7 Cara Memanjakan Mata Pengunjung Blog

Setiap kali membaca sebuah blog entah apapun isinya, kecenderungan manusia adalah mengamati bagaimana bentuk tulisan yang ada di blog tersebut, meskipun saya sendiri kesulitan untuk mengemas bagaimana sebuah blog menjadi menarik dan menawan tetapi tulisan – tulisan yang memberi value, memberi knowledge tanpa terkesan menggurui menjadi menu santapan wajib bagi semua blogger. Menulis merupakan sebuah seni tersendiri, dibutuhkan penghayatan agar tulisan terbaca dengan nyaman.

Ada beberapa syarat agar tulisan kita dilirik oleh banyak orang, meskipun sampai saat saya menuliskan postingan ini, pengunjung blog baru ratusan perhari, tidak ada salahnya berbagi pengetahuan dan informasi seputar aktivitas blogging kepada pembaca isnuansa.com

1.      Penggunaan Font
Setiap blogger tentu menyukai jenis – jenis font tertentu, tetapi alangkah baiknya gunakan font yang tidak terlalu membuat capek mata, gunakan font yang nyaman dimata, meskipun anda berkeinginan berkreasi tetapi minimal font yang digunakan sangat familiar dengan mata, terlalu artistik terkadang membuat capek mata.

2.      Tata Bahasa
Jangan terlalu ilmiah maupun terlalu gaul, bahasa yang baik adalah non formal tetapi juga etis, orang yang membaca merasa gampang mencerna tulisan kita dan makna maupun pesan yang akan disampaikan mudah diterima dengan analisa yang ringan. Penggunaan huruf kapital, penggunaan tanda baca menjadi aksesoris tulisan jika digunakan dengan tepat.

3.      Pengaturan Jarak Antar Paragraf
Jarak antar paragraf dibuat tidak terlalu lebar juga tidak terlalu dekat, dengan jarak terlalu lebar terkesan boros dengan jarak terlalu dekat justru terkesan capek dimata.

4.      Kesinambungan Kata
Hubungan antar paragraf yang baik membuat sebuah tulisan ibarat serial dalam sinetron, untuk mengetahui pesan di paragraf 2 harus membaca paragraf 1 dulu, sehingga sampai selesai setiap paragraf akan diikuti oleh pembaca.

5.      Makna
Ada beberapa blogger yang secara denotatif memberikan makna pada setiap tulisan, ada juga berbentuk kiasan sehingga pembaca diberi kesempatan membentuk persepsi dan membentuk pemahaman sendiri.

6.      Pemberian Cetak Tebal Dan Cetak Miring
Jika kata yang anda gunakan mengandung keyword alangkah baiknya diberi huruf tebal, lebih bagus lagi jika dihyperlink dengan artikel lain yang memiliki kedekatan isi dengan artikel yang kita tulis.

7.      Pemasangan Hyperlink
Pemasangan hyperlink yang bersifat inbound link membuat pembaca dibuat betah berlama – lama diblog kita karena dengan sekali klik mereka bisa mendapatkan banyak hal.

Semoga 7 saran tadi menjadi inspirasi bagi semua blogger untuk giat menulis, jika anda mengharapkan memiliki guest blogger, kirimkan email ke tentaralangit46@gmail.com dan berikan rincian tulisan apa yang diterima, tanpa memberikan outbond link sekalipun akan penulis terima.

~~~

Tulisan ini karya blogger tamu Imron Rosyidi, Tulisan pertama beliau di blog saya adalah Menentukan Tema Blog. icon wink Pentingnya Memahami Kondisi Psikologis Pengunjung Blog Anda

Ingin menulis di Isnuansa.Com? Baca ketentuannya di halaman Guest Blogger ya. Ditunggu!

Author: isnuansa

Emak dengan satu anak yang hobi nulis. Memilih tidur kalau ada waktu luang. Follow saya di twitter: @isnuansa

56 thoughts on “7 Cara Memanjakan Mata Pengunjung Blog”

  1. Jangan lupakan juga kontras warna antara warna font dan warna latarnya, biar lebih mudah dibaca. Tak jarang saya menemukan warna font yang terlalu tipis (misalnya abu-abu) dengan latar putih. Tapi, terlalu tebal juga kurang bagus karena cenderung cepat melelahkan. Jadi, tengah-tengah saja. Misalnya dengan kode warna #111, #222, atau #333. Itu pun harus disesuaikan dengan ukuran dan jenis font-nya.
    iskandaria selesai posting Alasan Saya Tidak Memasang Tombol Share di Halaman Posting Blog Ini

    1. Saya sendiri sudah sangat lama nggak pernah ngutak-ngatik theme blog, Mas. Lupa juga warna apa yang dipakai di blog ini. Ketipisan atau ketebalankah font-nya? Kegedean ya? Apa saya aja yg ngerasa gede gara-gara monitor saya yang jumbo ukurannya?

  2. Semua point-point ini saya kopas mbak…sebagai bahan introspeksi diri, terima kasih mbak Is…waktu kopdar di jember kami membicarakan mbak lo..kalau mbak sudah ehemmmmm 🙂 sukses mbak yach.. salam hangat dari Jembrana-Bali
    Budi Arnaya selesai posting Kupu-kupu Kuning

  3. Superb.

    Tapi sepertinya saya harus menekankan pada poin 7 nih, yaitu tentang adanya link, baik inbound maupun outbound. Banyaknya link pada satu artikel sepertinya harus dipertimbangkan masak2, jgn sampai nanti malah mengganggu pandangan, karena banyak jg saya temukan artikel yg berisi banyak link, walau anchor-nya satu kata. Diulang-ulang lagi.. -_-‘

    Dan yang paling saya sukai adalah pengaturan jarak antar paragraf dan kesinambungan kata. Dua hal itu yg sepertinya sangat berpengaruh pada artikel blog yang ‘mengalir’ dan enak dibaca 🙂

  4. Saya Setuju dengan mas ipul. Saya sendiri punya 2 blog, blog pertama saya beri nama putraindonesia dot com dan yang kedua abdurroni dot com. Di blog abdurroni dot com berhubung sudah di terima di GA dan merasa sayang klo ga dipasang iklan dari GA… imbasnya justru malah ke saya secara pribadi kok jadi ga betah ngurusin blog yang penuh dengan iklan GA. saya justru lebih suka bermain di putraindonesia dot com. eeh, sorri ya kok saya malah curhat nih.
    Abdurroni selesai posting Cara Atasi Error Bootmgr is missing pada windows 7

  5. Terima kasih, sungguh postingan yang sangat menarik buat nambah-nambah kiat dalam mengelola blog. Saya setuju setiap blogger boleh menggunakan bahasa gaul maupun bahasa yang baik dan benar. Namun, yang perlu diperhatikan siapakah pembaca blog kita? Setelah mengetahui hal ini tentu kita bisa memperkirakan seperti apa selera mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge