Ajaib, Bounce Rate Blog Saya 0,99%!

Selamat tahun baru teman-teman! *tiup terompet kenceng-kenceng*

Semoga di tahun baru ini semangat ngeblognya nggak makin turun ya. Tulisan pertama di tahun 2013 nih, saya cuma mau berbagi kebahagiaan singkat saja, bahwa salah satu blog saya secara mengejutkan bounce rate-nya (rasio pentalan) turun drastis dari rata-rata 75% menjadi 1% saja!

Bounce Rate Blog

Itu bukan hasil Google Analytics blog saya yang ini ya.. Yang lain lah pokoknya. Sudah lama saya nggak nengok analitiknya, eh, kemarin saya cek kok hasilnya menakjubkan gitu rasio pentalannya.

Belum tahu apa yang dimaksud dengan rasio pentalan? Sila baca tulisan saya tentang Bounce Rate yang ini dan Bounce Rate yang itu.

Sudah baca? Dan masih belum paham?

Sini, sini, saya jelasin sedikit lagi.

Bounce rate itu, persentase pembaca yang hanya membuka satu halaman berbanding dengan yang membaca banyak halaman. Gampangnya gini. Teman-teman datang ke blog saya (misalnya dari link update status di facebook saya, atau dari twitter saya) langsung menuju tulisan saya yang ini. Nah, saat menbaca tulisan ini, di atas kan saya kasih dua link tuh, ke tulisan saya yang lain lagi yang sudah lama. Berhubung nggak tertarik, ya nggak dipencet. Nggak mau tahu. Langsung aja komentar, trus pergi deh. Blogwalking ke blog lain lagi.

Itu namanya saya gagal membuat teman-teman bertahan di blog ini dan membuka banyak halaman. Mental deh ke tempat lain. Semakin banyak orang yang datang dan langsung mental, maka semakin tinggi deh angka rasio pentalannya.

Lain lagi kalau teman-teman saya kasih link di atas dan mengkliknya, lalu membaca tulisannya. Apalagi kalau dua-duanya diklik langsung dibaca. Itu berarti membuat nilai rasio pentalan blog menjadi bagus, makin kecil, karena orang datang ke blog kita membuka lebih dari 1 halaman.

Bounce rate blog saya yang isnuansa dot com saat tulisan ini dibuat 82,66%. Artinya, 82 dari 100 orang yang datang hanya membuka 1 halaman dan langsung pergi lagi.

Blog saya yang satu lagi (yang saya tampilkan screenshot-nya) berarti hanya ada 1 orang membuka 1 halaman saja diantara 100 orang yang datang. 99 orang lainnya membuka 2 halaman atau lebih! Dan kemungkinan 1 orang yang langsung kabur itu adalah orang yang ngeklik iklan. πŸ˜†

Pasti penasaran kan, kok bisa bounce rate-nya sekecil itu?

Saya sudah tahu penyebabnya. Tetapi perlu saya pastikan dulu ya, apakah bounce rate yang tiba-tiba menjadi sangat kecil nilainya itu akan bertahan lama, atau akan naik lagi. Saya butuh waktu untuk mengambil kesimpulan bahwa memang benar perubahan tersebut karena tindakan saya melakukan perubahan kecil di blog saya.

Tunggu di tulisan selanjutnya ya, nanti saya cerita soal perubahan rasio pentalan yang jadi 0,99% itu. πŸ˜‰

63 thoughts on “Ajaib, Bounce Rate Blog Saya 0,99%!

    1. Iyaaa.. Detik atau Wolipop ya yang begitu? πŸ˜†

      Saya enggak, kok. Bukan dengan “memaksa” orang untuk mau nggak mau ngeklik halaman berikutnya.

      Murni cuma merubah sedikit tampilan doang.

  1. Menarik Mba sharing datanya. Saya juga punya sedikit pengalaman soal bounce rate, mungkin bisa bermanfaat untuk teman pembaca lainnya :

    1. Cara kita menarik pengunjung ke blog bisa berpengaruh. Jika pengunjung yang datang melalui Search engine biasanya akan betah berlama-lama berbeda dengan pengunjung yang sifatnya referral (dari blog commenting)
    2. Tergantung topik blog. Jika pengunjung betah berlama-lama berarti memang topik yang ditawarkan sesuai kebutuhan mereka
    3. Jumlah artikel. Semakin banyak jumlah artikel semakin besar kemungkinan pengunjung betah berlama-lama karena banyak pilihan artikel untuk dibaca
    4. Judul. Semakin menarik judul semakin penasaran pengunjung untuk membaca
    5. Aspek lainnya, seperti popularitas blog (mencakup jumlah share tiap artikel, fanpage, followers, dll) bisa berpengaruh kepada psikologi pengunjung untuk memutuskan apakah akan berlama-lama di sebuah blog atau tidak.

    Selamat tahun baru ya,

    Sukses selalu
    Okto selesai posting Web Banner Advertising Tips

  2. berjalan apa adanya saja is, yang penting adalah kita menulis dengan bahasa kita karena mungkin ada pihak yang suka ini namun ada pihak yang tidak suka itu agar menjadi khasanah budaya bloggingh
    pututik selesai posting Menyongsong 2013

  3. Kalau saya nda terlalu perhatikan dengan hal seperti ini pada blog saya yang penting selalu usahakan aja buat postingan yang fresh dan bermanfaat buat pengunjung blog tapi setelah membaca penjelasan mba pada postingan ini serta 2 link yg disertakan di atas, kayaknya saya harus rajin2 memperhatikan hasil analis blog saya untuk mengetahui perkembangan blog saya…
    Agung Talaga selesai posting Download IDM Terbaru 6.14 Final Full Version

  4. Saya rasio pentalannya 81%, padahal dah masang related post di bawahnya. Ada widget popular post, tapi pentalannya masih di atas 80%. Dulu, sebelum 2 itu dipasang, pentalannya sampai 90%… Jadi, penasaran nunggu penjelasannya… Hehehe
    Kirman selesai posting Selamat Tahun Baru 2013

  5. Ouwlalaaah, jadi begitu ya modelnya Bounce Rate pada analytic visitor. hhhmmmmm baru paham saya malahan . makasih sudah share ..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge