Adakah Tantangan Baru Untuk Blog?

Buat saya dan sebagian besar teman-teman lain yang ngeblog di waktu luang, bukan sebagai pekerjaan utama, tentu waktu yang dimiliki tidak banyak untuk mengembangkan blognya dari waktu ke waktu. Padahal, kalau bisa dibilang, makin hari makin besar saja ekspektasi orang akan sebuah blog; tidak lagi sekedar update setiap sekian hari, blogwalking, kopdar di saat-saat tertentu jika sempat.

Saya, yang memang baru sampai tahapan itu, bisa jadi lama-lama akan bosan juga. Nggak ada hal baru yang saya kerjakan untuk blog ini, selain yang sudah saya sebut di atas tadi. Sedangkan beberapa teman punya hal-hal yang menarik untuk dikerjakan. Misalnya saja Mas Hendro Prayitno yang memiliki blog dengan model Blogazine. Sila klik satu per satu postingannya, semua akan menampilkan desain halaman yang berbeda. Atau, teman saya yang satu ini, berhenti dari pekerjaannya yang bergaji $.2.000 untuk memulai karirnya sebagai blogger penuh waktu.

Bukan, bukan berarti lantas saya pengen meniru persis sama seperti kedua blogger tersebut. Sekedar untuk menantang diri sendiri menulis Post A Day saja belum berani.

Gimana dengan teman-teman? Adakah tantangan baru dalam ngeblog untuk 2012 ini?

Author: isnuansa

Emak dengan satu anak yang hobi nulis. Memilih tidur kalau ada waktu luang. Follow saya di twitter: @isnuansa

49 thoughts on “Adakah Tantangan Baru Untuk Blog?”

  1. Aku tak pernah melihat ada tantangan baru dalam ngeblog kecuali bahwa bagiku blog adalah alat untuk beropini..
    Jadi, kalau aku, ngeblog bukan perkara tantangan baru… as simply as, selama aku butuh bicara dan beropini, aku butuh ngeblog 🙂

    Di sini mungkin pembedanya 🙂
    DV selesai posting Gak dibayar kok mau!

    1. Memang agak beda jalur kita, Om.

      Saya nggak nulis soal opini, apalagi nyorotin ini itu di negeri ini. Nggak banyak pendapat yang saya ungkap di blog.

      Kalo soal bicara, iya. Bicara tentang diri sendiri. 😆 Yang kadang nggak penting ditulis. :p

      1. Bukannya ‘agak beda’… kalau soal cerita tentang diri sendiri itu aku juga… Tapi yang ngga aku percaya adalah bahwa kamu nulis tentang sesuatu yang ga penting ditulis? Aku tak percaya karena kalau tak penting ditulis masa blogmu banyak diminati baik oleh para blogwalker maupun perusahaan yang ingin direview? 🙂 *eh
        DV selesai posting Gak dibayar kok mau!

  2. hmmm blogging untukku hanya untuk sharing pengalaman… sukur-sukur bisa berguna bagi yang lain. Tidak berguna? Ya jangan baca hehehe
    tantangan buatku hanya satu : post sebanyak mungkin informasi, tapi satu domain satu posting per hari 😀

    1. Kalo monetize blog kan udah bisa dan biasa. Sebetulnya kalau mau bikin tantangan baru utk blogger ya spt menghimpun beasiswa/ dana untuk anak-anak atau pendidikan bisa ngga? Jadi duitnya jangan masuk kantong sendiri tapi untuk komunitas. Nah itu merupakan tantangan pada diri, pada komunitas dan pada dunia maya juga. Sulit loh.
      Aku baru bisa bikin baksos kecil-kecilan para blogger 🙁
      Imelda selesai posting Nasi Jadi

  3. Asslm, salam kenal dan hormat dari saya sebelumnya Mbak 🙂
    Kalau buat saya semuanya sama hebatnya : orang yang punya pekerjaan sibuk tapi tetep ngeblog (hebat ngatur waktu) – orang yang pilih jadi full time blogger sekalian bisnis (hebat ngambil keputusan).. Ngeblog jangan jadi beban, lagi banyak beban jangan ngeblog 😀
    Salam..
    Usep Rizal selesai posting Belajarlah dari Orang Yang Sombong !

  4. Saya sudah lama ngeblog akhirnya memilih konsep blogazine. Alhamdulilah sekarang banyak yang kreatif dengan konsep blogazine klo dahulu masih bisa terhitung sekarang blogger indonesia sudah banyak yang menerapkan konsep ini.

    Bahkan membuat forum dan aktif sekali, semoga terus berjalan kreatifitas blogazine. Yang belum kesampaian saat ini adalah bertemu dengan blogger lain seperti kopdar. Kadang klo blogwalking merasa iri dengan sahabat blogger yang membahas kopdar. Semoga kalu ada waktu yang tepat saya bisa kopdar.
    amdhas selesai posting Cintaku bertepuk sebelah tangan

  5. tahun 2012 mencoba berkomitmen dengan One post a day…
    berusaha memposting sebaik mungkin versinya Tina Latief, apa kata orang nanti, nanti dulu yang penting nulis dulu..
    tina latief selesai posting Seeds

  6. Nah, tantangan baru ngeblog saya di tahun 2012 ini yaitu konsisten menganut konsep blgoazine, di mana setiap halaman posting akan saya desain berbeda-beda. Alhamdulillah, sejauh ini saya masih bisa konsisten (sudah sekitar 36 post yang saya kustomisasi desainnya). Ini juga berkat motivasi dari rekan-rekan blogger lainnya yang sama-sama menggunakan konsep blogazine.
    iskandaria selesai posting Tren Boyband Girlband dan Demam K-POP di Indonesia

  7. Rasa bosan saat ngeblog pasti ada, tak terkecuali bagi para master blogger. Salah satu tips untuk menghilangkan rasa bosan tersebut adalah dengan menjelajahi “dunia nyata” yang belum pernah kita alami sebelumnya. Bagi yg hobi menulis (termasuk di blog), cara ini seringkali tidak hanya bisa menghilangkan rasa bosan, tapi juga justru malah mendatangkan ide-ide baru, dan ada bonusnya juga: dapat teman2 baru! Saya sendiri contohnya.

    Seringkali saya merasa bosan saat sedang mengoptimize content sebuah blog dengan tema tertentu. Yang paling senang & sering saya lakukan adalah pergi ke suatu tempat dengan menggunakan kereta api Jabodetabek kelas ekonomi biasa yang hiruk pikuk (baik penumpangnya maupun para pedagang di dalamnya). Kenapa kelas ekonomi? Karena di kereta kelas Ekonomi AC banyak yang pakai “topeng” palsu! Tidak tanggung-tanggung, sekali terjun ke dunia nyata, saya bisa mendapatkan minimal 5 (lima) bahan tulisan, tentu saja yang berkaitan dengan profesi utama saya! 🙂
    Ade Supriyatna selesai posting Jaminan Perlindungan Asset Untuk Keberlangsungan Siklus Kehidupan Manusia

  8. Mbak Nunik, thanks sudah melink ke salah satu postingan Blogodolar.
    Bagi saya, menghasilkan penghasilan ribuan dolar dari blog adalah tantangannya. Bila saya mampu mencapainya, maka saya membuktikan bahwa kenekatan saya keluar kerja adalah keputusan terbaik yang pernah saya lakukan.

    Di luar project 100 niche blogs, tantangan lain bagi saya adalah menulis eBook. Saya mulai menulis sejak minggu lalu.

    Poin saya adalah tantangan akan muncul bila blogger memahami apa tujuan ngeblognya. Bila serius mencari uang, maka tantangan (peluang dan halangan) itu akan banyak. Inilah daya tarik ngeblog yang membuat saya gila.

    Terlepas dari itu, menurut saya, menyingkat URL ke luar adalah bad ideas karena bisa membingungkan pengunjung. In my humble, keep it clear for your readers.
    Kang Yudiono selesai posting Catatan Seorang Full Time Blogger #5: Pat Flynn Membuat Saya Lebih Gila

    1. Satu-satunya alasan saya nyingkat URL itu, cuma biar bisa ngitung seberapa banyak yang ngeklik link-nya.

      Ternyata kalo berhubungan dengan uang, banyak bener yang nge-klik, padahal link lain nggak ada yang nge-klik..

  9. Hmm, memang tujuan ngeblog para blogger bermacam-macam. Kalau saya sendiri awalnya cuma ngikuti perkembangan teknologi apalagi menulis adalah hobi saya. Cocok deh..
    Daripada tulisanku yang sudah banyak berserakan di kamar gak jelas kan gak bisa dinikmati orang lain, paling gak ada yang tahulah. Hehe
    Lama-lama kok jadi enjoy, berkembang dan meluas ke bidang lain. Malah dadi bingung mbak yen kakehan draft neng otak. #Eaaa
    Sajakrerindu selesai posting Plants vs Zombies – Permainan Lucu Penuh Tantangan

  10. setiap orang pasti punya kelebihan masing2 mas,, jangan meniru orang lain yang kita memang tidak suka.. jadilah diri masbro sendiri.. dulu saya jg pernah ngerasa kayak gitu, tidak ada yang bisa dibanggakan, akhirnya berhenti ngeblog kurang lebih selama 6 bulan.. dan selama 6 bulan itu menderita karena tidak bisa berbagi bersama seperti yang dulu..

    akhirnya sekarang kembali lagi, walaupun tidak sebagus yang dulu, dan semakin banyak saja blogger2 yang dulunya biasa saja, sekarang jadi professional. Bagimanapun saya tetap bersyukur, karena saya telah diberikan yang terbaik dibandingkan dengan orang2 yang berada dibawah saya.. yang sudah pro, sebagai pembelajaran, bukan sebagai penghalang.. 😀
    Dery selesai posting Kembali Menjadi Part Time Blogger

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge