Cara Menambah Profil Twitter di Komentar

My first post on isnuansa.com. Makasih mbak Nunik atas ruang yang diberikan untuk menulis. Setelah menyimak tulisan mas Darin tentang alasan mengapa beliau enggan berkomentar di blog, saya ingin membahas tema serupa juga yaitu masih di ranah berkomentar di blog.

Selain posting yang berkala, menurut saya komentar dalam sebuah blog juga bisa dijadikan parameter bahwa blog tersebut hidup dan terhidupi. Apalagi para komentator sangat antusias mendiskusikan tema yang diangkat oleh narablog/ pemilik blog menjadi diskusi panjang. Pasti akan timbul semangat untuk menulis kembali konten-konten yang lebih berkualitas bukan? Jika sang narablog malah mempersulit akses feed back dari pembaca, bisa jadi komunikasi hanya terjalin satu arah saja.

Dari sisi pembaca, berkomentar dapat digunakan sebagai ajang menjalin silaturahmi sesama narablog. Ini loh saya (dengan mejeng gravatar terganteng yang pernah ditangkap kameranya), saya blogger juga lohh.. Nanti dingin lohh… 😀

Dengan meninggalkan komentar yang berkualitas pasti akan meningkatkan value kita di depan pemilik blog atau komentator yang lain. Oleh karenanya komentar juga bisa menjadi ajang narsis bukan?

Menambahkan Profil Twitter di Komentar WordPress

Tak jarang sesama narablog melanjutkan interaksinya ke media lain seperti socmed semacam Facebook dan Twitter. Siapa sih yang tidak punya akun twitter?

Nah bagaimana jika saat berkomentar di blog kita bisa meninggalkan username twitter kita. Besar kemungkinan narablog lain follow twiiter kita dan menjadi teman baru kita. Asyik bukan?

Saat ini kita bisa menambahkan fitur baru berupa form twitter di kolom komentar blog WordPress. Form komentar default di wordpress terdiri dari Nama, Email, Website dan Form isian komentar. Disini kita akan menambahkan satu form lagi yaitu form Twitter dimana nantinya pengunjung tinggal memasukkan username / ID twitternya. Nantinya tautan menuju profil twitter kita akan terpajang dibawah Nama kita.

Bagaimana Caranya?

Cara untuk menambahkan form twitter ini sangat simpel karena hanya dengan menginstal plugin TwitterLink Comment saudara sepupunya CommentLuv. Jadi setelah plugin ini dikatifkan di halaman setting plugin, maka akan muncul form twitter di bawah form
isian komentar. Jika Anda juga menginstal plugin CommentLuv, maka secara otomatis akan berada dibawah CommentLuv. Screenshootnya seperti gambar di bawah ini.

Demo Tampilan Form Twitter

Fitur Twitterlink

  • Completely automatic, no configuring required.
  • Any HTML is filtered through kses using a custom array of allowed tags.
  • Set the link as nofollow and open in a new window
  • Fully compatible with Mu and Multi-db plugin.
  • Twitter link is shown on all comments for a user as long as they comment at least once with their username.
  • Localization support
  • Multiple translation files included
Halaman Setting TwitterLink

Setelah plugin terinstal dan aktif, silahkan masuk ke pengaturan plugin di Setting > Twitter Setting.

Add Twitter Field Automatically? Pilih Yes (untuk mengaktifkan)

Field Description pada form

Tertarik menambahkan form twitter di blog WordPress Anda? Anda bisa lihat demonya di komentar blog saya. Anda bisa mencobanya.

Semoga ngeblog menjadi lebih menyenangkan.

~~~

Tulisan ini karya Dani Setiyawan / @dhanz_ztya. Pengen nulis juga di sini? Baca ketentuannya di halaman Guest Blogger ya!

Author: isnuansa

Emak dengan satu anak yang hobi nulis. Memilih tidur kalau ada waktu luang. Follow saya di twitter: @isnuansa

45 thoughts on “Cara Menambah Profil Twitter di Komentar”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge