Di Jalanan Hongkong

Jalanan Hongkong

Saat saya jalan-jalan ke Hongkong beberapa waktu yang lalu, ada beberapa yang menarik perhatian saya. Selain kotanya yang bersih dan anti macet, ternyata saya jarang melihat sepeda motor melintas di jalanannya. Jalanan lengang, meski hari telah siang. Entahlah, mungkin karena hari Minggu, apakah mereka masih berdiam diri di dalam rumah?

Jalanan Hongkong

Yang terlihat ramai dan banyak orang adalah di stasiun MRT (Mass Rapid Transit), orang keluar masuk kereta dan menuju jalanan. Sehingga trotoar lebih padat jika dibandingkan dengan kendaraan di jalan. Orang berjalan kaki sepanjang trotoar yang bersih.

Jalanan Hongkong

Oiya, satu lagi: tanpa asap rokok. Kabarnya, merokok akan menyebabkan mereka didenda HK$ 5.000 atau setara dengan Rp. 6.000.000,- sehingga mereka patuh aturan. Dan satu lagi yang terakhir: saya kok nggak melihat orang-orang yang ada di jalanan itu sibuk dengan gadget mereka ya? Saat “nongkrong” di rumah makan pun, nggak terlihat orang yang nyalain laptop. Hmm, apakah social media belum booming di sana?

Author: isnuansa

Emak dengan satu anak yang hobi nulis. Memilih tidur kalau ada waktu luang. Follow saya di twitter: @isnuansa

44 thoughts on “Di Jalanan Hongkong”

  1. Iya yah, kalu di tempat Helda ajah, sambil jalan ajah atau gitu berhentiin motor di lampu merah, langsung de keluarin handphone. Hihihi. ;))

  2. oh andai jalanan di jakarta atau kota-kota di Indonesia bisa rapi gitu ya mbak, is? Tapi mungkin karena hongkong kotanya kecil jadi bisa tertata rapi.. dan kemiskinan disana jga gak sebanyak di Indonesia.. *mungkin*

  3. kapan yah saya dolan kesonoh…..soalnya ada pedestriannya, kalo di Indo suka jarang di manfaatkan untuk pejalan kaki, malah buat tempat jualan

    Salam kenal

  4. Setahu saya, di negara2 maju, orang2nya lebih suka menggunakan kendaraan umum daripada kendaraan pribadi. Selain karena fasilitas dan pelayanan transportasi umumnya sangat baik, mereka juga sudah sadar akan bahaya dari volusi hasil buangan kendaraan bermotor.
    Tongkonanku selesai posting Carissa Putri- Where Are You

  5. wah hebat, kita sebenarnya sudah ada aturan ttg merokok, cuman pengawasan dan orang2 tak menepatinya…

    oia tentang gadget kayaknya mereka tau kapan mereka butuh gadget kapan mereka betul2 bersilaturahmi langsung….
    aRuL selesai posting Selatan Sulawesi Hanyut

  6. di kota-kota besar dunia seperti hongkong sepeda motor emang jarang mbak. disana orang lebih suka naik kereta atau naik mobil jika bawa kendaraan sendiri. sepada motor gak laku beda ama disini yang jumlahnya jutaan. kredit tanpa uang muka aja disini udah dpt sebuah motor bebek.
    Dhaniar Fito selesai posting Mendatangkan Sora Aoi- Perlukah

    1. Intinya sih emang pada penegakan hukumnya. Petugas nggak bisa disogok, bukannya memanfaatkan peraturan untuk dapat uang suap seperti, seperti di… Ya, seperti di negara lain-lah. πŸ˜†

    1. Ke sana Deny. Gedung-gedungnya memang tinggi semua kok. Jauh lebih tinggi-tinggi dari pada di Jakarta. Cuma nggak sempat nonton Symphony of Lights yang katanya keren banget itu kalo malem jam 20.00. :'(

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge