Cara Menulis Katalog Produk Yang Baik

Artikel Tamu (Guest Post) Ini Ditulis Oleh Muslim Amanah dari AhliHerbal.com

~~~

Zaman sekarang internet bukan barang yang asing lagi, termasuk di Indonesia. Dari kota sampai ke desa, dari anak kecil sampai lanjut usia, semuanya (hiperbola) mengenal tentang internet dan kegunaannya. Setidaknya, Anda yang sedang membaca tulisan ini kenal dengan internet pastinya.

Dengan semakin menjamurnya penggunaan internet di Indonesia tersebut, makin banyak kegiatan ekonomi yang dilakukan dengan mengggunakan media internet tersebut. Mulai dari transaksi perbankan, hingga jual beli produk dan jasa semua bisa dilakukan.

Masalah Penulisan Katalog Toko Online

Salah satu contoh kegiatan ekonomi yang mulai menjamur menggunakan media internet adalah pembuatan toko online untuk berjualan berbagai macam barang, mulai dari sepatu sampai baju. Akan tetapi ada satu masalah dari berbagai toko online yang sering saya temui, yaitu penulisan katalog produk yang kurang baik, padahal ini adalah ujung tombak penjualan di website toko online. Penulisan katalog produk yang tidak menarik, berarti mematikan penjualan Anda.

Karenanya, jika Anda berminat untuk membuka toko online sendiri, ada baiknya untuk belajar tentang bagaimana cara menulis katalog produk yang baik dan menarik. Bagaimana caranya?

Berikut tiga (3) tips yang bisa Anda terapkan di website toko online Anda :

Sertakan Gambar (Foto) Yang Baik

Salah satu hal penting dalam penulisan katalog barang di website toko online adalah penggunaan gambar yang berkualitas untuk menerangkan produk yang kita tawarkan. Penggunaan kualitas gambar produk yang alakadarnya (berkualitas rendah), yang bisa jadi membuat calon pembeli tidak tertarik dan akhirnya pergi.

Saran saya, sebaiknya, gunakan gambar yang berkualitas tinggi di toko online. Gambar yang berkualitas tinggi akan membuat calon konsumen lebih senang karena merasa mendapat gambaran yang lebih jelas tentang produk yang sedang ditawarkan.

Akan lebih baik lagi jika kita bisa menggunakan gambar hasil jepretan kamera sendiri, dan ini tidak susah. Cukup gunakan kamera pada handphone Anda, atau kamera genggam dengan kualitas standard (tidak perlu kamera DSLR), setting pada mode makro, lalu gunakan auto fokus. Selebihnya tinggal mencari background yang cukup netral dan pencahayaan yang cukup, lalu ambil gambarnya dan upload di website.

Gunakan Deskripsi Produk Yang Menarik dan Unik

Salah satu masalah utama dalam penulisan katalog yang sering saya temui adalah, penggunaan deskripsi produk yang hanya berdasar katalog dari produsen saja (copy paste dari brosur).

Penulisan katalog dengan sistem seperti itu, cenderung tidak bagus untuk penjualan, terutama untuk SEO (search engine optimization) karena membuat situs kita dianggap duplikat content oleh Google dan kawan-kawan (karena banyak situs lain memakai deskripsi produk yang sama), akibatnya ranking situs kita menjadi jatuh. Selain itu, bahasa dalam katalog dari produsen barang cenderung kaku, sehingga selain ranking jatuh, pengunjung yang datang pun bisa jadi tidak merasa tertarik dengan tawaran yang diberikan.

Karenanya, menurut saya akan lebih baik jika deskripsi produk adalah hasil karya sendiri, bukan hasil tulis ulang dari katalog produsen apalagi copy paste dari website lain. Tulis dengan cukup panjang, sekitar 400-500 kata, sehingga dapat menjelaskan deskripsi produk dengan cukup detil.

Untuk menambah detail manfaat dari produk yang dijual, bisa kita tambahkan dengan review dari pemakaian yang pernah kita lakukan. Jika tidak, bisa juga ditambah review tambahan dari sisi kelebihan secara medis (produk kesehatan), atau dari sisi teknis (produk teknologi), dari sisi kualitas ilmu yang diberikan (produk pendidikan), dan seterusnya.

Sertakan Sertifikasi dan Testimonial Jika Memungkinkan

Salah satu hal yang sering terlupakan dalam menulis sebuah deskripsi produk (katalog online) adalah pencantuman sertifikasi dan atau testimonial untuk produk yang sedang ditawarkan.

Sertifikasi (sertifikat halal, sertifikat ISO 200x/900x, sertifikat BPOM DepKes, dst) adalah pengakuan atas keamanan dan kualitas dari suatu produk. Sedangkan testimonial (yang jujur) adalah sebuah pengakuan atas efektifitas dari sebuah produk.

Keduanya adalah peningkat kepercayaan calon pembeli terhadap produk yang sedang ditawarkan, dan dengan mencantum kedua hal tersebut, diharapkan konversi penjualan menjadi lebih tinggi. Biasanya, produsen mempunyai stok untuk kedua macam jenis pengakuan kualitas dan manfaat ini. Karenanya jika Anda belum memiliki data sertifikasi dan testimonial untuk suatu produk tertentu, coba tanyakan ke produsen Anda. Β Setelah dapat, segera update katalog online Anda supaya semakin terpercaya.

Kesimpulan dan Penutup

Demikian tiga (3) Β tips mengenai cara menulis katalog produk yang baik pada toko online. Sebenarnya masih ada banyak tips lainnya yang bisa dilakukan, akan tetapi menurut saya ketiga hal di atas-lah yang paling utama untuk terlebih dahulu dilakukan (efeknya besar).

Dan terakhir, untuk contoh live study case, bisa dilihat di halaman berikut ini. Semoga menjadi tambahan ilmu yang bermanfaat, dan selamat mencoba.

Author: isnuansa

Emak dengan satu anak yang hobi nulis. Memilih tidur kalau ada waktu luang. Follow saya di twitter: @isnuansa

33 thoughts on “Cara Menulis Katalog Produk Yang Baik”

  1. Wah wah wah… bagus banget mbak, setuju semua sama tips-tips diatas, tapi yang paling setuju ya yang nomer terakhir πŸ˜€

    kadang kalo mo beli produk biar percaya 100% harus ada yang lebih dulu beli, biar lebih gimaaannaa gitu 😈

    Oiya, saya dapet pertamaxx kan ? #toleh kanan-kiri
    Yuhuuu,,, Pertamax punnn..

    Diamankan πŸ˜‰
    Ayo ayo, yang mau kasih hadiah buat saya silahkan, gausah malu-malu :mrgreen:
    Muflich Kamil selesai posting Mengapa Blog Berniche Khusus Jauh Lebih Disarankan Ketimbang Blog Berniche Umum

      1. Wah pengen banget pertamax yah? Apa pengen doang? apa cuma pura-pura pengen? wkwkwkwk

        Sorry, saya sudah beberapa kali pertamax di blog ini πŸ˜€
        *brb nunggu komentar ini dihapus karena spamming*
        Deny Gnasher selesai posting Kencan bareng blogger di Bogor

        1. tadi awalnya liat post ini masi 0 comment, abis itu ngecek kolom komen.. ternyata beneran, ga ada komen sama sekali…

          nah trus saya tinggal baca tuh mas deny, pas abis baca dan jadi paham, baru dah komen…

          dari situ, pas abis tekan tombol ‘Submit’, gataunya ada yang ngeduluin –”

          Salam Copet Pro,

          Muflich Kamil
          #Mbak nunik, jangan dihapus dulu yah, biar bang deny baca komen ini dulu
          Muflich Kamil selesai posting Mengapa Blog Berniche Khusus Jauh Lebih Disarankan Ketimbang Blog Berniche Umum

  2. tambahan info..

    menambahkan ulasan negatif pada website justru bisa meningkatkan konversi sebesar 67 %.
    ini hasil penelitian situs perusahaan ecommerce Reevoo.

    salah satunya, mereka merujuk amazon.com sebagai contoh.

    tapi bisa jadi tesis itu tidak berlaku pada beberapa kategori produk seperti obat herbal.

    salam.

  3. Sepertinya jika kalau menulis katalog artikel ini diperlukan, tapi bagi blogger seperti saya… Penulisan katalog toko online belum begitu diperlukan,

    tapi, menurut saya memang benar produk yang laku itu kalau ada testimoni dari orang lain. Apalagi orang itu sangat berpengaruh di dunia online maupun offline.

  4. Kalau produknya harus di foto sendiri mungkin tidak jadi masalah kalau kita punya stok produk yang kita jual. Tapi untuk dropshipper mungkin sedikit diedit saja tampilannya pakai photoshop .. begitu barangkali ya?

  5. ane baru jualan online nih, bagus juga tipsnya. Ternyata ada beberapa hal yang ane lewatkan dalam menulis katalog produk ini. Jika berkenan tolong koreksi blog ane.makasih

  6. kalo produknya banyak n mirip2 gimana? kalo di buat deskripsi satu2 kan bakalan lama banget. ada tips efektif dan jitu nggak?

  7. Wah..terima kasih sekali tipsnya mba..itu poin no 2 kayaknya belum saya lakukan…saya masih suka gunakan deskripsi langsung dari produsen..
    jadi bermanfaat sekali nih
    Terima kasih banyak ya
    monica rampo selesai posting Cartier Alma 14780 2in1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge