Cara Mempercepat Loading Blog dengan Mudah

Artikel ini ditulis oleh Blogger Tamu, Ihsan Nurul Iman, blogger yang menulis di Indotipstricks.
Jika ingin menulis di sini, silakan klik syarat dan ketentuannya.

~~~

 

Loading blog yang ringan adalah keinginan semua blogger, betul? Tentu saja karena loading blog yang cepat membuat blog Anda mudah diakses, selain itu perlu diketahui juga bahwa kecepatan website merupakan salah satu faktor dari 200 lebih faktor SEO Google.

Mempercepat loading blog sebetulnya bukanlah suatu perkara yang sulit, terlebih banyak tools gratis yang bisa Anda gunakan untuk meningkatkan kecepatan blog.

Kalau begitu mari kita langsung masuk ke pembahasan utamanya.

Cara mempercepat loading blog

#1 Memperkecil ukuran HTML

HTML merupakan bagian utama pada website untuk memberi data-data kepada mesin pencari dan browser. Ukuran HTML yang besar menjadi faktor utama mengapa blog Anda lambat diakses, oleh karena itu kita perlu meng-compress HTML agar ukurannya menjadi lebih kecil.

Ada beberapa tools online yang bisa Anda gunakan secara gratis untuk meng-compress HTML, diantaranya:

#2 Memperkecil ukuran gambar

Gambar merupakan elemen blog yang paling besar pengaruhnya terhadap kecepatan loading blog. Hampir 60% penyebab blog lambat diakses adalah karena ukuran gambarnya yang terlalu besar.

Tips untuk memperkecil ukuran gambar:
Ubah ukuran (dimensi) gambar sesuai dengan kebutuhan saja. Contoh yang tadinya 1000×1200 ubah menjadi 500×600.
Gunakan hosting yang handal agar gambar cepat dimuat. Kalau saya pribadi menyukai Hawkhost dan Hostgator.
Compress gambar menggunakan CompressNow.com, atau bila engine blog Anda menggunakan WordPress, Anda bisa memakai WP Smush.
Gunakan format yang direkomendasikan seperti PNG, JPG, dan GIF.

#3 Hindari pemakaian gambar sebagai background blog

Banyak blogger memakai background bergambar untuk mempercantik blognya. Padahal memakai background polos juga kelihatan keren, bahkan juga memberi sentuhan bersih dan profesional.

Pemakaian gambar untuk background dapat menyebabkan loading blog lambat diakses, oleh sebab itu gunakan warna-warna polos saja untuk mewarnai blog Anda. Contohnya blog ini yang didesain dengan warna abu-abu.

#4 Jangan menampilkan terlalu banyak pos di halaman beranda

Pada halaman beranda, sebaiknya jangan menampilkan postingan lebih dari lima. Hal ini dikarenakan semakin banyak daftar pos blog di homepage semakin lambat blog kita untuk diakses. Sebaiknya tampilkan pos hanya 3-5 di halaman utama.

#5 Batasi pemakaian widget

Ada baiknya Anda hanya menampilkan widget-widget tertentu di blog Anda. Karena setiap widget akan diproses sehingga menambah beban loading blog Anda. Jangan memaksakan blog Anda untuk memasang banyak widget, taruhlah widget yang penting-penting saja.

#6 Gunakan Content Delivery Network (CDN)

Mungkin beberapa diantara Anda merasa asing dengan kata ini. CDN atau Content Delivery Network adalah sebuah sistem jaringan untuk mendistribusikan konten yang ada di blog kita kepada pengguna di berbagai belahan negara di dunia agar konten yang dikirimnya menjadi lebih cepat. Jadi singkatnya dengan menggunakan CDN blog Anda akan lebih cepat dari sebelumnya.

CDN hanya bisa digunakan untuk blog dengan domain TLD.

Layanan CDN yang sedang populer sekarang adalah CloudFlare. CloudFlare memberi layanan CDN gratis, terlebih ia juga menyediakan berbagai fitur menarik seperti SSL, mobile redirect, dan lain sebagainya.

#7 Batasi pemakaian iklan

Jika blog Anda dibuat untuk menghasilkan uang, maka Anda perlu memasang iklan di blog Anda. Tetapi jangan  memasangnya secara berlebihan. Semakin banyak iklan yang dipasang maka akan semakin lambat loading blog kita. Bukan hanya loading blog yang lambat, pemakaian iklan yang terlalu banyak menyebabkan blog Anda dibenci pengunjung. Pengunjung tidak senang melihat blog dengan tumpukan iklan, jadi pasanglah dengan sewajarnya.

11 thoughts on “Cara Mempercepat Loading Blog dengan Mudah

  1. Wah, ini suatu hal yang belum pernah terpikirkan oleh saya sebelumnya. Ternyata blog yang loadingnya lebih cepat berarti lebih ramah terhadap mesin pencari. Tapi di sisi lain, alhamdulillah blog saya tidak memakai gambar sebagai background. Hanya saja masih banyak widget yang saya pakai. :mrgreen:

    Mungkin ke depannya saya akan lebih selektif widget mana saja yang akan saya pasang.

    Terima kasih untuk infonya. Salam hangat
    Tatang Tox selesai posting 7 Langkah Membuat Blog Dengan Domain Sendiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge