5 Hal yang Saya Lakukan Saat Belum Berhasil di Google Adsense

Tulisan ini hasil karya Kang Yudiono.

~~~

Google Adsense (GA) merupakan sumber penghasilan pasif yang paling populer bagi para blogger di seluruh dunia. Selain dinilai iklannya relevan, program cost per click (CPC) ini memberikan penghasilan lebih besar daripada CPC lokal. Sayangnya, GA tidak β€œramah” bagi semua blogger. Memang banyak blogger yang sukses meraup ribuan dolar per bulannya, namun tidak bisa dipungkiri bahwa banyak pula blogger yang belum berhasil.

Dari fenomena ini, umumnya yang belum berhasil adalah para pemula. Saya adalah salah satunya. Penghasilan saya dari GA baru mencapai $1 per bulan. Tentunya jumlah ini jauh dari harapan. Agar tidak terbebani oleh keadaan ini, saya melakukan 5 hal berikut:

1. Bersabar dan berdoa

Mendapatkan penghasilan dari GA tidak semudah membalikkan telapak tangan. Dengan kata lain, ini membutuhkan upaya dan juga waktu. Dengan upaya dan waktu tersebut, saya optimistis bisa berhasil di GA. Oleh karena itu, saya harus sabar dan berdoa agar memperoleh ridho-Nya. Bukankah pepatah mengatakan bahwa orang sabar disayang Tuhan?

2. Tetap Semangat

Buat apa dilanjutkan kalau hasilnya tidak memuaskan. Kata-kata tersebut sering muncul di pikiran saya sehinga terpikir untuk menelantarkan blog adsense. Untunglah saya sadar bahwa hal seperti itu bukan solusi. Oleh karenanya, saya tetap semangat untuk keluar dari zona tidak nyaman ini. Dengan semangat, saya merasa memiliki energi postif yang luar biasa.

3. Konsisten menulis

Trafik merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap penghasilan GA. Trafik yang besar biasanya dihasilkan dari jumlah postingan yang banyak. Isnaini menyebutkan bahwa adalah tidak masuk akal mendapatkan ribuan pengunjung dari beberapa postingan. Oleh karena itu, saya berupaya untuk konsisten menulis dua hari sekali.

4. Terus belajar

Saya memiliki beberapa buku dan e-book tentang GA. Sebelum online, saya sempatkan untuk membaca kembali buku-buku tersebut untuk memahami tips-tipsnya. Tidak lupa saya juga mencari informasi terkini melalui forum adsense, mesin pencari, dan orang lain yang berpengalaman. Selain itu, saya lengkapi pula dengan memperdalam SEO agar postingan yang saya buat bagus posisinya di mesin pencari.

5. Terus Bereksperimen

Selain trafik, faktor lain yang mempengaruhi penghasilan GA adalah posisi dan desain iklan. Saya melakukan eksperimen dengan mengubah posisi, ukuran, latar belakang, dan warna huruf iklan. Misalnya, ukuran adsense diubah dari 300×250 menjadi 336×280. Saya juga akan mengevaluasi hasilnya sebulan sekali. Bila hasilnya kurang memuaskan, saya akan melakukan perubahan lagi. Namun, jika hasilnya memuaskan, saya akan tetap mempertahankan ukuran, warna, dan posisi iklan tersebut.

Secara pribadi, saya optimis lima hal di atas akan membawa saya ke kondisi yang lebih baik daripada sekarang. Nah, jika Anda pernah mengalami kondisi seperti saya, apa yang Anda lakukan? Mohon bagi pengalaman Anda di bawah sehingga saya dan mungkin teman-teman yang lain mendapat pencerahan.

—————————–

Kang Yudiono adalah pengelola Blogodolar, blog yang membahas tips-tips ngeblog untuk menghasilkan dolar dari blog. Dia juga memiliki jasa pembuatan blog melalui Problogkator. Jika Anda ingin menjadi Guest Blogger [menulis di Isnuansa.Com] baca peraturannya.

| Sudah dibaca 12,491 kali.

81 komentar di tulisan “5 Hal yang Saya Lakukan Saat Belum Berhasil di Google Adsense

    1. Mas Anggayasha,

      Saya berasumsi proposal Anda (blog bahasa Inggris Anda) gagal di GA for content.
      Pengalaman saya, penolakan tersebut antara lain:
      1. Duplikat konten
      2. Unrelatted content. Misalnya topik terlalu luas (blog gado-gado)
      3. Duplikat nama pemilik account.

      Tipsnya:
      1. Jangan copy paste tulisan orang lain. Buat konten yang unik dan original. Jumlahnya 10-20 postingan.
      2. Foskus membahas satu topik. Misal, bila Anda membahas rumah, ulaslah mengenai hal-hal yang berkaitan dengan rumah, misal kamar mandi, desain kamar tidur, ruang belajar, taman, dan lain-lain. Jangan membahas traveling, olahraga, dan hal2 yang tidak berkaitan dengan rumah.
      3. Buat blog yang berdomain berbayar. Pengalaman saya, konten original dan domain dot com, akun GA saya disetujui dalam 1 hari oleh Google.

      @ Mbak Isnuansa,
      Terima kasih atas kesempatannya sehingga saya bisa menjadi blogger tamu di sini.

    2. Sekedar share aja :smile:

      Waktu saya menggunakan blogspot dan wordpress.com memang selalu direject sama Google.

      Kemudian saya ga sengaja beli domain di godaddy karena domain .me paling murah πŸ˜† . Awalnya saya sempat bingung domain ini untuk apa? yang pada akhirnya saya jadikan blog. Semua kontentnya berbahasa Indonesia dan sayapun iseng daftar lagi ke GA. Dan entah kenapa tiba-tiba di approve oleh GA padahal blog saya berbahasa Indonesia.

      Senang bercampur kecewa! Karena iklan yang muncul hanya iklan layanan masyarakat. Tapi sekarang sudah tidak lagi karena sudah saya rubah kode GA nya dengan menambahkan >> google_language = “en”;

      Sisanya mungkin saya akan mengikuti tips @Isnuansa hehehe :smile:
      .-= Arya selesai posting CSS Dasar – Layout =-.

      1. Iya bro, hati – hati mending balik ke id ajah, kadang – kadang banyak kok iklannya. Main aman aja, daripada susah” eh kena banned

  1. tengkyu saya akan mencoba juga hal hal untuk menjadi sukses dalam adsense

    makasih tipz na

    berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya makasihh πŸ˜€
    .-= darahbiroe selesai posting New supra x 125 2010 | new absolute revo 2010 =-.

  2. wah… tips yg bagus dan perlu dicoba.. tapi kayaknya berat… :mrgreen: terutama untuk point yg ke 3.. (konsisten menulis).. hehe.. maklum masih anak kuliahan yg serba sibuk.. πŸ˜†

    salam hangat dan semangat… πŸ˜‰

  3. Saya malah menghilangkan fitur adsense google di blog saya.

    Mungkin nanti kalau memang ada yang tertarik menayangkan iklan, barulah saya terima dengan jalur khusus (emang ada πŸ˜† )

    [OOT] Saya tidak bisa buka blog Mbak Isnuansa kalau pakai provider MOBI – CDMA 1x. Saya harus ganti provider jika ingin membuka blog ini, misal dengan IM2. Apa blog Mbak Isnuansa ada subdomain yang mengarah ke blog versi mobile?
    .-= Cahya selesai posting Mengelola Langgan Komentar Blog =-.

    1. Blog ini nggak punya subdomain, Bli. Tapi jika dibuka lewat mobile device, mungkin akan lebih ringan. Maaf baru dijawab, kelewat bacanya saat itu. πŸ˜‰

  4. Nah, kalo saya baru mulai belajar lagi setelah sebelumnya seperti direject sama GA, krn konten bahasa indonesia dan .web.id, konsul sama temen akhirnya saya coba beli lagi yang [dot]info, langsung diapprove dan akhirnya tampil lagi. Mudah2an mulai bangkit lagi. Mohon bimbingan dan sarannya…
    .-= Nasir selesai posting Danger: Do Mixing Alcohol and Energy Drinks =-.

  5. GA saya juga baru beberapa dollar, justru yang berhasil mendulang dollar adalah program – program affiliate dengan banner yang terus menerus diubah
    .-= imron46 selesai posting Pro kontra RPM konten =-.

    1. Berbagi juga dong, Mas. Tentang program afiliasi dengan bannernya itu. Apakah semua yang bergabung dari link afiliasi juga berhasil melakukan bisnisnya?

      Soalnya nggak ada hasilnya juga jika mereka mendaftar dari kita, tapi mereka tidak jalan bisnisnya, iya kan? πŸ˜‰

  6. Wah..saya malah belum ngerti sama sekali soal adsense, maklum gaptek… Ngeblog aja masih numpang yg gratisan..hehe :)
    Moga tetep semangat dan meraih sukses..
    Salam hangat dan damai selalu…

  7. Assalamualaikum.wr.wb. Slmt Sore. Salam dari Yanti sekeluarga. Semoga pemilik blog ini dan seluruh narablog yang hadir selalu dalam lindunganNya dan sukses menyertainya.Tabik
    .-= Yanti tukang kerupuk selesai posting Astaga.com lifestyle on the net =-.

  8. duh belum bisa Jeng ngeblog buat sampingan…hehehehe
    .-= Yanti tukang kerupuk selesai posting Astaga.com lifestyle on the net =-.

  9. tetap semangat smoga sukses dalam ber GA :)
    .-= geblek selesai posting Integrasikan Facebook, Twitter, dan Buzz ke Gmail Anda =-.

  10. Saya malah masih belum bisa memiliki akun GA;
    1. karena blognya belum memenuhi persyaratan;
    2. karena belum bisa beralih dari GA for search ke GA for cintent

    jadi, sabar dan terus belajar.

  11. Blog saya enggak di approve” neh wkwwkwkwk padahal uda lama nunggunya πŸ˜₯
    .-= Graha Blog Desain selesai posting 6 Hal yg Freelance harus dipelajari dari seorang Pengemis =-.

  12. weh rupanya artikelnay kang Yudiono ya.
    Mantaf..mau daftar juga ha πŸ˜€
    .-= chokey selesai posting Teknik menemukan Niche yang profit β€œKiller Niche” =-.

  13. Saya malah udah puluhan kali ditolak… Rasanya kesabaran perlahan2 udah habis terkikis… Entah apa yang menjadi kendala hingga pihak adsense menganggap blog saya belum memenuhi standar penerimaan sbg publisher… Alasannya gara2 “konten situs yang tidak dapat diterima”. Ada solusi?
    MuhaiminAbd – elearning solutions selesai posting Tipe e-learning

  14. Itulah proses..
    Kalo pengen yang instan ya nggak akan didapat tuh yang namanya pembelajaran..
    Seni menanti kucuran duit dari GA ya ilang gitu aja.. hehehe

    Salam Olahraga.. πŸ˜€

  15. Sangat bermanfaat selama ini saya mendapatkan $20-30 perbulan dari satu blog, sekarang saya sedang mengembangkan 6 blog, biar bisa payout tiap bulan.

  16. tips yang bermanfaat. terimakasih.
    Masalah saya adalah sudah berbulan-bulan permohonan saya ke GA masih under review, dan salahnya saya diam saja…soalnya toh trafiknya masih rendah.

    Mohon saran, terimakasih

  17. Share pengalaman dulu bisa ketrima google adsense, pernah saya daftar adsense pakai blog inggris tapi itu blog adalh blog downloadan, cuman ga tau dulu sebelum SOPA PIPA booming, jadi masih banyak situs hosting e.g mediafire apa megaupload yang masih bisa ditemukan atau di masukan ke list google search, nah tapi dulu saya juga menulis artikelnya english bukan cuman to the point langsung download, karena saya suka dan masih ingat banyak permainan dari video game yang saya mainkan, itu yang dulu membuat saya bikin blog video game, sekarnag udah ga eksis blognya soalnya kan situs downlodan :) , nah dulu waktu daftar adsense itu 10 X kalau tidak salah blog itu ditolak, its oke, fine ditolak dan pihak google menjelaskan alasannya kenap blog saya ditolak, jawabnya adalah underconstruction, kira-kira dulu blognya waktu saya daftarkan masih postingan sekitar 20an dan umurnya 2 bulanan, tapi waktu dapat pemberitahuan ditolak saya submit lagi, ditolak lagi sampai 10 kali sambil saya menambah konten dan akhirnya ada tulisan cngratulations dari pihak google , wah seneng banget, :) dan alhamdulillah sampai sekarang akunnya masih ada , tapi belum saya pasang lagi karena memang belum ada blog yang saya rasa cocok untuk dipasang iklan adsense lagi, masih dalam proses, intinya terus mencoba, kata game-game kalau game over ada tulisan Try again? klik yes, jangan menyerah ya :) saya aja ditolak 10 kali masih nekat aja daftar lho , hihihihi, trus dulu perenah buat blog bahasa inggris, ya itu blog yang saya buat gratisan semua alias masih pakai embel-embel blogcepot, dan saat itu pula nekat saya pasang adsense, padahal kata temen saya kalau visitor belum 300an jangan pasang dul, nah dulu saya pernah masanag di blog inggris yang saya buat itu masih 20an pageviews perhari, tapi masih saja tak pasang, dan saat itu pula ada banned massal kalau ga salah tahun 2011an ya banyak blogger indonesia kena banned, alhamdulillah blog sya yang masih lugu aman dari itu , mungkin karena belum menghasilkan , wkwkwk jadi google agak kasihan (ga tau juga ) tapi waktu ada 1 postingan saja, 1 postingan yang membuat blog saya ramai, pageview jadi 2000an perhari, padahal vuman 1 postingan, yah mungkin lagi hoki, disono hasilnya dari adsense lumayan, tapi setelah diteliti emang pakai blog english hasil earningnya lebih lumayan menurut pengalaman saya , hehehehehhe
    gila ya cuman 1 postingan niche, itupun dari gambar, dari visitor yang hanya puluhan langsung jadi ratusan atau ribuan, bayangin kalau semua postingan yang kita buat terkenal semua, , heheheheheheheh
    Ridho selesai posting HEROES LORE ZERO

  18. wah walaupun postingannya udah lama tapi tetep aja tahun ini ada yang komen ya, saya sempet kehilangan konsistensi menulis gara – gara permintaan GA saya nggak di approve2 nih udah sebulan lamanya tapi setelah saya baca2 tentang blogger yang udah sukses termasuk kang yudiono ini saya jadi termotivasi kembali hehe.

    baru nge-blog selama 7 bulan saya rasa itu masih waktu yang sebentar banget buat mencapai kesuksesan.

    salam buat mbak isnuansa pemilik blog ini πŸ˜€
    Mohammad Agustiar selesai posting Struktur dan Fungsi Komputer

  19. wah memang bener untuk daftar GA itu gampang gampang susah, tapi kalau berusaha dan semangat pasti bisa dan menjadi bisnis online yang buat sesuap nasi dan seteguk air

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge