Hapus Tautan Yang Rusak Di Blog Anda

Berawal dari kebiasaan saya memperhatikan banyaknya link yang broken di blog saya berkat plugin broken link checker yang diinstalin oleh Satrya, saya jadi terbiasa membersihkan tautan-tautan dari blog ini yang terputus. Satrya menyebut tautan yang mati ini sebagai “parasit”. Bayangkan jika search engine menelusuri blog Anda, dan menemukan banyak sekali tautan rusak. Tautan-tautan rusak itu perlu segera dihilangkan dari blog. Bagaimana cara menginstal plugin ini, sila baca tulisan Satrya di Plugin Broken Link Checker – Mengatasi Broken Link Pada Blog WordPress Anda.

Tautan rusak tersebut bisa disebabkan oleh banyak hal, dan menghasilkan notifikasi yang berbeda, seperti 404 (not found), 410 (gone), 500 (internal servel error) dan lain sebagainya. Bisa jadi, beberapa penyebab seperti ini alasannya:

1. Pemilik blog dengan sengaja menghapus artikel / tulisan yang sudah pernah dibuat.
2. Pada saat blogwalking, salah ketik dalam menuliskan URL blog miliknya.
3. Seseorang yang bukan blogger secara sembarangan mengetikkan alamat yang tidak clickable. Bukan URL, hanya kata biasa saja di kolom yang seharusnya diisi dengan URL.
4. Anda sendiri salah menulis tautan ketika memberikan tautan di dalam tulisan atau blogroll di blog Anda.

Syukurlah, berkat plugin Broken Link Checker tersebut, setiap saat dapat dipantau tautan-tautan yang rusak di blog saya. Sekaligus, saya jadi ngecek juga akun Google Webmaster saya, yang ternyata Galat Perayapannya banyak banget. Jadinya saya duduk manis beberapa saat hanya untuk menghapus satu per satu tautan yang sudah diindeks oleh Google tersebut, namun kini tidak bisa ditemukan.

43 thoughts on “Hapus Tautan Yang Rusak Di Blog Anda

  1. Terima kasih mbak…informasi ini cukup bermanfaat. Tapi untuk saat ini saya belum bisa menggunakannya, karena blog saya masih amatiran. Oya, kenapa ya setiap komentar dari saya tak lagi muncul link isi posting terbaru dari blog saya. ada yang salah?

  2. Sayangnya fasilitas itu tidak terintegrasi di blogger.com, so masih penasaran kepingin coba. Inilah efek samping akibat terlalu lama meninggalkan blog untuk ngetem di jejaring sosial sebelah πŸ™‚

  3. waaaaah aku banyak tuh broken link. Tapi kalau mau cari satu-satu bisa mabok. Lah postingan sudah banyak dan panjang-poanjang sih hehehe. Aku coba deh pakai plugin itu

    Thanks for sharingnya

    EM
    Ikkyu_san selesai posting Bubur Tujuh Rupa

  4. Saya malah seringkali membiarkan tautan ini rusak Mbak, atau sengaja merusak tautan, terutama jika menulis tentang keamanan komputer dan memberikan tautan ke contoh berkas yang berbahaya bagi keamanan komputer (baca: virus komputer).

    Kan tidak mungkin kita memberikan taut yang sebenarnya, makanya kadang saya ganti http jadi hxxp atau dengan trik lainnya. Ini rasanya memang umum dalam mengusung konsep Internet Sehat.

    Jadi menurut saya beberapa tautan rusak itu perlu, asal ada tujuannya. Jangan sampai untuk kepentingan SEO, kita malah membiarkannya tidak rusak πŸ˜€ – ha ha…, ngomong apa coba.
    Cahya selesai posting Opera Twitter Widget

  5. aku juga pake plugin ini mbak. Berguna banget.
    Hasil pengamatan sih, banyak juga blogger2 yg ‘mutung’. Entah yg domain gratisan atau yg .com :))

  6. mengecek dri google webmaster tool juga bisa kok mas, seperti blog saya misalnya, ketika saya buka di google webmaster tool ternyata ada beberapa link di blog saya yg linknya berstatus 404 not found tpi sayangnya saya ngeblog dri ponsel jdi biasanya tdk langsung saya perbaiki sblm sempat buka blog dri pc. Thanks atas infonya

  7. Setelah membaca tulisan ini saya langsung masuk ke Link Manager buat nghapus link yang rusak, plus link blogger yang blognya pake pasword password segala :mrgreen:

    Tapi saya nghapus manual, mana ada plugin-pluginan di wp gratisan hehe…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge