20121004-150536.jpg

Berapa Alexa Blogmu?

Ngomongin soal Alexa, sebagian blogger ada yang menganggapnya penting, sebagian lagi enggak, ya monggo masing-masing saja. Udah dijawab pertanyaan saya? Jutaan? Ratusan ribu? Atau sudah masuk ke puluhan ribu?

Blog saya sendiri alhamdulillah nilainya cukup cihuy. Meski itu sudah turun jauh dari pencapaian terbaiknya, yalumayanlahya kalau masih di bawah angka tiga ratus ribu.

Saya tergerak nulis soal alexa karena ada yang berkomentar di blog saya yang baru, mengatakan kalau saya hebat bisa membuat blog baru memiliki alexa yang sangat kecil. Teman blogger tersebut berarti belum tahu, alexa subdomain akan sama dengan alexa domain utamanya.

Dan selama sebulan terakhir ini, saya juga bereksperimen kecil-kecilan soal angka alexa, meskipun saya tak mampu menuliskannya dalam sebuah kesimpulan teori yang ilmiah. *halah bahasanya*

Yuk mari kita cekidot.

Sebagian besar pembaca blog saya (saya nggak menuduh Anda, lho) pasti berfikir kalau trafik blog saya pastilah sangat tinggi karena memiliki nilai alexa yang kecil. Iya kan? Kan? Kan?

Ayo tebak, berapa kira-kira jumlah trafik harian blog saya? Puluhan ribu? (ini versi saya kepedaan, kayak ada yang nebak segitu aja. Ribuan? Atau, cuma ratusan?

Yak, kalau ada yang menebak cuma ratusan, berarti Anda benar. Berapa ratus? Nggak banyak ratus, cuma dua sampai tiga ratus saja. Untuk blog yang sudah punya lebih dari 600 lebih judul postingan, jumlah kunjungan ke blog saya itu sungguh sangatlah kecil.

Oke, sebelum ada yang nggak percaya dan bilang, “berarti masih lebih bagus trafik blog saya, dong?” ya boleh jadi.

“Trus, kenapa alexa saya jauh lebih besar dari blog ini?” Lhayoembuh, saya bukan pemilik alexa! Hehehe, becanda.

Alexa blog suami saya juga lebih besar, padahal saya tahu pasti, jumlah kunjungan menuju blognya beberapa kali lipat dari yang saya punya.

Trus? Trus?

Sabar ya, balik lagi aja ke blog ini besok. Saya akan nulis lanjutannya soal alexa. Lanjutannya bisa dibaca di sini yaaa~

88 thoughts on “Berapa Alexa Blogmu?

  1. paling enak mantengin alexa ya 😀 😀
    ada website yg pernah saya buat, gak di SEO sama sekali tp alexanya 200rban.. umur bru 3bln..
    traffic forum emang besar sih 😀

  2. Saya masih bingung dengan cara perhitungan alexa dalam memberikan rank kepada setiap blog…. Alexa rank saya beberapa minggu ini, selalu bergoyang… 😀 😀 😀
    Yang saya maksud bergoyang disini yaitu misalnya minggu ini 270 ribu sekian pas minggu depannya lagi langsung naik lagi 310 ribu sekian.. Hadeh … jadi pusing ngelihatnya…..
    Apa mungkin pengaruh blog saya ya yang saya jadikan dofollow…. Mohon masukannya mba….. 🙁 🙁 🙁
    Share With Agung Talaga selesai posting Free SEO Tools Share With Agung Talaga

  3. Alexa sepertinya banyak menarik perhatiannya. Saya juga tertarik menerbitkan tulisan tentang ini sayangnya sudah terikat jadwal dan tidak akan muncul bulan ini.

    Mungkin sedikit tentang artikel saya nantinya hehe, saya sendiri juga keliru menilai alexa, ternyata jumlah traffic bukanlah penentu besar kecilnya rangking alexa, tapi kualitas traffic yang didapatkan.

    jadi misalnya kita mendapatkan traffic dari facebbok sebanyak 1 juta belum tentu alexa traffic akan menjadi rendah. Namun kualitas traffic hanay sebagian dari beberapa hal yang menyebabkan alexa traffic suatu blog rendah. Untuk lebih jelasnya tunggu ya tanggal terbitnya …. maap kalo berbau promosi
    Okto selesai posting Cara Mudah Menambah Traffic Blog dengan Komentar di Blog Lain

    1. Blogspot dan WordPress memang secara khusus tidak dianggap sub domain oleh Alexa.

      Coba Blogdetik, penyedia hosting gratisan lokal Indonesia, kalau nggak salah mereka nggak memiliki alexa karena alexa-nya ngikut domain utamanya.

      CMIIW

  4. bener banget…
    saya juga mencoba-coba menguak mistery alexa & ternyata hasilnya masih mistery…
    tapi menurut penelitianQ (halah sok ilmiah) asalkan kita sering” alias rajin posting blog maka otomatis akan naik rattingnya di alexa…
    Bukanya mau sombong sih, cuma sedikit berbagi aja…
    saya bikin blog sekitar 2 bulan yg lalu(bnr” blajar dr nol) saya getol”nya bikin artikel buat posting blog (biarpun sebagian ada yg nyontek blog tetangga,hehehe..)
    walhasil rank saya sekarang bisa naik drastis ke angka 800rb an.
    kl saya sendiri sih ga terlalu bangga sih, tp jd bangga juga setelah ngebanding”in ternyata blog temen” yang lebih lama & lebih bnyak postingan nya bisa tersalib oleh blog saya,hahahaha…
    maap ya bu kalo comment nya isinya malah curhat…^^
    but thaks for artikel nya…^^
    kaka-jr selesai posting Cara Mengetahui Teman Facebook Yang Memutuskan Pertemanan Dengan Kita

  5. alexa blogku april 2010 1 juta/75.000 (global/domestik), agustus 2012 2.600.000/53.000, oktober 2012 1.350.000/25.000.

    bagus? tidak tahu meski angka 2 bulan terakhir tadi tinggal separo; tahunya jumlah blogger global-domestik bertambah dan kompetitor bertambah mendorong artikel harus bertambah, posting 3-4 hari sekali, mungkinkah jadi faktor penyebab? hehe… mungkin, tidak tahu juga.

  6. Kalau saya sudah ratusan ribu, kemarin sempet sampe di angka puluhan ribu tapi lama ga ngeblog turun drastis lagi..
    Klo dari perkiraan saya ada banyak faktor yang mempengaruhi rank alexa, tidak hanya trafik tapi juga banyaknya link yang menuju ke situs kita, dan sebarapa penting kita memposting artikel.. Tapi saya tidak pernah memusingkan yang namanya alexa dan PR, yang peting konten berkualitas dan pembaca pada puas.. 🙂

  7. mbak itu linkin in nya bisa 700an gitu di gimanain sih mbak ?
    saya ada blog sdh rank 170rb alexa, tapi link in nya cmn 40an ga nambah2
    alexa sentimen ke saya ato gmn ya 🙁 🙁

  8. sejauh yang saya tau dari eksperimen kecil-kecilan saya sih (gaya, pake eksperimen segala hehe).. ini karena umur blog dan kekonsistenan update blog ini.. kalo gini saya jadi berpikir berarti alexa ngeranking bukan dari banyaknya traffic yang datang..

    1. Semua orang bisa cek langsung nilai Alexa semua website dan blog yang kita mau. Ya tinggal menuju websitenya Alexa, dan ketik alamat blog yg akan kita cek alexanya. 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge