Komunitas Blogger Asean Telah Lahir

Deklarasi ASEAN Blogger

Hari Selasa lalu, atas undangan Mas Kukuh dan Mbak Mubarika dari Idblognetwork, saya menghadiri Deklarasi Pembentukan Komunitas Blogger ASEAN – Indonesia. Beberapa tulisan tentang acara tersebut oleh blogger lain yang juga hadir, bisa dibaca di: Komunitas Blogger Asean Terbentuk (Om Jay) –Om, fotonya ijin dicomot ya, Menyongsong Masyarakat Asean (Mas Iman), Deklarasi Pembentukan Blogger Asean (Mas Dian Kelana) dan Bahasa Indonesia, Blogger Indonesia dan Asean Blogger (Gie).

Membaca email dari Mas Kukuh, saya menemukan sebuah nama yang nggak asing: Gempur Abdul Ghofur, seorang guru dari Surabaya yang saya kenal melalui blog sejak 2006. Senang, karena begitu ketemu, beliau sudah langsung mengenali dan ngobrol. Beliau menjadi narasumber bersama dua orang lainnya, Pak Hazairin Pohan (blogger, Mantan Dubes RI untuk Polandia) dan Pak Aris Heru Utomo (blogger, Diplomat Kementerian Luar Negeri RI).

Kalau mau disebutin satu-satu, hampir semua blogger yang hadir saya sudah kenal (Saya kenal, bukan berarti otomatis mereka kenal saya balik, lho). Top-top banget dah! Berprestasi semuanya.

Lima point yang disepakati oleh blogger-blogger dalam deklarasi itu antara lain adalah membantu upaya-upaya memperkuat integrasi ASEAN, memberikan masukan bagi berbagai kebijakan dan kerjasama pilar-pilar ASEAN bagi peningkatan kepentingan nasional dan kesejahteraan rakyat, menjembatani komunikasi di antara blogger dan partisipasi public di antara rakyat di negara-negara ASEAN melalui blog dan sosial media serta kegiatan offline, menyelenggarakan berbagai kegiatan untuk mendorong pelibatan blogger dan masyarakat agar memiliki rasa kepemilikan dan keinginan yang kuat untuk berpartisipasi dalam kerangka kerjasama ASEAN, dan membentuk sebuah wadah bagi para blogger untuk menampung dan menyampaikan aspirasi serta -melaksanakan berbagai kegiatan terkait ASEAN.

Soal teknis penjabaran secara rinci dari ASEAN Blogger Community itu nantinya, masih akan dibahas lagi dalam pertemuan yang direncanakan bulan Agustus mendatang, dihadiri perwakilan blogger dari negara anggota ASEAN. Seneng ya, nanti blogger-blogger dari negara tetangga bisa hadir di Indonesia, dan kemungkinan bisa berkenalan dengan mereka. Berbagi cerita tentang kegiatan ngeblog masing-masing.

Sayangnya, sampai saat ini, pengalaman saya berinteraksi dengan blogger dari negara tetangga saja sangat minim. Paling-paling ya membaca dan berkomentar di blog milik orang Indonesia yang sedang berdomisili di luar negeri (kuliah sih biasanya). Itupun, kalau tulisan mereka dalam Bahasa Indonesia. Gimana teman-teman? Bagi di sini dong pengalamannya tentang blogger-blogger dari negara anggota ASEAN. Juga harapannya sama komunitas ASEAN Blogger ini.

Author: isnuansa

Emak dengan satu anak yang hobi nulis. Memilih tidur kalau ada waktu luang. Follow saya di twitter: @isnuansa

56 thoughts on “Komunitas Blogger Asean Telah Lahir”

  1. wahahaha itu toh nama2nya kirain, datang di akhir acara sih, jadinya ngak tau pembicaranya πŸ˜€
    pak aris yg kemenlu ya πŸ˜€ hehe

    *pembicara mantan dubes itu, pantes mirip-mirip Ramadhan Pohan* πŸ˜€
    aRuL selesai posting ASEAN Blogger

    1. dari menarin, saya itu sudah ngomong sama Gie dan teman-teman blogger yang ngobrol sama saya. Wajah Pak Pohan ini sudah familiar banget ya. Mirip Pak Ramadhan.

      Toss. Berarti kita sama perkiraannya. Mungkin adiknya atau kakaknya, Pak Hazairin ini. πŸ˜€

  2. Keren, ini komunitas blogger terbesar sedunia loh hehe.
    Saya juga blm pernah berinteraksi sama blogger yang berasal dari negara-negara ASEAN, selain dari segi bahasa, saya rasa negara-negara tetangga belum bisa memaksimalkan fungsi blog dll.

    1. Kendala utama memang bahasa sih ya. Mudah-mudahan apa yang ditulis Gie jadi kenyataan. Bahasa Indonesia nantinya jadi bahasa yang digunakan oleh blogger-blogger anggota ASEAN.

      1. Saya mendukung sekali Bahasa Indonesia jadi bahasa resmi ASEAN πŸ™‚
        Semoga tercapai tahun ini!

  3. Dulu sempat sih, Mbak, berkunjung dan berkomentar di blog-blog luar (bukan dari ASEAN), pas masih nebeng di WordPress.com. Kadang ya harus posting di blog sendiri pake Bahasa Inggris. Tapi, karena ‘kelelahan’ secara Helda ngga fasih gituh, ya akhirnya ngga pernah lagi. πŸ˜€

    1. Kalau blog milik orang Amerika malah sering. Bacanya kita nggak pusing, karena nulis Bahasa Inggrisnya lebih mudah dipahami daripada Bahasa Inggris yang ditulis oleh orang yang memakai bahasa itu hanya sebagai bahasa kedua.

  4. wah hebat bisa jadi media tukar ilmu dan pengalaman,langkah awal yang bagus menjelang era global

  5. wah…. ini pembentukan komunitas yang kereeeeeeeeeeeeen nich… aku dukung 1000 persen dech… posting lagi ya mba klo dah jadi komunitasnya mantaaaaaaaaaaaaaaaap:)
    kamal selesai posting toni blank

  6. Asik ya mbak bisa ngumpul dan berinteraksi dengan kawan2 Blogger lainnya.
    Soal komunitas Blogger ASEAN, semoga aja kedepannya semakin real pelaksanaannya, jadi bukan hanya sekedar opini πŸ™‚
    Sukses terus untuk Blogger ASEAN πŸ™‚
    Zippy selesai posting Efektivitas Tong Sampah Pilah

  7. sejauh ini masih jago kandang mbak,
    jadi belum punya pengalaman sharing dengan blogger ASEAN.

    eh … kalo nanti blogger ASEAN bisa ke Indonesia, berarti ada kesempatan sebaliknya dong?
    kalo gratis .. ajak-ajak yah πŸ™‚
    mascayo selesai posting Warming Up

  8. kapan ya sy kopdar sama mba is dan mas gie.. dalam forum begini hebat. tapi.. gapapa deh ketemu dalam kopdar kecil2an.. pasti seru.. *ngebayang πŸ˜€
    dhila13 selesai posting Maple

  9. haduh.. mau deh ikutan gabung.
    tapi mau gabung sama komunitas dari daerah aja susah (ga ketemu situsnya) ..

  10. hla terus orang dr negra lainnya mana??

    sy kok cenderung menanggapi kumpulan2 gini dg negatif ya? πŸ˜€
    mkusdnya, sy sering mencium kumpulan2 gini ini seperti digunakan untuk kepentingan politis…

    seperti misalnya pesta blogger Indonesia yg disponsori Kedubes As untuk menyampaikan propagandanya…

    tp kalau di dalamnya masih ada mbak Isnuansa sih sy masih ada harapan bhw kepentingan sesat itu tidak terjadi. πŸ˜€ Vote for mbak Isnuansa.. !!! *Halah malah koyo politik ..xixixixixixix
    ahmed fikreatif selesai posting MaxiLight Photographia

  11. Woah.. keren banget mbak, tentu semakin terbuka luas informasi yg kita dapatkan dari acara blogging ini. hihi.. πŸ˜€
    Sejauh ini sih saya masih terbatas sampai ke negeri malaysia doang untuk BWnya, mungkin karena bahasanya yang masih serumpun dengan kita.. πŸ˜€
    negara lain? agak susah kayaknya…

  12. Sip deh! Semoga Komunitas Blogger Asean bisa menjadi ajang bersilaturahmi seluruh blogger dari negara-negara anggota Asean. Saya tidak dapat menghadiri deklarasi, sudah diwakili Andi Sakab πŸ™‚

    Eh, nanti bahasa pemersatunya apa nih? Apa pakai Bahasa Inggris atau bagaimana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge