Gemah Rempah di Berbagai Makanan dan Minuman Terlezat di Dunia

Rendang Sapi

Tidak salah jika penduduk dunia memilih rendang menjadi salah satu dari World’s 50 best food versi CNN. Orang Indonesia pastilah sudah tidak asing lagi dengan kuliner yang satu ini. Hampir di tiap tikungan jalan yang ramai, di manapun itu di Indonesia, akan cukup mudah kita temui ‘warung Padang’ yang menjual rendang. Tak perlu susah-susah memasak sendiri, dengan bumbu-bumbu dan takaran yang rumit guna mendapatkan kelezatan sepotong daging yang sempurna.

Dibutuhkan berbagai rempah untuk membuat satu jenis masakan khas Indonesia ini. Ada kunyit, daun jeruk purut, daun serai, asam gelugur, lengkuas, cabe merah besar, cabe merah keriting, kemiri, ketumbar, jinten, cengkeh dan pala. Tak heran, rendang adalah makanan terlezat versi saya.

Tak hanya Rendang, jika kita lihat makanan lainnya yang masuk dalam 50 makanan terbaik di dunia itu, banyak makanan dari berbagai negara yang juga memakai rempah-rempah sebagai bumbu masakannya. Ada Masala Dosa dari India, ada juga Seafood Paella dari Spanyol, Som Tam dari Thailand, Pho dari Vietnam yang kental banget aroma rempahnya, Butter Garlic Crab dari India, Tom Yam Goong dan Massaman Curry dari Thailand.

Cendol

Sekarang, kita pindah ke World’s 50 most delicious drinks versi CNN. Ada Cendol dan Es Kelapa Muda dari Indonesia yang masuk ke dalam daftar minuman tersebut. Dua minuman ini bisa terpilih saya yakin karena peran sektor pariwisata Indonesia. Di sepanjang pantai yang ada di Indonesia, dengan mudah kita dapatkan penjual es kelapa muda, karena pohon ini adalah salah satu pohon ‘tepian pantai’. Untuk cendol, yang terenak versi saya sampai dengan saat ini adalah cendol Elizabeth yang aslinya berada di depan toko sebuah tas di Bandung. Pada akhirnya, sekarang ini mudah sekali menemukan cendol yang dijajakan dengan nama cendol Elizabeth di seluruh penjuru Bandung. Salah satunya di Pasar Baru, Bandung.

Sayangnya, dari dua minuman yang terkenal enak berasal dari Indonesia dan diakui oleh dunia tersebut, tidak berbahan utama rempah di dalamnya. Bisa saja sih, di dalam es kelapa muda ataupun cendol ditambahkan dengan bubuk kayu manis sebagai penambah rasa, tetapi secara umum di Indonesia kedua minuman tersebut tidak menggunakah rempah. Justru Wedang Ronde ataupun Jamu Gendong seperti Kunyit Asam dan Beras Kencur, kenapa tidak masuk ke dalam daftar tersebut, ya?

Negara lain seperti Korea Selatan memiliki Sujeonggwa, yang terbuat dari rebusan rempah-rempah seperti kayu manis, jahe dan lada. Thailand juga memiliki Thai Iced Tea yang terkenal. Bahkan Inggris memiliki Cider, yang di dalamnya mengandung kayu manis dan cengkeh. Saya penasaran dengan rasa Cider ini, hehehe…

Indonesia, melalui berbagai macam kuliner yang lezat berbumbu rempah, semoga ke depannya mampu menjadikan Gemah Rempah Mahakarya Indonesia ini lebih banyak lagi yang diakui dan membawa nama baik Indonesia di tingkat dunia. Siapa tak senang jika Ayam Woku dan Ayam Betutu menjadi makanan terbaik dunia? Siapa tak senang jika Wedang Uwuh disukai di belahan dunia lain? Semoga!

Sumber gambar rendang. Sumber gambar cendol.

22 thoughts on “Gemah Rempah di Berbagai Makanan dan Minuman Terlezat di Dunia

  1. Renang memang asoi, makanan lezat dan tahan lama. Sayangnya harga daging sekarang mahal ya Mbak.
    Saya 9 bulan sekolah di India, mantapo nian kuliner di sana…full rempah, kadang kliyeng2 je. Makan dosa, cepati, samosa juga sering.
    Es cendol dan es kelapa muda tentu saja minuman favorit saya, sekarang agak mengurangi minum es, maklum sudah tuwr.
    Terima kasih artikelnya yang menarik dan menambah wawasan.
    Salam hangat dari Surabaya
    Pakde Cholik selesai posting Anak Adalah Cobaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge