Web Blog Of Sapimoto

Wawancara dengan Sapimoto aka Mas Dian Susanto ini termasuk salah satu wawancara favorit saya. Karena saya agak kesulitan untuk menghubungi beliau. Coba-coba mengirimkan email yang saya nggak tau alamatnya di mana, akhirnya saya coba potong-potong beberapa bagian melalui contact di blognya. Dan dibalas. 🙂

Dari profilnya, nggak terlalu banyak yang bisa kita ketahui dari Sapimoto. Lelaki kelahiran tahun 1978 dan telah dikaruniai 3 putra ini, kini tinggal di Sidoarjo.

Meski menurut pengakuannya, berpenghasilan di bawah $100 dari ngeblog, tetapi ilmunya bisa kita contek nih… 😉

web-blog-of-sapimoto

[I] : Sejak kapan Anda ngeblog?
[DS] : Mulai ngeblog pada akhir 2007, kalau tidak salah sekitar bulan Oktober dengan menggunakan blogspot. Dan baru pada April 2008, saya bisa membeli domain sendiri beserta hosting.

[I] : Berapa jumlah blog yang Anda kelola?
[DS] : Untuk saat ini, masih dibawah 25 blog.

[I] : Berapa jam per hari waktu yang Anda habiskan untuk memanage blog?
[DS] : Sampai dengan Januari 2009, bisa sampai 5-7 jam, tetapi sekarang sudah menurun banyak dari segi pemantauan bahkan penulisan.

[I] : Apa kendala terbesar dalam ngeblog?
[DS] : Kendala terbesar yang apsti adalah susahnya mendapatkan koneksi internet, tetapi sekarang masalah tersebut sudah terpecahkan. Dan yang masih menjadi kendala bagi saya adalah game online yang terlalu banyak menyedot perhatian saya, sampai-sampai saat ini boleh dikatakan saya sudah jarang banget melakukan update posting.

[I] : Apa topik favorit Anda?
[DS] : Tidak ada yang spesifik, saya menyukai bermacam topik dalam blog yang saya kunjungi, dan selalu saya usahakan untuk membaca posting yang ada dalam blog yang saya kunjungi. Tetapi untuk beberapa tulisan yang berbau politik atau sastra, terkadang saya tidak bisa memberikan komentar yang mungkin diharapkan oleh penulis atau pemilik blog, karena saya kurang paham mengenai masalah tersebut.

[I] : Pernah melakukan copy paste content blog lain?
[DS] : Untuk artikel di sapimoto.com yang saya tulis dengan bahasa Indonesia termasuk tulisan untuk PTR, itu adalah murni tulisan saya sendiri dengan gaya penulisan pribadi, yang saya juga tidak tahu apakah disukai atau tidak oleh pengunjung. Sedangkan untuk tulisan dalam Bahasa Inggris, sengaja saya berikan kepada penulis lain, karena saya pernah mendapatkan kritik pedas atas tulisan bahasa Inggris yang saya tulis sendiri, karena memang saya tidak terlalu mahir berbahasa Inggris.

[I] : Berapa page view yang Anda dapatkan per hari?
[DS] : Mungkin sekitar 2000/hari, biasanya tiap bulan saya buat report tersendiri pada kategori Review.

[I] : Berapa kali dalam seminggu rata-rata Anda posting?
[DS] : Jaman saya masih semangat nge-blog dan belum kena racun facebook maupun travian, hampir setiap hari saya bisa posting. Tetapi setelah mengenal kena “racun”, bisa dikatakan dalam satu bulan tidak lebih dari 10, sangat mengenaskan.

[I] : Berapa banyak komentar rata-rata tiap postingan?
[DS] : Dari semenjak saya nge-blog, saya tidak bisa mendapatkan komentar dalam jumlah banyak, mungkin karena saya kurang bisa mengajak komunikasi pengunjung atau pembaca blog saya.

[I] : Berapa banyak postingan yang Anda komentari rata-rata dalam satu hari atau satu kali blogwalking?
[DS] : Jika sedang banyak waktu luang, saya bisa mengunjungi 25-30 blog dan dalam tiap blog terkadang saya membaca lebih dari 1 posting. Untuk tiap posting yang saya baca, saya usahakan untuk selalu meninggalkan komentar.

[I] : Pendapat tentang komentar: “PertamaX”?
[DS] : Bagi saya pribadi itu bukanlah suatu masalah besar, walaupun ada beberapa blogger yang menolak adanya komentar Pertamax. Bagaimanapun komentar yang diberikan oleh pengunjung, itu adalah sebuah apresiasi tersendiri bagi penulis, dengan tidak memandang apakah komentar tersebut berkaitan dengan posting ataupun tidak.

[I] : Mengunjungi balik blog komentator Anda?
[DS] : Terkadang saya lakukan, tetapi terkadang juga tidak.

[I] : Seberapa banyak pelanggan feed Anda?
[DS] : Pernah mencapai 125, tetapi ketika saya sudah mulai jarang update blog, sekarang turun dan hanya menyisakan 95 feed reader.

[I] : Apa saja yang Anda lakukan untuk promosi blog?
[DS] : Blogwalking dengan tidak lupa meninggalkan komentar, SEO dan submit ke beberapa layanan feed.

[I] : Anda menerapkan SEO?
[DS] : Ya. Karena untuk pemula seperti saya, sangat sulit mendapatkan pengunjung jika tanpa menggunakan tehnik SEO, walaupun tehnik yang saya gunakan bukanlah sebuah tehnik yang bagus, tetapi lumayan dapat menghasilkan pengunjung dari mesin pencari.

[I] : Apakah Anda memonetasi blog Anda?
[DS] : Ya, walaupun sampai saat ini hasilnya belum begitu besar.

[I] : Jika iya, jenis monetasi apa saja yang Anda ikuti?
[DS] : Dari iklan banner yang diadakan oleh Project Wonderful, Adgitize yang sampai sekarang saya belum membuktikan apakah memang benar membayar atau tidak, karena penyakit malas saya, terkadang membuat saya tidak mau berusaha untuk tekun menjalaninya. Beberapa program PTR dan jualan link, juga saya ikuti.

[I] : Berapa lama sejak Anda memonetasi blog Anda, bisa menghasilkan?
[DS] : Domain saya beli pada April, dan baru pada bulan Oktober 2008, memberikan hasil. Hasil yang saya maksud adalah yang benar-benar dihasilkan dari apa yang ada diblog, bukan promosi referral PTC yang dulu saya tekuni sampai akhirnya dipecat oleh hampir seluruh PTC, karena saya tidak aktif lagi. Masih banyak request payout saya yang pending, dan saya tidak tahu harus dengan cara apa untuk melanjutkan pencairannya.

[I] : Penghasilan pertama Anda?
[DS] : Dari blog, 10 dollar, dari PTC juga 10 dollar.

[I] : Penghasilan rata-rata saat ini dari blog?
[DS] : Waduh, susah banget jawabnya pertanyaan yang ini. Penghasilan saya masih kecil, masih dibawah 100 dollar per-bulan.

[I] : Apa kesalahan terbesar yang Anda lakukan selama ngeblog?
[DS] : Terkena “racun” game online, yang menyebabkan saya tidak bisa intensif dalam ngeblog.

[I] : Jika Anda bisa memberikan nasehat untuk bloger yang baru memulai kegiatan mereka, apa nasehat Anda?
[DS] : Tetap semangat dan fokus pada apa yang telah dilakukan. Untuk berkembang, seringlah berkunjung pada blog-blog yang telah ada terlebih dahulu karena akan banyak informasi yang akan didapat disana. Jika ada yang ingin diketahui, gunakanlah mesin pencari untuk menemukan jawabannya.
Jangan terfokus bahwa ngeblog adalah untuk menghasilkan dollar, karena ini merupakan sebuah mindset yang salah. Jika pada awal sudah berpikiran bahwa dengan ngeblog akan bisa mendapatkan dollar dengan mudah, maka ketika 2-3 bulan ternyata sama sekali tidak menghasilkan, maka semangat untuk ngeblog akan menurun.
Jangan mengikuti game-game online yang memakan banyak waktu dan konsentrasi, seperti Travian contohnya, walaupun ini hanya merupakan sebuah game browser, tetapi dapat menyedot semua konsentrasi. Apalagi kalau pada dasarnya sudah memiliki hobi nge-game. Mudah-mudahan kecanduan game yang membuat kegiatan nge-blog menjadi terbengkalai, hanya terjadi pada saya.

Author: isnuansa

Emak dengan satu anak yang hobi nulis. Memilih tidur kalau ada waktu luang. Follow saya di twitter: @isnuansa

11 thoughts on “Web Blog Of Sapimoto”

  1. haduh mbak neh, pengen or sudah jadi wartawan? rasanya kok wawancara terus neh. btw asyik juga tuh, soale yg diwawancarai mantap2. lanjut mbak…

  2. Uedan,itulah kesan saya pertama ketika membaca bahwa blog yang dikelolanya dibawah 25,itu bisa 1 tapi bisa juga 24 kan.

    Nasihatnya kepada pemula,selaras dengan unen-unen yang berbunyi”Jika kamu melewati sebuah jembatan,ingatlah orang -2 yang meliwati jembatan itu sebelumnya”.Jadi blogwalking ke blog para pendahulu memang perlu.Tapi pendahulu juga nyambangi donk blog yang piyik2 ini.

    Cari target lain mbak,masih ada JK,Juwono Sudarsono,dan lain-lainnya.
    Kalau dolarnya sudah banyak,bisa dapat kiriman krupuk Sidoarjo dunk,he..he..he,tetanggaku nih.

    Salam mbak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge