10 Kesalahan Blogger Baru Dalam Mempromosikan Blognya

Ini adalah tulisan terjemahan. Anda dapat membaca tulisan aslinya di sini.

~~~

Tulisan ini terinspirasi ketika saya mendapatkan sebuah pertanyaan: ”Apa saja sepuluh kesalahan yang biasanya dilakukan oleh blogger ketika mereka berusaha membuat orang lain tertarik pada blognya?”

Pada awalnya saya hanya mengetahui tiga atau empat alasan saja, tetapi saya berusaha memikirkannya sampai akhirnya mampu membuat 10 daftar. Berikut adalah daftar 10 kesalahan yang sebaiknya dihindari oleh blogger baru dalam mempromosikan blognya.

1. Berlebihan Mempromosikan Diri

Kebanyakan, beberapa blogger baru mempromosikan postingan mereka ke Digg, Reddit, StumbleUpon, mengirimkan alamat blog mereka melalui email kepada setiap orang yang dikenalnya, ngetwitt postingan terbaru, dan membagi link blog melalui Facebook. Semua itu sama sekali tidak salah, tetapi jika tujuannya untuk meraih pengaruh di dalam sosial media, Anda dituntut tidak hanya terus menerus membagikan konten milik pribadi saja. Kecuali jika Anda mau dijuluki sebagai tukang spam.

Promosikanlah juga tulisan-tulisan yang bagus dari sumber lain seperti blog teman dan video lucu dari youtube. Blogger yang smart akan mengajak berteman dengan blogger yang memiliki pengaruh di dalam sosial media, dan bertukar mempromosikan konten mereka.

2. Hanya Fokus Mempromosikan Konten

Tidak peduli apakah Anda seorang yang hebat dalam berpromosi, yang lebih dahulu Anda perlukan adalah memastikan bahwa Anda sudah memiliki konten yang hebat terlebih dahulu. Jika Anda telah memiliki konten yang bagus, dengan mudah dapat dioptimalkan dengan cara mempromosikannya. Jika Anda tidak mampu memenuhi keinginan pembaca Anda, maka mereka tidak akan kembali lagi mengunjungi blog Anda.

3. Terlalu Banyak Sasaran Komunitas

MyBlogLog, StumbleUpon, Reddit, Dig, Twitter, My Space, Facebook: dari mana Anda mulai? Sayangnya, hampir semua blogger baru memulainya dengan semua [atau bahkan lebih] dari daftar tersebut.

Jalan yang lebih efektif sebenarnya adalah dengan memutuskan mengambil salah satunya saja dan fokus. Jika blog Anda adalah tentang isu perempuan, misalnya, Anda dapat memfokuskan diri untuk membangun komunitas dan aktif berpromosi di Kirtsy.Com, atau berpartisipasi dalam Networked Blog yang sejenis. Mereka itulah audience yang Anda perlukan, karena mereka akan kembali, berkomentar dan saling berbagi informasi dengan yang lain.

4. Melupakan Blogger Lain

Beberapa blogger baru terkadang melupakan untuk membentuk sebuah komunitas dengan beberapa blogger di sekitarnya. Blog adalah sebuah komunitas mikro. Ketika saya memulai blog ini, saya membaca blog-blog paling top di sosial media. Berinteraksi dengan penulisnya. Membuat janji untuk bertemu. Dengan berteman satu sama lain, menjadikan mereka mengingat blog saya dalam pikiran mereka. Tulisan dan link menuju blog kita akan mengikuti dengan sendirinya.

5. Tidak Berkomentar Di Blog Lain

Salah satu sarana yang paling efektif adalah dengan berkomentar. Tunjukkanlah interaksi di dalam komunitas yang memiliki persamaan topik. Secara natural mereka akan berkunjung ke blog Anda dan berinteraksi juga dengan komunitas baru yang telah Anda miliki.

6. Tidak Menghargai Pertemuan Offline

Tidak ada yang mampu membuat saya menginginkan membaca sebuah blog kecuali telah memiliki sebuah interaksi antar muka dengan pemiliknya. Pernah bertemu, memiliki sebuah hubungan secara lebih personal, meski bukan berarti mengetahui semuanya dengan baik, membuat saya ingin membaca apa yang ditulis di blognya.

Jangan membatasi diri untuk berhubungan dengan blogger lain melalui hubungan online saja.

7. Berpikir Anda Jauh Lebih Pintar Dari Siapa Saja

Ketika Anda sudah mulai menyerang, membandingkan atau berargumentasi dengan blogger lain tentang topik blog Anda, saat itulah Anda mulai kehilangan pembaca. Hal ini bukan hanya berlaku untuk blogger. Dikehidupan juga berlaku hal sama. Bayangkan satu orang di kantor Anda yang memiliki sifat arogan. Orang yang selalu ingin menang sendiri, selalu mengkoreksi tindakan orang lain dan ’tahu segalanya’.

Apakah Anda menyukainya? Apakah Anda peduli dengannya? Jangan menjadi seperti orang tersebut.

8. Hanya Meminta Tanpa Memberi

Berbagi adalah salah satu hal yang paling penting dalam sosial media. Jika Anda hanya berfokus pada blog Anda sendiri, melupakan menulis guest post di blog teman, tidak memberikan ijin blogger lain untuk menulis guest post di blog Anda, Anda akan kehilangan salah satu kesempatan untuk mempromosikan blog Anda dengan semestinya.

Ketika ada seseorang yang bertanya meminta saran, bantulah dengan sukarela. Jika seseorang meminta Anda menulis guest post di blognya, lakukan. Jangan meminta balasan. Semua akan kembali berlipat.

9. Menjadikan Blog Anda “Kandang Iklan”

Tidak ada yang salah dengan menempatkan iklan di blog Anda. Tetapi ketika Amda baru berkunjung ke sebuah blog baru dan mendapati 5o iklan afiliasi, beberapa widget yang bertuliskan ’buy this’, banner yang kelap-kelip, dan berbagai tombol iklan di mana-mana, besar kemungkinan Anda tidak akan kembali.

Ya, Anda pasti terkesan dengan cerita blogger lain yang berpenghasilan 6 digit setiap bulannya dan semua bisa berkesempatan mendapatkannya, tetapi $.13.68 yang Anda dapatkan di akhir bulan dari 7 iklan yang berbeda tidak sebanding dengan usaha teman yang telah mengklik dan terpaksa melihat.

10. Anda Lupa Menambahkan Point Anda

Saya tidak dapat menambahkan satu hal lagi yang bagus untuk dihindari sebagai kesalahan mempromosikan blog. Bantu saya dengan menawarkan ide Anda di kolom komentar.

~~~

Catatan: Dengan membuat satu postingan ini saja, Jason Falls menerima 82 komentar dan 13 trackback [14 dengan saya] menuju blognya.

45 comments on “10 Kesalahan Blogger Baru Dalam Mempromosikan Blognya

  1. Wah, saya bingung mau komentar apa.

    Namun khusus poin 5, saya rasa setiap blogger yang punya niche blog harus berusaha menjalin silaturahmi dengan sesama blog yang setopik dengannnya. Salah satu caranya lewat rajin mengomentari postingan2 yang sesuai niche blognya.

    Menurut saya ini cukup penting, selain sebagai upaya branding juga. Inilah mengapa saya selalu bersemangat mengunjungi dan berkomentar di setiap postingan terbaru blog-blog yang punya niche blogging (seperti blog mbak Nunik ini dan blognya Kang Yudiono) :lol:
    .-= iskandaria´s selesai [nulis] ..10 Postingan Terpopuler Blog kafe28 di Bulan Desember 2009 =-.

    Betul. Berhubungan dengan blogger lain, terutama juga yang memiliki niche sejenis. Blogodolar saya juga sering baca.

  2. made gelgel on said:

    saya point nomer 5 tuh :(

    1 bulan blogging bener2 ga ada komentar mas, padahal 100% konten asli walaupun isinya diary sama download, heran kenapa blog orang lain yang ngebahas diary juga banyak komen, waktu itu belum terpikir gimana cara dapetin komen atau trafik, ternyata saya salah besar, saya emang gak pernah BW ke blog lain hehehe jadi malu :mrgreen:

    Hehehe, ngeblog tentu ya harus [kadang-kadang] blogwalking… Btw, saya perempuan. ;-)

  3. sebagai blog pendatang baru, saya pikir kita perlu memberikan apresiasi khusus, rajin berkonsulasi terus tentang ngeblog atau hal2 lainnya dg para blogger yg menjadi inspirator dan motivator ngeblog.
    .-= TuSuda´s selesai [nulis] ..5 SAHABAT BLOGGER MOTIVATOR PENGALAMAN NGEBLOG =-.

    Iya, 5 blogger yang tertulis di blog Anda itu kan yang jadi motivator?

  4. ini yang salah satu postingan yang membuat saya ingin kembali lagi. saya tak nambahi Mba, sudah top margotop sampai bengong membacanya.
    .-= Badruz´s selesai [nulis] ..Dinas dan DPK Harus Netral =-.

    Mantap ya? Bukan tulisan saya tapi, xixixi…. :lol:

  5. Terlalu tinggi bagi saya..yang penting senag..salam..maaf mbak baru berkunjung kembali..apa kabar?

    Kabar baik, Mas. Kalo tinggi, mau tak pinjemin tangga? :lol:

  6. Saya sering mengalamin pada point ke 2, bagaimana cara membuat konten yang bagus. Tapi saya berupaya menulis seperti apa adanya.

    Menulis juga butuh proses. Seperti sekolah, kita akan naik keas dengan berlatih setiap saat. :D

  7. selamat pagi

    wah, ruwet juga nih.
    ada yang paham, ada yang saya gak paham.
    hmm..
    butuh perjuangan buat mempraktikkannya.

    terima kasih dan mohon maaf :o
    .-= alisnaik´s selesai [nulis] ..lelaki dan jin teko =-.

    Pelan-pelan aja…

  8. Saya suka sekali yang nomer 7 dan nomer 8

    Menurut pendapat saya …
    kedua hal itu … adalah pantangan !
    Sebab … jika kita begitu …
    sooner or later … kita pasti ditinggal teman-teman …
    Mana ada orang yang betah bergaul dengan orang yang Selfish, arogan dan mementingkan diri sendiri …

    Salam saya Mbak Is

    Yap, betul Pak. ;-)

  9. 1 lagi yang perlu dihindari..
    jangan telalu fokus pada tampilan..
    tampilan bagus bgt percuma kalau isinya ngga bagus…
    kdang mikiirn design blog sampai lupa update blog.
    bikin seimbang aja…
    tampilan top, isi markotop..
    hehehehe…
    *btw yang terlalu mikirin tampilan bukanya gue ndiri*
    jadi malu, hehehehe….

    Hehehehe, saya tuh yang nggak merhatiin tampilan. Udah dua tahun ya pake template ini aja.

  10. sebagai pemula, Pertama kali wempi punya website tujuannya cuma buat meletakkan informasi diri. siapa tau ada orang yang lagi nyari mantu nyasar ke website wempi, kan mantep tuh :lol:

    wempi blon ada ilmu yang namanya content, bw, seo, dll.

    Halah. Saya aja nyari jodoh juga nggak dapet-dapet meskipun ngeblog bertahun-tahun… :mrgreen:

  11. sepertinya banyak kesalahan pada saya, yo wis gak popo… tak baca lagi pelan-pelan
    .-= budies´s selesai [nulis] ..ANALISIS BUTIR SOAL MENGGUNAKAN EXCEL =-.

    Emangnya ada ya Pak?

  12. hee, patut dijadikan referensi nehh … klo kutu sih promosi fokus sama blogwalking aja, gak pake yg laen2. Hmm, boleh nyoba nambahin gak yang ke-10? biasanya blogger baru belum ngerti fasilitas “schedule posting”, jadi langsung posting 5 artikel dalam 1 hari namun 5 hari ke depan libur posting. Hee, maaf klo salah yah mbak ^^
    .-= KutuBacaBuku´s selesai [nulis] ..Patas AC 03 =-.

    Kalo sekali posting lima artikel trus 5 hari berikutnya absen, alangkah sayangnya, karena bisa dijadwalkan setiap hari satu hari satu artikel. Hmmm, bener, dulu saya nulis tentang penjadwalan artikel, banyak yang ngeyel: “Saya mah posting, posting aja, nggak usah mikirin yang begituan”. Eh, sekarang baru saya lihat mulai mengatur jadwal postingannya. Hihihihi…

  13. tulisan yang bagus, sampe bingung mau nambahin apa. soalnya dah 10 point yang dimasukkan, jadi bingung mau nambahin apalagi. satu saja deh dari saya.

    kesalahan yang sering saya temui dari blogger pemula adalah terlalu mempercantik layout dengan memasang berbagai module/script/plug-in di blognya. padahal ini bisa membuat blog kita semakin lambat. plug-in tersebut akan memberatkan sistem server yang dijadikan hosting blog itu.

    sebenarnya server yang ada di indonesia sudah handal dan berkualitas baik untuk sekedar dijadikan hosting buat para blogger indonesia. dengan harga domain murah dan harga hosting murah di indonesia mereka bisa membuat blog yang bagus dan cepat.

    itu saja tambahan dari saya. jadi 11 point yah…
    .-= Bakrie´s selesai [nulis] ..Welcome =-.

    Ya, dengan loading yang lama, sebuah blog bisa ditinggalkan penggemarnya. [seperti blog saya ini kali ye...]

  14. Ada satu tambahan mbak, sering ngadain acara yang selalu membagikan tali asih seperti pakde Cholik, pasti blog nya makin rame..hehehe ;-)
    .-= tukangpoto´s selesai [nulis] ..Tips memotret hitam putih =-.

    Kalo udah punya duit lebih seperti PakDhe, bolehlah…

  15. aku setuju aja.. buatku berbagi dan bersilaturahmi itu sudah memberikan kepuasan tersendiri

    Kalo berkunjung ke blog ini, puas juga kan? ;-)

  16. elmoudy on said:

    aduh bagus sekali Nuen..
    gw suka sekali baca tips tips ini..
    jadi makin semangat untuk menulis di blog.
    ada semacam visi dan format blogging yang membuat kita ingin melakukan hal yang baik, tepat, dan manfaat.

    Bukan hasil karya saya, Bang. Saya cuma menterjemahkan aja. Terimakasihnya atas mengalihbahasakan aja ya…

  17. Ada yang suka memaksakan agar blog-nya update, jadinya kadang dalam satu konten isinya sering ga nyambung, pasti nulisnya sambil ngantuk-ngantuk :D
    .-= Cahya´s selesai [nulis] ..Lahir Kembali =-.

    Kayak saya juga, kadang, hihihi…

  18. 3. Sasaran komunitas. Setelah publish artikel baru, yang menurut saya layak untuk di share saya kirim ke :
    -infogue.com
    -lintas berita.com
    -kliksite.com
    -laporan khusus.com
    -yeboo.com
    -kompasiana.com
    -kasak-kusuk.com (jarang)
    -blogdetik(jarang)
    -twitter.com
    -astaga.com
    -facebook.com

    ini juga untuk cari backlink he he he. Gara-gara kelakuan saya ini maka link in saya muncul, sebelumnya no data, sekarang dah 315.
    Blogger kalau hanya dikandang saja kuran sedep donk.

    4.Melupakan blogger lain ? Mengingat kan nggak harus kopdar. Setiap komentar dia kita balas dan kita berkunjung balik ke blognya kan berarti sudah mengingat.

    6.Pertemuan off line baru saya lakukan sekali dengan Deka. Pertemuan via telpon,sms dan komentar dah cukup bagi saya, kecuali posisi berdekatan.

    9. Kandang iklan. saya sudah mulai tetapi hanya yang pantas saja, khususnya menulis review agar bahasa inggris nggak lupa.Banner juga yang imut2 saja.

    Saya tambahi 1 point ya ”

    -Membuat artikel yang provokatif dan ikut menyebarluaskan fitnah-apalagi jika hanya “katanya…katanya…. saja”, hanya untuk mengejar traffic.

    Kepanjangan nya mbak ?
    Salam hangat dari Surabaya

    Nggak papa, PakDhe, makin panjang makin mantap! :lol:

    Makasih tambahan ulasannya…

  19. WAH ADA BAGIAN YANG KENA SAYA TUH..HEEE..SALAM KENAL.

    Salam kenal juga ya…

  20. Kalau blog yang isinya belum fokus itu termasuk kesalahan itu nggak ya kak?

  21. makasih atas infonya, bermanfaat sekali buat blogger pemula seperti saya

  22. tulisan ini tentu sangat berkualitas, saya merasa belum mampu menghasilkan tulisan seperti itu :-)
    .-= imadewira´s selesai [nulis] ..Apa Itu Google Page Rank =-.

  23. hpnugroho on said:

    mau nambahin apa lagi ya …?
    sudah cukup dengan ulasan mbak Isnuansa ditambah beberapa lagi dari teman-teman diatas …

    tulisan ini membuat sy berpikir kembali bagaimana dgn sy selama ini ? terima kasih sudah mengingatkan mbak …
    .-= hpnugroho´s selesai [nulis] ..Membuat sesuatu yang berbeda =-.

    Sama-sama Mas.

  24. ehm… saya kagum dengan postingan ni karna postingan tersebut sama seperti kritik yang membangun.. dan yang masih saya pertanyaakan seperti apa saya selama ni.. tq atas tips nya ya.. :grin:
    .-= Reza´s selesai [nulis] ..Satukan dunia =-.

    Sama-sama. ;-)

  25. OMEN MRONGOS on said:

    wahh,gw mesti ati2 nih ..

    Yoi!

  26. Hah. . . Aku sebagai newbie jadi terharu. . .hik hik. . .hik. . .emang bener banget kata2x anda . . .tapi ga papa kita berlebihan. . .namanya juga lagi usaha. . .asal ga cuma awaL 2xnYA aja SEmanGAt!
    ~~~
    Yap, malahan lebih baik [agak] pelan, tapi konsisten…

  27. Rama on said:

    Keren Mba…

    Infonya sangat berguna bagi saya yg baru mulai nge-blog buat afiliasi..

    mohon bimbingannya mba
    trima kasih
    .-= Rama selesai posting Bisnis Itu Perlu Modal =-.

  28. Yang nomor 8 itu levelku mbak. Maklum yah :lol:

  29. lam Kenal.. Thanks bro Infonya,… pembelajaran…

  30. infonya sangat berguna…..bunjungan balik ya ke bloknyabinaputra

  31. Chosan ZetHemadea on said:

    haloo new friendly,,,i glad to see you in your blog…thanks,,,please visit me,,,, silaturahmi ya ?!!? aku ga bisa komen apa2, cuma bilang tulisan kamu bagus.

  32. thx mbak infonya,,
    bermanfaat,,

    mbak mau tnya gmna cara agar artikel kita bisa di baca google,,,
    trims,,,
    mari berteman
    pusat info dunia maya selesai posting 15 software hacker gratis disini

  33. perlu di perhatikan nih,

    makasi omz tips nya
    filipino selesai posting PinoyTattooscom ClickTale

  34. Terima kasih …… artikelnya bagus
    K selesai posting Kacang Tanah

  35. bagus isi posting’a. Pengen nanya nih, gw punya blog yg berisikan tentang community kampus dan info seputar alat berat, apa yg harus gw promo ke media untuk mendapatkan orang yg tepat sebagai pengunjung?

  36. wah info bagus mas… saya baru di blogger.. dan saya termasuk salah juga dalam mempromosikan blog saya… maklum masih bodoh.. mohon pencerahannya.. di tunggu postingan selanjutnya….

  37. wah wah,ternyata blog bnyk norma2nya jg ya…
    maklum,ini jam ke 3 saya punya blog….
    trims ya mas

  38. trimZ pk ats saranny., slm knl pk

  39. Sepertinya kesalahan ini telah saya lakukan.
    blog raharja selesai posting Bagaimana Cara Membuat Blog Baik?

  40. Nah…Kan. ternyata bikin blog itu tidak bisa seenaknya, punya aturan.
    Benar2 memberi pencerahan buat saya mas.
    Terima kasih banyak.

  41. Ada yang ketinggalan mas,sorry
    Mau nanya mas,kalau buat blog yang isinya agak beda, tujuannya hanya untuk hiburan atau humor, tapi tidak seperti blog-blog humor pada umumnya.Gimana cara menginformasikan ya?
    Makasih banget mas.
    Sadur selesai posting Pengamen Bus

  42. Wah, sepertinya masih banyak poin-poin kesalahan yang saya lakukan… Wah jadi dapat refrerensi untuk belajar memperbaiki kesalahan…

  43. ini yang ane cari gan..thanks ya…
    High Resolution Wallpaper selesai posting High Resolution Justin Bieber 2012 Sweet Smile Wallpaper

  44. kereen ka, postnya.. Dengan begini saya akan coba untuk menjalankan apa yang ka2 tulis,,, It’s Great,,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

* Copy This Password *

* Type Or Paste Password Here *

17,659 Spam Comments Blocked so far by Spam Free Wordpress

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge