3 Hal Esensial Dalam Membuat eBook Yang Dicari Pembaca

eBook merupakan suatu produk digital yang menjadi tren di dunia online. Banyak alasan bagi seseorang membuat eBook, mulai dari alasan promosi sampai jualan.

Saya sendiri termasuk dalam kategori itu, saya menggunakan eBook sebagai sarana promosi diri sendiri, blog sampai rencana menghasilkan sesuatu darinya. Menurut saya sah-sah saja karena itu hasil jerih payah sendiri.

Membuat sebuah eBook perlu kerja keras, terlebih jika kita seorang blogger. Kita perlu pintar-pintar dalam membagi waktu, blogwalking, update artikel blog, sampai menulis eBook itu sendiri. Lebih parah jika kita adalah seorang part-time blogger, waktu yang tersedia semakin sempit.

Namun terlepas dari kesulitan membagi waktu, ada 3 hal esensial lainnya yang tidak kalah penting dalam membuat sebuah eBook. Ketiga hal tersebut adalah Riset, Topik, dan Harga. Mari kita bahas bersama.

1. Riset (data dan masalah)

Ini merupakan masalah standar, apalagi jika membicarakan soal riset data. Sebagai sebuah karya tulis tentu kita perlu data pendukung agar isi eBook dapat dipertanggungjawabkan. Maka dari itu riset data sangat diperlukan.

Tidak kalah penting dari riset data adalah riset masalah. Ini yang membuat rasa ketertarikan saya semakin meningkat.

β€œSaya yakin setiap penulis pasti menginginkan buku (eBook) yang ditulisnya diterima pembaca”

Sebagai tahap awal, riset masalah bisa menjadi solusi memperbesar peluang sebuah eBook diterima pembaca. Untuk melakukan riset masalah tentu kita memerlukan usaha ekstra, dan cara yang paling efisien adalah melalui survey atau blogwalking.

*Plus Minus Survey dan Blogwalking untuk Riset Masalah

Jika blog kita memiliki trafik yang kurang baik sepertinya survey tidak akan maksimal. Solusinya kita perlu bekerja sama dengan blog lain yang memiliki trafik lebih baik.

Melakukan survey untuk menemukan masalah yang menarik sebagai pembahasan topik eBook akan mempersingkat waktu kita selama kegiatan blogging. Namun pada kenyataannya kendala lain selain trafik adalah kemauan pemilik blog lain untuk membantu kita melakukan survey.

Alternatif lain selain survey adalah blogwalking. Cara ini yang sudah saya pergunakan.

Blogwalking lebih fleksibel karena dapat dilakukan kapan pun pada saat kita bisa melakukannya. Satu-satunya kekurangan riset masalah dengan blogwalking adalah waktu. Riset masalah melalui kegiatan ini sangat menyita waktu, pikiran dan tenaga.

Kita perlu melakukan scanning dari sekian banyak komentar yang ada, mencatat hal-hal penting dan hingga pada akhirnya terkumpul data yang dibutuhkan.

Meskipun demikian, blogwalkinglah yang saya tempuh untuk riset masalah eBook saya, dan hasilnya cukup memuaskan.

2. Bahas Topik Khusus

Tentu topik sangat penting, tidak hanya untuk eBook tapi juga untuk sebuah tulisan. Pada dasarnya eBook dan sebuah artikel blog tidak jauh berbeda karena berupa tulisan. Oleh karena itu topik yang jelas akan membantu pembaca memprediksi manfaat apa yang akan mereka dapat setelah membaca eBook yang kita buat.

Topik khusus akan memberikan dampak yang lebih baik dibandingkan topik umum. Tujuannya adalah untuk mempertajam target pembaca kita.

Jika kita sudah memiliki perkiraan sendiri mengenai siapa calon pembaca eBook kita, tentu pengembangan eBook selanjutnya akan semakin baik.

Misal :

Jika kita ingin membuat suatu eBook untuk mereka yang hobi nge-blog maka buatlah eBook tentang SEO, atau Trafik Blog, atau Monetisasi Blog dan sebagainya.

Janganlah semua topik itu digabungkan dalam satu eBook. Mengapa? Suatu eBook dengan pembahasan secara khusus akan memberikan pemahaman yang lebih baik kepada pembaca atas masalah yang dibahasnya.

Selain itu, penulis juga memiliki kesempatan untuk menulis eBook lain yang berbeda topik pembahasan. Dengan begitu peluang penulis untuk mendapatkan keuntungan finansial semakin besar … hehe. Sah-sah saja kan, eBook kan suatu karya jerih payah penulis, wajar jika penulis mendapatkan manfaat finansial darinya.

3. Tentukan Harga

Harga merupakan hal yang sensitif, khususnya dalam menentukan harga jual eBook. Tentu jika eBook yang dijual laku dipasaran, penulis akan semangat menulis eBook selanjutnya dan mungkin semakin banyak order menulis.

Hal paling ampuh dalam menentukan harga ya … melalui survey namun hal ini bisa memakan biaya tinggi. Tentu seorang blogger akan berpikir panjang sebelum menghabiskan uang untuk survey.

Seperti saya bilang sebelumnya, harga bisa menjadi suatu keputusan dilematis. Namun demikian jika kita seorang blogger dan baru pertama kali membuahkan hasil karya berupa eBook, sebaiknya kita memberikan eBook itu secara gratis. Ya, GRATIS.

β€œsemua jerih payang, begadang mengetik, mendesain, dan segala macam kegiatan pembuatan eBook, …. berikanlah secara gratis untuk produk pertama”.

Alasannya? Kembali lagi … survey. Lihatlah bagaimana respon pembaca atas eBook kita. Dari situ kita bisa membuat rencana lanjutan untuk eBook berikutnya.

Apa yang Sebaiknya Dilakukan?

Hal tersulit menurut saya adalah penentuan harga.

Jika Anda dalam proses pengerjaan sebuah eBook untuk pertama kalinya, ikutilah kata hati Anda apakah akan diedarkan secara gratis atau tidak.

Sebenarnya membuat eBook itu tidak semahal yang kita bayangkan. Bahkan eBook pertama saya memiliki ongkos produksi sangat minim. Bagaimana caranya? Saya tidak akan membahasnya di sini karena saya akan membahas soal ini di eBook saya selanjutnya πŸ˜€

Dari awal artikel saya sudah berbicara panjang lebar mengenai bagaimana membuat eBook. Saya berpikir tips saya akan menjadi sia-sia jika omongan itu hanya pepesan kosong. Oleh karena itu saya menawarkan sebuah eBook gratis tentang Tips Mudah Menguasai SEO Artikel dengan Reverse SEO Method.

Nah, sekarang bagaimana pendapat Anda mengenai tips membuat eBook ini, sudah pernah mencoba membuatnya? Jangan lupa tinggalkan pendapat/komentar di kolom yang tersedia ya

 

Penulis : Oktorian S Hakim adalah seorang part-time blogger, freelance writer, dan pendiri notordinaryblogger (sebuah blog dua bahasa yang berisi tips mudah membangun sebuah blog untuk bisnis)

41 thoughts on “3 Hal Esensial Dalam Membuat eBook Yang Dicari Pembaca

    1. oh ini ya..mas penulisnya…..
      Produk masing-masing blog berbeda, apakah membuat e-book menjadi satu-satunya cara membranding blog kita?….apakah membagi infografik merupakan salah satu cara lainya?…

      1. eBook tentu bukan satu-satunya cara membranding blog kita, masih banyak cara lain. Namun yang saya coba ya eBook … infografik tentu bisa menjadi alternatif untuk membranding sebuah blog.

        Namun perlu diketahui lebih jauh siapa peminat infografik? Dan apakah infografik bisa digunakan sebagai suatu edisi khusus sebagaimana eBook? Saya tidak bisa menjawab hal itu πŸ˜€
        Okto selesai posting eBook Gratis SEO Artikel

  1. eBook iya,
    saya bingung banget kalau mau buat eBook itu apa temanya.

    Karena dalam dunia game online (tema Blog),
    informasi yang beredar sangat cepat
    jadi setiap hari ada saja game2 barunya.

    Btw menuju TKP untuk minta eBook gratis,
    heheh…

        1. Iya Mas 22 halaman. Karena dari hasil riset pribadi saya … mayoritas pembaca malas membaca ??? aneh juga ya … hehe …

          Makannya saya ngga mau tebal2, dan berusaha memberi pembahasan yang mudah untuk diikuti. πŸ˜€
          Okto selesai posting eBook Gratis SEO Artikel

  2. Dulu saya pernah membuat beberapa eBook tentang travel. Tapi sekarang susah untuk buat eBook karena waktunya sangat terbatas. Bisa enulis artikel di blog saja sudah bersyukur. Mungkin jika posting sudah melampaui 50, saya akan kopi dalam bentuk eBook πŸ™‚

  3. Jika sudah ada rencana itu sudah bagus. Tapi kalo boleh saran, jangan sekedar copy atas postingan kita yang sudah ada … itu bisa mengurangi minat calon pembaca.

    Lebih baik korbankan lebih banyak pikiran, tenaga dan waktu untuk sebuah eBook yang belum pernah ada di blog kita untuk menumbuhkan minat pembaca mendapatkan eBook yang kita tulis.

    Memang akan sangat menguras waktu dsb, tapi efeknya bisa sangat baik. πŸ˜€
    Okto selesai posting eBook Gratis SEO Artikel

    1. eBook bisa berperan dalam menghemat waktu mencari sumber informasi dan fokus dalam memberikan pembahasan. Menurut saya eBook bisa berperan pada saat pembaca butuh informasi dan tidak ada koneksi internet. Dapat di save dan dibaca sewaktu-waktu mood pembaca sedang tinggi. Atau bahkan di print sehingga mencegah kerusakan mata karena terlalu lama di depan layar komputer/laptop.

      Bagi penulisnya, eBook dapat berfungsi sebagai salah satu alternatif menghasilkan uang online khususnya bagi mereka yang menyatakan sebagai writer. Dalam tahap ini eBook bisa berperan sebagai media pembentuk kredibilitas. Contohnya ya artikel ini πŸ˜€

      Siapa yang mau percaya dengan tips tentang eBook yang saya berikan sedangkan saya sendiri tidak pernah membuat eBook?

      Dan kenyataannya, banyak penulis begitu juga banyak pembaca, jadi semua kembali pada supply and demand. Mungkin ada orang yang tidak begitu suka dengan eBook tapi ada juga yang suka.

      Saya sendiri yakin tulisan dalam eBook saya tidak mungkin memenuhi semua kriteria atas selera pembaca. Satu pembaca mungkin bilang eBook itu biasa saja atau jelek. Pembaca lain mungkin berkata sebaliknya. Beberapa pembaca mungkin tidak membutuhkan eBook tapi ada pembaca lain yang menginginkannya. Ini merupakan hal yang alami dalam suatu bisnis.

      Dan menjadi PR bagi penulis untuk bisa membuat pembaca (siapapun itu) tertarik untuk membaca eBook yang sudah ditulisnya :D.
      Okto selesai posting eBook Gratis SEO Artikel

  4. Saya belum begitu yakin untuk membuat sebuah ebook, istilahnya masih kurang PD, namun suatu saat nanti jika saya sudah benar-benar merasa mampu untuk membuat sebuah ebook, saya akan mencobanya. Salam damai!
    pither selesai posting Mengubah Hobi Menjadi Bisnis

  5. Mas Okto, kok kayanya wajahnya familiar, yah? Hehehe… apakah mungkin kita bekerja di kantor yang sama? πŸ˜‰

    Anyway, terima kasih untuk tipsnya. Blog saya belum memiliki niche tertentu. Kira2 eBook apa yang bisa saya buat ya? Mohon pecerahannya. Terima kasih. πŸ™‚
    Tatang Tox selesai posting Sudah 2 Tahun Lebih…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge