Inilah Keuntungan Perusahaan Yang Mempunyai Blog

Saat ini telah banyak perusahaan yang membuat blog. Namun masih banyak perusahaan yang masih belum menyadari manfaat blog untuk bisnisnya.

Banyak pengguna atau pembeli suatu produk akan menuliskan saran, kritik, kepuasan, kekecewaan dan perasaan lainnya mengenai produk tersebut melalui blog Anda.

Dengan memiliki blog, perusahaan akan dapat turut serta dalam komunitas pelanggan sehingga dapat segera memenuhi apa yang menjadi kebutuhan pelanggan.

Jika sebuah perusahaan membuat blog, kemudian dapat mengelolanya dengan benar , maka perusahaan tersebut akan mendapatkan peluang untuk mendapatkan calon pelanggan, memelihara pelanggan lama, bahkan mendapatkan dukungan dari pelanggan.

Berikut adalah beberapa keuntungan membuat blog bagi perusahaan:

Memperkenalkan Perusahaan Lewat Blog

Dengan membuat blog, maka perusahan dapat mengenalkan lebih jauh tentang perusahaan itu berdiri, dengan beberapa artikel yang menjelaskan sejarah berdirinya perusahaan, bagaimana berkembangnya suatu perusahaan hinggai menjadi perusahaan seperti sekarang ini.

Membuat Blog Untuk Menguatkan Brand

Selain mengenalkan perusahaan lewat blog, dengan blog sebuah perusahaan dapat menguatkan brand yang ia usung, semisalnya dapat memberikan tips-tips tentang brand tersebut. Artikel –artikel blog tentang keuntungan atau kelebihan juga dapat membantu untuk menguatkan brand para perusahaan.

Mudah Berkomunikasi dengan Pelanggan

Tentu saja pelanggan akan lebih mudah berkomunikasi dengan Anda menggunakan blog, pelanggan akan merasa lebih dekat dengan perusahaan Anda, karena dengan blog para pelanggan dapat memberikan komentar langsung, namun jangan lupa untuk memoderasi komentar agar terhindar dari spam.

Berinteraksi Dengan Pelanggan Dengan Membuat Blog

Anda dapat membuat beberapa artikel blog untuk lebih berinteraksi dengan pelanggan, semisal memberikan tips-tips berguna yang berkaitan tentang produk yang Anda jual. Ini merupakan teknik marketing yang efektif atau lebih tepatnya disebut “Soft Selling”.

Menarik Perhatian Pelanggan

Perusahaan yang membuat blog akan lebih cepat menadapat perhatian pelanggan karena berbeda dengan perusahaan lain yang bersifat kaku dengan tampilan website yang statis.

SEO Friendly

karena sifat blog itu dinamis dan berubah-ubah, blog dapat membantu Anda meningkatkan rank web dan SEO web kita.

Pada dasarnya search engine dengan sendirinya akan mengindeks web yang rajin update contentnya. Jadi sebaiknya rawatlah blog tersebut dengan memperbanyak konten yang relevan dengan isi website perusahaan..

Dengan ada postingan blog tersebut tentunya kita dapat mengoptimalisasi setiap postingan content untuk kepentingan Search Engine Optimation. Bisa berupa memperkuat keyword yang telah ditentukan baik melaui meta deskripsi, on page optimation, internal link bulding, external link bulding. Dan pada akhirnya kata kunci yang Anda tentukan diharapkan bisa berada pada halaman 1 google.

Blog bagi perusahaan sebenarnya bukanlah tujuan utama untuk melakukan penjualan. Sebuah perusahaan tidak dapat menggantungkan pemasaran produk sepenuhnya pada blog. Fungsi blog bagi perusahaan adalah untuk menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan dan berbagai media lainnya.

~~~

Tulisan ini dikirim oleh Iqbal Maulana yang saat ini sedang mengelola sebuah blog perusahaan dari PT Indolok Bakti Utama http://indolokbaktiutama.blogspot.com yang telah menerapkan berbagai keuntungan diatas dengan menjual berbagai alat pemadam api, brankas dan CCTV yang dikemas dengan tips dan artikel yang bermanfaat. 

Author: isnuansa

Emak dengan satu anak yang hobi nulis. Memilih tidur kalau ada waktu luang. Follow saya di twitter: @isnuansa

46 thoughts on “Inilah Keuntungan Perusahaan Yang Mempunyai Blog”

  1. setuju… apalagi kayak saya, sangat butuh blog untuk update karya. Sebenarnya update karya melalui facebook atau deviant art, tapi link2 portofolio saya sebar di blog. Jadi pengunjung bisa melihat karya2 saya di facebook atau deviant art melalui link di blog.
    ndop selesai posting Ketika Emosi Tidak Stabil

  2. sepertinya ini tidak berlaku untuk perusahaan manufacturing business to business
    jadi blog hanya efektif untuk beberapa jenis perusahaan saja. mungkin yang consumer goods atau yang bergerak di bidang jasa
    Yessi selesai posting Bukan Pilihan

  3. Tantangan terbesar bagi perusahaan yang memiliki blog adalah untuk menarik minat pengunjung. Seperti disampaikan Imadewira, pengunjung yang tidak memiliki kepentingan langsung dengan apa yang ditawarkan perusahaan cenderung malas untuk berlama-lama disana.

    Untuk mengatasi hal seperti ini, kejelian pengelola dalam menciptakan konten sangat diperlukan agar minat pengunjung dapat ditingkatkan.

    Kalo menurut saya, manfaat paling menonjol adalah dengan meningkatkan brand awareness. Namun menjadi pertanyaan saya adalah kenapa menggunakan blog gratisan? Hal kecil seperti ini bisa mengurangi kredibilitas perusahaan di mata konsumen/pembaca blog itu sendiri.
    Okto selesai posting Meraup dollar lewat tulisan (berkarir sebagai penulis lepas internasional)

    1. betul dengan pendapat mas Okto, pada blog yang saya kelola tentang CCTV, Alat Pemadam Api dan sebagainya, suatu hal yang membosankan sepertinya.

      Namun pada blog tersebut saya membuat tips-tips yang bermanfaat. sebagai contoh
      http://indolokbaktiutama.blogspot.com/2011/06/cctv-tips-bagaimana-cara-pasang-cctv.html

      pada artikel tersebut di jelaskan bagaimana cara pasang CCTV, banyak sekali pengunjung yang mencari postingan tersebut. masih banyak lagi dari tips menggunakan alat pemadam api, tps memilih brankas dan sebagainya.

  4. Iya, sangat setuju, dan lagi menurut riset impactbnd.com menunjukkan bahwa “company websites with a continuously updated blog drive at least 55% more traffic than non-blogging company websites”, Jadi jelas sekali bahwa blog itu memang penting…….

    Btw mbak isnuansa, template sekarang lebih simple dan segar…. kapan gantinya mbak?
    Agus Mulyadi selesai posting Tentang Seneng Banyurojo

  5. Penting sebagai sarana awareness bagi para konsumen setia. Dan pasti menggaet pelanggan2 baru melalui kontent yang bermafaat. Traffic yang didatangkan dari blog ke website utama bisa menjaring prospek baru.
    lukman nulhakiem selesai posting {amazon}

  6. Kajian yang menarik, namun tidak semudah dan seringan para si pemilik perusahaan mau berkorban untuk waktu yang merupakan investasi yang terlalu besar di dalam sebuah Blog.

    Namun, bila hal tersebut dilakukan maka kita akan menukan hasilnya domino dari upaya tersebut.

    Sukses selalu
    Salam
    Ejawantah’s Blog

  7. Ya setuju banget Mba. kalau perusahaan di daerah/kabupaten atau perusahaan kecil mungkin masih jarang, padahal blog juga sangat strategis untuk pemasaran dan iklan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge