Tangkal Kolesterol Dengan Cara Kurangi Mager

Keseharian saya di kantor itu gampang diprediksi banget. Pokoknya kalau udah masuk ruangan, kalau belom waktunya pulang kerja ya nggak bakalan beranjak dari depan komputer. Bisa dibilang nggak pernah chit-chat ke ruangan sebelah sekalipun. Jam istirahat makan siang gimana? Apa nggak pernah makan bareng teman-teman keluar kantor? Nggak. Hampir tiap hari pesen. Tinggal telpon, makanan dianterin sampai ke ruangan. Kalaupun berasa capek dari kerjaan, palingan ya leyeh-leyeh di kursi sambil tidur ayam sebentaran. Udah gitu doang. Bener-bener mager kan ya?

Di rumah gimana? Masih mending sih kalo di rumah. Sebagai emak pekerja kantoran tanpa ART, pekerjaan rumah tangga tetep saya yang harus beresin. Kalau momong anak sih ada suami ya, tapi nyuci piring, mbilas cucian baju, nyapu dan ngepel tetep saya kerjakan. Gerak saya ya sebatas itu doang palingan.

Pulang kerja sampe rumah udah capek, jadi ya leyeh-leyeh dan balik mager lagi. Online di handphone baca-baca blog dan instagraman, sambil ngajak main anak sebentar. Kalau lagi rajin sih emang sedikit gerak, ngelipetin baju dan setrika baju kerja.

Nah, siapa yang punya gaya hidup hampir mirip dengan saya, cung?

Ternyata, itu namanya sedentari. Anak zaman now menyebutnya mager (malas gerak). Sekarang ini makin banyak yang mager karena fasilitaspun mendukung. Semua serba mudah, bisa dilakukan di genggaman. Nggak perlu pergi naik angkot ke bank buat ambil uang dan bayar-bayar tagihan, nggak perlu ke warung buat nyari makan, dan seterusnya.

Padahal sedentari ini sangat berbahaya, lho. Dampaknya mungkin nggak akan langsung kita rasakan sekarang ini. Baru terasa beberapa tahun kemudian. Gaya hidup sedentari ini dilaporkan oleh WHO sebagai salah satu dari 10 penyebab kematian terbanyak di dunia. Euww.

Belakangan, saya merasakan agak kurang nyaman di bagian leher dan punggung bawah, terutama bagian pinggang. Awalnya saya nggak pernah ambil pusing. Namanya umur udah nggak bisa bohong ya, saya baca-baca status teman-teman yang seumuran pun banyak mengeluhkan rasa yang hampir sama. Tapi saat udah makin sering terasa, ya kepikiran juga. Pas saat itu ada undangan buat hadir di acara Indonesia Tangkal Kolesterol bersama Nutrive Benecol. Langsung setuju hadir karena nanti boleh cek kolesterol gratis. *teuteup ya, namanya emak-emak, suka yang gratisan*

Cek Kolesterol di Indonesia Tangkal Kolesterol

Continue reading “Tangkal Kolesterol Dengan Cara Kurangi Mager”

Lokasi Hunian Yang Nyata Dekatnya, Meningkatkan Kualitas Hidup

Sudah hampir 10 tahun teman saya tinggal di sebuah cluster di Cimanggis, Depok. Meskipun di KTP tertulis Depok, tapi ini posisinya lebih dekat ke perbatasan Bekasi dan Cibubur sana.

Alasan memutuskan untuk membeli hunian yang sangat jauh dari tempat kerja di Senayan tak lain adalah soal kemampuan. Saat itu, 10 tahun lalu, teman saya ya baru sanggup membayar DP dan cicilan rumah yang di pinggiran kota, yang berjarak puluhan kilometer dari Senayan. Tak apa, memang harus sesuai dengan kemampuan.

Dengan posisi rumah di Cimanggis, teman saya selalu berangkat dari rumah tidak boleh lewat dari jam 7 pagi. Memang di kantor masuknya jam 10, jadi waktu tempuh hampir 3 jam sekali perjalanan, ya. Bisa dibayangkan, sampai rumah paling cepat jam 21, dan anaknya sudah tertidur. Jadi interaksi dengan anak sangat terbatas, hanya bisa dilakukan saat bangun tidur jam 5 sampai dengan si buah hati berangkat sekolah di jam 6.30. Wow, super sekali ya, wajah pekerja kantoran yang ada di kota Jakarta.

Teman saya itu tidak sendiri. Ada ratusan ribu orang sebagai komuter dari kota-kota pinggiran Jakarta, yang berangkat subuh pulang malam demi pekerjaan mereka.

Selain berkorban waktu berinteraksi dengan keluarga yang sangat terbatas, masih juga akan menemui tantangan lain seperti tingkat stres yang tinggi akibat kemacetan. Asap dan polusi udara jalanan adalah kawan sehari-hari, tak heran jika badanpun jadi mudah lelah dan gampang sakit.

Kemarin sewaktu kami cek kesehatan, kawan saya tersebut hasilnya kolesterol tinggi dan asam urat. Waduh, beneran berat ya kalau punya rumah jauh dari tempat kerja. Kualitas hidup berkurang jauh.

Permata Hijau Suites Continue reading “Lokasi Hunian Yang Nyata Dekatnya, Meningkatkan Kualitas Hidup”