Kisah Sukses Publisher Lokal Di Google Adsense

Cerita ini bermula ketika saya sebagai seorang buruh bangunan disuruh teman untuk membuat email, dalam hati selalu bertanya alamat email itu apa gunanya. Akhirnya karena sedikit penjelasan dari teman saya memberanikan diri untuk membuat email di warnet dekat rumah. “Sungguh terlalu,” mungkin itu kata-kata yang bisa diucapkan oleh penjaga warnet yang melihat saya selama 30 menit hanya tertegun di depan layar monitor komputer. Kenapa? Karena untuk menghidupkan komputer saja belum bisa, sampai akhirnya saya dibantu penjaga warnet untuk membuat email tersebut dan pilihan saya jatuh pada google mail.

Mungkin itu saat yang paling tidak terlupakan ketika email membuat hidup saya berubah dengan menjadi seorang blogger. Dan karena rasa tertarik yang besar dengan dunia maya membuat saya terus berinteraksi dengan internet hingga pada tanggal 28 Maret 2011 saya secara tidak sengaja mendaftar di program Google Adsense dan di luar dugaan diterima dalam waktu satu jam. Ingat betul saat itu jam 3 sore dan email pemberitahuan diterima jam 4 sore. Kabar gembira ini tentu saja membuat semangat blogging berkobar-kobar dan juga sering menjadi topik dalam percakapan. Namun kenyataanya tidak semua teman menganggap baik kabar itu, bahkan ada yang menganggap saya gila.. Apakah itu membuat patah semangat? Ternyata tidak. Dalam hati ingin membuktikan bahwa menghasilkan uang lewat blog dengan mengikuti program Google Adsense adalah sulit tetapi bukan hal yang tak mungkin.

Singkat cerita 10 bulan setelah itu saya mendapatkan pembayaran pertama dari Google Adsense dan sampai saat ini hampir tiap bulan selalu mendapatkan bayaran dari Google. Dengan pekerjaan sehari-hari sebagai buruh bagunan membuat saya tidak minder dalam bloggging dan justru lebih bersemangat agar blogging bisa menjadi alternatif penghasilan dalam hidup saya. Dan saat ini banyak teman dari kalangan mahasiswa sering berkumpul dengan belajar tentang Google Adsense bersama-sama.

Saya telah membuktikan bahwa blogging dan Google Adsense tidak mendiskriminasikan pangkat dan jabatan seseorang, mereka bisa berpartisipasi asal mau dan berusaha serta sabar. Walau sampai saat ini saya masih menggunakan blogspot dalam blogging, bukan karena tidak mau membeli Top Level Domain tetapi karena kesulitan cara membayar, maklum sebagai orang desa hal ini cukup sulit.

Dan berikut ini tips bagaimana saya menghasilkan 100 sampai 500 dollar per bulan dari Adsense;

1. Membuat blog baru dengan membidik micro site dengan bantuan dari Amazon.com sehingga blog tadi hanya berisi sekitar 25 postingan. Keuntungan dari blog micro ini adalah pengunjung yang tertarget sehingga tidak butuh terlalu banyak pengunjung, biasanya hanya dengan 100 sampai 200 pengunjung per hari anda bisa dapatkan 3 sampai 5 klik dengan nilai per klik lebih dari 1 dollar.

2. Membuat blog micro site sebanyak 10 buah dengan menulis sendiri atau menulis ulang ide yang sesuai kata kunci yang saya bidik. Dan sampai saat ini tidak pernah membeli atau menggunakan jasa penulisan artikel baik dalam negeri atau pun luar negeri.

3. Mendaftar di forum terkenal seperti forum digitallpoint dan juga warrior forum dan berusaha aktif selama masa awal pembuatan blog micro site.

4. Karena hanya membidik topik yang lebih sempit dari kata kunci utama , misalkan tentang pemanggang untuk luar ruangan yang sangat populer di Amerika, saya juga fokus pada trafik organik yang mengandalkan kekuatan artikel.

5. Tidak pernah blogwalking dengan menggunakan URL blog micro site di blog blog lokal atau pun luar . Hal ini saya lakukan untuk melindungi akun Adsense saya .

6. Selanjutnya adalah menunggu sampai waktu 3 bulan dari perkiraan paling lambat blog micro site itu mulai menghasilkan kurun waktu 6 bulan.

Paling tidak itu yang saya lakukan dan semua itu saya pelajari dari forum dan juga blog blog terkenal seperti Dailyblogtips.com dan juga Problogger.net

Kesimpulan dari perjalanan seorang publisher lokal hanyalah sedikit cerita bukan untuk pamer atau pun menyombongkan diri tetapi agar bisa memotivasi orang orang di sekitar kita agar meraih dan berusaha membuat angan-angan dan mimpi itu menjadi kenyataan.

~~~

Jumanto adalah seorang buruh bagunan yang sekaligus blogger paruh waktu yang berdomisili di Kota Kudus, ia blogging dengan blogspot yang menghasilkan minimal 100 dollar per bulan dan paling banyak 540 dollar sebulan. Salah satu blognya adalah http://candikota.blogspot.com

Author: isnuansa

Emak dengan satu anak yang hobi nulis. Memilih tidur kalau ada waktu luang. Follow saya di twitter: @isnuansa

139 thoughts on “Kisah Sukses Publisher Lokal Di Google Adsense”

    1. Samapun, saya juga nggak tahu contohnya yang kayak gimana.

      Kalo nggak keberatan Mas Jumanto kasih tahu contohnya dong kita.. Nggak usah blog pribadinya Mas Jumanto ya nggak papa, salah satu yang Mas Jumanto tahu aja..

        1. Salam Hangat Mas Jumanto,

          Soal penulisan untuk pasar luar negri, misalkan bahasa inggris. Apakah aman atau baik untuk menggunakan translate google (yang lain) dimata GOOGLE. Dengan catatan tulisan benar – benar tidak copy paste.

          Dari Teman yang lain boleh membantu untuk menjawabnya

          sebelum terima kasih semuanya

  1. Kisah yang inspiratif dan sangat luar biasa..
    Yang sangat ingin saya ketahui dari Mas Jumanto ini adalah apakah beliau menguasai bahasa inggris juga? mengingat tidak pernah menggunakan jasa penulis artikel dan bagaimana ngakalinnnya jika tidak bisa bahasa inggris? (jika pake terjemahan google kan kacau artikelnya)
    Budi Majid selesai posting Ciput Turban Polos

    1. Kayaknya, (kayaknya lho ini ya…) bahasa Inggrisnya nggak harus bener grammar dllnya, ya diedit-edit dikitlah ya dari Google Translate. Yang penting kiwodnya masuk, hehe…

      (Ini jawaban ngaco, Mas, jangan dipercaya. Monggo Mas Jumanto kasih jawaban yang benar)

    1. Hehehe, saya juga heran itu gimana caranya bisa sejam langsung diterima. Padahal nulis dalam bahasa Indonesia aja Mas Jumanto ini banyak bener typonya lho.. Kalau bahasa Inggris, gimana ya? πŸ˜†

    1. Akun adsense itu suka diisengi orang, Mbak. Istilahnya dikasih bom klik, jadi bisa aja kalau orang yang nggak suka, klik iklan berkali-kali (ratusan atau bahkan ribuan kali, dengan software atau apalah gitu) dengan maksud supaya pemilik akun adsense di banned sama Google.

      Nggak tahu juga sih, apakah sekarang Google masih suka ngebanned akun yang menerima bom klik. Karena logikanya kan nggak mungkin si pemilik sendiri yang secara sengaja ngeklik, lha wong ngeklik sendiri satu kali saja bisa dibanned, kok…

      Semoga membantu ya…

  2. sebenarnya saya mau memposting tanggapan dan komentar atas postingan guest blogger saya di blog ini, namun saat ini saya sedang pindah rumah sehingga lagi sibuk. Tetapi akan mencoba menjelaskan ;

    * @bangsaid, microsite,minisite dan blog nice bagi saya adalah sama , seperti dalam duel blog niche nya darai blogodolar . blog ini membahas masalah yang se,pit dam spesifik sehingga mejadi tertarget baik baik iklan maupun pengunjung.

    @ Isnuansa, contoh blog saya adalah http://candikota.blogspot.com

    @ Budi Majid, saya menggunakan Google translate yang di edit sama teman yang kuliah di jurusan bahasa Inggris denganimbalan membantu mendapatkan Google adsense

    @ applausr, setiap usaha pasti ada hasilnya , dan tak ada yang tak mungkin dalam hidup ini mas.

    @ Lidya, kalau dibilang ahli tidak , tetapi sampai saat ini saya sudah membantu teman mendapatkan akun Adsense lebih dari 25 kali.

    @ Jefry, Microsite hanya mengandalkan trafik dari mesin pencari , yaitu kata kunci yang diketikkan orang di mesin pencari, jika terjadi klik pada ilan akan bernilai sangat tinggi sesuai nilai kata kunci yang kita bidik.

    @ isnuansa, saya sangat setuju mabak, dan banyak blogger kita yang menjadi inspirator bagi saya selain dari luar negeri. sebut saja Kang Yudiono dari blogodolar , mbak sendiri, dan bundadontworry.wordpress.com.

    @ Muhammad Cassanova Jr, Teliti lagi mas aplikasi nya atau daftar aja lewat youtube dan klik seting lalu klik monetize video anda.

    @ Vari, coba buka atlas dunia dan lihat bagian laut pasifik dekat pulau Guam tapi bagian paling bawah ada garis vertikal dengan 0.00 nah disitua awal hari dimulai dan juga awal hari di internet secara global. setidaknya itu menurut pengalaman saya mas.

    @ isnuansa, blog yang saya daftarkan ke Google Adsense biasanya berisi 5 sampai 10 postingan dulu , biarkan selama 3 hari agar URL blog kita terindeks di Google, caranya ketik alamat URL kita di mesin pencari Google jika masuk urutan pertama maka lagsung saya daftarkan.

    @ Nella, blog yang mengumbar laporan penghasilan Adsense tiap bulan secara mendetail akan di banned danselain itu waspada dengan click boom seperti yang pernah terjadi pada Anneahira.com.

    @ Mas Andank, contoh microsite seperti http://www.juicerreviewspro.com walaupu saya tidak mengatakan itu milik saya tetapi mirip.

    @ Isnuansa, terima kasih telah menerbitkan postingan saya , salam hangat dan jika ada pertanyaan bisa mengunjungi blog pribadi saya di bagian contac person.
    Jumanto selesai posting Cara Menghilangkan Rasa Takut Bertemu Mahkluk Halus

  3. buruh? hmmm. sangat menginspirasi, meski terbersit pertanyaan berikutnya dari kepala: kalau sudah berhasil meraih keuntungan di blog, apakah tidak terpikir untuk mencari pekerjaan utama lain yg lebih tinggi keuntungan finansialnya? πŸ™‚
    indobrad (kopimana.com) selesai posting Reruns

  4. sangat inspiratif…
    Dulu sempet punya adsene tetpi scr tdk sengaja kena banned karena melanggar TOS, ada saudara yg kliknklik tanpa babibu heheheheh…… shg langsung males blogging..
    apakah blog itu bisa di ajukan utk d daftarkan google adsense lagi ya… ? ato mesti bikin baru ?

    mhn saran nech…pengen aktif blogging lagi…..

  5. Dapet ilmu baru disini,… tapi ada benernya juga, ngga pernah BW ternyata bisa muncul di gugel search. Salah satu blog saya juga begitu, setelah 7 bulan lebih ternyata lebih sering mendapat trafik dari sana. Tapi ngga pake monetize, cuma eksperimen.
    Menarik Mbak Is, dan makasih Mas Jumanto πŸ™‚

  6. Sebenarnya saya nyasar di blog ini dari om Google, dan apa yang saya temui di sini kisah inspiratif. Salam kenal mbak Isnuansa and guest blogger mas Jumanto.

  7. Mantap mas ceritanya, saya jadi termotivasi untuk belajar Google AdSense dengan lebih serius lagi agar bisa menghasilkan uang yang banyak hehehe πŸ˜€

  8. Sungguh motivatif sekali kisah suksesnya. dengan background apapun bila tekun dan terus giat akan mampu menghasilkan dollar hanya melalui blogging dan berbagi
    Kedepannya makin sukses πŸ™‚

  9. “Paling tidak itu yang saya lakukan dan semua itu saya pelajari dari forum dan juga blog blog terkenal seperti Dailyblogtips.com dan juga Problogger.net”

    Kalo bacaannya forum di atas Kang Jumanto ini suka merendah padahal aslinya pinter bahasa inggrisnya.

  10. Mas, Saya mengalami kesulitan dalam pengisian alamat (street address), karena saya tinggal di desa.

    di ktp saya hanya ada tertulis…
    Alamat : Dusun Simp. “nama dusun saya”
    RT/RW : -/-
    Desa/Kel : “nama desa saya”
    Kecamatan : “nama kecamatan saya”

    Mohon sekali bantuannya ya mas bro, masa orang desa gak boleh maen adsense sih πŸ˜€

  11. saya sudah beberapa kali mencoba dan mencoba lagi namun selalu mendapat balasan yang sama yaitu

    “Masalah:
    – Alamat kontak salah, tidak lengkap, atau tidak dicantumkan

    ———————”

    agak dibantu ya mas bro…. πŸ™‚

  12. Kang blog sy udah terpasang GA,,,kendalanya sy blm ngerti dari panduan GA tentang iklan host,iklan …..host,,,, lalu menyaring iklan agar iklan kita benar shoot pada blog dan artikel kita….. bisa dunk di jelaskan ? thankx

  13. misalkan seperti blog saya ini, bisa tidak untuk dapat penghasilan dari adsense mas, saya sudah salah dalam mencari niche blog ini berarti. -_-

  14. kalo saya sudah ngerasain suksenya adsense lumayan buat tambah tabungan beli mobil hee ngehayal.com, tapi adsense lumayan juga yahh di bandingkan iklan yang lain yang belum tentu nerima duitnya, jelas dan pasti semoga teman-teman juga menggeluti adsense dan sukse selalu

  15. Saya kagum dengan cerita mas Jumanto!!
    Ada yg ingin saya tanyakan apakah harus menggunakan bahasa inggris? Mohon bimbingannya.. mungkin mbak Isnu atau mas Jumanto…

  16. jadi semanget nih kang pengen terus mengembangkan adsense, maksih kang atas motifasinya, ternyata rejeki ga kemana asal kita mau usaha dan mendalami apa itu sebuah blog. dan apa keuntungan bagi kita yang membuatnya, salam kenal dan sukses selalu

  17. lg nyasar di gurun malah ketemu kolam :D. iya nih kayanya kayanya mas Jumanto orangnya sring merendah. IMer yg patut diteladani nih. slah satu IMer yg ngmongnya ga berbusa2 :D. moga tmbah sukses mas Jum. thnx jg buat mbak Is. joss tenan iki

  18. saya sendiri baru di terima di adsense, setelah pendaftaran saya yang pertama di tolak,
    untuk yang kedua kalinya akhirnya saya diterima.

    sukses buat Kang Jumanto, ..

  19. hmm baca ini saya jadi bimbang mau melanjutkan konsep blogging saya yang sekarang : (
    blog banyak niche kurang bagus kayaknya ya.
    dulu pikir saya bnyk niche biar aktif karena ada banyak ide

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge