Alternatif Peluang Usaha untuk Blogger yang Menghasilkan

Artikel ini ditulis oleh Reyhan Ivandi seorang blogger pendiri situs PROLAPAK | Strategi IM dan SEO.

~~~

Alasan banyak blogger membuat blog adalah untuk mendapatkan uang dari blog tersebut. Namun, sering kali kita melihat banyak blogger yang hanya terpaku pada satu metode mendapatkan penghasilan, yakni menjadi seorang publisher.

Memiliki impian untuk menjadi seorang publisher online bukanlah suatu hal yang salah, karena, setiap orang berhak untuk memiliki impian. Lagi pula, dengan menjadi publisher online kita bisa mendapatkan penghasilan hingga ratusan juta rupiah setiap bulannya. Namun, apakah hanya ada satu metode itu saja yang dapat kita gunakan untuk memperoleh uang dari blog?

Peluang Usaha untuk Blogger

Dengan adanya artikel ini, penulis mengharapkan mindset kita sebagai seorang blogger tidak hanya tertuju pada satu cara monetizing, namun, mendapatkan uang dari dunia blogging yang sesuai pula dengan keahlian istimewa dari diri sendiri.

Jika rekan – rekan masih belum beruntung dalam dunia publisher online, tak ada salahnya mencoba beberapa peluang usaha di bawah ini untuk dijadikan sebagai sebuah bisnis.

Peluang usaha yang penulis sajikan tidak jauh – jauh dari dunia blogging, jadi, kita sebagai blogger tidak pusing lagi bagaimana cara melakukannya.

Contoh hal sederhana yang dapat kita bisniskan adalah jasa membuat blog, jasa edit blog, jasa beli template blog, dan sebagainya.

Yakinlah, jika hal – hal sederhana tersebut menjadi fokus utama bisnis blogging kita, hasil yang didapatkan bisa jadi melebihi publisher online.

Jasa Membuat Web/Blog

Ini adalah peluang usaha yang keahliannya tak asing lagi bagi blogger, karena, membuat blog itu sendiri merupakan kegiatan utama blogger.

Walau tutorial untuk membuat website atau blog sudah banyak, namun, kebutuhan seseorang pada website atau blog masih ada. Contoh alasan seseorang memesan jasa pembuatan web/blog, seperti jadwal kegiatan yang padat, kurang ahli, membutuhkan blog yang banyak, dan sebagainya.

Ketika menjadi seorang publisher online belum menghasilkan rezeki bagi rekan – rekan, tak ada salahnya rekan – rekan mencoba bisnis sederhana ini, yakinlah pasar yang bisa kita raih itu luas jika pemasarannya juga tepat.

Rekan – rekan dapat menawarkan jasa membuat web/blog tersebut ke sekolah, siswa, mahasiswa, penulis, perempuan, pedagang, pengusaha, dokter, pebisnis, dan profesi–profesi lainnya.

Jasa Oprek Theme Blog

Memiliki latar belakang pendidikan teknik informatika atau memiliki keahlian di bidang programming, membuka jasa oprek template wordpress, blogger, dan platform lain adalah sebuah peluang bisnis yang menjanjikan.

Penulis mengatakan jasa ini menjanjikan karena penulis langsung melihat rekan – rekan ads.id yang membuka lapak jasa oprek mendapatkan antusias yang tinggi dari member dan peminat terhadap jasa ini juga banyak.

Harga untuk jasa oprek itu sendiri disesuaikan dengan permintaan dari kustomer dan kesulitan dari apa yang diminta. Contoh hal sederhana yang bisa saja diminta oleh kustomer, yakni menambahkan slider pada situs mereka, mempercepat loading situs, mengoptimalkan optimasi SEO template, dan menjadikan template mirip dengan template lain.

Jasa Beli Theme

Masih berkisar di template website/blog. Bagi seseorang yang tidak memiliki akun paypal atau rekening internasional tentu akan susah untuk bertransaksi dengan orang luar negeri, salah satu contoh, yakni membeli template website/situs yang menggunakan rekening internasional.

Masalah ini adalah sebuah peluang yang dapat rekan – rekan jadikan sebagai bisnis. Rekan – rekan bisa membuka sebuah lapak yang berjualan jasa beli theme di themeforest, atau jasa pembelian template online.

Untuk harganya sendiri tentu disesuaikan dengan template yang hendak dibeli, lalu, ditambahkan dengan berapa keuntungan yang hendak rekan – rekan dapatkan.

Jasa Riset Keyword

Jika rekan – rekan sebelumnya adalah seorang blogger yang aktif dalam menulis dan mengoptimasi website agar memiliki trafik melalui SEO, meriset keyword bukanlah hal yang baru lagi.

Peluang usaha berikutnya adalah jasa riset keyword, rekan – rekan bisa menawarkan jasa ini pada blogger lain dengan tarif tertentu.

Untuk mendapatkan hasil riset yang terbaik tentu teknik yang rekan – rekan gunakan sebaiknya tidak teknik yang biasanya dilakukan oleh blogger – blogger.

Jasa riset keyword tersebut bisa mencakup, sepert long tail keyword, keyword dengan pencarian banyak dan rendah kompetisi, CPC, cek kompetitor, dan sebagainya. Intinya, jasa ini memberikan keyword yang berprospek tinggi untuk kustomer Anda.

Untuk research-nya sendiri, rekan – rekan bisa menggunakan tool berbayar atau gratis, seperti GKP, Uber, LongTail Pro, backlinko, freshkey, dll.

Jasa SEO On atau Off Page

Peluang usaha alternatif berikutnya adalah jasa optimasi SEO on page maupun off page. Hasil dari pengamatan penulis, bisnis jasa optimasi seo on page dan off page juga memiliki prospek yang menjanjikan.

Jika rekan – rekan berminat untuk peluang usaha ini, tak ada salahnya menjadikannya sebagai bisnis prioritas. Karena, saat ini SEO merupakan teknik yang mahal.

Jasa Penulisan Artikel

Skill lain yang tak jauh dari dunia blogging adalah skill menulis. Rekan – rekan bisa membuka jasa menulis artikel blog.

Saat ini sebagian besar blogger profesional sudah tak lagi menulis dengan tangannya sendiri, mereka lebih memilih untuk menyewa jasa penulisan artikel untuk mengupdate konten pada blog – blog mereka. Semakin hari semakin banyak saja yang menjadi blogger, ini adalah peluang bisnis yang dapat rekan – rekan optimalkan.

Tarif untuk satu artikel saja pada saat ini cukup tinggi, minimal Rp 3000/100 kata. Bagaimana jika rekan – rekan bisa menghasilkan 10 artikel 700 kata per harinya dengan 5 orang karyawan. Tentu, penghasilan yang bisa rekan – rekan dapatkan bisa jutaan rupiah.

Jasa Penerjemahan

Jika rekan – rekan memiliki kemampuan bahasa asing yang sudah profesional, tak ada salahnya membuka jasa penerjemahan dari Bahasa A ke Bahasa B atau sebaliknya. Untuk saat ini tarif yang dapat kita peroleh dari jasa penerjemah dapat dikatakan cukup tinggi.

Jasa Manage Blog Dummy

Kurangnya ketersediaan waktu yang banyak bagi blogger untuk mengelola situs – situs mereka merupakan sebuah peluang yang dapat kita jadikan pula sebagai bisnis. Salah satunya aalah jasa mengelola blog dummy.

Seperti yang kita ketahui blog dummy bagi seorang blogger jumlah yang mereka gunakan tentu banyak, ketersedian waktu yang kurang membuat mereka mencari alternatif agar dummy yang mereka bangun tetap bisa aktif dan update.

So, jika rekan – rekan berminat untuk peluang usaha ini, mulailah sekarang, buka lapak di berbagai situs dan jangan lupa untuk tetap mengutamakan kualitas dari bisnis.

Masih banyak lagi peluang usaha yang dapat kita jadikan sebagai sebuah bisnis yang besar, berikut beberapa ide peluang usaha lain yang dapat rekan – rekan optimalkan, diantaranya :

  • Jasa Desain Theme
  • Jasa Update Blog
  • Jasa Social Signal
  • Jualan Authority Blog
  • Jualan Gambar
  • Jualan Blog Zombie
  • Jualan Aged Domain
  • Menjadi Affiliate Marketer
  • Jualan Produk

Apapun jenis bisnis yang rekan – rekan lakukan, optimalkan dan berikanlah pelayanan, serta kualitas yang terbaik.

Lakukanlah pemasaran yang juga tepat, tentunya agar bisnis yang dibangun tetap bisa berjalan menuju titik teratasnya.

Semoga bermanfaat dan dapat membuka wawasan rekan – rekan mengenai cara – cara monetizing melalui dunia internet. Salam Dahsyat!

“RENCANA SEKALI. ACTION BERKALI – KALI”.

39 thoughts on “Alternatif Peluang Usaha untuk Blogger yang Menghasilkan

  1. Iya han jadi memang banyak hal selain adsense yang bisa menghasilkan duit ya, doain ya bisa punya web blog kaya kamu biar banyak manfaat buat netizen ?

    1. Semangat kak. Strategi pemasarannya, usahakan jadilah jasa pembuat blog yang kreatif dan unik. Tidak hanya membuat blog biasa, akan tetapi, berilah sesuatu yang luar biasa dan unik untuk konsumen.

      Jika sudah ada unik dan sesuatu yang berbeda, yakinlah, bisnis kita akan cepat perkembangannya.
      PROLAPAK COM selesai posting 21 Logo Kreatif dan Terbaik untuk Inspirasi Desain

  2. Bisa mendapatkan penghasilan dari dunia blogging pasti menyenangkan ya, tapi kadang bingung apa yang harus dilakukan. Tips di atas itu masuk akal juga sih, dan yang paling mudah mungkin : jasa penulisan artikel? kayaknya lumayan juga hasilnya ya gan

  3. Bener banget nih. Kebanyakan yg buat blog rata2 lgsg masang adsense.

    Trus klo earning gk sesuai ekspektasi, bisa langsung down.

    Intinya sih ngeblog (nulis) dulu terkait hal yg disuka/minati/kuasai.

    Setelah itu pasti ada banyak cara untuk monetisasi. ^-^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge