Waktu Yang Tepat Untuk Mudik

Sudah bukan barang yang aneh kalau kita terjebak macet berjam-jam di Jakarta. Bahkan untuk jarak yang hanya beberapa ratus meter saja dibutuhkan waktu yang lama jika macet. Udah biasa, jadi saya pun jarang mengeluh lagi. Tapi, saat mudik, rasanya akan jadi berkali-kali lipat keselnya jika harus terjebak macet di jalan. Sudah pengen cepet-cepet ketemu sanak saudara di kampung, jadinya marah aja kalau macet.

Nah, seminggu menjelang Lebaran kaya gini, tambah satu kerjaan saya: cari informasi lalu lintas untuk memutuskan kapan waktu yang tepat untuk mudik. Mulai gonta-ganti saluran televisi yang menayangkan pantauan langsung arus mudik. Terutama jalur Pantura, karena memang lebih suka lewat sana daripada lewat jalur selatan (nagrek).

Sudah pernah merasakan pulang mudik dari mulai H-7 sampai dengan pas hari H, dan mengalami berbagai cerita masing-masing hari tersebut. Kebanyakan sih tetep sama saja: macet! (Ya iyalah, namanya juga banyak banget yang mudik, ya pasti jalanan macet) Waktu yang normalnya bisa ditempuh dalam 10 jam (Jakarta – Klaten, plus istirahat) bisa saja menjadi 24 jam atau bahkan lebih. Kalau persiapan nggak bagus, bisa kacau. Apalagi masih bawa anak kecil (keponakan) yang rewel, wuih, mantap deh rasanya!

Sampai saat ini yang paling dihindari adalah mudik H-1 di jalan. Soalnya dengan target malam sampai di kampung, sering terjebak iring-iringan takbir keliling di daerah Semarang, Salatiga dan Boyolali. Bisa 5 jam lebih di satu tempat doang demi menunggu jalanan macet akibat takbir keliling yang malah seperti sengaja di jalan jalur mudik. Nggak lagi-lagi deh.

Dan pengalaman yang menggelikan adalah pas mudik di hari H! Kami pengen nyoba, bener nggak jalanan lancar kalau pulangnya pas hari H. Dan benar. Jalanan memang lumayan lancar, hanya butuh kehati-hatian ekstra, karena di banyak tempat, orang-orang lokal menyeberang jalan untuk silaturahmi antar kampung yang lokasinya berseberangan jalan.

Saya dan keluarga udah seneng aja dengan kondisi jalanan yang nggak macet. Sampai tibalah saatnya makan siang. Dari pagi belom sarapan pula. Cuma ngemil makanan kecil dan roti-roti yang memang dibawa untuk menemani perjalanan. Tapi kan perut ini perut Indonesia, yang belum makan kalau bukan nasi. Jadilah semua celingak-celinguk nyari restoran yang buka. Nggak ada. Sampai sore, tetep nggak ada juga. Saat Lebaran, ternyata semua restoran sepanjang jalur mudik tutuuuup!

Jadilah semua orang dalam mobil lemes semua. Nggak ada semangat. Udah stress berat nggak makan dari pagi. Dan saat itu akhirnya nemu juga warung bakso di daerah Semarang. Hwah, dari Jakarta sampai Semarang baru nemu warung makan. Itupun bakso, bukan nasi! Ya sudahlah. Daripada enggak sama sekali.

Tahun ini, entah kapan saya akan mudik. Lihat situasi dulu. Semoga saja nggak salah pilih hari.

Ada yang punya cerita, kapan waktu yang tepat untuk mudik?

42 thoughts on “Waktu Yang Tepat Untuk Mudik

  1. Semarang Solo bisa dikatakan jalur terpadat di Jawa Tengah Mbak…
    Nggak cuman lebaran saja.
    Dan itu terjadi sepanjang waktu, 24 jam.
    Semarang Solo 24 jam ada bis umum yang lewat, sementara jalannya sempit.
    Jalan Tolnya masih dibangun…
    Selamat Mudik untuk Mbak Nunik & keluarga
    Salam!!
    marsudiyanto selesai posting Tidak Semua Laki Laki

  2. Tips Mudik : Kalau dicari waktu yang tepat, sebenarnya mudik paling awal adalah yang paling bagus sebelum yang lain mudik..hehe…
    Tapi terbentur sama kondisi kerjaan, tetep aja ga bisa. Kecuali pesan tiket pesawat beberapa bulan sebelumnya. Kan aman. 😀
    Tamba Budiarsana selesai posting Bengkel Resmi

  3. wah… gmana ya rasanya mudik…. jadi pengen ngerantau…..
    sebenernya saya juga mudik sih… cuman 600 meter doang dari rumah… trus abis itu paling 3 jam dikampung…. trus udah 3 jam balik lagi deh ke perantauan bareng adik, kakak, emak dan abah….. hehehehehe….
    bgenk selesai posting Bentar Lagi Lebaran

  4. Wah, saya sih nggak pengalaman, Mbak 🙂
    Tempat saya tinggal dan rumah ortu hanya berjarak kira2 setengah jam perjalanan 😀
    Semoga mudiknya tahun ini lancar2 saja ya, Mbak 🙂
    Kakaakin selesai posting Anak SMP

  5. Seminggu sebelum hari H (H-7) biasanya masih agak lancar … lewat tol bandung tapi kalau berkaitan urusan kerjaan yg blm beres agak repot juga ngaturnya apalagi pas H-2 ada sidak dari Irjen heeee …. , kalau lewta pantura kayaknya bakalan parah tahun ini, jalanan banyak yg sedang perbaikan, awal puasa kemaren aja ketemu macet gak kira2 di Pantura …

    pengalaman 13 kali mudik kalau lewat pantura ampun deh macetnya apalagi pemudik dg motor semakin banyak aja jumlahnya plus jumlah pemudik secara keseluruhan makin meningkat kayaknya …
    Alwi selesai posting Cara Menggabungkan File CSS WordPress Bag1

  6. selamat pagi.
    udah lama gak ke sini, rumahnya mbak Nunik ganti cat dan perabotan rupanya 😎
    keren.

    wkwkwkwk.
    mudik pas hari H malah tetep aja puasa karena gak ada warung, untung ada bakso.

    waktu yg tepat untuk mudik adalah H-14

  7. Kalau saya selalu H-1 satu mbak, jatah dari tahun ketahun seperti itu, selain itu juga agar bisa bertemu dengan teman-teman yang lama tidak kumpul, karena kalau lebih awal pulangnya, pasti pada belum kumpul semua. Pulang cukup naik motor 😀

  8. kalau sekarang sih g tepat lg wktu untk mudik, coz pasti bnyk bngt yng mudik… Kira2 sekitar 1-2 minggu sebelum lebaran itu adalah wktu yng tepat untk mudik menurut saya… 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge