5 Tips SEO Dalam Menghadapi Google Panda

Google Panda merupakan isu yang sedang hangat dibahas di kalangan penggiat SEO akhir-akhir ini. Bisa dibilang, Google Panda ini merupakan salah satu topik terpenting dalam beberapa tahun terakhir yang harus diketahui oleh para pelaku SEO, para blogger, maupun para online marketer lainnya.

Apakah Google Panda Itu?

Di bulan February 2011 lalu, Google melakukan sebuah update alogaritma yang cukup signifikan dalam menentukan faktor ranking di SERP. Tujuan utama dari update ini adalah untuk “memerangi” website-website dengan konten yang tidak berkualitas, terutama sekali website-website dengan duplicate content (konten jiplakan).

Dengan demikian, diharapkan hanya website-website relevan yang berkualitas sajalah yang bisa muncul di halaman 1 Google, sehingga memberikan user experience yang lebih baik kepada para pengguna Google.

Update alogaritma inilah yang dinamakan dengan Google Panda.

Apa Efek dari Google Panda?

Efek dari Google Panda ini memang tidak main-main. Beberapa website besar seperti About.com dan ezinearticles.com telah merasakan traffic loss yang signifikan karena dianggap berisi konten-konten duplikat.

Memang awalnya Google Panda ini hanya diberlakukan di Amerika Serikat, namun dalam waktu sesegera mungkin Google Panda ini akan diberlakukan secara global, termasuk di Indonesia. Jadi, bagi Anda yang merasa memiliki blog atau website yang memiliki konten yang merupakan hasil jiplakan dari website lain, sebaiknya Anda mulai memperbaikinya jika tidak ingin mengalami drop ranking di Google.

So, What Should We Do?

Berikut adalah 5 tips SEO dalam menghadapi Google Panda ini:

    Duplicate content merupakan target utama dari Google Panda ini. Jadi, jika Anda tidak ingin website Anda menjadi korbannya, sebaiknya segera hapus halaman-halaman website atau blog Anda yang berisi duplicate content.  Jika tidak ingin dihapus, Anda bisa mem-blok halaman tersebut dengan robots.txt supaya tidak diindex oleh spider Google.
    Satu hal yang penting untuk diketahui di sini adalah, sebuah halaman website yang tidak berkualitas akan mempengaruhi kualitas website Anda di mata Google secara keseluruhan. Jadi, meskipun hanya ada satu halaman web yang tidak berkualitas, sebaiknya Anda menghapusnya atau membloknya.
    2. Social Media Link is Becoming More Important
    Menurut Matt Cutts, pentolan engineer di Google, di tahun 2011 ini salah satu strategi link building yang perlu Anda fokuskan adalah link yang berasal dari social media seperti Facebook dan Twitter.
    Tentu saja, clue yang dia berikan ini berkaitan dengan Google Panda update, karena Google Panda ini sendiri dimulai di awal tahun 2011. Sudah saatnya kita meninggalkan cara-cara lama seperti tukar menukar link dengan website yang tidak relevan ataupun tidak memiliki kualitas.
    3. Buat Konten yang Berkualitas dan Original
    Ya, Anda harus mulai menciptakan konten yang original dan bermanfaat bagi visitor website Anda. Google sangat menyukai jika ada konten-konten baru yang dibuat secara teratur, terutama sekali jika konten tersebut bukan hasil jiplakan dan disukai oleh visitor Anda.
    4. Fokuskan pada On-Page SEO
    Salah satu cara Google mendefinisikan apakah website Anda memberikan user experience yang berkualitas atau tidak adalah melalui faktor-faktor on-page SEO.
    Jangan melupakan juga bahwa kecepatan loading website juga merupakan salah satu faktor penting. Jika Anda merasa loading website Anda lama,
    5. Perkaya halaman web dengan berbagai fitur
    Untuk meningkatkan user experience dari visitor website Anda, jangan hanya mengisi halaman website Anda dengan text tulisan.
    Variasikan konten website Anda dengan video, gambar yang ditambahkan ALT pic, dan kalau perlu ditambahkan dengan pdf file download (whitepaper).

Intinya, website atau blog Anda harus bisa memberikan “user experience” yang berkualitas kepada visitor website Anda. Sudah tidak jamannya lagi Anda membanjiri website Anda dengan keyword spamming, external link yang tidak relevan, konten-konten jiplakan, dan faktor-faktor lain yang bisa membuat visitor Anda merasa “ilfil” mengunjungi website Anda.

~~~

Tulisan ini hasil karya Hendra, pemilik blog Indocommko.Com. Jika Anda ingin menulis untuk Isnuansa.Com, sila baca ketentuannya di halaman Guest Blogger.

Author: isnuansa

Emak dengan satu anak yang hobi nulis. Memilih tidur kalau ada waktu luang. Follow saya di twitter: @isnuansa

80 thoughts on “5 Tips SEO Dalam Menghadapi Google Panda”

  1. Saya menyambut baik algoritma baru google tersebut. Cuma sayangnya, untuk google.co.id, sampai saat ini masih banyak sekali situs sampah bertebaran di SERP. Bukan cuma situs/blog penjiplak, namun juga yang memanipulasi halaman search, sehingga membuat pengunjung nyasar tidak menemukan apa yang mereka cari (sesuai kata kunci yang digunakan).
    iskandaria selesai posting Cara Install Xampp di Linux Ubuntu

      1. Duh, saya ini orang tua kok di panggil si?? di mana etika mu neng? kalau soal AGC itu di situs ane, ane makenya bukan pake cara ilegal, ane pake API google Bing ama Yahoo, dan ane ndaftar ke mereka dengan cara yang legal,, kalau gak mau situsnya di index ama google search API tinggal pasang aja content=”noindex” beres,, pasti google gak akan ngindex situs ente, dan postingan ente gak akan nangkring di situs AGC, sebagai konsekwensinya di google juga gak akan nongol..

        satu yang ente kudu paham,, bahwa AGC sama sekali bukan hal ilegal,, google news, google search, google image semua itu AGC,, dan kalau ente gak mau kontent ente nangkring di situs AGC caranya sudah ane bilang seperti di atas.

        Ane tahu gak bakal nyambung ngomong ama ente,,,

        Kalau mau tahu cara lapor ke google,, tinggal tekan tuh,, Give us feedback atau kirim umpan balik kalau dalam bahasa indonesia, tombolnya ada di bawah,,, kalau mau ngelaporin situs ane saya persilahkan,,,
        Jevuska selesai posting Tato dan risiko kesehatan dan bagaimana menghindarinya

  2. Google Panda menakutkan? Padahal Panda itu hewannya lucu, lho. 🙂

    Oke, terima kasih infonya. Saya akan berhati-hati untuk tidak melakukan pantangan2 diatas.

    Oh, ya mau nanya jika mengutip artikel blog lain kemudian kita beri pengantar atau foot note terhadap kutipannya apa ini termasuk dalam poin 1 dan 3 juga? Saya ada kalau artikel yang jenis seperti itu. Karena artikelnya menarik sehingga saya pubilsh ulang.

    1. Itulah bingungnya tentang copy paste. Google melarang, tapi di satu sisi mereka ngasih petunjuk kalau boleh mengambil sumber dengan memberikan link. Nah, saya sih menyimpulkan (dalam pendapat saya pribadi) kalau yang seperti itu tetap nggak ada masalah, Pak. Asal bukan murni satu artikel kopi paste seluruhnya.

  3. kapan ini mulai diberlakukan di google.co.id, ya?. Lagian kalau artikel sebuah blog banyak dicopas blog lain kena dampak duplicate conten juga gak, ya?

    >>>Nitip pesan buat semua:
    Saya ada tantangan buat para blogger Indonesia, ki. Yang siap bisa langsung ceck TKP di blog saya (alamendah.wordpress.com/2011/06/03/tantangan-untuk-para-blogger-indonesia/)
    alamendah selesai posting Sejuta Sepeda Sejuta Pohon di 100 Kota

    1. Semoga dalam waktu dekat. Kabarnya sih Google pinter mengendus mana yang asli dan mana yang menjiplak, meski ada beberapa situs pelaku kopas malah posisi SERPnya lebih bagus dari yang dikopas. :mrgreen:

    1. Maksudnya diupdate itu digimanain? Dirombak total, atau cuma ditambah sedikit?

      Kalau dirombak total, ya bakalan beda dibaca sama search engine. Tapi, apa malah nggak bikin ribet?

  4. wahhh… mungkin blog pakde juga akan kena sensor kalee ya

    makasih atas infonya, moga menjadikan pakde lebih baik dan lebih orsinil , jujur pakde juga sering copas he he he…

    1. Kalau yang saya pahami sih gini, Mas: jika pembaca blog merasa nyaman, tentunya dia akan lama berada di blog kita. Sebaliknya, kalau blog kita jelek, pasti akan segera ditinggalkan.

      Sama seperti rumah, perlu “dihias” supaya lebih indah. jangan hanya dicat saja yang bagus, tapi ya dikasih hiasan dan tanaman. Gitu.

      cmiiw

  5. Terima kasih tipsnya yang sangat bermanfaat.
    Sebentar lagi Google pasti akan mengeluarkan jurus2 baru.
    Tapi google kok membiarkan aja tuh situs2 parno.
    Jangan2 dia ikut andil dsitu.

    Salam hangat dari Surabaya

  6. trimakasih mb infonya…website mbk emang maknyus.. 😀
    nulis artikel dengan kata-kata sendiri tuh susah banget mb…apa itu tandanya saya tidak berbakat??heehe..
    wahh..baguslah kalo om google semakin ketat, jadi semakin terbatas orang2 kayak saya yang cuma copas 😀
    tegar selesai posting Evaluation of Common Size Statement

  7. Makasih mbak infonya, kapan yach mulai berlaku diIndonesia….
    mari kita memberekan BLog kita agar rapih sebelum kena audit Google panda… 🙂
    susisetya selesai posting paru paru

  8. Bagaimana dengan artikel yang sebagian di modifikasi isinya (walau tidak banyak) kemudian diberikan tautan pada artikel aslinya (seperti artikel terbaru saya)… Apakah hal tersebut melanggar TOS dari Google? Padahal sebagai blogger terkadang kita juga harus meneruskan informasi yang dipandang berguna tentunya dengan memberikan tautan ke artikel aslinya
    bro eser selesai posting Bagaimana Mencegah dan Mengatasi Website di Deface

  9. pantesan blog saya pengunjungnya turun drastis, mungkin terkena efek si panda ini, … wuihhh.. kudu kerja keras lagi nih bangun blog,, trims ya gan 🙂

  10. sangat lengkap dan masuk akal google panda dengan algoritma barunya, artinya harus hati2 juga nich dalam mengelola blog,beruntunglah blogger newbie bisa exist di google one..:) contohnya artikel blog saya..google panda for blogger newbie..muantapp salutt

  11. Wah sepertinya tanggal 27 Juni kemaren Google sudah mengupdate Pageranknya.. dan Pagerank web drop dari 3 ke 1, tapi traffic kunjungan di google analytic naik 50% setiap bulan. Apa Google mau memberi tahu pagerank sudah tidak penting lagi.

  12. Terimakasih sharingnya ya mas… Tapi untuk “Social Media Link is Becoming More Important” lebih detailnya gimana caranya mas? Mengelink-kan blog kita melalui facebook??

    Terimakasih mas atas saran dan bantuannya…
    Sukses selalu,

  13. We stumbled over here by a different web address and thought I might as well check
    things out. I like what I see so now i am following you.

    Look forward to looking into your web page for a second time.
    Jasa Seo selesai posting Jasa Seo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge