20121004-152240.jpg

Berapa Average Time on Site Blogmu?

Okesip, lanjut ngomongin soal alexa. Yang belum baca tulisan sebelumnya, baca dulu ya. 😉

Jadi, pasca saya melahirkan, saya memang terlihat berhenti ngeblog. Wah, siapa bilang? Saya malah makin rajin nulis, lho. Cuma tempatnya aja yang pindah sementara. Blog ini apdet cuma kalo ada, …., ah sudahlah.

Saya membangun sebuah blog bayi di sub domain dari blog ini juga. Jumlah tulisannya ya sudah lumayan banyak.

Dan, secara perlahan, jumlah kunjungan menuju blog baru tersebut lumayan bagus. Pembaca tersebut datang dari search engine dan refferal banner yang saya taroh di sidebar blog saya dan blog suami. Saya belum pernah blogwalking menggunakan akun blog baru tersebut.

Kalau begitu, jumlah kunjungan ke blog saya adalah penjumlahan dari blog utama dan subdomain blog baru tersebut -yang bisa dibilang belum seberapa-.

Nah, selama membangun blog baru dan blog tersebut belum memperoleh kunjungan, nilai alexa blog saya menurun secara perlahan, seiring jarangnya saya apdet di blog utama, jarang blogwalking, dan kata kunci yang ada di blog saya makin lama makin turun kemumpuniannya.

Saya pikir, teori tentang alexa yang mengatakan bahwa nilai alexa akan semakin membesar jika kita jarang apdet blog, ada benarnya juga.

Lalu saya akhirnya membantah sendiri setelah alexa saya berangsur-angsur membaik, padahal saya tak juga mengapdet blog utama saya. Bagaimana bisa?

Saya melongok ke dalam Google Analytics. Sub domain saya rupanya sudah mulai mendapatkan kunjungan. Dan average time on site-nya berlipat lamanya dari yang biasa saya dan suami dapatkan di blog masing-masing.

Oh, rupanya itu kali ya kuncinya. Kalau ada kunjungan dari search engine dalam jumlah besar, trus, mereka bertahan lama di blog kita, berarti bisa disimpulkan blog kita berguna bagi pembaca. Alexa lebih suka blog yang begitu, kali ya..

Kalau sudah begini, saya ubah pertanyaan deh. “Berapa average time on site blog teman-teman?”

58 thoughts on “Berapa Average Time on Site Blogmu?

    1. Bukankah sering update itu berarti jumlah keyword kita semakin banyak yang setidaknya berpengaruh juga pada benteng pertahanan search engine….?

  1. Nah mbak gmn seh caranya lihat itu? aku ada google analytic.. tapi kok gak bergerak gt.. kunjungannya 0.. padahalkan ada kunjungannya di blog aku.. hmmm..

  2. wah blogku untuk bulan ini hanya 3 menit 49 detik, alexaku juga naik dari 200 ke 500 mungkin gara2 pernah ga apdet selama satu bulan…:dan juga sekarang jarang apdet..(

  3. saya kurang paham tp sedikit mudeng (nah loh piye kui?)
    intinya makin betah pengunjung di blog kita semakin kecil bounce rate nya juga, maka semakin di cintai pula ama mbah google and om alexa,gitu ya?hehehe…
    thanks bu buat infonya ,,,
    mampir yuk di blogQ,,,

  4. tidak pakai google tapi statcounter, 5 detik 84%, sisanya: s/d 30 detik, s/d 5 menit, s/d 20 menit, s/d 1 jam, di atas 1 jam, sekitar 3%-5%-4%-1%-3%. itu data hari ini. tidak ada penjelasan yang bagus apakah yang lama (betah) atau yang sebentar (konten pendek-pendek).

    kebetulan selesai posting artikel menilai blog dari sisi lain, Blog Ini Jelek Atau Bagus Uji Yuk!.

    😀

  5. Ternyata yang bikin Alexa salah satu Blog saya yang jarang di Update “Average time on site” ya mbak! selama ini terkadang saya bingung, karena Blog yang sering saya Update Alexanya lebih besar/gemuk dibandingkan yang jarang saya Update. kemungkinan besar karena Averagenya lebih lama sepertinya……
    Terjawablah pertanyaan saya kali ini, makasih mbak atas pencerahannya….
    Zaenal Blog selesai posting Bisnis Dropshipping Travel Haji Umrah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge