5 Hal Yang Wajib Dimiliki Untuk Menjadi Blogger Sukses

Setiap orang bisa beralih profesi menjadi seorang full time blogger, namun apakah semua blogger itu bisa menyandang predikat sukses, jawabannya tentu saja bergantung pada tingkat kelayakan blogger bersangkutan. Semua orang bisa menjadi blogger, namun tidak semua blogger bisa menjadi blogger sukses.

Sukses-tidaknya ngeblog pada dasarnya ditentukan oleh blogger itu sendiri. Menjadi blogger sukses tidak sebatas pada ukuran skill. Skill hanya salah satu aspek dari sekian banyak aspek yang harus dimiliki seorang blogger. Blogging, apapun orientasi Anda, merupakan aktivitas untuk jangka panjang di mana realisasi target akan memakan banyak waktu.

Siapapun Anda, selalu tersisa peluang bagi Anda untuk menjadi blogger sukses sepanjang Anda memahami apa sejatinya itu blog dan ngeblog serta mau mengerjakan tugas-tugas Anda sebagai seorang blogger. Berikut ini adalah 5 bekal pokok yang wajib ada pada diri Anda jika ingin menjadi blogger sukses.

Blogger Sukses

  1. Rasa Suka

Untuk menjadi blogger sukses Anda diharuskan memiliki rasa suka yang kuat terhadap blogging itu sendiri. Mengapa demikian? Blogging sebagaimana yang saya sebutkan di atas, merupakan aktivitas berjangka panjang di mana realisasi target tidak akan bisa diwujudkan hanya dalam hitungan waktu 1-2 bulan. Jika rasa suka Anda terhadap ngeblog kurang, maka kemungkinan besar Anda akan merasa jenuh dan memilih berhenti.

  1. Ide Kreatif

Dari idelah segalanya berawal. Untuk menjadi blogger sukses dibutuhkan ide kreatif sehingga Anda memiliki sudut pandang yang luas dalam mengembangkan blog Anda. ย Pada dasarnya ngeblog itu adalah menulis, namun Anda akan kesulitan untuk menjadi penulis yang kreatif jika Anda miskin ide. Ide kreatif secara teknis dapat terbangun dari wawasan yang luas. Dengan memiliki wawasan yang luas, Anda dapat menuangkan banyak hal di blog-blog yang Anda kelola.

  1. Kemampuan Menulis

Karena ngeblog adalah menulis, maka sudah pasti Anda harus memiliki kemampuan menulis yang baik. Kemampuan menulis dapat Anda asah melalui berbagai cara, misalkan dengan banyak membaca artikel di weblog lain, membaca artikel di media cetak, dsb. Setiap orang memiliki kemampuan menulis, hanya saja masih perlu diasah bagi mereka yang belum pernah praktik.

  1. Kerja Keras

Salah satu faktor penyebab banyaknya blogger gagal tidak lain adalah dikarenakan mereka malas bekerja. Siapapun mereka, tidak ada satupun blogger yang bisa meraih kesuksesan hanya dengan melakukan setengah-setengah alias malas-malasan. Mereka (blogger sukses) membangun semuanya dari nol dan banyak waktu yang sudah diinvestasikan hingga akhirnya mereka bisa menikmati hasilnya.

  1. Konsistensi

Memiliki rasa kecintaan tinggi, punya banyak ide, jago dalam menulis, dan siap bekerja keras saja masih belum cukup. Anda harus menjadi pribadi yang konsisten dengan apa yang Anda kerjakan. Ngeblog menuntut kita untuk selalu pro aktif, dan tanpa konsistensi kita tidak akan bisa berharap banyak.

Dengan berbekal 5 hal pokok seperti disebutkan diatas, maka tidak ada alasan bagi Anda untuk menjadi blogger gagal. Dan sebagai catatan, tidak ada yang instant dalam ngeblog, baik untuk personal branding, make money online, maupun untuk tujuan lainnya yang memberikan benefit. Lakukan semuanya secara maksimal, dan tetap fokus dengan apa yang Anda kerjakan.

~~~

 

Tentang Penulis:

Din Tok, seorang full time blogger asal Lamongan yang mengawali blogging dengan menjadikan empat modal pokok sebagai penggerak, niat, obsesi, kerja keras, dan optimisme. Saat ini berpenghasilan $ 1k/bulan.ย Blog: http://bloggerlamongan.comย Twitter: https://twitter.com/BloggerLamongan/

 

32 thoughts on “5 Hal Yang Wajib Dimiliki Untuk Menjadi Blogger Sukses

  1. Setuju banget sama nomer 4. Walaupun gak untuk diuangkan, ngeblog harus ttep kerja keras menurut aku. Masa berkarya setengah-setengah. hihihi

  2. yang penting konsisten, saya ngeblog sejak jaman mwb pake hp nokiae63 sama nokia n82, nyalurin hobi opek hp symbian, terus ke blogponsel, terus sekarang ke blogspot. ngeblog di mwb sama blog ponsel cuma buat nulis nulis aja, saling mengunjungi blok sesama symbian, ada yang komen diblog rasanya udah seneng banget :V, belum kenal tuh yang namanya iklan dan adsense, ane kenalnya pas kemarin2 katanya ngeblog bisa dapet duit, google adsense men, kata temen saya. terus saya mulai mendalami ternyata makin ruwet aja hrus belajar seo, terus biar terindex google, bar dapet klik dll. makin rumit aja. eh makah jd curhat :v

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge