Tips Sukses Menulis Blog

Tips Menulis Blog

Ingin mendapatkan tips sukses menulis blog supaya trafik menjadi lebih tinggi? Saya akan mencoba memberikan tips singkatnya. Tips seperti ini selalu berhasil membuat beberapa tulisan saya sukses dibaca orang. 😉

Buat judul yang dicari

Untuk mengetahui judul apakah yang dicari oleh orang, Anda dapat menggunakan alat [riset kata kunci], tetapi dapat juga menggunakan insting. Saya akan bahas yang tanpa alat saja. Apa yang kira-kira akan diketikkan orang di mesin pencari, itu yang kita jadikan judul.

Ada dua tipe: informasi yang tidak berdasarkan waktu, dan sesuatu yang dicari berdasarkan waktu kejadiannya [event tertentu]. Anda dapat memprediksikan kira-kira apa yang bakal ramai dicari orang satu minggu lagi, satu bulan lagi, dan bulan-bulan tertentu.

Bulan Desember tentu orang selalu mencari segala hal yang berkaitan dengan Natal. Ketika ada Olympiade biasanya orang mencari tentang olahraga. Ketika ada bencana, orang mencari informasi tentang itu. Jika Anda pintar menyesuaikan judul postingan yang kira-kira bakal dicari orang, Anda akan mendapatkan banyak kunjungan. Ingat, judul sangat berpengaruh terhadap hasil pencarian.

Yang nggak berkaitan dengan waktu –tetapi-masih-tetap-selalu-dicari-orang- misalnya: segala sesuatu tentang blog, tips-trik, how to dan lainnya. Selama Anda membuat judul yang sering dicari orang, tulisan Anda sudah selangkah menuju sukses.

Buat kalimat pertama dengan keyword semenarik mungkin.

Saya langsung pada contoh saja supaya Anda paham. Pada contoh tulisan kali ini keyword utama yang saya gunakan adalah menulis blog. Sedangkan long tail keywordnya bisa: tips menulis blog dan tips sukses menulis blog. Saya memilih menggunakan long tail keyword pada kalimat pertama, karena pencarian dengan menulis blog masih tetap relevan dengan kalimat tersebut.

Mengapa harus kalimat pertama yang memuat keyword? Pertama, crawler mesin pencari men-scan dari kiri atas ke kanan. Jadi posisikan keyword pada awal tulisan Anda untuk memberitahu bahwa kata tersebut memiliki bobot lebih tinggi. Kedua, search engine akan menampilkan description pada hasil pencarian.

Description ini akan mempengaruhi pilihan orang [terutama yang semakin tinggi memiliki jam terbang dalam mencari sesuatu di search engine] dalam menentukan hasil mana yang akan mereka klik.

Blog yang hanya merangkum banyak kata kunci untuk ditampilkan, biasanya tidak memiliki kalimat yang baik dan meyakinkan bagi pembaca. Pembaca lama-lama bisa membedakan mana blog bagus yang harus mereka kunjungi, hanya dari melihat description yang ditampilkan oleh mesin pencari.

Buat artikel yang informatif

Setelah judul dengan sempurna kita buat, deskripsi kalimat pertama yang mengandung keyword sudah benar, Anda tetap harus serius menuliskan isinya. Jangan sampai pembaca merasa ‘tertipu’ setelah mengunjungi tulisan Anda selengkapnya.

Terakhir yang juga penting adalah, membaca ulang dan mengedit jika terdapat kesalahan ketik dan tanda baca sebelum menekan tombol publish. Tulisan Anda akan terlihat tidak profesional jika terdapat banyak kesalahan di sana-sini. Hilangkan juga beberapa kata yang tidak diperlukan, atau ternyata diulang-ulang sehingga mengaburkan artinya.

Ok, deh! Selamat mencoba!

———————————————————

Tulisan lain yang perlu Anda baca:

35 thoughts on “Tips Sukses Menulis Blog

  1. pantesan mba nunik selalu rame, itu resepnya ya…

    Nggak rame-rame amat sih. Tapi kalo 5 komentar ya insya allah ada terus…. Blog rame itu kalo komentarnya lebih dari 50, hihihi…

  2. saya ngerti maksudnya, mantap sekali tipsnya nih 😛
    .-= wira´s selesai [nulis] ..Balapan MotoGP Australia =-.

    Jadi malu… 😉

  3. nunik kenapa ya klo bundo nulis dengan memperhatikan segala kaidah itu.. justru akhirnya buntu. duh masih harus banyak latihan dan belajar

    makaciy selalu untk tipsnya nunik..

    Hehehe, kebanyakan aturan jadi mati kreatifitas ya Bundo? Ya udah, sesuai dengan kebiasaan aja.

  4. artikel yg menarik… slalu mbikin termotivasi tuk menulis.. n menjelajah lebih jauh ke jagad per blog an..

    ssiip Nu,,,,

    Siip juga El,,,

  5. mantab sekali mbak. 😀
    langsung tak coba hehe 😀
    .-= Alfred Sejuta Cinta yovie nuno´s selesai [nulis] ..Motivational Quotes jilid 2 =-.

    Silahkan 😀

  6. Hari-hari ini keyword yang mantap ya pelantikan presiden dan menteri ya mbak. Makanya mbuat tulisan tentang pelantikan ha.ha..ha
    Salam hangat dari Surabaya

    Iya, itu di blog sudah mulai di bold keywordnya… 😉

  7. Saya kadang nggak perhatikan keyword dan tag lho. Entar mulai tak simak benar agar keyword cocok, ngetren dan ngetop.
    salam hangat dari jombang

    Asyik lho PakDhe, keyword Haji-nya. Itu tiap tahun menjelang lebaran Haji pasti laris.

  8. terkait kalimat awal yang deskriptif, dilihat dari sisi usability/kebergunaan/keterbacaan:

    pembaca normal, tanpa hendaya/disfungsi, umumnya membaca cepat/scanning dari atas, kiri ke kanan (left to right/ltr model letter F) atau kanan ke kiri (right to left/rtl) model di arab. jadi, paragraf induktif lebih usable.

    dari sisi aksesibilitas web, dari sudut pandang pengguna screen reader:

    mereka juga sama ngga sabarnya, baca cepat/scanning, atas-kiri ke kanan, tabbing dari heading ke heading, lebih mudah memahami konten jika inti bahasan diutarakan di baris atas. lebih baik lagi jika ada simpulan di paragraf akhir. cmiiw 🙂
    .-= dani´s selesai [nulis] ..Hubungan Kebergunaan dan Aksesibilitas Konten Web =-.

    Kesimpulan di akhir tulisan menjadikan para fast reader lebih mudah berkomentar dengan hanya membaca satu kalimat di paragraf awal, dan akhir. cmiiw.

  9. Berkunjung ke rumah Tetehku Nunik..aku padahal pingin komen di tentang saya..tapi ga bisa teh?
    Jadi disini ga papa..terima kasih..salam

    Iya, halaman lain memang nggak ada kolom komentarnya.

  10. hari2 ini keyword yg banyak di cari mungkin tentang SBY ya Mbak Nunik ?
    kalau saya kok aneh ya, kalau mengikuti aturan2 seperti diatas yg sangat baik tsb, malah bingung mau menulis apa…
    Terima kasih utk infonya,Mbak Nunik.
    salam.
    .-= bundadontworry´s selesai [nulis] ..Lupa bersyukur…….???? =-.

    Ya udah, nulis sebisanya aja Bunda…

  11. hehe, tadi siang ngacak-ngacak blog ini dari HP…
    gatel pengen berkomentar sekaligus bertanya..

    apakh judul tulisan yang dibuat dengan angka terlebih dulu, lebih baik dari sisi seo..?

    contoh: Kesalahan Fatal saat Pacaran
    menjadi: 4 Kesalahan Fatal saat Pacaran
    .-= cerita cinta´s selesai [nulis] ..4 Kesalahan Fatal Saat Pacaran =-.

    Yang namanya keyword dari mata search engine, yang penting harus dilakukan analisa dan riset dulu, apakah keyword tersebut ada yang nyari. Jumlahnya berapa. Itu yang harus diketahui.

    Kalo saya lebih cenderung memilih judul Kesalahan Dalam Pacaran, atau, 4 Kesalahan Dalam Pacaran. Angka 4 lebih kepada MENARIK pembaca, tapi saya belom pernah meriset apakah angka lebih banyak dicari dari Search Engine.

  12. dan jangan lupa rajin menulis, pasti lama-lama tulisannya bagus :mrgreen:
    .-= oglek´s selesai [nulis] ..Dari Blogger Untuk Dunia Yang Lebih Baik =-.

    Ya, itu namanya proses ya Mas…

  13. 4 Kesalahan Dalam Pacaran ?

    iya, yah..?
    lebih simpel… Kok aku ngga kepikiran yah..? :mrgreen:
    thanx mba…, 😉

    ada lagi yang mau aku tanyakan mba, tapi OOT.
    kemarin aku tuker link dengan seseorang… Tapi setelah dicek, ternyata dia ngasih rel=nofollow di text link ku. jadinya aku ngga dapet backlink dari dia… dan setelah aku cek satu persatu, ternyata bukan cuma link ku aja yng dikasih rel=nofollow itu, tp ada beberapa link lain juga. Aku harus gimana yah..?
    .-= cerita cinta´s selesai [nulis] ..4 Kesalahan Fatal Saat Pacaran =-.

    Nofollow ya? Kalo pendapat saya pribadi: Jika nggak ikhlas ngasih, mending nggak usah. Jadi kalo saya dikasih nofollow, ya buat apa? Trus, bisa jadi itu indikasi ‘kecurangan’, artinya kita ngasih dofollow, dia ngasih nofollow.

    Tetapi, belum tentu juga itu disengaja khusus untuk Lukas [am i right?], mungkin memang kesemua link dari blogroll dia memang nofollow.

    Dan satu lagi alasan yang mungkin. Blog dia telah memiliki PR lumayan [3 atau 4] sedangkan blogger lain yang mengajak bertukar link memiliki PR yang tidak sama. Artinya, dia hanya menerima sedikit, jadi sayang jika memberi banyak.

    Saran saya sih, nggak usah terlalu ngoyo mencari pertukaran link, kalo saya berprinsip, tulisan yang bagus jauh lebih penting, link akan mengikuti dengan sendirinya.

    Seperti saya, yang nggak nyangka salah satu tulisan saya hari ini dapet link dari blognya seorang Master. Bukan masalah linknya, seneng bahwa saya tahu dia membaca tulisan saya aja udah bangga… 😆

  14. inilah tips dengan penjelasan yang sangat rinci…terima kasih banyak kawan semoga bisa dipraktekan
    .-= Blog Bisnisku´s selesai [nulis] ..Tips dan Tricks: Exchange Link VS Back Link Berkualitas =-.

    Kembali kasih, kawan.

  15. dari 3 mungkin yang pertama “Buat judul yang dicari”
    yang belum gw maksimalkan.. ❗
    .-= yosbeda´s selesai [nulis] ..Hayley paramore, titisan Dolores The Cranberries =-.

    Tapi udah mantep kok, buktinya, tulisan tentang ANAK BAND yang laris ituh…

  16. Sobat-sobat saya punya peluang buat yang punya hobi nulis apa aja, dapet tips bagus banget langusung dari Mujahid Press, tips bagamana Tulisan sobat-sobat selalu di terbitkan, truuzzz dapet duit lagi!!!!….. di bimbing oleh penulis terkenal loohhh!!!… bye Mujahid Press

    Iklan ni ye…

  17. makasih tipsnya, buatlah blog yang bermanfat maka pengunjung akan datang berulang-ulang.
    .-= tips sukses´s selesai [nulis] ..Sun Tzu for Success =-.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge