Wawancara Dengan Amril Taufiq Gobel, Daeng Battala

Blog Daeng Battala
Blog Daeng Battala

Saya mengenal Mas Amril jauh sebelum keberangkatan kami ke Hongkong beberapa waktu lalu. Hanya saja, waktu itu saya belum berani menyapa secara personal blogger beken yang satu ini, hanya mengaguminya dari jauh. Kami memiliki kesamaan: sama-sama tinggal di Cikarang, dan bekerja di Jakarta.

Mas Amril punya banyak pengalaman ngeblog yang sudah diraih. Mulai dari tulisannya yang disinetronkan, dibukukan, mendapat berbagai macam award bahkan tingkat Internasional, sampai menjadi kontributor Yahoo OMG adalah sebagian dari prestasinya.

Beberapa hari yang lalu, saya mewawancarai Mas Amril, dan akan saya share di blog ini. Sebenarnya wawancara terhadap blogger bukan hal pertama, karena tahun lalu sudah beberapa kali saya lakukan seperti dengan Mas Iskandaria dan Pak Guru Marsudiyanto. Saya berharap, teman-teman blogger bisa termotivasi oleh blogger yang telah terlebih dahulu memulai kegiatan bloggingnya.

Berikut hasil wawancara saya dengan Mas Amril, yang lebih dikenal dengan sebutan Daeng Battala.

[I] : Sejak kapan Anda ngeblog?

[ATG] : Saya pertama kali ngeblog Desember 2002. Posting pertama saya bisa lihat di http://muhrizkyauliagobel.blogspot.com/2002/12/25-november-2002-aku-menatap-dunia.html . Blog ini merupakan ekspresi kegembiraan saya atas kehadiran anak pertama setelah 3 tahun menikah. Pembuatan blog ini atas bimbingan kawan saya, Tomi Lebang, yang ketika itu sedang studi di Inggris. Saat chatting bersama dia di YM, Tomi mengajarkan saya cara membuat blog di Blogspot. Dan disitulah cikal bakal saya memulai aktivitas ngeblog, hingga kini.

[I] : Berapa jumlah blog yang Anda kelola?

[ATG] : Selain Daengbattala.com, saya juga ngeblog di Multiply (www.amriltgobel.multiply.com), Dagdigdug (www.atgnote.dagdigdug.com). Kedua blog ini merupakan “crossposting” dari tulisan2 saya di Daengbattala.com. Saya juga mengelola blog Puisi Cinta di www.puisicinta.dagdigdug.com serta aktif ngeblog di beberapa blog “keroyokan” seperti Kompasiana.com, Ngerumpi.com, Langsungenak.com. Sayapun menjadi kontributor konten di Yahoo Indonesia (Yahoo Travel, Yahoo OMG dan Yahoo Paling Indonesia) serta mengisi konten di blog2 Komunitas blogger (komunitas blogger Bekasi, Makassar,Cikarang dan Gorontalo)

[I] : Berapa jam per hari waktu yang Anda habiskan untuk memanage blog?

[ATG] :Biasanya 2-3 jam. Terbanyak saya lakukan saat2 senggang waktu libur di rumah atau saat istirahat di kantor.

[I] : Apa kendala terbesar dalam ngeblog?

[ATG] : Mengatur waktu blogging. Kantor saya berada Cilandak, sementara rumah di Cikarang. Terkadang sampai dirumah sudah terlalu malam dan letih sehingga agak sulit untuk ngeblog. Namun saya tetap berusaha semaksimal mungkin melakukan update blog saya setidaknya sekali seminggu dengan memanfaatkan waktu libur. Terkadang seusai sholat Tahajjud, saya melanjutkannya dengan menulis hingga waktu subuh tiba.

[I] : Apa topik favorit Anda?

[ATG] : Saya menyukai tulisan-tulisan fiksi dan puisi. Bagi saya ini lebih “menantang” kemampuan saya berimajinasi dan mengeksplorasi kreatifitas Alhamdulillah saya sudah menerbitkan buku kumpulan cerpen Narsis (Narasi Romantis) dan kumpulan puisi saya “Menyesap Senyap” yang merupakan tulisan-tulisan saya diblog lewat Nulisbuku.com

[I] : Pernah melakukan copy paste content blog lain?

[ATG] : Tak ada yang benar-benar baru di bawah kolong langit ini, demikian pepatah yang pernah saya dengar. Untuk membuat postingan tak dapat dielakkan kita mesti merujuk pada referensi bacaan yang akan menyokong postingan kita. Dalam beberapa kesempatan–untuk memperkuat argumentasi/opini diblog– saya kerap mengutip informasi penting yang saya ambil dari konten blog lain dengan menerapkan fasilitas “Quote” dan tetap menyertakan link sumbernya.

[I] : Berapa page view yang Anda dapatkan per hari?

[ATG] : Tidak sebanyak blognya Isnuansalah ..hehehe.. Paling rata-rata 700-800 pageviews/hari

[I] : Berapa kali dalam seminggu rata-rata Anda posting?

[ATG] : Dua kali

[I] : Berapa banyak komentar rata-rata tiap postingan?

[ATG] : 5-10 komentar

[I] : Berapa banyak postingan yang Anda komentari rata-rata dalam satu hari atau satu kali blogwalking?

[ATG] : Rata-rata 5-6

[I] : Pendapat tentang komentar: “PertamaX”?

[ATG] : Meski terkesan “menyebalkan” karena hanya sekedar berkomentar singkat, effort komentator “Pertamax” tetap saya hargai, paling tidak sudah menuangkan ekspresi lewat kolom komentar kita di blog. Sependek apapun itu. Meskipun begitu saya berharap komentar2 seperti ini tidak banyak terjadi karena esensi blog adalah “percakapan”, yang membedakan dengan website biasa. Unsur interaksi lewat dialog antara pembaca dan penulis di kolom komentar menjadi nilai tambah berharga untuk menambah cakrawala pembahasan di posting blog. Dan ini menjadi daya tarik tersendiri.

[I] : Anda selalu mengunjungi balik blog komentator Anda?

[ATG] : Ya, pasti. Sebagai bentuk penghargaan saya kepada mereka meski kadang jarang meninggalkan komentar.

[I] : Seberapa banyak pelanggan feed Anda?

[ATG] : 25

[I] : Apa saja yang Anda lakukan untuk promosi blog?

[ATG] : Saya melengkapi blog saya dengan fitur socmed seperti “facebook-like” dan koneksi sharing ke Twitter. Biasanya, setiap kali selesai posting, saya akan mempromosikan blog saya kepada seluruh jaringan di relasi Socmed saya (Facebook, Twitter, Koprol, dll). Tidak hanya itu, posting-posting lama yang saya anggap cukup relevan untuk dibagi akan saya share. Cara lainnya adalah, pada signature email dan profil Instant Message, saya menginformasikan alamat blog saya.

[I] : Anda menerapkan SEO?

[ATG] : Selama ini tidak. Tapi setelah mengikuti Blogilicious di beberapa kota saya jadi banyak belajar dan berkeinginan untuk mencoba menerapkan SEO di blog saya kelak.

[I] : Apakah Anda memonetasi blog Anda?

[ATG] : Iya, melalui IDBlognetwork dan SITTI

[I] : Jika iya, jenis monetasi apa saja yang Anda ikuti?

[ATG] : Saat ini baru Pay Per Click (via IBN dan SITTI) serta Pay Per Post dari (IBN)

[I] : Berapa lama sejak Anda memonetasi blog Anda, bisa menghasilkan?

[ATG] : 3 bulan

[I] : Penghasilan pertama Anda?

[ATG] : Pay Per Post dari IDBlognetwork

[I] : Penghasilan rata-rata saat ini dari blog?

[ATG] : Rahasia dong. Soalnya gak tentu :). Kadang naik, kadang turun :). Yang jelas sudah cukup banyak membantu secara finansial.

[I] : Apa kesalahan terbesar yang Anda lakukan selama ngeblog?

[ATG] : Lupa Password untuk login.. hahaha. Ini kesalahan terkonyol yang pernah saya lakukan. Terjadi saat awal2 ngeblog. Lebih konyol lagi saya tidak tahu ada fasilitas reset password dan akhirnya pasrah saja, tidak ngeblog sama sekali. Nanti setelah 3 bulan tidak ngeblog dan ditegur teman, “Blog saya sudah banyak sarang laba2-nya saking lamanya tidak diupdate” saya akhirnya mencari caranya dan diberitahu oleh teman. Sampai akhirnya bisa. Saya belajar banyak dari kesalahan itu.

[I] : Jika Anda bisa memberikan nasehat untuk bloger yang baru memulai kegiatan mereka, apa nasehat Anda?

[ATG] : Pertama, Jadilah diri sendiri. Ngeblog adalah sebuah aktivitas yang harus kita nikmati dan dengan hati melakukannya. Ngeblog adalah proses belajar untuk kemudian menemukan ciri khusus penulisan atau karakteristik unik sesuai kepribadian kita. Jangan merasa terbebani untuk mesti membuat posting seperti seorang blogger idola anda. Dengan begitu kita bisa ngeblog dengan nyaman dan tanpa tekanan.

Kedua, banyak membaca (baik buku maupun lewat blogwalking). Semakin banyak membaca maka cakrawala pemikiran dan wawasan menjadi kian luas yang pada gilirannya menghasilkan inspirasi membuat posting tulisan diblog.

Ketiga, Cari bahan posting untuk blog mulai dari hal-hal kecil di sekeliling kita yang layak untuk dibagi lewat pembaca blog. Keunggulan blog sebagai media informasi yang sifatnya referral dan kolegial menyebabkan sumber informasi lewat blog–yang bersifat personal — justru jadi rujukan yang handal dan terpercaya.

Keempat : Gaul. Bergabunglah di Komunitas Blogger untuk menambah spektrum pembaca blog kita serta mendapatkan kawan diskusi (sekaligus pemicu semangat kita untuk terus ngeblog). Selain itu, gaul secara online juga diperlukan dengan rajin merespon komentar, blogwalking serta mempromosikan blog kita di jejaring sosial media.

Kelima : Keep Blogging, Peliharalah passion ngeblog itu dengan terus belajar dan mengasah diri serta selalu bersemangat untuk berbagi.

83 thoughts on “Wawancara Dengan Amril Taufiq Gobel, Daeng Battala

  1. AH itu ada yang salah,,, saya lumayan sering mampir tak gak pernah di kunjungi balik loh sama mas amril.. *fakir page view*

    Eh btw saya udah pernah foto bareng sama seleb blog ini.. *pamer*

    1. Hayyah! Kalo komentar dan blogwalking itu mbok ya kayak kalo lagi sedekah. Nggak usah ngarep balesan, dijamin balesannya malah berkali lipat!

      *pake jilbab pink* *ceramah di depan blogger*

  2. yg Rusa kagumi sama mas Amril adalah kerendahan hatinya, walau pencapaiannya dalam ngeblog udah seperti di langit ke 7 🙂

    BTW kapan ya bisa diwanwancarai mbak Isnuansa *pengen terkenal*

      1. Ck ck ck 🙂 Setuju ama saran mbak Nunik buat Rusa. Intinya kudu aktif nulis atau update kalo mau diwawancarain. Soal Pak Amril, saya mulai mengenalnya via FB, walaupun cuma baru tau nama. Tapi beliau cukup aktif di FB.

  3. Ssiiipp… Salut buat mas Amril TG seleb blogger kita…
    Keep Blogging, meskipun agak sulit juga mempertahankan konsistensi ngeblog, tapi tetep berusaha…
    Makasih hasil wawancaranya mbak…

    1. Betul! Ngeblog dari 2002 itu nggak semua orang bisa bertahan.

      Kebanyakan blogger sekarang ngeblog demi uang saja, kalau uangnya gagal didapat, ngeblognya berhenti. 😆

  4. Is,
    Terimakasih banyak ya sudah memuat wawancara saya disini. Semoga bermanfaat dan sorry gaya saya menjawab “agak-agak” sleng’ean…hihihi

    Buat para penanggap disini, terimakasih ya. Juga buat mas Sibair & mas Rusa senang sekali akhirnya bisa bertemu di Surabaya tempo hari. Pasti deh saya akan kunjungi blog teman-teman semua 🙂

  5. Mantabs. Mas Amril memang blogger yang rendah hati meski prestasinya sudah melanglang buana. Baik percakapan online maupun kopdar ia memang menunjukkan kelasnya sebagai blogger kelas berat (dalam arti nyata maupun kiasan, hehehe…) yang patut dikagumi.

    Thanks buat Isnuansa yang bisa membuat mas ATG mengekspresikan kualitasnya.

  6. Aku mau mewawancarai Isnuansa juga ah.
    Tentu kalau bersedia, caranya gampang kok.

    Jawab pertanyaan yang diajukan ke mas Amril dan nanti kirim ke aku.

    Wis langsung copas, jadi !:-)
    Tinggal nambahin preambul dan endingnya saja.

    Hehehehe…sangat tidak kreatif ya.

    Salam sehati

  7. yang mewawancarai dan yg diwawancarai dua-duanya orang hebat, yang patut dijadikan sumber inspirasi dalam ngeblog.. Selamat buat semuanya 🙂

  8. kwkwkw. .bang amril emang bisa. .
    bener2 ada aja jawabannya .. oke dan mantap . .
    semakin semangat untuk ngeblog 😀

  9. wah, kalau boleh tahu sejak kapan ya mas amril jadi kontributor konten di Yahoo Indonesia (Yahoo Travel, Yahoo OMG dan Yahoo Paling Indonesia, 2011, 2010 atau 2009 ?

  10. isnuansi, datang dong acara depok blogger (deBlogger) kerjaasam dg idblognetwork tgl 24-25 Juni ini di Gedung telkom..kalo ada waktu datang ya…hehe….

    1. Saya sering ketemu sih sama beliau di acara-acara blogger. Kalau pesta blogger, saya nggak tau ya beliau ikut apa nggak, soalnya saya sendiri juga nggak ikutan Pesta. 😀

  11. Wah,,, Sebuah keberuntungan besar aku bisa ketemu langsung dengan PA Amril 🙂

    N penghasilan pertama p Amril dari PPP IBN, itu artinya ngeblog sebelumnya blm di Monetize sama sekali donk,, Luar biasa karena bisa bertahan lama bgt sejak 2002,

    [I] : Penghasilan rata-rata saat ini dari blog?

    [ATG] : Rahasia dong. Soalnya gak tentu icon smile Wawancara Dengan Amril Taufiq Gobel, Daeng Battala . Kadang naik, kadang turun icon smile Wawancara Dengan Amril Taufiq Gobel, Daeng Battala . Yang jelas sudah cukup banyak membantu secara finansial.

    Knapa gak dibuka bukaan aja pa, biar lebih memacu semangat,,,,

    n

    Luar biasa langsung dapat Komen dari Founder2 IBN (Kukuh Tw dan Mubarika Darmayanti,,, he)

  12. hasil wawancara yang positif bisa buat ambah pengetahuan ,terimakasih kalau pelu postingan sepertiini dirutinkan dengan menampilkan pengalaman orang lain

  13. wuih-wuih… saya sangat salut dengan Daeng Amril. Tulisannya kaya. Tidak seperti saya. Masih pemula saja sejak dulu, padahal melakukan posting pertama di blog sejak 2006. Salam kenal, semoga saya asahan dari blog-blog lain tetap bisa saya lakukan.

  14. wahhhh wawancaranya bener bener bermanfaat. ada tips tips gitu. hmmm aku belum ikutan komunitas nih. apa yang bagus yah??/ recommend dong. keren wawancarannya

  15. Mba Iiiiiss… aku mau nyari2 hasil wawancara mba dg seleb blogger lainnya *sigh*.

    terima kasih sudah ‘dikenalkan’ dg Daeng ya… tadi saya mampir ke sana, tapi msh malau untuk meninggalkan jejak heuheu..

  16. hihihi …
    baca ini jadi malu sy, ngeblog angin-2an, sampai lupa password akhirnya blog jadi kuburan.
    gak seperti mbak dan teman2 yg lain pada semangat.

    setelah beberapa kali nengok disini, baru kali ini ngisi daftar tamu lagi, semoga berkenan kedatangan tamu tak sopan seperti sy ….

  17. Akhirnya ketemu juga blognya mba is,

    wawancara yang menarik.. jadi termotifasi ngblog 🙂 apelagi setelah tau kalo ngeblog bisa menghasilkan,, walau saya belum pernah dapet,, tapi terus berusaha, next kalau ketemu mba is ‘lagi’, saya yang akan mewawancarai mba is ahh..!!

  18. Aku ketemu pertama kali sama mas Amril di Blogilicous de surabaya. Ngobrol bentar doang tapi sempat juga kita shalat berjamaah bareng. 3 orang : aku, mas amril dan mas eko eshape 😀

  19. saya termasuk orang yang susah berbagi waktu, kadang banyak menghabiskan waktu untuk blogging, dan akhirnya saya bisa berangsur-angsur untuk berbagi waktu antara kegiatan2 lain dengan blogging. Tulisan ini memotivasi saya untuk lebih disiplin. Terimakasih Mba Is.. (ternyata mbak, kirain pak) 😀

  20. mas amril kemarin datang ke makassar loh….berkunjung ke universitas hasanuddin sebagai pemateri di blogshop identitas…memang luar biasa seleb blog satu ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge