualitas itu membuat mesin pencari lebih mengunggulkannya di hasil pencarian.

Bayangkan, apabila anda membuat suatu artikel yang sangat berkualitas. Lalu anda hanya mempromosikan di sosial media. Misal anda sudah dapat pembaca 1.

Pembaca tersebut sangat menyukai tulisan / artikel anda, lalu pembaca tersebut membagikan artikel anda ke akun sosial medianya. Maka akan ada pembaca baru lagi.

Dan pembaca baru pun ikut membagikan artikel anda bahkan tidak hanya di sosial media saja melainkan di situsnya apabila pembaca juga blogger. Dan seterusnya begitu, maka apa yang terjadi?

Semakin banyak yang membagikan artikel anda, maka sangat berpeluang besar untuk masuk di halaman pertama Google. Sangat menguntungkan bukan artikel berkualitas itu?

Dengan demikian, saya akan memberikan beberapa tip untuk membuat artikel yang berkualitas dan bisa dicoba oleh para blogger yang ingin sekali mendapatkan perhatian dari mesin telusur Google.

Tip Membuat Artikel Berkualitas

1. Buat judul yang menarik

Judul termasuk faktor penting pada artikel. Kenapa demikian? Apabila judul menarik, maka akan membuat orang membaca artikel itu. Perhatikan beberapa judul di bawah ini
judul - judul menarik
Anda pasti ingin melihat artikel nomor 4. Karena judulnya menarik. Kesimpulannya adalah walaupun artikel tidak pada posisi pertama, akan bisa dikunjungi dengan alasan judul yang menarik pembaca.

2. Buat paragraf pembuka yang menarik

Mengapa demikian? Karena paragraf pembuka sangat penting di artikel. Misalnya anda telah bersusah payah membuat artikel yang isinya terdapat panduan yang sangat lengkap. Tetapi anda membuat paragraf pembuka yang tidak menarik.
Bisa jadi pembaca langsung meninggalkan artikel anda sebelum membaca panduannya.
Lalu bagaimana cara membuat paragraf pembuka yang menarik?

a. Membuat pertanyaan

Dengan membuat pertanyaan, akan ada komunikasi antara pembaca dan penulis. Sehingga pembaca masih akan tetap pada artikel tersebut dikarenakan rasa penasarannya.

b. Menyajikan suatu peristiwa lucu atau kutipan

Dengan menyajikan peristiwa lucu, akan membuat si pembaca terhibur dan pasti pembaca betah membaca artikel tersebut. Selain itu, bisa juga dengan menyajikan kutipan dari orang yang berilmu sebagai umpan pembaca.

c. Pancing pikiran pembaca

Dengan memancing pikiran pembaca, akan membuat pembaca terus membaca artikel. Memancing pikiran bisa dilakukan dengan kata-kata seperti Apakah anda masing ingat….., Bagaimana bila….., Bayangkan……, Pernahkah anda….., dan lain sebagainya.

d. Menampilan data yang luar biasa

Menampilkan data yang luar biasa bisa menjadi suatu senjata yang ampuh untuk dijadikan paragraf pembuka. Misalnya artikel tersebut adalah artikel panduan dan pada paragraf pembukanya terdapat data yang menyatakan, “Panduan ini sangat mudah sekali, ini dibuktikan dengan komentar banyak orang yang menyebutkan mereka sangat memahami panduannya.

3. Atur paragraf

Maksud dari mengatur paragraf adalah agar arikel nyaman dibaca. Cara mengatur paragraf agar nyaman di baca adalah dengan membuat paragraf yang maksimal hanya 3 baris.
Bandingkan kedua paragraf di bawah ini, pilih salah satu diantaranya yang nyaman untuk dibaca.
aturan paragrag yang baik
Tentunya, anda akan memilih yang nomor 1. Dengan demikian, anda harus membuat paragraf seperti teks pada nomor 1.

4. Bisa menyelesaikan masalah

Apabila anda membuat artikel yang isinya panduan, anda diharuskan bisa menyelesaikan masalah si pembaca. Misalnya artikel anda adalah cara memperbaiki komputer. Maka pembaca harus bisa memperbaiki komputer setelah membaca artikel anda.

5. Bukan hasil copy paste

Apabila blog anda terus menerus membuat artikel hasil dari copy paste, maka akan menyebabkan hal – hal berikut :
  • Peluang terkena sanksi Google semakin besar.
  • Artikel susah untuk bersaing di halaman pertama Google.
  • Dan blog susah diterima Google Adsense.
Dengan demikian, apabila anda ingin membuat artikel, jangan sampai copy paste atau anda bisa juga mempelajari teknik copy writing untuk membuat artikel.
Itulah tips mengenai cara membuat artikel yang berkualitas, semoga bermanfaat bagi semua.

52 thoughts on “Mau Membuat Artikel Berkualitas? Ini Tipnya

    1. belakangan ini sepertinya sudah sedikit terselesaikan dimana konten yang berkualitas sudan sangat dinilai oleh mesin pencari, dan ini mendorong penulis web/ blog harus lebih kreatif dalam menulis.
      untuk share di atas bagus banget, karena saya ternyata belum memperhatikan cara membuat artikel yang baik dalam penulisan di blog saya.
      apalagi untuk poin 2a, 2b dan 2c. pengetahuan baru untuk saya.
      khazzanah selesai posting Tips Umroh Aman Nyaman Beribadah

  1. Wow ini “daging” semua, terus terang saya banyak membaca artikel tentang bagaimana cara menulis agar nampak menarik dan ini tulisan yang terbaik, saya sangat sepakat bila tulisan yang baik akan mendatangkan traffic yang tinggi, thanks mbak artikel nya sangat bermanfaat

  2. Hmm, artikelnya bagus langsung to the point gak bertele tele singkat padat dan jelas. Setiap sub judul langsung diberi penjelasan yang akurat . Pasti penulisnya ini udah lama ngeblog, soalnya postnya rapi

  3. Saya sering bingung, kata orang artikel yang baik itu UGC, semakin interaktif semakin baik tapi kalau tidak dioptimasi onpage jadinya gak nembus SERP page 1, kalau dioptimasi artikelnya jadi terkesan kaku. Tapi yang penting tulis artikel sebaik mungkin kali ya, kalau bisa dari hati biar sampai ke hati 🙂

  4. Meskipun blog saya belum banyak pengunjungnya, tapi saya tetap setia ngeblog.

    Artikel ini bermanfaat bukan hanya untuk menulis Blog saja.

    Tapi komunikasi tertulis secara keseluruhan, email, laporan untuk manajemen atau skripsi.

    Terima kasih atas artikelnya, sangat membantu saya mengasah kemampuan menulis. Dan yang terpenting, membuat saya bersemangat untuk tetap menulis.

  5. “daging” semua ini isinya, terus terang saya banyak membaca artikel tentang bagaimana cara menulis dengan baik, agar berdampak bagus pada traffic di blog kita, thanks mbak, sangat bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge