Keuntungan Guest Blogging Dan Tips Mengundang Blogger Tamu di Blog Anda

Menjadi blogger kini seperti halnya menjadi anggota di jejaring sosial, dan semua orang yang melek internet pasti pernah mendengar kata blog. Yup, karena memang tak ada yang susah dari aktivitas blogging. Tinggal menulis, edit dan publish, semudah itu.

Namun setelah beberapa lama, kita pun mulai berfikir lebih jauh. Dapat menulis dan tulisan kita terlihat secara online tak lagi cukup. Kita ingin yang membaca blog kita bukan hanya teman dekat, keluarga atau satu-dua blogger. Kita ingin lebih. Lalu apa yang harus diperbuat?

Dari blogger-blogger senior pasti Anda sering mendengar saran-saran berikut:

  • Tulis konten berkualitas
  • Pelajari dan terapkan SEO
  • Blogwalking dan networking dengan blogger-blogger lain

Ok, saran-saran itu pun kita lakukan. Sebulan, dua bulan, well, ternyata pengaruhnya tak terlalu signifikan.Trafik masih stagnan, dan interaksi dengan blogger-blogger lain – baik lewat komentar, jejaring sosial maupun email – juga tak menunjukkan hal yang menggembirakan. Apa gerangan yang salah? Adakah cara lain tuk lebih meningkatkan visibilitas blog kita di mata blogosphere dan Google?

Jawabnya, ada. Ada dua cara tambahan yang jitu dan kadang terlewatkan oleh para blogger, yaitu: satu, submit artikel ke portal berita yang menampung tulisan-tulisan blogger, seperti Vlog misalnya; dan dua, menulis di blog lain yang memiliki pengunjung loyal cukup banyak.

Cara pertama – bila Anda cukup beruntung dan pihak portal berita menyukai artikel yang kita submit – akan memberikan trafik yang tak sedikit, bahkan kadang bisa melebihi ekspektasi awal. Itu kelebihannya. Kekurangannya? Artikel Anda takkan berumur panjang, alias lambat-laun akan tenggelam oleh artikel-artikel kiriman blogger lain yang tak kalah mempesonanya, karena memang siklus pemunculan artikel baru di sana sangat padat.

Bagaimana dengan guest blogging? Ok, mari kita bahas bersama-sama.

Ya, mengapa harus guest blogging?

Kalau Anda perhatikan di blog Isnuansa.com ini, artikel-artikel yang disajikan tak melulu ditulis oleh sang admin. Ada beberapa artikel hasil tulisan blogger lain yang ikut di-publish, baik itu karena undangan dari admin maupun inisiatif dari pihak si pengirim. Nah, kira-kira kenapa ya adminnya sudi mempublikasikan artikel hasil tulisan orang lain, dan apa pertimbangan-pertimbangan yang mendasarinya?

Saya melihat dari kacamata saya sendiri, yaitu selaku blogger yang juga membuka kesempatan guest blogging di blog Darinholic.com, membuka kran guest blogging memberi banyak keuntungan. Seperti yang pernah saya singgung di artikel Manfaat Guest Blogging Dan Mengapa Kita Harus Memulainya Sekarang Juga, keuntungan guest blogging bagi sang admin adalah:

  • Frekuensi update artikel lebih terjaga, karena terbantu dengan adanya artikel hasil kiriman blogger lain.
  • Blog akan makin berwarna dengan hadirnya artikel dengan gaya penyajian yang berbeda dari biasanya.
  • Mempererat keakraban antara admin dan guest blogger.
  • Menunjukkan bahwa admin adalah blogger yang serius dengan blognya. Karena dengan membuka kesempatan guest blogging, secara tak langsung hal tersebut akan menjadi cikal bakal komunitas networking untuk para blogger, walau masih berskala kecil.

Lalu, adakah keuntungan bagi si blogger tamu? Jangan-jangan ada yang berfikir: lebih enak jadi pihak adminnya dong ketimbang jadi blogger tamunya? Eits, jangan salah. Menjadi blogger tamu di blog lain juga memberikan dampak yang tak kalah mentereng-nya lho, yaitu antara lain:

  • Link berkualitas. Ini tak diragukan lagi, karena – seperti sudah menjadi kode etik yang tak tertulis – admin akan memberikan tautan spesial di tubuh artikel yang menuju ke blog blogger tamu.
  • Visibilitas, atau penampakan blog blogger tamu akan makin terlihat, karena telah memasuki ranah/segmen pembaca yang baru di blog admin. Begitu juga dari sisi SEO, Google akan memberikan kredit pada blog kita saat menemukan tautan di artikel blog lain.
  • Meningkatkan kepercayaan diri dalam menulis. Ini sudah pasti, karena menulis di blog orang lain tantangannya lebih besar daripada menulis di blog sendiri.
  • Dan tentu saja, hubungan pertemanan dengan admin akan semakin erat.

Guest blogging memang belum menjadi hal yang sering diprioritaskan, tapi bila melihat keuntungan-keuntungan yang telah ditulis di atas, kegiatan ini sudah seharusnya dipertimbangkan,karena baik dari pihak admin maupun blogger tamu sama-sama diuntungkan, alias win win solution.

Hmm, lalu bagaimana ya caranya agar blog saya dapat menerima tulisan blogger lain?

Pertama, blog Anda harus memiliki topik yang sering diangkat. Meskipun blog Anda bersifat personal, tapi pasti ada tema bahasan yang menjadi kesukaan, minat dan menjadi ciri khas. Misal, Anda sering menulis tentang gadget, maka Anda berpeluang untuk membuka kesempatan blogger-blogger yang suka menulis tentang gadget tuk ikut menjadi blogger tamu di blog Anda.

Kemudian umumkan pada khalayak bahwa blog Anda membuka kesempatan guest blogging, baik lewat postingan khusus, jejaring sosial maupun email. Setelah itu, Anda tinggal memadukan cara di tahap berikutnya, yaitu cara aktif dan pasif.

Cara aktif, yaitu Anda secara aktif menghubungi langsung blogger-blogger yang Anda nilai memiliki kemampuan tuk mengulas tentang satu topik di blog Anda. Tema bahasan dapat ditentukan sendiri oleh Anda atau dapat pula mempercayakan pada blogger yang diundang untuk menentukan tema tulisan sendiri. Misal, saat saya tertarik dan ingin mengetahui tentang bagaimana caranya kegiatan berinternet bisa nyaman dan aman, saya menghubungi Cahya Legawa tuk menulis tentang tema tersebut. Hasilnya bisa Anda baca di artikel Internat Nyaman dan Aman – Apa Saja Yang Harus Dipertimbangkan?

Cara pasif, yaitu Anda menunggu tawaran guest blogging yang datang.

Nah, dari dua cara di atas tentu Anda sudah memperkirakan kelebihan dan kekurangannya, kan?

Jadi, tunggu apa lagi. Mari ber-guest blogging ria! 🙂

~~~

Tulisan ini karya blogger tamu Darin, boleh juga lho follow twitternya @darinholic kalau mau kenal lebih dekat. icon wink Pentingnya Memahami Kondisi Psikologis Pengunjung Blog Anda

Ingin menulis di Isnuansa.Com? Baca ketentuannya di halaman Guest Blogger ya. Ditunggu!

Author: isnuansa

Emak dengan satu anak yang hobi nulis. Memilih tidur kalau ada waktu luang. Follow saya di twitter: @isnuansa

45 thoughts on “Keuntungan Guest Blogging Dan Tips Mengundang Blogger Tamu di Blog Anda”

  1. saya malah sebaliknya mbak is, lebih suka jadi guest blog seperti di ruangfreelance.com dan jhezer.com. karena emang sangat perlu untuk membantu blog saya sendiri terangkat di mesin pencari. hehe.

  2. ide ini emang belum banyak di terapkan ama para blogger tapi tidak menutup kemungkinan akan menjadi trend.

    mba isn aku undang jadi Guest Blogging 🙂
    Sobat Bercahaya selesai posting Bekam

  3. Semua alasan dan manfaat yang mas Darin kemukakan di atas sangat logis (masuk akal). Saya sedikit menambahkan saja. Guest blogging sebenarnya juga bisa bermanfaat dalam membuka kesempatan bagi mereka yang tidak punya blog, tapi ingin menulis. Nah, kenapa mereka nggak punya blog? Bisa jadi karena belum tahu caranya, belum merasa butuh, merasa belum siap, merasa belum mampu mengelolanya, atau merasa kurang punya waktu untuk mengelolanya.

    Nah, mereka bisa menulis di blog orang lain jika kebetulan punya keahlian atau minat di bidang/topik tertentu. Niatnya mungkin sekedar berbagi ilmu atau opini.
    iskandaria selesai posting [ Survei ] : Apa Alasan Anda Membuat Fans Page untuk Blog Anda?

    1. Mas Is. Saya malah ragu jika ada yang guest blogging dengan alasan tersebut. Selain sepertinya kurang efisien (karena di artikel guest post pasti ada link ke penulisnya), cara itu lebih efektif jika tulisan di-submit ke situs2 portal yg menerima tulisan2 anggotanya, seperti Kompasiana dll.

      Tapi kalaupun ada, itu sangat jarang sekali ditemukan ya.

  4. Menulis di blog lain. Heemm… sangat menarik dan menantang. Tapi perlu kepercayaan diri ekstra dong, kalau tulisan kita dianggap tidak berbobot kan gimana.

  5. Empat kali saya jadi guest blogger dengan postingan bergaya blogazine, tapi postingan saya hanya terbit sekilas, yang tiga di hapus bloggernya yang satu di kolom tutorial jadi berantakan. Dan yang lainnya saya di tolak untuk posting blogazine di blognya, karena bloggernya sepertinya takut klo layoutnya jadi rusak. Padahal justru ane buat ga rusak.

    But, itulah pengalaman… sedikit kecewa tapi banyak manfaat dan pembelajaran dari kekecewaan.
    amdhas selesai posting Nuansa fixed amdhas blogazine

  6. membuat tulisan yang berkualitas tulah yang jadi banyak hambatan mba nun…
    tidak setiap hari bisa menemukan yang benar-benar layak di publish, yah kadang kesibukan dan mood juga mempengaruhi..
    Tina Latief selesai posting Desaku yang kucinta

  7. Terimakasih atas pencerahannya, sepertinya setelah membaca artikel diatas akan saya pertimbankan lagi untuk mengundang/menjadi guest blogger.

    saya juga sepakat sekali dari tulisan diatas bahwa memang untuk menjadi guest blogger kita semakin ditantang untuk berpikir kreatif dalam berbagi pengetahuan lewat blog lain.

    Makasih yah atas postingannya.
    Edyn Laskar selesai posting Download IDM 6.14 Final Build 5 Terbaru

  8. Excellent pictures! That is the sort of information which might be supposed to be provided online. A sense of shame on the search engines for no longer positioning this kind of offered greater! Occur around along with talk to my website. Thank you so much =)

  9. thanks ya non isnuansa m.
    jadi tertarik untuk nawarin guest blogger di blog aku.
    namun kayaknya harus ramai dulu ya blog kita ??
    so …
    menerima para penulis tamu dengan tujuan meramaikan blog …
    tapi blog nya harus ramai duluan ^_^
    repot juga donk …

  10. oke sekali tipnya.
    sekalian mau nanya.
    kebetulan saya baru nambah admin baru ke blog saya, meski sebenarnya akunnya kepunyaan saya juga, hanya beda emailnya.
    berbareng itu saya juga merepublish posting lama.
    Tak lama, trafik naik, melonjak 100 % lebih.
    Tapi 2 hari kemudian trafik anjlok sangat parah sekali, sampai 700 %.
    Apakah hal ini karena menambah admin baru ?
    Atau karena merepublish ulang posting lama ?
    Mohon pencerahannya, tks
    aneka cara praktis selesai posting Cara Lengkap Mengatasi Masalah Sludge Bulking IPAL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge