Wisata Murah Meriah Ke Cirebon Naik Kereta Api

Bagi keluarga kecil tanpa memiliki kendaraan seperti saya ini, berwisata dengan naik kereta api itu jadi pilihan utama banget. Padahal, kalau ada mobil, kayaknya asyik banget lho bisa road trip keliling Jawa, apalagi sekarang ini jalan tol sudah tersambung ke mana-mana.

Tapi wisata naik kereta api juga tidak kalah nyaman, kok. Sekarang ini sudah banyak banget pilihan jadwal kereta api ke berbagai kota di Pulau Jawa. Beli tiket kereta api juga semakin mudah, bisa dipesan online melalui aplikasi di gadget kita. Waktu itu saya beli tiketnya di Pegipegi. Alasannya biaya admin beli tiket kereta di Pegipegi lebih kompetitif dibanding dengan beli di minimarket.

Salah satu kota yang jadi favorit saya untuk berlibur adalah Cirebon, sekitar 200 kilometer ke arah timur dari Jakarta. Ada banyak sekali kereta api ke Cirebon. Saya memilih jam keberangkatan Sabtu pagi, dan kembali ke Jakarta di hari Minggu sore. Lumayan, menginap semalam di Cirebon, dan hanya perlu membayar Rp. 270.000,- saja untuk tiket kereta api pulang pergi Jakarta Cirebon.

Pilihan wisata di Cirebon juga beragam. Memang, tidak sebanyak kota besar seperti Bandung ataupun Jogja, tetapi salah satu kekuatan Cirebon ada di wisata sejarah dan wisata kulinernya. Wisata belanja juga sih, ada Batik Cirebon yang bisa membuat lapar mata dan dompet jadi jebol, hehehe.

Beberapa tempat wisata andalan Cirebon yang bisa dikunjungi antara lain Keraton Kesepuhan, Keraton Kanoman, Keraton Kacirebonan, Makam Sunan Gunung Jati, Masjid Agung At-Taqwa, Masjid Sang Cipta Rasa, Vihara Pemancar Keselamatan, Pantai Kejawanan, Bukit Gronggong, dan Gua Sunyaragi. Untuk wisata kuliner, tak lengkap rasanya jika tidak mencicip nasi lengko, nasi jamblang, empal gentong, empal asem dan tahu gejrot.

Karena sudah pernah ke kota ini sebelumnya, jadi pas kemarin jalan-jalan ke Cirebon ini benar-benar kami nikmati untuk bonding keluarga saja. Nggak ngoyo harus ke tempat ini atau ke tempat itu. Jadi selama dua hari, praktis hanya ada dua tempat wisata yang kami datangi yaitu Keraton Kasepuhan dan Gua Sunyaragi. Biaya tiket masuk dan parkir kendaraan di dua tempat tersebut hanya Rp. 70.000,- saja untuk bertiga.

Diana suka banget main di Gua Sunyaragi. Meski suhunya panas sekali siang itu karena musim kemarau yang panjang, tapi taman yang luas hingga 15 hektar totalnya, bisa lari-larian bebas buat anak itu. Emak bapaknya juga seneng banget, karena hampir semua sudutnya instagramable, bisa ambil banyak foto narsis.

Untuk yang percaya dengan mitos, bisa juga tuh main ke Gua Sunyaragi buat pasangan yang ingin mendapatkan kelanggengan. Ada gua kelanggengan yang diyakini bisa melanggengkan jodoh. Tetapi juga ada mitos bahwa seorang perawan yang menyentuh patung perawan sunti, dipercaya akan kesulitan mendapatkan jodohnya. Percayakah teman-teman dengan mitos tersebut? Kami sih tidak mengerti ada mitos seperti itu saat berkunjung, jadi ya tidak terpikirkan malahan.

Untuk penginapan, juga ada banyak pilihan di Cirebon. Kami memilih yang bintang tiga saja, dengan rate Rp. 330.000,- sudah termasuk sarapan pagi. Jadi total pengeluaran untuk wisata ke Cirebon bertiga dengan keluarga ini hanya Rp. 750.000,- di luar biaya makan.

Nah, kalau untuk makan, memang anggarannya bisa jadi tidak murah meriah lagi ya, kalau mau full wisata kuliner di berbagai tempat makan. Karena sepiring nasi jamblang di sebuah restoran dengan lauk satu balakutak (cumi dimasak dengan tinta hitamnya), pedesan entog dan pepes jamur saja bisa seharga Rp. 50.000,- sendiri. Belum lagi semangkuk empal gentong atau empal asem beserta nasinya, Rp. 30.000,- per porsi.

Yang agak disayangkan, memang untuk wisata alam, Cirebon masih agak kurang. Jika ingin wisata yang dekat ke alam, harus sedikit melipir lagi ke Kuningan. Tetapi secara keseluruhan, untuk wisata murah meriah menggunakan kereta api, Cirebon bisa jadi pilihan menarik. Dengan budget tak sampai satu juta lima ratus ribu rupiah, sudah bisa menikmati liburan akhir pekan satu keluarga. Gimana, tertarik mencoba?

2 thoughts on “Wisata Murah Meriah Ke Cirebon Naik Kereta Api

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge