Bagaimana Cara Menjadi Blogger yang Luar Biasa?

Luar biasa adalah kata yang menakjubkan, hebat yang memang berbeda dari suatu kebiasaan, begitu juga menjadi seorang blogger, Anda  dapat memilih ingin menjadi penulis blog yang “biasa” saja atau menjadi penulis blog yang “luar biasa”.

Saya tekankan di sini menulis itu adalah hal yang sangat mudah, semua orang pasti bisa menulis, namun yang membedakan penulis “biasa” dengan penulis yang “luar biasa” itu dapat dilihat dari segi bahasa, struktur atau pola artikel yang dapat membius para pembaca agar hanyut dalam tulisan yang ia tuangkan.

Lalu bagaimanakah cara agar dapat menjadi penulis blog yang “luar biasa”?
Pada kesempatan kali ini saya akan berikan tips  bagaimana cara menjadi penulis blog yang berkualitas dan menarik bagi para pembaca.

1. Jadilah Blogger yang “Luar Biasa”.

Banyak orang hanyalah mencoba untuk menjadi sesuatu, termasuk menjadi blogger yang handal. Ya hanyalah mencoba, dan bukanlah menjadi . Anda pasti bisa menjadi apapun yang Anda mau jika Anda mau. Semua orang sebenarnya memiliki potensi yang sama hanya bagaimana Anda mengembangkannya.

2. Relevanitas Lingkungan.

Jika Anda ingin menjadi blogger yang profesional maka sebaiknya Anda mulai bergabung kepada para blogger yang berkualitas, sekedar salam sapa saja, tanyakan bagaimana ia memulai blog tersebut, dan bagaimana beliau mengurus blog tersebut.

Jika beliau memang blogger yang profesional pastilah ia akan berbagi kepada Anda. Bergabunglah ke berbagai komunitas blogger, di Indonesia sendiri sudah sangat banyak komunitas.  Di sana Anda adalah tempat yang tepat untuk memulai. Pilihlah komunitas yang benar-benar bermanfaat bagi Anda.

3. Menulis Konten Berkualitas.

Jika Anda sudah mengenal para blogger yang berkualitas kini saatnya Anda mempelajari bagaiman ia bisa menjadi seorang blogger yang terkenal.

Bagaimana cara ia mendapatkan ide dan inspirasi dan pelajari cara penulisan pada postingan populer beliau. Postingan populer sudah pasti memiliki sekian banyak pembaca dan pelajari apa yang bisa membuat hal itu terjadi?

Cara menulis konten yang berkualitas akan saya berikan pada guest blogging selanjutnya karena akan terlalu panjang bila dipaparkan pada artikel ini.

4. Internal Mind.

Ingat pepatah jika ingin mengubah dunia, ubahlah diri Anda terlebih dahulu ?

Setelah mengembangkan blog Anda kini silahkan Anda memahami apa yang ada pada blog Anda, riset bagaimana cara pembaca merespon isi blog Anda, hanya sekedar spam? Atau benar-benar mengomentari apa yang telah Anda tulis di blog Anda.

Setelah Anda belajar dari para blogger profesional lainnya kini saatnya Anda menlihat kembali potensi diri Anda yang dapat dilihat dari tulisan unggulan (posting populer) pada blog Anda dan pada momentum ini Anda bisa menyadari bagaimana, apa dan kapan blog Anda disukai para pembaca.

5. Guest Bloging.

Sudah siap dengan senjata Anda ?

Guest Blogging adalah cara yang terbaik untuk memperkenalkan “Siapa” Anda ke para pembaca blog lain. Anda akan di hadapkan kepada para pembaca baru dari blog yang Anda kirimi tulisan Anda,  niche atau golongan baru dan sebagainya.

Pada setiap blogger, tulisan adalah cerminan diri Anda. Para pembaca bisa menilai siapa Anda dari tulisan yang Anda buat jadi buatlah tulisan terbaik pada setiap guest blogging, perhatikan tata bahasa, dan gaya penulisan Anda. Hal terakhir dan yang perlu diingat, setiap Anda ingin mengirimkan artikel Anda kirimkan melalui halaman guest blogger ikuti tata cara, peraturan dan sebagainya agar tulisan Anda dapat ditampilkan.

Pada  pada kesempatan kali ini hanyalah ini yang bisa saya bagikan kepada Anda, mungkin bila ada kesempatan dilain hari saya akan berikan beberapa kiriman artikel lagi di sini.  Semoga tulisan sederhana ini dapat bermanfaat bagi Anda. (Sumber Gambar)

~~~

Tulisan ini dikirim oleh Iqbal Maulana , yang kini sedang mengelola sebuah blog perusahaan dari PT Indolok Bakti Utama yaitu http://indolokbaktiutama.blogspot.com yang telah menerapkan konsep guest blogging untuk memperkenalkan blog tips-tips bermanfaat tentang alat pemadam api, brankas dan CCTV.

Author: isnuansa

Emak dengan satu anak yang hobi nulis. Memilih tidur kalau ada waktu luang. Follow saya di twitter: @isnuansa

68 thoughts on “Bagaimana Cara Menjadi Blogger yang Luar Biasa?”

  1. kalau menurut saya, poin no (3) yang perlu mendapatkan penekanan khusus. baik berkualitas dari isinya, cara penyampaianya, dan gayanya. isi merujuk pada apa yang ingin disampaikan. cara penyampain merujuk pada penggunaan bahasa yang tepat (bahasa sederhana dan tidak bertele) dan gaya adalah ciri khas (ada yang bergaya santai, lucu, serius, dst…

    menurut saya, blog ini salah satu contoh penerapan dari poin no (3) di atas.
    kamal selesai posting Emak

    1. Iya, ganti theme, ternyata ukuran huruf default theme-nya 13px. Tak naikin jadi 14px ini sekarang, semoga nggak kekecilan lagi ya.. Soalnya kalau dirubah jadi 15px atau 16px kok bentuk hurufnya jadi kayak jelek, besar-besar banget gitu….

  2. Setuju memang kata luar biasa memberi efek tidak biasa kepada pembaca. Namun mungkin saya punya pendapat sedikit berbeda soal poin relevanitas lingkungan.

    Pertumbuhan blog saat ini sangatlah luar biasa, jika kita hanya terpaku pada lingkungan yang itu-itu saja bisa jadi itu counter-productive. Ada baiknya kita sedikit out of the box, kita tidak harus selalu bergaul dengan komunitas dalam satu niche. Jika kita dapat memberi manfaat kepada semua komunitas yang kita ikuti (bukan hanya mencari komunitas yang memberi manfaat) tentu jalan menuju luar biasa akan semakin cepat.

    Ini hanya sebuah pemikiran :). Great post
    Okto selesai posting Images on your website – are they bogging you down?

    1. pilih mana ?
      fokus ke tujuan tertentu atau “hybrid” ?

      itu tergantung setiap orang. Saya pun terkadang “ngelantur” join komunitas yang sangat berbeda dengan yang saya tekuni, bukan untuk serius tapi sekedar refreshing saja.
      dan di saat saya join ke komunitas-komunitas yang biaasa saja kini saatnya menjadi “cahaya dalam gelap” bukan lagi “cahaya didalam cahaya”
      berbagi keterangan kepada para blogger yang masih “gelap” dan tak tahu arah ^^~

  3. Maaf, saya bukan menyerang namun rembuk saran mengenai judul artikel ini. Dilihat dari judulnya, saya awalnya menduga bahwa artikel ini mengajak pembaca untuk sharing pendapat mengenai cara menjadi blogger luar biasa.

    Ternyata isinya berupa tips-tips menjadi blogger luar biasa. Mestinya judul artikel ini adalah Bagaimana Menjadi Seorang Blogger Luar Biasa. Dalam bahasa Inggris: How to Become an Extra Ordinary Blogger.

    Terima kasih.
    Yudiono selesai posting Wawancara dengan M. Putra Kusuma Mengenai Bagaimana Memperoleh Akun Google Adsense

  4. dari biru ke pink..
    wah jauh amat mba nun… hehehe

    btw, kalau blogger profesional sama luar biasa apa bedanya mba? banyak yang bilang “bagaimana menjadi blogger profesional” yang ini “luar biasa” apa bedanya?

  5. bukan hanya blogger, seorang penulis di mana pun harus menulis bukan hanya apa yg ada di otaknya, tapi juga menulisnya dengan hati dan dengan ketulusan bahwa ia sedang berbagi.

  6. menurutku pribadi poin no.3 yg terpenting ,Menulis Konten Berkualitas, karena kebanyakan saat ini blogger sering kali hanya tulis ulang dari tulisan asli agar terlihat berbeda/orisinil, bahkan ada yg copas. Dan Menulis Konten Berkualitas merupakan sesuatu yg paling disenangi google/… namun hingga saat ini saya bingung cara dapat ide buat nulis itu gmn???

  7. Saya memang sudah punya rencana untuk menjadi guest blogging di blog ini tapi itulah masalahnya saya masih ragu dengan kemampuan saya untuk menulis konten yang berkualitas yg mampu memberikan solusi ataupun inspirasi bagi blogger lain untuk berbuat yg lebih lagi…. Tapi setidaknya postingan di atas sdh menginspirasi saya untuk mulai memikirkan bagaimana menulis di blog supaya menjadi blogger yang luar biasa…. 🙂
    Agung Talaga selesai posting Cara Membuat Password Reset Disk Windows 7

  8. apakah ada tolok ukur blogger yg dikatakan biasa-biasa sama yang luar biasa?

    lihat karyanya.. baru lihat orangnya.
    “blogger yg luar biasa, blogger yang memiliki blog luar biasa “

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge