Belajar Manajemen Ide jadi Artikel Blog

Manajemen atau mengelola ide jadi artikel Blog perlu dilatih agar kita terbisa mencurahkan ide menjadi sesuatu yang sangat berharga, menjadi sebuah tulisan yang bermanfaat untuk dibaca orang. Karena sebagus apa pun ide kita kalau tidak bisa diolah dengan baik tidak akan ada gunanya ide hanya tersimpan dalam pemikiran dan angan-angan. Segala sesuatu perlu belajar dan berlatih karena tidak ada orang yang lahir langsung pintar semua ilmu atau keterampilan. Termasuk keahlian menulis dalam kegiatan bloging kita perlu belajar manajemen ide jadi artikel Blog.

Semua artikel baik yang ada di koran, majalah atau Internet berawal dari ide yang diolah sedemikian rupa sehingga menjadi suatu bacaan yang menarik. Pada awal kita belajar membuat blog dituntut untuk terbisa menulis artikel karena kalau tidak menulis sendiri artikel, berarti kita sebagai blogger copy paste yang tentu melanggar peraturan. Walau kita sudah minta izin sama yang punya maka blog kita jadi tidak punya ciri khas atau tulisan kita di blog hanya sebagai duplikat saja. Tulisan para pakar baik di dunia nyata atau online berasal dari  ide yang sangat berharga. Tapi ide saja tidak cukup jadi harus dikelola menjadi sebuah artikel yang menarik. Kita mesti belajar manajemen ide jadi artikel blog.

Sekarang dengan didukungnya bahasa Indonesia sebagai penayang adsense google maka artikel Bahasa Indonesia sudah menjadi bahasa komersial di dunia online. Konten Bahasa Indonesia dipercaya untuk ikut memajang ektensinya google adword. Disejajarkan dengan bahasa-bahasa lain yang ada di Asia misalnya China, Jepang serta Korea. Maka para blogger harus lebih giat untuk berlatih mengasah kemampuan menulis agar  konten blog berbahasa Indonesia tetap exist di dunia maya.  Dengan konten yang diharapkan berkualitas tinggi jadi perlu manajemen ide jadi artikel blog.

Adakah jurus atau strategi menajemen ide agar jadi artikel blog?

Berikut yang saya lakukan  untuk manajemen ide jadi artikel blog menjadi tujuh langkah berdasarkan kepada  pengalaman:

  1. Bila ada ide langsung tuliskan, bila tidak memungkinkan tulis saja dulu di catatan kecil, atau memo handphone dengan tujuan supaya tidak lupa lagi.
  2. Kembangkan ide dengan cara merenung kira-kira tujuan tulisan kita untuk apa? Siapa yang dituju (pembacanya)?
  3. Perkuat ide-ide dengan referensi baik dari internet, majalah atau buku-buku bisa perpustakaan atau koleksi pribadi makanya seorang blogger harus punya perpustakaan pribadi dengan sejumlah buku yang di rawat.
  4. Tuliskan, ketik di Word dan kalau lagi tidak ada mood nulis tunggu saja dulu atau selingi kegiatan lain misalnya olah raga, nonton TV atau membaca, tidur juga kalau memungkinkan boleh.
  5. Bila sudah selesai baca ulang sambil edit untuk menyempurnakan ejaan dan kalimat yang salah.
  6. Baca kembali.
  7. Langkah terakhir posting.

Demikian cara untuk belajar manajemen ide jadi artikel blog , bagaimana dengan pembaca? Kalau ada cara lain saya minta masukan dan saran?

~~~

Tulisan ini karya Asep Sanaul Zaman, pemilik GuruBelajar.Com.

Twitternya bisa difollow di @gurubelajar.

Mau menulis juga untuk isnuansa.com? Baca caranya di sini.

~

 

Author: isnuansa

Emak dengan satu anak yang hobi nulis. Memilih tidur kalau ada waktu luang. Follow saya di twitter: @isnuansa

42 thoughts on “Belajar Manajemen Ide jadi Artikel Blog”

  1. Ide yang bagus. Apapun sebenarnya perlu pengaturan (manajemen). Kalau ide ini di-manage, saya setuju. Memang yang paling baik pada langkah awal apabila ada ide lewat, itu harus cepat dituangkan, baik ke hp maupun catatan. Kadang-kadang ide itu muncul tiba-tiba, dan hilang pun tiba-tiba.
    budiastawa selesai posting Jembrana – Jember, Jangan Bingung

  2. saya sering pakai yang nomor satu
    Bila ada ide langsung tuliskan, bila tidak memungkinkan tulis saja dulu di catatan kecil, atau memo handphone dengan tujuan supaya tidak lupa lagi.
    Kalau peri juga bawa camdig atau apa yang bisa buat menabadikan, meskipun bukan fotorafer pd saja dengan hasil jepretan sndiri..

  3. Kalau gak salah, memanajemen ide berarti juga sedang belajar mencerdaskan diri kan? Dengan membiasakan untuk memenej berbagai ide yang muncul, maka kita juga sedang belajar menjadi seorang yang cerdas 🙂

  4. Langkah2 manajemen ide di atas sangat bagus, apalagi untuk blogger yang sering menulis dengan topik yang general/umum. Tapi untuk blogger dengan niche tertentu, ada baiknya terlebih dahulu menentukan/menyaring ide2 yang masuk sesuai dengan topik blognya 🙂

  5. wah blogger tamu di blog ini
    berkualitas banget.

    btw pembuatan atikel yang bagus
    memang ga cepet
    harus direvisi beberapa kali.

    awalnya saat mulai blogging
    artikel hanya ketik dan baca dikit lalgu di post
    tanpa revisi.

    kalo dilihat2 post yang awal blogging
    rasanya payah banget isinya
    bahkan bisa dibilang cuma asal2an
    hahah.
    Fakry Naras Wahidi selesai posting Hemat Dengan Perawatan Rutin

  6. kalau aku gak pernah yg namanya mau posting nulis dulu di word.. yaaa.. ujung2nya gak akan pernah di post deh.. hehehe.. menurut aku lebih seru ya ditulis di note dulu ide awalnya.. kalau ada kesempatan ya baru ditulis..

    tapi sampe skrg aku emg gak pernah buat draft atau note seh.. ok mulai belajar deh.. biar ide postingan selalu ada.. 😀

  7. wah idenya bagus mba, hampir sama seperti yang saya lakukan. berari saya ud bisa di sejajarkan dengan penulis provesional buat blog dong. heheh, yang no 1 tu sist. ane kadang menulisnya dulu di hpe. soalnya klo langsung nulis di word, bisa ga tidur, hawanya pengen nulis mulu. tapi makasih sharenya, ane mau perbaiki cara menulis ah…
    drieant selesai posting Menampilkan Emotion diatas Komentar Blog

  8. Pada intinya, kita harus segera mencatat begitu ide itu muncul, entah dicacat di note ponsel, draft sms atau bahkan dalam kertas catatan kecil.

    Saya seringkali menemukan atau mendapatkan ide ketika dalam keadaaan tidak bisa mencatatkan langsung, yaitu saat sedang berkendara (sambil melamun dikit) dan saat sedang (maaf) di toilet.

  9. apapun itu.., belajar dan berusaha adalah pokok utama. karena kita diwajibkan untuk berusaha bukan untuk mewujudkan usaha, so….. jangan takut berkarya, maju terus isnuansa…! 🙂

  10. Kopi paste sudah menjadi barang yang lumrah, nampaknya semakin kesini copy paste bakal menjadi sulit terlebih ada adsense yang sudah support bahasa indonesia, pastinya harus memiliki postingan yang unik agar tetap betah google dengan blog kita 😀
    Kiper Futsal selesai posting Gabriel Miraglia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge