Apa yang Menghalangi Anda Memiliki Gravatar?

Adakah pembaca di sini yang belum tahu apa itu gravatar? Gravatar, atau biasa disebut avatar, adalah gambar profil seseorang yang telah mendaftarkan alamat emailnya di gravatar.com. Avatar ini dulunya hanya merupakan foto profil bagi pengguna layanan WordPress.com. Seiring waktu, avatar telah menjadi identitas diri di internet.

Dengan adanya avatar, seseorang dapat dikenali berupa gambar profil yang muncul setiap kali ia memberikan tanggapan atau komentar di blog bermesin wordpress. Bukan hanya wordpress saja yang menyediakan fitur avatar, namun layanan lain seperti disqus.com, intensdebate.com juga menerapkannya. Tak heran bila gravatar disebut juga sebagai KTP online.

Alasan tidak memiliki Gravatar

Hampir sebagian besar narablog (apa itu narablog?) telah memiliki gravatar, namun sayangnya masih banyak yang belum memilikinya. Saya amati, kebanyakan dari mereka yang belum memiliki gravatar adalah pengguna blogspot. Hal ini bisa saya ketahui karena sebagian besar pengguna blogspot yang berkomentar di blog saya tidak memiliki gravatar.

Ada beberapa alasan seorang narablog tidak memiliki gravatar, antara lain:

  • Belum tahu apa itu gravatar

    Biasanya para newbie belum mengenal apa itu gravatar dan bagaimana mendaftarnya. Hal ini masih dapat dimaklumi karena yang namanya newbie itu belum tahu apa-apa. Kalau sudah tahu segalanya pasti bukan newbie namanya :P.

  • Belum sempat mendaftar

    Bisa jadi, narablog memiliki banyak alamat email. Namun saat berkomentar, alamat email yang digunakan belum terdaftar di Gravatar.com, sehingga gambar avatarnya tidak muncul.

  • Masa bodoh

    Narablog jenis ini tidak membutuhkan gambar profil, karena ia pada dasarnya tidak peduli orang lain rugi atau tidak, yang penting ia bisa komen, tebar backlink, sana-sini hepi 😛

  • Pemalsuan identitas

    Narablog jenis ini biasanya menggunakan alamat email palsu ketika berkomentar. Karena alamat emailnya palsu, tentu saja gambar avatarnya tidak akan muncul.

Manfaat Gravatar

Sebenarnya kalau anda mau tahu, sangat banyak manfaat yang dapat kita ambil dengan memiliki gravatar, saya akan sebutkan beberapa diantaranya:

  1. Sebagai identitas diri

    Gravatar kini sudah menjadi identitas online para netter. Seperti halnya twitter, gravatar pun menggunakan username kita sebagai ID. Contoh gravatar mbak nunik bisa dilihat di http://en.gravatar.com/isnuansa. Lihatlah foto manis yang terpampang. Bagus, bukan? 😀

  2. Deteksi alamat email asli

    Pengkomentar yang memiliki gravatar bisa dipastikan alamat email yang digunakan adalah valid. Berbeda halnya dengan orang yang tidak punya, kita bisa saja menyangka ia menggunakan alamat email palsu. Selain itu dengan adanya avatar, menandakan anda benar-benar eksis di internet, serta menunjukan ke-professional-an anda.

  3. Mempercepat waktu muat (loading) halaman blog

    Ini adalah poin penting yang akan saya jelaskan tersendiri di judul berikutnya.

  4. Meningkatkan Usability atau kebergunaan sebuah blog

    Usability atau kebergunaan sangat penting dalam interaksi antara webmaster (pemilik blog) dengan user (pembaca). Salah satu poin usability yang ada dalam sebuah blog adalah adanya gravatar. Contoh nyatanya adalah gambar avatar yang dimiliki oleh pengkomentar dapat membuat diskusi lebih interaktif, disamping pula dapat lebih mudah dikenali. Lain halnya bila ia tidak memiliki gravatar, alur diskusi menjadi kurang menarik lagi.

Hei blogger, wajib bagi anda memiliki gravatar

Mengapa saya katakan anda (selaku narablog) wajib memiliki avatar yang valid? Karena hal ini terkait kecepatan muat (loading) suatu halaman blog. Kita tahu di era Google panda ini, salah satu faktor terbesar yang menentukan peringkat sebuah halaman di mesin pencari adalah kecepatan muat.

Tahukah anda bahwa keberadaan avatar yang tidak valid (tidak terdaftar) dapat memperlambat kecepatan muat halaman blog? Mari kita lihat gambar berikut ini.

proses redirect akibat gambar avatar yang tidak valid

Baris kode yang ditunjukkan oleh panah adalah kode sumber avatar yang tidak valid. Avatar yang tidak valid ini berasal dari pengkomentar yang tidak memiliki gravatar. Kode sumber avatar yang tidak valid dapat menimbulkan beban berlebih saat klien (dalam hal ini browser) mengunduhnya, karena ia akan ter-redirect ke kode sumber pengganti.

Akibat proses redirect ini, menyebabkan kecepatan muat halaman menjadi berkurang. Itu baru satu pengkomentar, bagaimana bila ada 100 orang yang tidak memiliki gravatar berkomentar di blog anda? Hitung saja sendiri, 100 x 2 Proses redirect = 200 proses yang sia-sia. Artinya, semakin banyak pengkomentar yang tidak memiliki gravatar, semakin lambat pula halaman blog anda dimuat atau ditampilkan.

Sebenarnya proses redirect yang dijelaskan di atas tidak sesimpel itu. Untuk melihat proses lengkapnya, silakan merujuk ke halaman pencarian google, mengapa pengkomentar wajib memiliki gravatar.

~~~

Tulisan ini karya Kharisma Adi, pemilik blog Rismaka.Net. Jika Anda ingin menulis di Isnuansa.Com, baca ketentuannya di halaman Guest Blogger.

Author: isnuansa

Emak dengan satu anak yang hobi nulis. Memilih tidur kalau ada waktu luang. Follow saya di twitter: @isnuansa

63 thoughts on “Apa yang Menghalangi Anda Memiliki Gravatar?”

    1. Mas cahya,
      Gravatar menurut saya lebih familiar saja jika kita kaitkan dengan layanan identitas foto secara online di dunia blogging. Makanya mas Adi dan banyak narablog lainnya lebih memilih kata ‘gravatar’, walaupun yang lebih tepatnya mungkin ‘memiliki avatar di layanan gravatar’. Tapi bagi saya sendiri, ‘memiliki gravatar’ lebih mudah dipahami atau lebih familiar.

    2. Cahya,

      Segmen pembaca saya di sini adalah orang-orang pada umumnya yang lebih familiar menggunakan kata “gravatar” daripada “avatar dari layanan gravatar”. Memang kurang tepat, tapi menurut saya lebih jelas maksudnya bagi kebanyakan pembaca blog ini 🙂

      Kalau untuk professional ataupun ahli bahasa, saya mungkin harus lebih berhati-hati lagi dalam menyusun frasa atau kalimat pada artikel. Trims atas sarannya 🙂

  1. sudah memanfaatkan gravatar utk semua email yg dipakai demi keperluan ngeblog dgn beberapa akun :D. yg jelas foto tidak dipalsukn sesuai di profil FB dan sama semua utk berbagai blog yg dikelola 🙂

  2. ternyata banyak fungsinya yah terutama untuk blog wordpress, tapi walaupun aku pengguna blogsepot coba bikin gravatar ah sebagaimana yang disarannya diatas.

    1. pertanyaan sampean sekarang sedang muter2 di otak saya..
      sebenarnya bisa nggak ya ?

      saya mencoba untuk mengimplementasikannya di blogspot selalu gagal. 😀

    2. Mabruri,

      Blogspot sepertinya belum mendukung komentar yang menggunakan avatar, entahlah kalau tahun depan, semoga saja bisa 🙂

      Kalau ingin menampilkan avatar dari pengguna Gravatar, mungkin bisa menggunakan layana disqus atau intensdebate.

  3. Saya syukurnya udah punya Gravatar, malah sering gonta-ganti gravatar, hahaha…. 😆
    Biasa mbak, namanya juga orang narzis, gravatarnya harus terus di update seiring berjalannya waktu, tsaaaah…. 😆

  4. kalau kita masih menggunakan avatar yang di sediakan sama WP nya berpengaruh memburuknya kinerja dan hasil kita di mata mesin pencari gak mas?!?! soalnya salah satu admin saya belum memakai Gravatar, baru memakai Avatar yg disediakan WP nya saja?!?! terimakasih atas replynya jika berkenan tuk memberi noticenya di tempat saya 🙂

  5. Untuk blog saya sendiri, saya memilih opsi avatar default yang statis untuk pengomentar yang tidak memiliki gravatar. Saya pilih opsi ‘mistery man’ sebagai avatar default penggantinya. Menurut saya, opsi tersebut bisa lebih memperepat loading dibandingkan dengan memilih opsi ‘generated’, soalnya opsi ‘generated’ gambarnya diacak dulu dan kemudian dipilihkan oleh sistem. Nah, menurut saya, hal tersebut memang bisa memperlambat loading avatarnya bila dibandingkan dengan yang sudah ditentukan secara default.

  6. Wah…mbak is pasti akan mengkategorikan saya pada narablog yang masa bodoh dan tidak peduli dg orang lain. Ya maaf saja mbak is, bukannya bermaksud gak peduli tapi mmg saya belum tahu dengan makhluq yang bernama gravatar. Dulunya sy kira hanya milik pengguna wordpress. Ya terserah mbak is lah mau bilang apa. yang pasti saya berkomentar dengan hati yang tulus ikhlas….

    Para narablog dari blogspot, mohon jangan tersindir he he he….

  7. Lihatlah foto manis yang terpampang. Bagus, bukan?

    *brb, ambil keranjang muntah dulu* hahaha…

    Aku baru tau kalau gravatar ternyata membantu mempercepat loading blog. Sama seperti mas Iskandar, settingan default gravatar blogku juga pake mistery man, kalau yang bersangkutan ga pake gravatar.

    Sebagai blogwalker *halah*, rugi juga sih ga pake gravatar. Semacam kurang maksimal gitu narsisnya. :p

    Nice share 🙂

  8. Saya suka layanan gravatar tapi untuk blog saya, untuk mempercepat load akses saya malah mematikan link fotonya karena itu info yg saya dapat dan saya pikir masuk akal, semakin sedikit image yg kita load akan semakin cepat 🙂

  9. wah, klo menurut aku seh mbak yang punya gravatar itu yang WP aja, karena udah ada peringatan saat kita pertama kali buatnya.

    Kalau di blogger misalnya orang2 juga malas lah buat gravatar, ngapain buat klo mereka udah punya profil sendiri yang klo komen disesama blogger juga bisa keluar avatarnya..

    tulisannya lebih menguntungkan untuk pengguna WP deh kayaknya 😀

  10. Sebelum tulisan ini diterbitkan untung ane udah daftar duluan… itu juga diajarin ama mba yg cantik ini haha maturtarengkyuyambaayu.

  11. dan bukan blogger kalo gak pede. Bukan pede kalo poto nya gak mau di liat banyak orang. makanya, dengan gravatar ini salah satu kesempatan supaya poto kita di liat banyak orang dan jadiin para gravatar user sebagai narablog sejati :))

  12. Memang alangkah baiknya jika setiap blogger memiliki avatar, namun yang harus diingat bagaimana agar supaya alamat email yang didaftarkan di gravatar tidak digunakan oleh orang lain

  13. semoga dengan ini jadi banyak yang tahu tentang Gravatar, sehingga fotonya bisa tampil saat koment di Blog WordPress dan lainnya. punya saya sengaja saya pasang yang fotonya biasa saja ntar pada ngiri kalo saya pasang yang ganteng hehehe

  14. kalo saya sih tidak punya alasan untuk tidak menampilakan foto saya karena murni blogger yang suka berbagi informasi dan tidak punya kepentingan yang lain.

  15. Mas Rismaka ini paling getol mempromosikan ‘GRAVATAR’, apa ada kontrak kerja ya?

    Saya malah berfikir kalau avatar tidak menjadi monopoly dari GRAVATAR, dengan layanan lainpun jika kita berkomentar bisa muncul foto kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge