Tips Untuk Mendapatkan Ide Menulis Di Blog

Munulis artikel memang susah-susah gampang, apalagi untuk diterbitkan di blog. Karena tidak ada aturan tata tulis baku. Sehingga menulis di blog bisa dikatakan lebih mudah dibandingkan dengan menulis di buku teks atau di surat kabar.

Namun, terkadang kita bingung ingin menulis tentang apa dan memulainya darimana. Ini terjadi jika kita masih pemula di dunia blogging. Tapi tidak menutup kemungkinan juga bisa terjadi pada blogger lama.

Adalah sangat sulit apabila kita bisa konsisten menulis artikel di blog. Terkadang terkendala oleh suatu hal yang tidak bisa diprediksi sebelumnya. Misalnya tidak punya ide, pikiran sedang tidak mood, dan masih banyak lagi.

Dari persoalan itulah saya menjadi tertarik untuk mengulas tentang Tips Mendapatkan Ide untuk Menulis Artikel di Blog sebagai panduan praktis untuk kita semua agar bisa dengan mudah menulis posting di blog.

Gambar dari blog ini.

Menceritakan Pengalaman Pribadi

Ketika kita mempunyai cerita unik dan menarik di dunia maya atau di dunia nyata, tidak ada salahnya untuk di-share di blog, dalam artian pengalaman tersebut bisa dijadikan sebuah artikel. Pengalaman pribadi tidak selalu berupa curhat, melainkan juga bisa berupa informasi yang bermanfaat bagi orang lain.

Blogwalking

Aktivitas blogwalking memang sudah menjadi aktivitas rutin seorang blogger. Blogwalking tidak hanya sekedar meninggalkan jejak di blog lain, atau mungkin hanya menggugurkan kewajiban, misalnya sekedar membalas komentar saja. Tapi kita bisa juga membaca artikel mereka. Sehingga dari aktivitas membaca posting di blog teman tersebut, kita jadi tahu dan punya ide untuk membuat sebuah artikel.

Merespon Pertanyaan Sahabat Blogger

Terkadang pengunjung blog bertanya kepada kita melalui kolom komentar tentang suatu hal yang belum kita tahu. Dari pertanyaan komentator tersebut bisa juga dijadikan bahan untuk membuat artikel. Sehingga, selain bisa merespon pertanyaan tersebut, hal itu juga bisa dijadikan solusi alternatif ketika kita tidak punya ide untuk menulis.

Searching di Google

Meminjam pendapat Agus Ramadhani (owner o-om.com) bahwa “Jadi blogger tidak harus pintar, cukup memiliki imajinasi, ide kreatif, up-to-date dan mencari semua jawaban di Google.” Ada benarnya juga statement tersebut. Jadi misalkan kita ingin tahu terhadap suatu hal, kita bisa meminta bantuan Google Search. Nah, apabila kita sudah menemukan jawabannya, itu bisa dijadikan sebuah tulisan artikel.

Perbanyak Membaca

Aktivitas membaca memang perlu dibiasakan sejak dini. Pasalnya, aktivitas tersebut sarat akan manfaat. Yakni bisa memberikan pengetahuan baru, pemahaman baru, wawasan baru, dan juga bisa menambah segudang kosa kata baru di memori otak kita. Sehingga dari membaca itulah bisa membuat kita mudah untuk menulis sebuah artikel.

Membiasakan Diri Menulis

Point ini mungkin tidak berkaitan dengan topik yang dibahas dalam artikel ini. Tapi penting juga untuk diperhatikan. Pasalnya, dengan membiasakan diri menulis, maka kita akan dengan mudah menulis. Lain halnya jika kita jarang menulis. Pasti kita akan kesulitan membuat artikel yang panjang dan lebar.

Demikian tips sederhana yang bisa saya share untuk anda sekalian. Semoga bisa bermanfaat. Kurang lebihnya saya mohon maaf. Terimakasih banyak atas perhatiannya.

~~~

Tulisan ini hasil karya Ririn, pemilik blog Cara Ririn.Β  Jika Anda ingin menjadi Guest Blogger baca peraturannya.

Author: isnuansa

Emak dengan satu anak yang hobi nulis. Memilih tidur kalau ada waktu luang. Follow saya di twitter: @isnuansa

44 thoughts on “Tips Untuk Mendapatkan Ide Menulis Di Blog”

  1. Saya udah berkali-kali ngepos di blog saya tentang yang namanya writer’s block dan cara menghindarinya.

    Memang sangat sulit, apalagi bagi part-time blogger untuk membagi konsentrasi dan waktu luang

  2. Tips yang bermanfaat. Saya sendiri sebenarnya termasuk paling rajin update blog, tapi karena selalu malas menulis, sehingga blog sering terbengkalai. Soal ide, saya kira semua kita pasti punya banyak ide untuk menulis, bahkan lebih sering kelebihan ide, sehingga ini membuat bingung, mana duluan yang ingin ditulis.

    Saya sendiri kalau pas lagi senang, biasanya langsung duduk di depan laptop dan buka halaman posting langsung tulis di situ dan jadilah dia posting. Tapi kalau giliran malas, bawaan asik baca berita bola+teknologi saja, sehingga tak satu pun paragraf selesai saya tulis.

    Terima kasih sudah berbagi. Salam hangat
    Taufik Al Mubarak selesai posting Gaji Para Presiden Amerika Serikat

  3. tips nya boleh jg, aku jg kdg2 mampet mau nulis apa tiap mau update blog hehehe.. tp kdg2 suka dpt byk ide, cuma waktunya lg ga ada buat nulis, jd suka lupa, jd skrg klo dah ada ide nulis langsung tuang ke hp, biar gak lupa, nanti tinggal edit deh…hehehe…
    lovelyristin selesai posting Senyum

  4. Kalo sya setiap mau nulis pasti search dlu di google berita apa yg lg ngetrend, kalo udh ktemu topik yg berasa gampang langsung sya ketik
    simple jg, tpi yg blum terbiasa nulis pasti sulit

  5. Saya sepakat sekali dengan pendapatnya sob bahwa menulis di blog itu gampang2 susah dan menurut saya dari hal itulah sehingga sebagain blogger memutuskan untuk copy paste milik orang lain. Betapa malas dan parahnya orang2 seperti itu yang tidak memanfaatkan kemampuan dan media yang ada untuk membuat tulisan di blog. Padahal kan sudah ada media-media yang bisa kita jadikan sebagai sumber ide untuk menulis seperti yang sudah dijelaskan di atas.

  6. mencari ide memang banyak jalannya, yaa cara orang berbeda-beda
    tapi cara orang menuangkannya itu yang kadang mudah dicerna atau sulit dicerna oleh pembacanya,, hal yang macem ini juga jangan dilupakan hehehee
    Alat Pesta Murah selesai posting Sewa Tenda Dekorasi

  7. memang wajib hukumnya kita memberikan info bermanfaat dalam postingan blog kita.biar makin cantik πŸ™‚

  8. kalau aku biasanya searching beberapa artikel rujukan di google, setelah itu baru menuliskan ulang dari beberapa sumber itu, jdi ngumpiln bahan dulu baru “masak”…

  9. Masukan nih mas inuansa. Saya kalo lagi gak mood nulis langsung Wudhu ambil rokok buat kopi semangat pun kembali πŸ˜€ hehehe

  10. point yang terakhir menurut saya justru yang paling penting (karena saya memang jarang menulis, jiaah malah ceritain diri sendiri). πŸ˜€ untuk bisa menemukan ide menulis biasanya harus sering2 dan membiasakan menulis..

    Dengan seringnya kita menulis “biasanya” bisa dengan mudah dapet ide. ide sekecil apapun karena dengan didasari seringnya menulis tadi dan sudah menjadi suka/kebiasaan menulis ide tersebut bisa dikembangkan dan dijabarkan secara luas.

    itu saja yang bisa saya komentari, kurang lebihnya mohon maaf.. πŸ™‚

    ======
    Salam
    GoaGeol selesai posting Theme Setengah Responsive Abal-Abal Ini Score Speednya Ngaco

  11. Ide menulis,gampang sepertinya,tapi memang rada susah untuk memulai menulis,mungkin karena memang kurang membaca barangkali,blog Isnuansa ini,memang kaya akan Ide,hebat.

  12. Saya sangat setuju dengan tips mendapatkan ide menulis seperti yang sudah mbak isnuansa tulis. Bagi saya menulis itu gampang-gampang susah. Namun jika sering berlatih, yaitu sering membaca dan sering juga praktek menulis, lama-lama juga akan terbiasa. Begitu juga halnya dengan mencari ide. Jika sudah terlatih, terkadang malah kita jadi bingung sendiri karena terlalu banyak ide bermunculan. Ingat peribahasa “Alah bisa karena terbiasa”.

    Biasanya pertama yang menjadi hambatan ialah malas untuk memulai. Namun setelah berani memulai, tantangannya ialah seberapa tekun kita untuk dapat terus survive. Jika dapat terus bertahan, mencari ide menulis dan menuliskannya akan menjadi hal yang mudah dan menyenangkan. Maju terus blogger Indonesia.

    Salam Omah Tips
    Omah Tips selesai posting Cara Membuat Bakso Sapi Spesial

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge