Apakah Membalas Komentar Memiliki Manfaat?

Membalas atau merespon setiap komentar yang masuk di setiap posting di blog bisa dikatakan merupakan “kewajiban” bagi pemilik blog. Karena dengan menyediakan form komentar berarti kita telah memberikan kesempatan seorang pengunjung / pembaca meninggalkan komentar. Jenis komentar bermacam-macam dan bisa jadi merupakan sebuah pertanyaan yang perlu di balas / di respon. Ya walaupun pada kenyataannya tidak semua blogger membalas setiap komentar yang masuk di blog mereka. Khususnya blogger yang memiliki waktu terbatas untuk mengurus blognya.

Saya yakin setiap blogger mengetahui bahwa membalas komentar memiliki cukup banyak manfaat, namun seringkali waktu menjadi kendala. Saya sendiri jika merasa kekurangan waktu maka saya memilah beberapa komentar yang tidak perlu ditanggapi pada blog saya.

Lalu, apa manfaat membalas komentar? Menurut saya ada beberapa manfaat membalas komentar yaitu sebagai berikut :

1. Menghargai Komentator

Seorang pembaca telah meluangkan waktunya untuk berkomentar terhadap apa yang kita tuliskan di blog dan saya rasa tidak ada salahnya kita balas / respon komentar yang diberikan. Dengan begitu komentator tersebut akan merasa dihargai dan tidak akan sungkan untuk kembali lagi membaca tulisan-tulisan yang lainnya.

2. Meyakinkan Calon Komentator

Dengan membalas komentar sebelumnya, kita juga secara tidak langsung meyakinkan kepada pengunjung yang ingin berkomentar bahwa pemilik blog membaca komentar yang masuk dan akan merespon jika pengunjung tersebut juga berkomentar.

3. Meningkatkan Kualitas Tulisan

Seringkali komentar yang masuk berupa pertanyaan atau tambahan informasi dari pengunjung / pembaca. Dan jika kita menyempatkan diri untuk menjawab komentar yang berupa pertanyaan, itu akan menjadi nilai lebih tulisan yang kita buat. Artinya juga kita meningkatkan kualitas tulisan karena isinya semakin lengkap.

4. Memunculkan Ide Untuk Tulisan Baru

Ini mungkin yang paling bermanfaat dari kegiatan membalas komentar. Seringkali muncul ide untuk sebuah tulisan baru dari komentar yang masuk karena bisa saja pembaca menanyakan sesuatu yang masih berhubungan dengan tulisan tersebut dan memungkinkan untuk dibahas dalam sebuah tulisan tersendiri.

Itulah 4 manfaat yang bisa saya rangkum dari kegiatan membalas komentar. Ada yang ingin menambahkan? Silahkan tulis di form komentar di bawah atau mungkin sekalian dibuat dalam artikel / tulisan tersendiri di blog anda.

~~~

Tulisan ini karya I Gusti Agung Made Wirautama, S.Kom, pemilik IMadeWira.Com

Mau menulis juga untuk isnuansa.com? Baca caranya di sini.

| Sudah dibaca 2,319 kali.

48 komentar di tulisan “Apakah Membalas Komentar Memiliki Manfaat?

  1. Komentar yang masuk memberi warna artikel yang kita tulis, karena itu saya sangat menghargai Komentar yang masuk di blog saya, sebisa mungkin akan menjawab setiap komentar khususnya yang relevan dengan artikel.

  2. Para blooger pasti menyukai banyak komentar di tiap tulisannya. Kendalanya memang disana, semakin banyak waktu yg perlu dianggarkan jika bermaksud membalasnya satu persatu..Kalau saya biasanya membalas komentar melalui HP, saat-saat sedang kosong seperti habis makan siang atau mau tidur atau bahkan bangun pagi :)
    Evi selesai posting Beras Adan Krayan

  3. Membalas komentar itu butuh usaha (buatku sih) tapi memang kalau ada komen yang isinya bertanya, maka kita harus menjawab, ya betul, untuk meyakinkan isi postingan kita adanya.
    Tapi kalau komentar biasa yang sepertinya tidak menuntut jawaban, tidak apa juga kalau tidak dijawab.
    Yang paling parah kalau yg berkomentar, bagus artikelnya, gan! Entah apa maksudnya itu… hehehehee..

  4. Tergantung blog dan bloggernya. Kalau memang blognya adalah blog sosial yang juga ramai pengunjung sosial, saya pikir membalas komentar merupakan sesuatu yang ditekankan. Tetapi untuk blog yang sifatnya sekadar informatif atau edukatif, yah… disesuaikan aja dengan komentarnya. Kalau komentarnya cuma bilang “Thanks gan infonya” saya pikir gak perlu dibalas…. πŸ˜€
    Masdin selesai posting Persiapkan Diri Menyongsong Dunia Go Open Source

  5. Tulisan yang menarik…
    Saya berpikir sama dengan Bli Made Wira tentang membalas komentar, tapi saya juga tak gelap mata, kalau memang ada tulisan yang tak perlu dikomentari, ketimbang nge-junk mending skip saja :)

    Resiko bahwa tulisan saya jadi tak dikomentari/minim komentar, tak mengapa.. apalah artinya komentar untuk sebuah blog yang bagus :)
    DV selesai posting Kamu (tampak seperti) gay?

  6. Membalas komentar akan saya lakukan saat komentar tersebut memberi bantahan atau pertanyaan. Kalau sifatnya berupa masukan, tambahan, koreksi, saran, atau cuma ramah tamah untuk berkunjung balik, saya biasanya membiarkan dengan tidak menambahkan apa-apa lagi.

  7. JIka kita bisa membalas satu persatu komentar yang masuk tentu akan mendapat penilaian positif dari pembaca kita. Saya rasa perlu juga membalas komentar2 yang masuk

  8. Meskipun tahu dan paham akan manfaat dari membalas komentar, kadang aku gak bisa dan gak sanggup untuk menjawabnya. Mungkin suatu saat di tulisan terbaruku akan aku tutup kolom komentarnya bisar tidak ada rasa bersalah πŸ˜₯

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan
    Sugeng selesai posting Terusik Oleh Olga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge