Link Dalam Caption

Cara Memasang Link Pada Caption Gambar

Gambar adalah salah satu elemen penting dalam sebuah karya tulis atau artikel, untuk saya pribadi, gambar dalam artikel mempunyai 3 manfaat:

  1. Dengan gambar tulisan akan jauh lebih menarik
    Iya, tanpa gambar sebuah artikel rasanya menjadi kurang menarik. Silahkan anda bandingkan, sebuah artikel yang mengandung gambar dengan artikel yang tanpa ada gambar sama sekali. Anda juga bisa memanfaatkan gambar sebagai pembatas antara 1 tema dengan tema lainya dalam satu artikel, agar pembaca dengan mudah membedakan topik yang sedang dibahas
  2. Gambar sebagai media penjelas
    Bila anda memiliki blog yang bertemakan tutorial atau tips, gambar akan sangat bermanfaat sekali untuk memperjelas tutorial atau tips anda.
  3. Gambar baik untuk SEO
    Gambar juga sangat baik untuk SEO, anda bisa mendapatkan extra pengunjung dari user-user yang mencari gambar di search engine.

Link Dalam CaptionTapi, apakah anda tahu kalau gambar yang ada di internet ini banyak yang mengharuskan kita untuk memberi link balik menuju sumber gambar tersebut ? Sebagian dari anda mungkin ada yang belum tahu, atau mungkin banyak juga yang tahu tapi pura-pura tidak tahu :mrgreen:

Sebaiknya, setiap anda mengambil gambar dari internet, anda harus memberi link balik menuju sumber gambar tersebut. Karena siapa tahu yang mempunyai gambar tersebut tahu kalau anda menggunakan gambarnya tanpa diberi link balik, bisa menjadi masalah juga loh ! Apalagi kalau gambar tersebut berlisensi, wah bisa kena tuntut ntar 😆

Mungkin selama ini untuk anda yang selalu memberi link balik untuk gambar yang anda ambil selalu anda taruh setelah artikel atau tepat dibawah gambarnya. Sayangnya, menurut saya itu akan sedikit mengganggu pembaca anda. Solusi yang bagus adalah memasang link balik di caption gambarnya.

Tapi, sampai saat ini caption wordpress belum support untuk memasang link. Untuk menyiasati caption agar bisa memasang link, anda harus menginstallkan plugin Links In Captions terlebih dahulu.

Cara menginstall dan menggunakan plugin Links In Captions

  • Silahkan sorot menu Plugins lalu klik Add New
  • Lalu ketikan Links In Captions pada input box yang disediakan.
    Install links in captions
  • Klik search plugins, setelah muncul daftar plugin, silahkan langsung anda install dan aktifkan plugin Links in Captions-nya.
  • Untuk penggunaanya sendiri sangat mudah, sekarang silahkan anda coba upload gambar apa pun untuk mencoba plugin ini, setelah gambar terupload silahkan masukan code berikut kedalam box Caption untuk mencoba link dalam caption
    {link url="http://www.contoh.com"}Sumber Gambar{/link}
    cara menggunakan links in captions

Mungkin untuk sebagian dari anda akan menganggap cara ini agak merepotkan, tapi sampai saat ini saya belum menemukan cara yang lebih mudah untuk memasang link pada caption, barang kali ada dari anda yang mempunyai trik dan cara memasang link pada caption yang lebih mudah ? Sharing yuk ! 😉

Artikel ini ditulis oleh blogger tamu Satrya, follow twitternya untuk mengenal Satrya lebih dekat @satryaWp

29 thoughts on “Cara Memasang Link Pada Caption Gambar

  1. Saya malah jarang memberikan caption karena atribusi judul dan alternatif sudah cukup rasanya. Kecuali diperlukan semacam penjelasan seperti di buku-buku teks bergambar.

  2. menarik sekali, saya sering menggunakan gambar orang lain dan hanya bisa di taruh dibawah (artikel) linknya. seandainya saya bisa menerapkan tutorial ini di wordpress gratis …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge