6 Langkah NabihBawazirDotCom Meraih Page Rank 5

Saya tidak mengerti apa yang terjadi dengan blog saya saat itu, blog saya tiba-tiba mendapat Page Rank 5 dari Google, padahal saya baru mengincar Page Rank 1, karena Alexa Rank saya saat itu masih 12 jutaan, baru-baru ini saja naik, menjadi 2,3 juta (masih terlalu besar untuk sebuah website ber-PR 5).  Saya tidak tahu apa yang saya lakukan sehingga mendapat Page Rank setinggi itu, oleh karena itu saya ingin berbagi beberapa hal yang saya lakukan sehingga mendapat PR 5, saya tidak mengerti faktor mana yang dominan, tapi tidak ada salahnya saya coba mendeskripsikan usaha saya:

1.       Jangan Malu Mengganti Judul dan Meng-update Postingan

Google analytics sangat membantu arah pergantian judul, karena dengan google analytics kita tahu kata kunci yang mendatangkan traffic bagi kita, biasanya seminggu sekali saya melihat google analytics dan menggunakan judul dan keyword  posting terkait sesuai google analytics (terutama postingan yang masih di peringkat 6-10).

2.       Memasang Plugin yang Membantu

Plugin yang paling membantu saya adalah Broken Link Checker + Headspace2, Broken Link Checker merupakan plugin untuk mengatur link yang sudah patah, biasanya saya putuskan saja jika link telah putus, jika postingan itu merupakan sumber utama traffic saya, maka saya akan meng-update-nya sekalian.

3.       Lihatlah Google Adwords

Bingung mencari judul yang mendatangkan traffic? Saya sarankan untuk mencoba fitur yang satu ini, di sini Anda akan mampu melihat banyaknya kata kunci diincar setiap bulannya, bagi posting tunggal saya sarankan pilih yang 1,000-5,000, kecuali jika akan Anda hubungkan dengan link terkait di blog anda.

4.       Posting dengan Rutin

PR ditentukan oleh banyaknya pengunjung yang kembali

Saya tidak tahu mengapa demikian, tetapi blog-blog papan atas yang google friendly banget justru PR-nya rendah, karena traffic-nya datang dari Google, bukan direct link, saya pun biasanya mengenali pola suatu blog terlebih dahulu, sebelum menjadi pembaca setianya, ada blog yang mingguan, atau harian, kalau harian maka saya akan lebih sering membuka daripada yang mingguan. Memiliki pola posting yang stabil akan lebih menjanjikan daripada tidak.

5.       Milikilah “Musuh” di Dunia Nyata

Saya memiliki teman di dunia nyata yang sedang mengembangkan website pribadinya, karena dia sering shalat di masjid yang sama dengan saya, maka dia sering bertanya “Alexa Rank-nya berapa?”. Saat ini, saya masih kalah dengannya, namun dalam waktu dekat saya akan mengalahkannya, karena memiliki lawan dalam sebuah permainan itu serunya bukan main.

6.       Posting Panjang+Orisinil Lebih Baik

Sudah menjadi ide umum, posting panjang umumya lebih friendly terhadap berbagai keyword jadi umumnya memiliki tingkat akses yang lebih tinggi. Memang ada sebagian postingan motivasi pendek yang mampu mendapat respon yang luar biasa, tetapi saya sarankan untuk membuat posting yang lebih mengalir.

~~~

Tulisan ini karya Nabih Bawazir, pemilik NabihBawazir.Com.

Mau menulis juga untuk isnuansa.com? Baca caranya di sini.

| Sudah dibaca 1,552 kali.

45 komentar di tulisan “6 Langkah NabihBawazirDotCom Meraih Page Rank 5

  1. Wih, baru kali ini terima Guest Post dari blogger yang punya Page Rank lebih tinggi dari blog ini. 😆

    Yang nomer 1, hampir tidak pernah saya lakukan. Judul tulisan jarang saya perhatikan meski saya lumayan sering membuka halaman Analytics. Cuma lihat jumlah pengunjung aja, hehe..

    Saya pakai Broken Link Checker. Yang Head Space 2 saya malah baru denger. Buat apaan ya itu? :mrgreen:

    Adwords juga jarang buka. :)

    Kalau soal rajin posting, alhamdulillah masih rutin. Terima kasih juga pada semua Guest Blogger yang sudah membantu blog ini tetap hidup, meski saya sudah mulai jarang nulis. 😆

    Hmm, siapa ya yang bakalan saya musuhi buat memenuhi tips nomer 5? 😳

    Yang panjang-panjang memang saya suka, tapi apa daya susah bikinnya. 😆

    1. Oh, maaf ada pertanyaan yang belum terjawab HeadSpace2 (Tanpa Spasi), itu adalah plugin SEO seperti All in One-SEO Pack, hanya HeadSpace2 itu sangat ampuh untuk , mengejar sebuah kata kunci (menurut blog yang saya baca sebelumnya) lebih ampuh untuk SEO dengan satu frasa kunci, saya sarankan gunakan keduanya….

  2. Blog saya juga sudah dpt PR2 mb, meskipun baru 1 th, postingan gak rutin, pakai gtranslate,..hehe..semua itu proses,tujuan saya ngeblog karna penasaran dpt PR brapapun itu. Anehnya, pengunjung blog saya tidak bnyak, karna sampai saat ini visitor saya masih 2.800an.
    Yuno rawanda selesai posting AUDIT : Public Sector Performance

  3. wow keren…. guessblognya… page rank blog saya ga pernah tahu… dan traffic juga jarang lihat… pokoknya nulis aja deh… hehehe n*ce p*st…

  4. Blog saya belum ada dua bulan, tapi dapet durian runtuh PR 5. mungkin karena ranah bahasanya lebih sempit dari blog umum seperti pak Budi Raharjo (rahard.wordpress.com, ini satu-satunya blog Indonesia ber PR-6 yang saya tahu)
    Buat admin (mba Isnuansa), maaf mba, nama sata nabihbawazir pakai Z, web saya juga begitu, soalnya dalam bahasa arab artinya sangat jauh berbeda, terimakasih

    1. Nabih, maaf ya, saya salah ketik nama. Sudah dibenerin ya.. 😀

      Blog Indonesia yang ber-Page Rank 6 ada juga tuh Om saya [ngaku2] Priyadi Dot Net. Bahkan beberapa bulan lalu sempat naik 7 sebelum turun lagi ke 6. 😀

  5. Kalau menurut seorang ahli blog, bisa ditambah satu poin lagi, usahakan posting terdiri atas poin-poin tertentu, lebih mudah terbaca karena penegasan isi posting terlihat jelas.
    Fiz selesai posting Bukan Itinerari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge