Tips Renovasi Rumah Hemat Biaya

Tips Renovasi Rumah

Memiliki rumah pribadi adalah suatu kebanggan tersendiri. Oleh karena itu, sudah seharusnya rumah dirawat dengan baik agar fungsi aman dan nyaman tetap terjaga.

Rumah Anda mengalami atap rumah bocor, dinding retak, atau lantai menggelembung? Ini tandanya Anda harus segera merenovasi rumah. Namun, tak hanya perihal kerusakan, renovasi pun dapat dilakukan sebagian orang yang ingin memperluas rumah atau menambah jumlah kamar atau ruang.ย 

Berbicara mengenai renovasi terkadang bisa menjadi isu yang cukup sensitif, karena berkaitan erat dengan biaya yang besar. Faktor ini yang sering menjadi kendala bagi sebagian orang. 5 tips renovasi rumah ini bisa menyiasati budget Anda agar proyek renovasi rumah berjalan dengan lancar dan yang pasti… hemat biaya!

  1. Manfaatkan Struktur Lama

Usahakan menggunakan struktur bangunan yang sudah ada seperti balok dan pondasi, sehingga tidak perlu membuat baru lagi. Pembuatan struktur baru akan memakan biaya dan waktu, terutama bila memakai beton.

Akan tetapi, jika terpaksa harus merancang struktur baru, maka disarankan untuk menggunakan material baja yang proses pembuatannya cukup singkat. Namun sayangnya, harga material baja relatif mahal.

  1. Gunakan Jasa Arsitek

Banyak orang yang tidak menggunakan jasa arsitek ketika merenovasi rumah, karena takut mengeluarkan biaya renovasi rumah yang mahal. Padahal yang terjadi justru sebaliknya, kemungkinan Anda untuk โ€œmembuang-buangโ€ biaya yang tidak diperlukan menjadi lebih besar. Terlebih lagi, Anda bisa jadi salah dalam merancang bangun rumah Anda. Jasa arsitek tidak hanya memberikan gambaran denah rumah, tapi juga merencanakan layout rumah Anda dengan matang.

Arsitek juga handal dalam memilih material yang tepat, mengawasi proses renovasi untuk memastikan bentuk bangunan tidak melenceng dari konsep, sehingga dapat mencegah pembengkakan pada budget proyek renovasi Anda serta membuat arsitektur rumah Anda menjadi indah dilihat.

  1. Gunakan Jasa Kontraktor

Jika Anda sudah menyusun beberapa rencana tentang apa yang ingin Anda lakukan untuk setiap ruang, maka menggunakan jasa kontraktor adalah langkah yang tepat. Kontraktor melakukan apa yang Anda minta sesuai dengan desain yang Anda berikan. Jadi, Anda tinggal duduk manis menunggu rumah Anda selesai direnovasi.

  1. RAB Rumah

RAB (Rencana Anggaran Biaya) adalah sebuah perencanaan awal yang menyangkut jenis pekerjaan serta perkiraan atau estimasi biaya yang diperlukan untuk dapat menyelesaikan suatu kegiatan atau proyek renovasi rumah. Tak hanya dalam membangun rumah baru, RAB juga berperan penting dalam merenovasi rumah. Dengan membuat RAB, renovasi rumah menjadi akurat. RAB umumnya dibuat sebelum memulai proyek renovasi rumah Anda, maka Anda akan memperoleh hasil akhir renovasi rumah yang sesuai dengan kualitas yang Anda inginkan, tentunya dengan pengeluaran biaya yang sehemat mungkin.

  1. Temukan Penyedia Jasa Renovasi Rumah Lewat Platform Marketplace

Anda tentu menginginkan rumah idaman untuk Anda dan keluarga. Namun, untuk mendapatkan penyedia jasa renovasi rumah terbaik, siapa yang harus Anda percayakan?

Sejasacom

Di Sejasa.com, Anda akan dihubungkan oleh penyedia jasa renovasi rumah profesional. Kunjungi Sejasa.com, isi form request renovasi rumah dan isi dengan detail. Kemudian, Anda akan mendapatkan penawaran berupa estimasi harga dari beberapa penyedia jasa renovasi rumah. Tak hanya itu, Anda dapat membaca review, deskripsi usaha penyedia jasa, dan portfolio di halaman business profile mereka. Setelah mengunjungi Sejasa.com, tentunya Anda akan semakin yakin untuk menggunakan jasa renovasi rumah yang profesional dan terpercaya!

31 thoughts on “Tips Renovasi Rumah Hemat Biaya

  1. jadi untuk renovasi rumah ini pakai jasa arsitek ya ? memang benar sih kan kalau pakai jasa yang bukan ahlinya malah buang-buang uang karena kemungkinan hasil renovasi nya kurang maksimal yang ujung-ujungnya ngeluarin biaya juga

  2. Point 2 dan 3 penting banget! Sebab sering kecewa dengan ulah tukang. Baik dari upah sampai pembelian bahan yang salah hitung, jadi mubazir. Terimakasih tips dan info jasanya, ya Mbak…:)

  3. artikel nya manteb. perkenalkan nama saya Bambangruk. Habis baca artikel ini saya jadi bisa ngirit untuk ngerenovasi rumah nih ๐Ÿ™‚
    Terimakasih sudah berbagi.

  4. Betul banget pakailah jasa arsitek atau desainer interior. Dulu saya bikin rumah asal nyontek gambar di majalah, ternyata renovasi rumah nggak asal gambar bagus aja tapi banyak faktor yang mesti dipikirkan. Kalau bisa sih cari desainer yang kita udah kenal dan berwawasan desain luas, dan saya beruntung banget dapet desainer yang paham tentang green architectur ๐Ÿ™‚
    Kiki selesai posting TAS DINAS RANSEL KANVAS UNTUK SEMINAR KIT PELATIHAN DIKLAT

  5. Ada banyak metode perhitungan budget renovasi seperti uraian terdahulu. Coba Anda cek satu persatu sebagai bahan perbandingan. Pilih metode yang paling hemat. Lakukan perhitungan anggaran terperinci dengan cara menghitung volume dan harga-harga dari seluruh pekerjaan yang harus dilaksanakan. Jika Anda disiplin dalam melakukan ini maka nilai bangunan Anda akan maksimal, biaya hemat hasil terlihat bagus.
    pinjaman uang tunai selesai posting meminjam uang kontan Super Cepat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge