Cara Mudah Mendapatkan Tiket Murah Air Asia

Saya itu sudah bisa dibilang sakaw jalan-jalan. Yaiyalah. Sejak hamil besar sampai punya bayi umur 9 bulan ini, praktis saya cuma ada di dalam kota Jakarta yang sumpek, macet dan penuh debu. *kejang* Belum ada lagi yang namanya nyusun itinerary. Paling-paling, cuma berani ngintip-ngintip website beberapa maskapai penerbangan yang kebetulan saya dengar (via twitter) lagi ada promo tiket pesawat murah. Itupun berakhir dengan gagal beli tiket, karena masih maju mundur mengumpulkan dua keberanian sekaligus. Keberanian buat nitipin anak sama simbahnya, emaknya merasakan “me time” dalam sehari dua hari, dan harus kuat seandainya kuping mendengar suara miring dari orang-orang yang menilai saya menelantarkan anak.

Sebentar lagi Diana kan sudah mau berumur 1 tahun. Jadi sudah nggak papa kali ya, kalau saya mulai hunting tiket buat rencana jalan-jalan sendirian. Buka satu per satu website resmi maskapai penerbangan? Ya kalau lagi banyak waktu luang sih nggak papa. Tapi kalau mau cari tiket pesawat murah dan promo dari banyak maskapai sekaligus di satu website, temen-temen bisa beli tiket pesawat di Traveloka. Traveloka? Yap. Coba buka deh. Website ini adalah pencari dan pembanding tiket pesawat. Ada lebih dari 3.000 rute yang bisa dipilih. Tapi Traveloka sendiri tidak menjual tiket secara langsung, tiket tetap dipesan melalui web resmi maskapai atau melalui agen perjalanan yang telah direkomendasikan oleh Traveloka. Asyik, kan?

Berburu tiket pun saya mulai. Nggak berharap dapet tiket yang murah-murah amat sih, yang penting tanggalnya bisa cocok untuk kabur dari kerjaan. #eh

Beli Tiket Air Asia di Traveloka

Pilihannya standar aja ya, Bali, namanya juga liburan yang pengen nggak ribet. Di Bali kan semuanya gampang, meskipun udah lebih dari 5 kali ke sana, nggak ada bosennya. Saya pilih naik Air Asia. Dan proses pemesanan tiket Air Asia di Traveloka lebih gampang lho, dibandingin di website resminya. Seperti gambar di atas, saya dapat harga PP CGK-DPS Rp. 886.400,-. Kalau diklik pilih di tombol samping kanannya, pembelian akan langsung di web resminya, dan itu berarti harga belum termasuk bagasi 20 kg (yang bisa dibeli terpisah).

Tapi kalau mau express booking yang nggak ribet seperti yang saya lakukan, bisa pesan melalui Trinusa dengan harga Rp. 930.800,- dan sudah termasuk bagasi seberat 15 kilogram.

Memesan Tiket Pesawat Melalui Trinusa

Pemesanannya lebih mudah dari pada di website resmi Air Asia? Iya banget. Cukup masukin nama, nomer telpon dan alamat email. Klik lanjutkan.

Data Penumpang

Data penumpang yang dibutuhkan hanya nama dan tanggal lahir saja! Nggak sampai 1 menit ngisi formulirnya. 😆 Lalu, klik lanjut ke pemesanan.

Saatnya Bayar Tiket dan Jalan-Jalan!

Selesaaiii! Saatnya bayar tiket dan jalan-jalan… Bayar tiketnya pun ada alternatifnya melalui transfer, kartu kredit dan Mandiri Clickpay. Pokoknya gampaaang!

Ngomongin Traveloka, memang sih, untuk saat ini rute yang dilayani Traveloka baru destinasi tanah air, ditambah dengan Singapura dan Kuala Lumpur. Tetapi Traveloka ini sungguh sangat menolong buat yang punya mobilitas tinggi alias sering banget cari tiket penerbangan, karena dalam satu kali klik kita akan disuguhi sampai dengan puluhan penerbangan dari berbagai maskapai. Tetapi terkadang ya ada juga yang kosong hasilnya, jika semua maskapai memang tidak memiliki jadwal penerbangan pada tanggal yang kita inginkan.

Pencarian kita di Traveloka bisa didasarkan pada pilihan harga terbaik, juga waktu yang kita inginkan (pergi siang pulang sore, pergi pagi pulang malam dll). Saya biasanya memilih penerbangan pagi, supaya sampai tempat tujuan bisa langsung check in di hotel (biasanya sekitar jam 12.00), dan pulang sore biar nggak rugi bayar hotelnya karena check out sekitar jam 12.00. Traveloka juga bisa bisa memberikan alternatif penerbangan yang tidak ada direct flight-nya, lhoo… Gampang, kan? Mau berburu tiket murah juga? Cobain Traveloka, yuk! *klik bookmark Traveloka di komputer*

Author: isnuansa

Emak dengan satu anak yang hobi nulis. Memilih tidur kalau ada waktu luang. Follow saya di twitter: @isnuansa

39 thoughts on “Cara Mudah Mendapatkan Tiket Murah Air Asia”

  1. Ohhh…enak juga ya. Baru tau klo di Indonesia ada search engine kaya gini. Kalo untuk global sih emang udah banyak. Thanks banget buat infonya Sis, kayanya gampang banget caranya, ga ribet dan cepat. Langsung saya cek sekarang.

  2. hehe, pengalaman pertama dulu aku pake ke agen travelnya mba 😀 kocak pokoknya..
    sekarang udah gampang ya, tinggal klik klik dan bayar.. dan terbang..

    eh tapi mulai sekarang bandara masih narikin buat bayar tax engga sih?

  3. Sekarang setba mudah beli tiket bisa online. Kadang ada yg murah melaui vendor spt Trinusa. Wah ko trabsfernya hanya dikasih waktu 3 jam ya, klo misal cuma bisa tranfer melalui atm harus lari-lari deh hehe.
    Nella selesai posting Update Bunga Musim Panas

  4. Wow banget mbaknya ini. Kalau saya suka jalan-jalan kemanapun, tapi masih selalu via darat, belum pernah naik pesawat. Ndak tau, kenapa begitu 🙂
    Fiz selesai posting Bangkalan

  5. aku ama temen2 di Malaysia biasanya klo mau balik biasanya nyari tiket promo make air asia tapi klo urusan penerbangan mendadak misal 5-1 sebelum penerbangan kita akan memilih lion atau tiger karena harganya pasti lebih murah.
    @SobatBercahaya selesai posting Saya Ga Mau Dipanggil Indon

  6. makasih info nya, sangat membantu sekali, karena kita bisa membandingkan 1 maskapai dengan yang lain nya tanpa membuka website 1 persatu.

    Thanks info nya

  7. Oh Traveloka ini mirip sama UTIKET. Aku kalo cari informasi tiket promo (Tanpa harus ngubek2 web maskapai satu – satu) via Utiket.
    Tapi tetep pesen tiketnya langsung ke maskapai.

    Kapan2 mampir ah ke Traveloka

  8. tapi traveloka ini beneran kan y? saya cek tiket u. mudik lebaran, harganya jauuh lbh murah dibanding dg harga di web resmi airasia ,,,, ada yg sudah punya pengalaman?

    1. Sepengelaman saya Traveloka memang begitu, harganya lebih murah tapi ga beda jauh sih kalo sama web resmi maskapainya. Mereka legitimate, dan prosedurnya juga ga ribet, alias instan. Untuk pembayaran bisa dilakukan menggunakan beberapa alternatif metode pembayaran, tinggal pilih aja yang sesuai ama mba Niessa. E-tiketnya ini nanti dikirimkan ke email yang mba daftarin, biasanya 1 jam setelah pembayaran. Jadi mungkin itu sih yang bisa saya share tentang pengalaman pesen tiket di Traveloka.

  9. aku seneng bgt dapat promo airasia medan ke jakarta 265 ribu terbang 11 juli 2013 tiket bis aja 350 ribu .terima kasih traveloka…..tetap jadi pilihan nomor 1…

  10. I don’t even know the way I ended up right here, but I presumed this particular publish once was very good. I do not have an understanding of that you might be on the other hand certainly you’re going to a well known digg if you find yourself definitely not witout a doubt. Best wishes!

  11. Hi,
    Selama ini saya selalu naik airasia dengan membeli tiket di web aa lgs, baru kali ini beli tiket di traveloka
    Ada sedikit pertanyaan ..
    Apakah setelah mendapat e-tiket dari traveloka kita harus web check in, karena biasanya check in di counter kena biaya?
    Dan apakah kalau kita web checkin apakah tempat duduk dipilih secara random oleh aa , kebetulan saya jalan berdua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge