6 Faktor Paling Berpengaruh Pada Traffic Blog

Ada banyak artikel tentang tutorial blog di internet, mulai dari cara membuat blog, cara utak-atik HTML, tips SEO, dll. Dengan menggunakan keyword tertentu kita akan disuguhkan tutorial-tutorial yang sebagian besar isinya hampir mirip. Ending dari semuanya itu adalah agar blog memiliki banyak pengunjung.

Untuk membuat blog yang ramai pengunjung ada enam faktor penting yang harus diperhatikan. Enam faktor itu adalah konten, SEO, backlink, desain, loading, dan tombol share. Saya akan mengurutkan faktor-faktor tersebut dari yang paling penting sampai yang “agak penting” dengan menggunakan harga anak catur sebagai pembanding.

 

 

Konten

Konten adalah bagian paling penting dari sebuah blog, salah satu pebisnis tersohor dunia Bill Gates pernah mengatakan “Content is King”. Konten yang berkualitas adalah konten yang bisa memberikan informasi yang dibutuhkan pengunjung dan mampu memuaskan pengunjung. Konten tersebut menarik, informatif, bermanfaat, dan unik. Prinsip dasar membuat konten berkualitas adalah menulis untuk pengguna bukan untuk mesin pencari. Dalam permainan catur konten ibaratkan rajanya, nilainya tidak terhingga.

 

Desain

Desain memiliki pengaruh besar karena menyangkut indera penglihatan. Setiap orang pasti suka melihat hal-hal yang indah, sehingga template yang direkomendasikan adalah template dengan desain yang menarik, user friendly, rapi dan sesuai dengan tema blog. Template yang tata letaknya teratur dan navigasinya mudah akan membuat pengunjung betah berlama-lama menjelajahi blog kita. Dalam permainan catur desain ibaratkan ratu atau menterinya, nilainya 9 poin.

 

SEO

Mengoptimalkan SEO akan membantu blog berada di posisi yang bagus di mesin pencari. Ini termasuk mendaftarkan blog di search engine, penggunaan meta tag, submit blog di blog directory, dll. Banyak yang bilang SEO adalah yang terpenting setelah konten, tapi bagi saya desain masih lebih penting daripada SEO. Perlu diingat bahwa meskipun tanpa SEO halaman blog tetap akan terindeks oleh mesin pencari seperti Google, asalkan kita tidak melakukan pengaturan yang mencegah mesin pencari megindeks. Dalam permainan catur SEO ibaratkan bentengnya, nilainya 5 poin.

 

Backlink

Backlink yang mengarah pada sebuah blog juga dapat meningkatkan jumlah pengunjung. Apabila sebuah blog menaut blog lain sebagai rujukan untuk pembacanya maka akan membuka keran traffic ke blog yang ditaut. Jumlah backlink salah satu tolak ukur pentingnya sebuah blog atau situs dan digunakan oleh mesin pencari untuk menentukan peringkat halaman. Backlink juga bisa “dijemput” dengan cara bertukar link (sudah tidak musim), berkomentar di blog orang lain atau menjadi guest blogger. Dalam permaian catur backlink ibaratkan gajahnya, nilainya 3 poin.

 

Tombol Share

Saat ini ada banyak media sosial yang bisa dimanfaatkan untuk mendatangkan pengunjung, ada Facebook, Google+, Twitter, dsb. Menyediakan tombol share media sosial akan memudahkan pengunjung yang ingin membagikan artikel blog. Pengunjung yang menganggap artikel anda menarik dengan senang hati akan membagikannya di jejaring sosial miliknya. Aktifitas ini akan dilihat oleh teman-temannya di jejaring sosial tersebut sehingga akan membuka peluang datangnya pengunjung baru. Dalam permainan catur tombol share ibaratkan kudanya, nilainya 3 poin sama dengan backlink.

 

Loading

Jangan sepelekan loading (waktu muat), blog harus bisa diakses dengan cepat karena pengunjung tidak suka menunggu lama untuk mendapatkan informasi yang dicari. Blog yang loadingnya lama akan membuat pengunjung pergi ke “toko sebelah”, mereka malas menjelajahi lebih lanjut. Kurangi pemasangan widget-widget yang tidak terlalu penting dan hindari penggunaan javascript yang berlebihan. Gambar-gambar yang filenya terlalu besar sebaiknya dicompress atau resize terlebih dahulu. Dalam permainan catur loading adalah pionnya, nilainya 1 poin.

 

Itulah faktor-faktor paling berpengaruh dalam meningkatkan jumlah pengunjung blog, dari yang paling penting sampai yang “agak penting”. Atau mungkin anda punya pendapat lain?

~~~

Ditulis oleh LAJUPU untuk Isnuansa.com – CC BY-SA

34 thoughts on “6 Faktor Paling Berpengaruh Pada Traffic Blog

    1. Menurut saya bukan krn jumlah gambarnya mbak tapi ukuran filenya. 1 gambar dgn ukuran file 1,3mb waktu muatnya lebih lama ketimbang 3 gambar ukuran 200kb yg kalau ditotal kapasitasnya baru 600kb. Kalau menggunakan internet berkecepatan tinggi spt di korea sana mungkin gak terasa, tapi kalau kecepatannya biasa2 saja bisa menyebalkan.
      LAJUPU selesai posting Bukan, Ini Bukan Teddy Bear

  1. Di antara Konten, Desain, SEO, Backlink, Tombol Share, dan Loading saya pikir Loading dan Desain serta SEO dan Backlink bisa menjadi satu kesatuan. Sementara untuk yang berada di posisi paling atas atau paling penting adalah Konten. Adapun untuk Tombol Share saya kurang beigtu menyukai, meski ada beberapa blog/web yang sangat powerfull menggunakan fitur share sosmed, contohnya lihat saja web Islam Toleran itu, hehehe
    Blogger Indonesia selesai posting Floyd Mayweather Kalahkan Manny Pacquiao, Adakah Peluang Rematch?

    1. Betul mas, ini tambahan untuk desain ya.
      Tapi template/theme yang sudah mendukung versi mobile saja sudah cukup bagus kok. Template bawaan blogger dan wordpress sekarang rata-rata sudah mendukung ini. Satu yang menarik dari template/theme bawaan adalah struktur kode templatenya biasanya bagus.

    1. Desain termasuk SEO maksudnya gmn ya, setau sy desain ya desain, SEO lain lagi (CMIIW). Btw Huff Post termasuk blog berat tp posisinya bagus di SE. Loading lebih kepada kenyamanan sih menurut sy.

  2. sip2,makasih mbk sharingnya^^
    kalo loading lama,saya pilih balik kanan mbak hehehe. ada satu blog yang setiap saya pingin kesana *pingin dalam artian rutinitas silaturahmi* lemotnya minta ampun,mau satu menit header blog baru nongol seperempat. balik kanan deh hehe
    HM Zwan selesai posting Rahasia dibalik Foto-foto hmzwan.com

  3. Masih belajar memperkuat konten. Krn blog masih campur aduk. Pingin buat yg ber niche *bener gak nulisnya?? Tp takut ga bs konsisten nulisnya.
    Selain belajar memperkuat kontek jg pelan2 memperbaiki desain,SEO, loading dll.
    Tfs yaaa….penting banget buat pemula nihh
    ophi ziadah selesai posting Mom of Trio 1st Giveaway

  4. sebenarnya desain blog menurutku juga tergantung target pengunjungnya juga.
    target anak-anak dan segmen bisnis akan memperlihatkan pola desain yang berbeda, itu jika kita mampu menyelami “behind the design” , gak musti berstruktur bagus, yang penting tepat sasaran

    tapi aku stuju dengan semua yang dikemukakan diatas
    agus priyo selesai posting besar nilai umk kota kediri tahun 2015

  5. Iya sih. percaya kalo content is the king. Karena blog yang kelihatanya amburadul, entah bahasanya kayak robot apalagi yang kelihatan hasil translate-nya mbah google, males banget baca blog gituan. biasanya langsung deh kututup. nggak buang2 waktu maen ke blog semacam itu.
    Nisa selesai posting Tempat Pensil Rajut Sederhana

  6. Yup, content is the King. Totally agreed. Dari semua aspek, masih mungkin untuk kita maksimalkan. Yang sulit dilakukan saat ini adalah memperbanyak Backlink, mengingat blogging saat ini trennya sedang menurun, tergeser oleh kehadiran sosial media. Mungkin bisa menjadi masukan untuk posting berikutnya? 😉
    Tatang Tox selesai posting Offline vs Online

  7. Arikel yang sudah di optimisasi SEO akan sangat berpengaruh banget untuk dapat masuk ke page one google. Saya sudah mencoba analisa bagaimana cara membuat artikel yang SEO dan hasilnya banyak sekali kata kunci tertarget yang masuk halaman pertama tanpa harus memberikan backlink atau bumbu lainnya.
    Gereggi selesai posting Jasa Penulisan Artikel SEO Bahasa Inggris

  8. Konten memang segalanya, tapi balik lagi ke sistem website yang sesuai dan nyaman bagi pembaca. Dengan konten yang kaya akan kata” dari 500-1500 mampu membantu meningkatkan traffic dengan signifikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge