Komunitas dBlogger Mengadakan Gerakan Berbagi

Yang namanya mau berbuat kebaikan, biasanya lebih susah dari pada kebalikannya ya. Saya sedikit ‘dihadang’ dengan panas yang menyengat untuk segera bergabung dengan teman-teman komunitas dblogger di daerah Jatinegara. Minggu, 21 Agustus yang lalu, teman-teman blogger yang tergabung dalam dblogger mengadakan kegiatan berbagi di rumah singgah Sakinah wa Rahmah (SWARA). Saya yang dihubungi oleh Teh Anny memang sudah merencanakan untuk ikutan hadir, jadi meski cuaca di Cikarang cukup panas, meluncur juga akhirnya ke Jatinegara bareng GieWahyudi.

Komunitas dBlogger Berbagi
Anak-anak pengamen "unjuk gigi"

Jadi malu, karena pas sampai di lokasi acaranya sudah dimulai, dan sudah banyak blogger yang hadir. Sepertinya, saya yang terakhir deh, malahan. Anak yatim dan anak-anak jalanan sudah duduk rapi mendengarkan pengalaman masa kecil dari teman-teman blogger seperti Eyang Anjari, Erfano Nalakiano dan Fitri, yang sudah dibukukan pula.

Komunitas dBlogger Berbagi
Teh Ani memberikan buku dan sedikit biaya kepada pengasuh SWARA
Komunitas dBlogger Berbagi
Mbak Julie menyerahkan tas dan amplop ke anak jalanan

Dari anak jalanan itu pula, saya bisa mendengar kenyataan bahwa ada di antara mereka yang sudah hidup dan harus mencari nafkah sejak berumur satu tahun. Ditangkap oleh petugas dan dibawa ke Rumah Sosial, namun dicuri kembali oleh ibunya dan dibawa kembali hidup di jalanan. Terpaksa putus sekolah dan di usia yang ke-18 baru mengikuti Kejar Paket B (setara SMP). Dan cerita lainnya.

Berat memang ya. Jadi, musti tetap harus bersyukur, meksipun sejak kecil saya juga hidup di keluarga yang serba terbatas, masih jauh lebih baik karena tidak harus ikut menanggung beban sebagai pencari nafkah membantu finansial orang tua.

Dan di acara berbagi seperti ini, senangnya menjadi berlipat dari kopdar, karena tidak hanya bertemu dengan teman-teman blogger yang belum pernah ketemuan, juga ada kebahagiaan tersendiri, bisa ikut andil dalam kegiatan berbagi.

Komunitas dBlogger berbagi
Lihat kan, semua wajah ceria?

Seneng deh, ketemu [lagi] sama Teh Anny, Mbak Julie, Mas MT, Eyang Anjari, Erfano Nalakiano, Fikrie sama Fitri. Yang baru ketemu ada Delia, Husin, dan tentu saja Kak Zee.

Terima kasih teman-teman dblogger sudah ngajak saya ikut serta. Terima kasih Kak Zee, udah boleh dipakai foto-fotonya. Kapan-kapan ngadain lagi, yaa…

27 thoughts on “Komunitas dBlogger Mengadakan Gerakan Berbagi

  1. Kisah anak-anak itu memang mengharukan.
    Di satu sisi antara mau marah juga sama orangtuanya, bikin anak kok cuma untuk disuruh kerja di jalanan.. Tapi di sisi lain, mungkin juga dia terpaksa karena keterbatasan ekonomi mereka.
    Yang pasti melihat adik-adik itu, kita jadi merasa betapa kita jauh beruntungnya dibanding mereka, jadi harus selalu ingat untuk bersyukur. Alhamdulillah.
    @zizydmk selesai posting Bahagia bersama Mereka (part-2)

  2. Seakan-akan koq bagi orang tua dari para anak jalanan seperti ‘mesin uang’ untuk mereka…
    Masalah ekonomi sepertinya memang yang paling sering dikeluhkan, tapi seharusnya para anak jalanan juga perlu mendapatkan haknya…

    Semoga saja dengan adanya gerakan berbagi ini bisa meringankan beban dan memberikan manfaat untuk yang menerimanya πŸ™‚

  3. Dicuri ibu’nya dari Panti Sosial untuk disuruh/diperalat mencari uang?
    Hiks….akunya kok tetap gk rela dengan alasan apapun… :'(

    But aniwe, sy acung jempol dgn kegiatan sosial seperti ini.
    Salut. Lanjtkan!

  4. Makasih Mba Is sudah bersedia hadir di acara tsb, dan next time kita berbagi lagi yuk πŸ™‚
    Mengharukan dengar cerita cerita anak jalanan itu ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge