Apa yang Menghalangi Anda Memiliki Gravatar?

Adakah pembaca di sini yang belum tahu apa itu gravatar? Gravatar, atau biasa disebut avatar, adalah gambar profil seseorang yang telah mendaftarkan alamat emailnya di gravatar.com. Avatar ini dulunya hanya merupakan foto profil bagi pengguna layanan WordPress.com. Seiring waktu, avatar telah menjadi identitas diri di internet.

Dengan adanya avatar, seseorang dapat dikenali berupa gambar profil yang muncul setiap kali ia memberikan tanggapan atau komentar di blog bermesin wordpress. Bukan hanya wordpress saja yang menyediakan fitur avatar, namun layanan lain seperti disqus.com, intensdebate.com juga menerapkannya. Tak heran bila gravatar disebut juga sebagai KTP online.

Alasan tidak memiliki Gravatar

Hampir sebagian besar narablog (apa itu narablog?) telah memiliki gravatar, namun sayangnya masih banyak yang belum memilikinya. Saya amati, kebanyakan dari mereka yang belum memiliki gravatar adalah pengguna blogspot. Hal ini bisa saya ketahui karena sebagian besar pengguna blogspot yang berkomentar di blog saya tidak memiliki gravatar.

Ada beberapa alasan seorang narablog tidak memiliki gravatar, antara lain:

  • Belum tahu apa itu gravatar

    Biasanya para newbie belum mengenal apa itu gravatar dan bagaimana mendaftarnya. Hal ini masih dapat dimaklumi karena yang namanya newbie itu belum tahu apa-apa. Kalau sudah tahu segalanya pasti bukan newbie namanya :P.

  • Belum sempat mendaftar

    Bisa jadi, narablog memiliki banyak alamat email. Namun saat berkomentar, alamat email yang digunakan belum terdaftar di Gravatar.com, sehingga gambar avatarnya tidak muncul.

  • Masa bodoh

    Narablog jenis ini tidak membutuhkan gambar profil, karena ia pada dasarnya tidak peduli orang lain rugi atau tidak, yang penting ia bisa komen, tebar backlink, sana-sini hepi icon razz Apa yang Menghalangi Anda Memiliki Gravatar?

  • Pemalsuan identitas

    Narablog jenis ini biasanya menggunakan alamat email palsu ketika berkomentar. Karena alamat emailnya palsu, tentu saja gambar avatarnya tidak akan muncul.

Manfaat Gravatar

Sebenarnya kalau anda mau tahu, sangat banyak manfaat yang dapat kita ambil dengan memiliki gravatar, saya akan sebutkan beberapa diantaranya:

  1. Sebagai identitas diri

    Gravatar kini sudah menjadi identitas online para netter. Seperti halnya twitter, gravatar pun menggunakan username kita sebagai ID. Contoh gravatar mbak nunik bisa dilihat di http://en.gravatar.com/isnuansa. Lihatlah foto manis yang terpampang. Bagus, bukan? icon biggrin Apa yang Menghalangi Anda Memiliki Gravatar?

  2. Deteksi alamat email asli

    Pengkomentar yang memiliki gravatar bisa dipastikan alamat email yang digunakan adalah valid. Berbeda halnya dengan orang yang tidak punya, kita bisa saja menyangka ia menggunakan alamat email palsu. Selain itu dengan adanya avatar, menandakan anda benar-benar eksis di internet, serta menunjukan ke-professional-an anda.

  3. Mempercepat waktu muat (loading) halaman blog

    Ini adalah poin penting yang akan saya jelaskan tersendiri di judul berikutnya.

  4. Meningkatkan Usability atau kebergunaan sebuah blog

    Usability atau kebergunaan sangat penting dalam interaksi antara webmaster (pemilik blog) dengan user (pembaca). Salah satu poin usability yang ada dalam sebuah blog adalah adanya gravatar. Contoh nyatanya adalah gambar avatar yang dimiliki oleh pengkomentar dapat membuat diskusi lebih interaktif, disamping pula dapat lebih mudah dikenali. Lain halnya bila ia tidak memiliki gravatar, alur diskusi menjadi kurang menarik lagi.

Hei blogger, wajib bagi anda memiliki gravatar

Mengapa saya katakan anda (selaku narablog) wajib memiliki avatar yang valid? Karena hal ini terkait kecepatan muat (loading) suatu halaman blog. Kita tahu di era Google panda ini, salah satu faktor terbesar yang menentukan peringkat sebuah halaman di mesin pencari adalah kecepatan muat.

Tahukah anda bahwa keberadaan avatar yang tidak valid (tidak terdaftar) dapat memperlambat kecepatan muat halaman blog? Mari kita lihat gambar berikut ini.

pagespeedanalysisresult Apa yang Menghalangi Anda Memiliki Gravatar?

Baris kode yang ditunjukkan oleh panah adalah kode sumber avatar yang tidak valid. Avatar yang tidak valid ini berasal dari pengkomentar yang tidak memiliki gravatar. Kode sumber avatar yang tidak valid dapat menimbulkan beban berlebih saat klien (dalam hal ini browser) mengunduhnya, karena ia akan ter-redirect ke kode sumber pengganti.

Akibat proses redirect ini, menyebabkan kecepatan muat halaman menjadi berkurang. Itu baru satu pengkomentar, bagaimana bila ada 100 orang yang tidak memiliki gravatar berkomentar di blog anda? Hitung saja sendiri, 100 x 2 Proses redirect = 200 proses yang sia-sia. Artinya, semakin banyak pengkomentar yang tidak memiliki gravatar, semakin lambat pula halaman blog anda dimuat atau ditampilkan.

Sebenarnya proses redirect yang dijelaskan di atas tidak sesimpel itu. Untuk melihat proses lengkapnya, silakan merujuk ke halaman pencarian google, mengapa pengkomentar wajib memiliki gravatar.

~~~

Tulisan ini karya Kharisma Adi, pemilik blog Rismaka.Net. Jika Anda ingin menulis di Isnuansa.Com, baca ketentuannya di halaman Guest Blogger.

Comments
  1. 3 years ago
    • 3 years ago
    • 3 years ago
    • 3 years ago
  2. 3 years ago
  3. 3 years ago
  4. 3 years ago
  5. 3 years ago
  6. 3 years ago
  7. 3 years ago
  8. 3 years ago
  9. 3 years ago
  10. 3 years ago
    • 3 years ago
  11. 3 years ago
  12. 3 years ago
    • 3 years ago
    • 3 years ago
  13. 3 years ago
  14. 3 years ago
  15. 3 years ago
  16. 3 years ago
  17. 3 years ago
  18. 3 years ago
  19. 3 years ago
  20. 3 years ago
  21. 3 years ago
  22. 3 years ago
  23. 3 years ago
  24. 3 years ago
  25. 3 years ago
  26. 3 years ago
  27. 3 years ago
  28. 3 years ago
  29. 3 years ago
    • 3 years ago
  30. 3 years ago
  31. 3 years ago
  32. 3 years ago
  33. 3 years ago
  34. 3 years ago
  35. 3 years ago
  36. 3 years ago
  37. 3 years ago
    • 3 years ago
  38. 3 years ago
  39. 3 years ago
  40. 3 years ago
  41. 3 years ago
  42. 3 years ago
  43. 3 years ago
  44. 3 years ago
  45. 3 years ago
  46. 3 years ago
  47. 3 years ago
  48. 3 years ago
  49. 3 years ago
  50. 3 years ago
  51. 2 years ago
  52. 2 years ago
  53. 2 years ago
  54. 9 months ago
  55. 7 months ago

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge