Tips On Page SEO Yang Jangan Sampai Anda Lewatkan

Sebelumnya perkenalkan terlebih dahulu, nama saya Rudi Nazar dari situs dimana saya berbagi ilmu mengenai Belajar SEO, dan pada kesempatan kali ini saya senang sekali karena bisa menulis di situs ini mengenai Tips On Page SEO.

Di Guest Blogger yang singkat ini juga saya akan sedikit berbagi ilmu mengenai SEO (Search Engine Optimization), yang semoga bermanfaat untuk para sahabat pembaca blog isnuansa.com. jadi langsung saja.

Tips On Page SEO

Untuk anda yang sudah mengerti mengenai SEO pasti sudah tidak asing mengenai posting yang akan saya bahas ini, karena saya juga bermaksud menulis guest posting ini hanya untuk mereka yang sedang belajar SEO khususnya untuk pemula.

Kemudian kenapa saya bilang wajib? karena hal ini merupakan sangat dasar dan wajib diterapkan pada situs/halaman yang ingin anda optimasi atau halaman yang sedang anda target untuk mendapat Ranking #1 di Google.

Perlu anda ketahui juga, walaupun sebagian besar faktor yang membuat situs ranking 1 adalah backlink, tetapi hal tersebut rasanya tidak akan lengkap dan akan terasa lebih susah untuk ranking tinggi tanpa On Page SEO yang baik dan benar.

Jadi apa saja dasar On Page SEO yang wajib diketahui dan diterapkan oleh Praktisi SEO pemula, Mari bahas satu persatu. 

1. Title Tag
Title tag adalah suatu judul pada posting atau artikel yang dibaca dan muncul di search engine, perlu diperhatikan Title Tag berbeda dengan judul artikel suatu post, seperti judul posting ini “5 Dasar On Page SEO Yang Wajib Diketahui Oleh Praktisi SEO Pemula“, kemudian kita bisa membuat title tag tersebut menjadi yang kita inginkan.

Saya pribadi menggunakan Plugin WordPress SEO by Yoast untuk mengganti Title tag artikel di situs saya, sehingga hal tersebut akan membuat halaman artikel di search engine lebih menarik, dan akan menggoda orang untuk mengkliknya.

Terdapat plugin yang juga sama fungsinya yaitu mengganti title tag seperti All in One SEO Pack, dan lain – lain. Sedangkan untuk platform situs lainnya saya belum mengetahui bagaimana cara mengganti title tag ini, karena saya sangat malas untuk mempelajarinya :), juga karena lebih mudah menggunakan WordPress untuk mengganti title tag dan mengoptimasi situs.

Jika anda tidak mengganti Title Tag maka yang akan muncul pada hasil SERP adalah judul post anda sendiri, jadi pastikan judul postingan anda menarik sehingga orang mau mengkliknya.

2. Meta Description
Meta Description merupakan deskripsi singkat mengenai suatu halaman atau posting, Meta Description dapat juga diganti menggunakan Plugin WordPress SEO by Yoast atau All in One SEO pack, dan sama seperti title tag, jika anda tidak mengganti meta description, maka yang akan muncul pada hasil SERP sebagai meta description adalah kalimat awal postingan anda.

3. URL
URL atau kepanjangan dari (Uniform Resource Locator) adalah rangkaian huruf yang membentuk sebuah link, URL juga sangat penting untuk SEO, karena itu pastikan anda membuat URL se-relevan mungkin dan dengan menggunakan keyword yang anda target.

4. Heading
Heading adalah kumpulan kata yang menjadi judul dalam suatu dokumen HTML, terdapat 6 tinggkat dalam Heading dari Heading 1 (h1) sampai dengan yang terkecil Heading 6 (h6).

dasar on page seo

Heading 1 biasanya tertera pada suatu judul post, dan heading 2 seperti pada postingan ini yang tertulis “5 Dasar On Page SEO Yang Wajib Diketahui“.

Jika anda menginginkan ranking dengan kata kunci yang anda target, maka jangan lupa juga untuk menyisipkan kata kunci yang anda target pada Heading 1 dan Heading 2, hal ini agar posting anda terlihat lebih relevan oleh Google.

5. Link ke Situs PR Tinggi
Ini juga merupakan hal yang penting, jika anda membuat posting, pastikan tidak lupa untuk melink ke situs yang dipercayai Google, atau situs yang berPR tinggi, seperti WikiPedia, YouTube, dan BBC.co.uk.

Hal ini agar halaman yang anda optimasi lebih di percaya search engine, karena melink ke situs yang berPR tinggi.

Saya rasa sekian dulu Guest Post ini, semoga dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda :). salam Rudi Nazar.

25 thoughts on “Tips On Page SEO Yang Jangan Sampai Anda Lewatkan

  1. yang tidak bisa dilupakan adalah backlink dan memperbaiki artikel,orisinil dan building link.. 🙂

  2. Saya sudah tak lagi peduli dengan SEO, karena sebenarnya yg lebih penting adalah bagaimana menulis dengan baik dan tulisan itu bermanfaat untuk orang lain. Kalau tulisan kita dibutuhkan pembaca, pasti rame yang baca. Saya lihat blog2 penulis terkenal, mereka jarang mengoptimasi SEO tapi blog mereka sangat bagus di mesin pencari dan sering dibuka orang. Salam
    Taufik Al Mubarak selesai posting Tips Sederhana Menjaring Komentar di Blog

  3. Wah, kayanya tips-tipsnya sederhana dan patut dicoba, tuh. :mrgreen:

    Tapi menjadi bimbang juga, karena nulisnya masih suka random, gak jelas segmen yang ingin disasar. Pokoke saya suka nulis, that’s it… hehehe… Semoga dengan menerapkan tips di atas, ranking blog saya semakin merangkak naik… Pengen juga jadi top 100 Blog Indonesia matters… 😆
    Tatang Tox selesai posting Cara Setting Mail Yahoo! di Outlook

  4. akan segera saya praktikan untuk web saya yg kebetulan memakai cms wordpress
    terima kasih atas tipsnya dan salam kenal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge