Kopdar Lagi, Lagi Lagi Kopdar

Ada tiga kali kopdar yang saya ikuti minggu kemarin, saya mau cerita ya..

[1] GREBEG BLOGGER

Grebeg Blogger

Begitu mendapatkan undangan dari teman-teman deBlogger (Depok Blogger) saya langsung tertarik buat ikutan melipir ke Sere Manis Restoran di Jalan Agus Salim No 16 Jakarta. Temanya itu lho, sharing tentang bagaimana memaksimalkan gadget yang dimiliki untuk ngeblog. Narasumbernya Mas Satria Pinandita dari Lintas.me. Dan acaranya diadain kerjasama dengan Indosat Mobile. Sepertinya bakalan seru karena banyak banget blogger yang bakalan hadir. Sambil dapetin ilmu, sekalian kopdar! 😀

Ngomongin soal gadget untuk ngeblog, saya tetep yang paling utama mengandalkan komputer. Lebih enak saja buat saya, karena ngeblognya sambil duduk dan layar yang dihadapi sangat luas. Keybordnya juga gede, jadi nggak ada masalah bakalan salah pencet. Setelah itu, andalan kedua ya netbook.

Netbook Si Pinky dan Kamera Canon EOS 550D

Tapi bisa dibilang saya jarang banget nenteng-nenteng netbook hanya sekedar untuk ngeblog. Berat, pastinya. Saya lebih memilih untuk nulis postingan setelah tiba di rumah. Kalaupun nongkrong sama temen, nunggu orang, atau datang ke sebuah acara, ya dinikmati aja. Ngeblognya nanti. Soal kamera untuk mengabadikan moment, meski sudah ada DSLR, saya juga jarang bawa kecuali acaranya penting, atau jalan-jalan ke luar kota.

Saya dan Nokia N8
Saya dan Nokia N8, yang moto Om @Priyadi

Trus, ngeblognya pakai apa kalau lagi mobile? Saya nggak punya tableeeettt… 😥 😥 Jadinya ya kalaupun ngeblog pakai HP, memaksimalkan Nokia N8 saya. Kameranya maksimal sih (12MP), itu fitur andalannya. Meskipun nggak bawa DSLR yang berat, saya masih bisa foto-foto dengan handphone dan hasilnya pun tak kalah bagusnya. Hanya saja kalau untuk posting ya tetep ribet. Palingan blogwalking, baca postingan teman dan ngasih komentar. Udah membantu banget kok, karena aktivitas ngeblog bisa sambil naik kopaja atau busway. :mrgreen:

Saya Lagi ikutan Speed Blogging di Grebeg Blogger
Saya Lagi ikutan Speed Blogging di Grebeg Blogger

Ini dia foto-fotonya pas acara Grebeg Blogger:

Nah, pada acara sharing Grebeg Blogger dengan tema ‘Optimalisasi Gadget Untuk Para Blogger‘ ini, diumumin sebuah kompetisi yang hadiahnya sungguh cihuy: iPad 2, Samsung Galaxy Tab 7 plus dan Samsung Galaxy Y. Waaah, blogger sekarang ini kompetisinya mantap-mantap ya.. Bebas Ngeblog Bareng Indosat Mobile ini diselenggarakan dari tanggal 2 April sampai dengan 16 April 2012, jadi waktunya cuma singkat, 2 minggu doang. Buruan yang mau ikutan berkompetisi, jangan sampai kelewat tanggalnya.

Bebas Ngeblog Bareng Indosat

Mekanismenya seperti berikut nih:

1. Kamu harus menulis dengan tema ‘Komunikasi Lengkap Seharian‘. Deskripsikan apa arti bebas komunikasi seharian buat kamu dalam tulisan di blog masing-masing.
2. URL link blog kamu kemudian disubmit via www.lintas.me (peserta harus terlebih dahulu registrasi atau memiliki account di lintas.me).
3. Url link artikel di-submit ke Topik= Internet, Sub Topik= Media Online, Tag= Indosat Mobile. Lihat caranya untuk submit berita atau artikel di sini, untuk tahu apa itu Tag dan caranya, klik di sini.
4. Artikel dapat di-vote langsung oleh user. Artikel dengan vote terbanyak bakal merebut predikat Juara Favorit.
5. Kompetisi ini bebas diikuti semua blogger di Indonesia.
6. Voting artikel untuk merebut Juara Favorit dimulai tanggal 3 April 2012.
7. Periode submit artikel terhitung mulai tanggal 2-16 April 2012.
8. Peserta bebas men-submit tulisan bertema ’Komunikasi Lengkap Seharian‘ lebih dari satu artikel.

[2] GATHERING BLOGGER MIZAN

Kopdar yang kedua, hari Sabtu, 7 April 2012 di Hotel Amaroossa, Jalan Aceh, Bandung. Penerbit Mizan ngumpulin sekitar 35-an blogger dari beberapa daerah, yang diseleksi dari banyak blog dan mengundang yang dinilai potensial untuk menerbitkan buku. Tema yang dipilih: “From blog to best-seller book”.

Saya dan suami ke Bandung hari Jumat pagi, sengaja mau istirahat tidur-tiduran di kota yang dingin itu. Dan baru pulang hari Minggu. Enak juga kalo long wiken, bisa jalan-jalan bareng suami. 😳

Di kopdar Gathering Blogger Mizan ini, seperti biasa, ada beberapa yang sudah sering ketemu, ada juga blogger yang baru pertama kali ketemu. Saya jadi bisa kopdar sama Helda (Medan), Mas Bukik (Surabaya), Mas Anton (Bali), Mas Alamendah (Pati) dan masih banyak yang lainnya.

Ada dua narasumber penulis buku yang ngisi acara ini, Muhammad Asad dan H. Pidi Baiq. Saya sendiri belom pernah baca buku-buku mereka, sih. Dan setelah acara ini semoga blogger-blogger yang hadir semua bisa nerbitin best-seller book seperti yang diharapkan. Amin.

Ini dia foto-foto acara Gathering Blogger Mizan:

[3] KOPDAR SAMA @PENGANYAMKATA

Dulu saya lumayan sering baca blognya Mas Daniel Mahendra (@penganyamkata). Tapi belakangan ini memang jarang sih. 😀 Suami saya yang sering mention-mentionan lewat twitter, sedang saya sendiri baru follow-follow-an setelah ketemu.

Saya, suami dan Mas Daniel ketemu di Museum Konperensi Asia-Afrika, Minggu 8 April 2012. Sehari sebelumnya gagal ketemu karena sudah kesorean. Sepulang dari Gathering Blogger Mizan saya dan suami ke Gedung Sate, sedang posisi Mas Daniel di Dago Atas.

Suami terbengong-bengong karena ternyata novel Epitaph itu adalah buku ke-18 Mas Daniel, bukan yang pertama. 😆 Dan kami kecepetan satu minggu datang ke Bandung, padahal loncing buku barunya Perjalanan Ke Atap Dunia, baru tanggal 14 April besok. 😥

Ini foto-foto kami waktu kopdar:

Gimana dengan acara teman-teman minggu lalu? Ngapain aja?

Author: isnuansa

Emak dengan satu anak yang hobi nulis. Memilih tidur kalau ada waktu luang. Follow saya di twitter: @isnuansa

47 thoughts on “Kopdar Lagi, Lagi Lagi Kopdar”

  1. Saya menyesal karena termasuk salah satu yang diundang tapi gagal datang, padahal persiapan sudah saya lakukan.
    Hari Jumat pagi ada acara diluar kota, perkiraan pulang ke Kendal sorenya, lalu malamnya berangkat ke Bandung.
    Ternyata pulangnya malam karena jalan macet, sehingga nggak bisa ngejar buat langsung berangkat ke Bandung.
    Upomo aku mangakt ning Bandung mesti ketemu Mbak Isnuansa & Mas Gie
    marsudiyanto selesai posting Mengelola Perbedaan

  2. hehehehe mbak is nih aktif banget di kopdar, tapi bener kata jarwadi itu mah piknik blogger. saya yes banget dengan penggunaan komputer untuk blogging, lebih kuat dan mudah digunakan daripada gadget mobile.

  3. Wah itu sih bukan kopdar biasa, mbak. Pasti seru banget tuh…. Eh, perutnya mbak Nunik makin ndut aja tuh. 😀

    Mbak Nunik, blognya aku daftarkan ke Kontes Desain Blog-nya BungaMesa.com. Buat menghargai karyanya Satrya. Saya rekomendasikan sendiri karena saya anggap desainnya bagus.
    budiastawa selesai posting Jangan Biarkan Kaki Kita Malas

  4. Itu mang jazi keliatanya lemes banget ya…seperti baru di tinggal pacar, atau keenakan gitu tempat duduknya…,yang jelas kecapean tuh berangkat dari serang jam 1 nyampe kafe dapat kursi empuk…:)

  5. Beuh…semangat 45 ni mbak Is, sering banget ya kopdaran 😀
    Gak hanya satu kota aja, tapi bisa sampai antar kota 😀
    Btw, keren ya acaranya.
    Aih…saya iri banget! 😀
    Btw, saya udah ikut kok kontes yang dari Lintas.me dan Indosat itu 😛
    Zippy selesai posting Komunikasi Lengkap Seharian

  6. Sebenarnya aku tak mau komentar di tulisan ini karena ada pesan sponsornya tapi begitu melihat dan membaca ada si Daniel Mahendra aku jadi tertarik komentar!

    Dia sahabatku dan kami juga akan ketemu Juli ini!
    Yippie!
    DV selesai posting Dear Papa*

    1. Itu brand sama sekali nggak ada bisikan buat nulis artikel ini lho, Om. Termasuk teman-teman deBlogger sebagai penyelenggara juga.. FYI aja sih.

      Kalo yang saya terima bayaran, ada di kategori Advertorial. 😆

  7. Hi salam kenal,

    kemaren di acara mizan ga sempet kenalan abis aku ga pede hahahaa..
    sbnrnya aku sering denger blog mba dari temen2 blogger yang lain, sempet ngintip juga sih, baru kali ini ninggalin komen.
    kapan2 kopdar lagi yuuuuk 😀
    mila selesai posting Clubbing di Tengah Sawah

  8. selamat ber-kopdar ria, mbak is. pas ada acara gathering blogger yang digelar penerbit mizan, saya dan marsudiyanto dah niatan utk datang, tapi mungkin velum saatnya saya ketemuan sama mbak is. pas tanggal 7, saudara lagi punya hajat, lantas persiapan seminar guraru di slawi tegal. saya masih sangat berharap, suatu ketika saya bisa kopdar bareng mbak is.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge