Tips Tampil Stylish Pakai Baju Batik Wanita

Baju Batik merupakan kesenian menggambar pada kain asal Indonesia yang dibuat melalui cara khusus. Keragaman budaya negeri ini menghasilkan banyak ragam jenis batik. Kain ini dapat menjadi item pelengkap busanamu. Modifikasinya bermacam-macam, mulai dari kemeja, blus, rok, kaus, dan lain-lain.

Daftar kain untuk bahan baju batik wanita

Tidak semua bahan dapat digunakan untuk membuat baju batik lho! Perlu bahan khusus agar dapat menghasilkan kain berkualitas baik. Berikut jenis kain yang dapat digunakan:

  • Mori. Mori merupakan kain tenun putih dan terbuat dari kapas. Ada dua jenis bahan, yang telah diputihkan dan belum diputihkan (blancu). Jenis ini mudah diproses teksturnya lembut. Kain mori memiliki beberapa macam diantaranya:

    • Mori Prissima merupakan mori paling halus, biasanya digunakan untuk membuat batik tulis.

    • Mori Prima mempunyai kualitas nomor dua serta biasa digunakan untuk batik tulis dan cap.

    • Mori Biru merupakan kualitas ketiga, biasa digunakan untuk membuat kain bertekstur kurang halus.

  • Katun. Katun merupakan bahan paling umum untuk membuat baju wanita maupun pria, katun juga memiliki beberapa tingkatan kualitas. Katun polisima adalah jenis terbaik dengan kualitas tebal serta halus.

  • Paris. Paris memiliki tekstur lembut jatuh dengan serat kain kuat.

  • Serat Nanas. Serat nanas memiliki tekstur kasar. Pada kain akan terlihat sulur-sulur yang mengilap.

  • Sutera. Sutera adalah salah satu jenis material terbaik, terkenal akan tekstur lembut serta memiliki warna indah.

Tips membeli baju batik wanita sesuai bentuk tubuh

Bila kita tidak memerhatikan detail baju batik yang akan dibeli, seringkali terjadi kesalahan model. Karena itu, kamu perlu menyocokkan tipe baju dengan bentuk tubuh kamu. Berikut tips memilih baju wanita sesuai bentuk tubuh:

  1. Kurus tinggi. Untuk kamu yang memiliki bentuk tubuh kurus tinggi, pemakaian berwarna cerah lebih disarankan. Pilih juga motif corak bunga besar. Hal ini diperlukan untuk memberikan kesan berisi pada tubuh.

  2. Kurus pendek. Bentuk tubuh ini juga cocok menggunakan warna cerah dan corak bunga sedikit besar. Dapat juga digunakan corak garis vertikal untuk memberikan kesan tinggi.

  3. Gempal tinggi. Warna gelap serta corak kecil sesuai dengan bentuk tubuh ini karena dapat memberikan kesan ramping.

  4. Gempal pendek. Bentuk tubuh ini disarankan memilih warna gelap dengan corak kecil serta garis vertikal.

Begini cara memadukan baju batik wanita agar terlihat lebih muda

Batik dapat menimbulkan kesan tua apabila tidak pandai memilih model sesuai. Berikut kami sajikan perpaduan baju wanita agar penampilanmu terlihat muda, yaitu:

  1. Rompi. Motif rompi perlu diperhatikan bila ingin dipadukan dengan dress atau kemeja. Kamu bisa mengombinasikan rompi dengan maxi dress, tunik, atau wrap dress.

  2. Model gamis. Buat kamu yang bertubuh pendek gemuk, kamu dapat memilih gamis outer agar dapat memberi kesan lebih kurus tinggi.

  3. Model kombinasi. Model ini populer di kalangan remaja karena kedinamisannya. Banyak desainer papan atas yang memadukan kain polos dengan batik untuk menghasilkan karyanya.

  4. Jump suit. Potongan ini terinspirasi dari baju seorang montir serta pekerja tambang. Biasanya jumpsuit terbuat dari denim, namun sudah banyak yg menggabungkan model ini dengan batik.

  5. Blazer. Blazer dapat dikombinasikan dengan apapun, seperti kaos polos, kemeja, atau dress. Saat memadukan dengan baju lain, jenis blazer tidak memerlukan metode khusus. Kamu hanya perlu memadukan warna yang sesuai antara outfit dan inner.

  6. Kemeja peplum. Kemeja ini cocok untuk menampilkan kesan rapi dan formal. Kamu bisa mengombinasikannya kemeja batik wanita jenis ini dengan rok atau celana pensil.

  7. Wrap dress. Model ini cocok dikenakan tubuh gemuk karena menunjukkan lekuk tubuh. Kamu dapat mengombinasikannya dengan rompi, blazer, atau bolero.

Toko online yang menjual baju batik wanita branded

Saat ini, baju batik sudah banyak diproduksi massal menggunakan mesin. Namun, bila dikerjakan langsung oleh pengrajin tentu memiliki nilai lebih besar. Jarak dan waktu seringkali menjadi kendala ketika kita ingin mendapatkan produk tersebut. Tapi sekarang, telah muncul inovasi baru sehingga kita mendapatkan barang langsung dari pengrajinnya.

Kamu bisa mengunjungi situs Qlapa untuk membeli berbagai macam barang kerajinan termasuk batik. Situs ini menjembatani antara pengrajin dengan pembeli/konsumen. Qlapa dapat diakses menggunakan web atau via ponsel (Android dan iOS). Kemudahan berbelanja ini tentunya bisa membangkitkan semangat kamu untuk menambah koleksi baju wanita milikmu.

Disini, produk yang dijual sudah diseleksi terlebih dahulu. Kamu tidak perlu takut mendapatkan produk berkualitas rendah. Kamu juga bisa memesan produk custom. Produk yg tersedia diantaranya baju, perhiasan, furnitur, aksesoris, hingga perabot rumah.

Ada banyak macam baju batik wanita (klik di sini), namun itu akan percuma bila kamu tidak teliti dalam memilih modelnya. Pastikan barang yang kamu beli sesuai dengan kebutuhanmu. Perhatikan detail barang ketika membeli secara online. Jangan ragu juga untuk mengonsultasikannya pada penjual.

3 thoughts on “Tips Tampil Stylish Pakai Baju Batik Wanita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge