5 Cara Mendeteksi Keinginan Pembaca Blog Anda

Setelah sekian lama ngeblog, apakah Anda pernah melakukan evaluasi untuk mengetahui, adakah kemajuan yang Anda capai dalam aktifitas tersebut?

Anda mungkin berpikir menulis hanya sekedar menyalurkan hobi, atau mengeluarkan uneg-uneg, tetapi pasti ada kepuasan tersendiri jika mengetahui bahwa pengunjung blog Anda datang tidak hanya karena ‘sekedar nyasar‘ bukan?

Jika memang kata ‘sekedar‘ yang Anda berikan, ya ‘sekedar‘ pula yang akan Anda dapatkan dari pembaca Anda.

Blog memiliki potensi lebih dari ‘sekedar‘ yang Anda bayangkan.

Tulisan Anda, pemikiran Anda, dan apa yang Anda tuliskan layak untuk mendapatkan komentar, pujian, masukan, atau bahkan kritikan.

Kemauan dari para pembaca Anda pun juga layak untuk diperhatikan. Nah, diantaranya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendengarkan apa yang sebenarnya diinginkan para pembaca blog Anda.

1. Perhatikan Statistik. Dalam beberapa minggu belakangan ini, berapakah jumlah pengunjung, jumlah yang berlangganan feed blog Anda, apakah mengalami kenaikan, atau malah semakin merosot. Jika banyak pembaca yang tidak mau lagi mengunjungi blog Anda, pasti ada sesuatu yang salah. Blog ini baru saja saya cek, dari beberapa orang yang berlangganan, sekian orang kabur -entah-kenapa-. Saya sedang berusaha mencari penyebabnya.

2. Lingkaran Pertemanan Anda. Beberapa teman Anda pasti ada yang menjadi ‘pelanggan setia’ tulisan-tulisan Anda. Apakah frekuensi kunjungan mereka masih seperti biasanya?

3. Bacalah Semua Komentar. Diantara sekian banyak komentar yang masuk, jika ada yang negatif, ada baiknya untuk Anda pertimbangkan. Kritik yang masuk akal, bisa malah meningkatkan kualitas blog Anda.

4. Mintalah Saran. Bisa melalui email yang dikirim kepada teman-teman, atau secara khusus membuat postingan agar pembaca bisa mengutarakan pendapat mereka tentang blog Anda.

5. Adakan Survey. Tanyakan apa yang mereka cari di blog Anda, dan apa yang mereka tidak inginkan ada di blog Anda.

Jangan sampai, orang-orang yang menjadi pelanggan setia dan pembaca blog kita kabur karena tidak memperoleh apa yang mereka inginkan di blog kita.

—————————————————-
Kira-kira, apa ya yang menyebabkan pelanggan saya kabur? ๐Ÿ˜‰

Author: isnuansa

Emak dengan satu anak yang hobi nulis. Memilih tidur kalau ada waktu luang. Follow saya di twitter: @isnuansa

16 thoughts on “5 Cara Mendeteksi Keinginan Pembaca Blog Anda”

  1. -Semakin lama pengetahuan saya semakin bertambah terutama dari postingan bu guru ini
    -Yang saya amati,memang ada beberapa pengunjung setia dan juga ada wajah-wajah baru.Ada yang namanya seperti dari negara sahabat dgn komentar pakai bahasa Inggris.Ternyata setelah saya sambangi blog,konco dewe dari Nuswantoro. he..he..he
    -Herannya, di flagcounter saya ada beberapa pengunjung dari negara seberang,tapi kok gak ada yang ngasih comment ya.Barangkali bingung,setelah di klik transalator, bahasa jadi modal-madil nggak karuan.Mereka mungkin nggak ngeh membaca terjemahan “My sepatu butut is very cheap,but is not nice if we put it in bag kresek..hua..hua..hua.
    -Maju terus mbak.Salam anget dari Surabaya.

  2. Kenapa bingung mbak, mungkin mbak lupa ga nyuguhin kopi item ama rokok ‘kemenyan’ hihihhi….
    Tapi aku tetep di sini, untuk setia (katanya jikustik tuh)
    salam,

  3. Saya kadang melihat statistik… saat stat tinggi belum tentu juga karena tulisan kita yang bagus, saya pikir karena efek blogwalking sebelumnya… maksudnya hasil gerilya (kayak Mas di atas :)) sesaat sebelum posting…

    Kecuali tanpa blogwalking, blog stat kita tinggi, bisa jadi karena memang tulisan kita yang menarik, hingga masuk ke blog hangat, blog pertumbuhan cepat dsb… jadi tambah-tambah deh ramenya…

    kalau ternyata pelanggan Mbaq Nunik kabur, mungkin rejekinya Mbaq Nunik… ๐Ÿ˜€ ga nyambung ya… hehe

  4. salam kenal ya mbak,,, dari pengunjung baru. ๐Ÿ™‚
    .-= a’ak budiยดs selesai [nulis] ..Kriteria Blog yang digunakan dalam PTR pay to review =-.

    Salam kenal juga…

  5. saran yang bagus mbak, menurut saya kita bisa mengacu kepada statistik, komentar pun sebetulnya bisa kita jadikan acuan, cuma kadang-kadang komentar yang masuk cuma pertamax saja hehe..sukses selalu untuk anda

    salam hangat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge