Apakah Membalas Komentar Memiliki Manfaat?

Membalas atau merespon setiap komentar yang masuk di setiap posting di blog bisa dikatakan merupakan “kewajiban” bagi pemilik blog. Karena dengan menyediakan form komentar berarti kita telah memberikan kesempatan seorang pengunjung / pembaca meninggalkan komentar. Jenis komentar bermacam-macam dan bisa jadi merupakan sebuah pertanyaan yang perlu di balas / di respon. Ya walaupun pada kenyataannya tidak semua blogger membalas setiap komentar yang masuk di blog mereka. Khususnya blogger yang memiliki waktu terbatas untuk mengurus blognya.

Saya yakin setiap blogger mengetahui bahwa membalas komentar memiliki cukup banyak manfaat, namun seringkali waktu menjadi kendala. Saya sendiri jika merasa kekurangan waktu maka saya memilah beberapa komentar yang tidak perlu ditanggapi pada blog saya.

Lalu, apa manfaat membalas komentar? Menurut saya ada beberapa manfaat membalas komentar yaitu sebagai berikut :

1. Menghargai Komentator

Seorang pembaca telah meluangkan waktunya untuk berkomentar terhadap apa yang kita tuliskan di blog dan saya rasa tidak ada salahnya kita balas / respon komentar yang diberikan. Dengan begitu komentator tersebut akan merasa dihargai dan tidak akan sungkan untuk kembali lagi membaca tulisan-tulisan yang lainnya.

2. Meyakinkan Calon Komentator

Dengan membalas komentar sebelumnya, kita juga secara tidak langsung meyakinkan kepada pengunjung yang ingin berkomentar bahwa pemilik blog membaca komentar yang masuk dan akan merespon jika pengunjung tersebut juga berkomentar.

3. Meningkatkan Kualitas Tulisan

Seringkali komentar yang masuk berupa pertanyaan atau tambahan informasi dari pengunjung / pembaca. Dan jika kita menyempatkan diri untuk menjawab komentar yang berupa pertanyaan, itu akan menjadi nilai lebih tulisan yang kita buat. Artinya juga kita meningkatkan kualitas tulisan karena isinya semakin lengkap.

4. Memunculkan Ide Untuk Tulisan Baru

Ini mungkin yang paling bermanfaat dari kegiatan membalas komentar. Seringkali muncul ide untuk sebuah tulisan baru dari komentar yang masuk karena bisa saja pembaca menanyakan sesuatu yang masih berhubungan dengan tulisan tersebut dan memungkinkan untuk dibahas dalam sebuah tulisan tersendiri.

Itulah 4 manfaat yang bisa saya rangkum dari kegiatan membalas komentar. Ada yang ingin menambahkan? Silahkan tulis di form komentar di bawah atau mungkin sekalian dibuat dalam artikel / tulisan tersendiri di blog anda.

~~~

Tulisan ini karya I Gusti Agung Made Wirautama, S.Kom, pemilik IMadeWira.Com

Mau menulis juga untuk isnuansa.com? Baca caranya di sini.

Comments
  1. 2 years ago
  2. 2 years ago
  3. 2 years ago
  4. 2 years ago
  5. 2 years ago
  6. 2 years ago
  7. 2 years ago
  8. 2 years ago
  9. 2 years ago
  10. 2 years ago
  11. 2 years ago
  12. 2 years ago
  13. 2 years ago
  14. 2 years ago
  15. 2 years ago
  16. 2 years ago
  17. 2 years ago
  18. 2 years ago
  19. 2 years ago
  20. 2 years ago
  21. 2 years ago
  22. 2 years ago
  23. 2 years ago
  24. 2 years ago
  25. 2 years ago
  26. 2 years ago
  27. 2 years ago
  28. 2 years ago
  29. 2 years ago
  30. 2 years ago
  31. 2 years ago
  32. 2 years ago
  33. 2 years ago
  34. 2 years ago
  35. 2 years ago
  36. 2 years ago
  37. 2 years ago
  38. 2 years ago
  39. 2 years ago
  40. 2 years ago
  41. 2 years ago
  42. 2 years ago
  43. 2 years ago
  44. 8 months ago
  45. 5 months ago

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

CommentLuv badge