Mau Ngeblog Tapi Temanya? Tidak Jadi Deh…

Awal mulai ngeblog biasanya seorang blogger belum memiliki ide khusus mau dibawa kemana blog itu nanti. Tetapi kabar baiknya, bingung itu adalah salah satu proses untuk menemukan jati diri, asalkan tetap melakukan aktifitas blogging jadi bukan bingung lalu sudah selesai masalahnya. Mungkin kebingungan itu juga pernah dirasakan oleh beberapa artis blogger

Ada teman yang yang mulai tertarik ngeblog tetapi dia masih bingung menentukan tema, setelah itu dia membatalkan niatnya untuk ngeblog karena alasan tidak tahu tema yang tepat. Padahal dia itu seorang mahasiswa design yang menurut saya cukup pintar, saya juga menyarankan agar dia fokus kepada teman design saja tetapi dia tidak mau dengan alasan belum profesional.

Misalkan awalnya tertarik ngeblog karena diajak teman lalu menuliskan apa saja kegiatan yang sudah atau akan dilakukan. Jadilah blog tersebut sebagai diary digital online yang informasi di dalamnya bisa dilihat oleh orang lain. Syukur bisa memberikan manfaat karena pembaca bisa mendapatkan informasi dari kegalauan dalam aktifitas sehari-hari anda sehingga pembaca tersebut tidak terjerumus dalam lembah kegalauan seperti admin blog yang dibacanya.

Bisa juga blogger yang sangat suka untuk mengunggah (upload) makan siang atau makanan apapun miliknya sebelum dimakan, jadi pembaca mendapatkan referensi siang ini mau makan apa karena memang kenyataan kalau makan siang itu sering kali membingungkan hingga ada teman yang memberikan saran (padahal makananya itu-itu saja tetapi karena diberikan penekanan oleh orang lain untuk makan menu itu maka makanan itulah yang dipilih).

Seperti blog utama saya saja dulunya (sekarang juga masih begitu) berisi curhat dari kegiatan sehari-hari yang dilakukan, lama-kelamaan mulai menemukan jati diri yaitu sebagai blog yang berisi artikel tentang Inspirasi walaupun belum tentu memotivasi (maklum masih pemula).

Jadi kesimpulanya adalah asalkan tidak berhenti menulis, suatu saat nanti (semoga tidak lama) akan menemukan tema yang pas untuk blog yang dimiliki. Berdasarkan referensi dari beberapa panduan blogging, seorang blogger yang serius mendalami dunia blogging nantinya akan mendapatkan value (keuntungan) dari blog yang dimilikinya tersebut. Hanya saja kalau sudah berbicara keuntungan, harus ada modal awal yang harus dikeluarkan (minimal materi atau artikel yang bermanfaat untuk pembaca). Jadi modal bukan hanya dalam bentuk uang.

Mau tema apapun terserah anda, asalkan anda memang benar-benar memahaminya. Jadi kalau ada pembaca yang bertanya dalam komentar, anda bisa menjawab dengan baik dan benar. Mau curhat, teknologi, gosip, pariwisata, kuliner, inspirasi, bisnis dan lain-lainnya yang jelas anda harus memiliki passion (kecintaan) dalam menuliskan artikel (post) pada blog yang dimiliki, agar pembaca juga bisa merasakan semangat dan antusiasme dari blogger yang mengurus blog. Pembaca yang puas dengan kinerja admin blog tersebut biasanya akan mempromosikan blog yang disukainya.

Jadi tunggu apa lagi, ayo mulai saat ini juga!

~~~

Tulisan ini karya blogger tamu Fakry Naras Wahidi, boleh juga lho follow twitternya @optimaks kalau mau kenal lebih dekat. icon wink Pentingnya Memahami Kondisi Psikologis Pengunjung Blog Anda

Ingin menulis di Isnuansa.Com? Baca ketentuannya di halaman Guest Blogger ya. Ditunggu!

Author: isnuansa

Emak dengan satu anak yang hobi nulis. Memilih tidur kalau ada waktu luang. Follow saya di twitter: @isnuansa

29 thoughts on “Mau Ngeblog Tapi Temanya? Tidak Jadi Deh…”

  1. Saya ngeblog diawali dengan memposisikan diri sebagai pengamat dunia hiburan. Jadilah tulisan/posting blog saya lebih didominasi oleh postingan review tentang artis, film, sinetron, dan musik. Saya enjoy melakukannya karena saya memang suka dunia hiburan. Kadang saya juga memposisikan diri sebagai wartawan yang melaporkan hasil pengamatan. Sekalian latihan nulis postingan berjenis berita juga. Eh, ternyata saya pun bisa kayak wartawan…hehehe. Tapi itu dulu pas saya masih aktif ngeblog di blogspot.

    Sekarang sudah jarang nulis ulasan/review dunia hiburan maupun beritanya.

  2. Guest blog lagi Mbak Is?
    tulisannya boleh juga dan sedikit kesentil dengan postingan ini. Masalahnya dulu sempat membawa theme marketing tapi tak satupun postingan terkait dipublish. Hanya themenya saja. seiriang berjalan waktu, posting lambat laun berubah mengikuti alur yang keluar dari diri sendiri.
    Harusnya seperti itu, bukan memaksakan diri menulis post diluar kemampuan, toh hasilnya tak memuaskan
    Kaget selesai posting Blogger, Kalian Jangan Salah Gunakan Komentar!

  3. hahahaha.. jadi inget temen aku yg udah.buat blognya tapi gak diterusin karena ya itu tadi.. bgg mau temanya apa.. padahal blog baru gak perlu tema toh.. menurut aku blog yg bertema itu muncul dr sekian blog2 si admin.. hehehe..

  4. Dan alhamdulillah, setelah hampir setahun ngeblog saya telah membuat 2 tema blog dalam blog yang berbeda:
    1. Gadget, Teknologi dan Android
    2. Lifestyle(yang ini mah, baru mulai)

    *halah, malah jadi curhat di blog orang lain :D*

  5. waduh saat ini saya juga masih bingung nih om…tema apa ya yang tepat untuk blog saya, sebenarnya temanya personal, malah isinya tutorial,,haha bingung ane,,,mohon kasih pencerahannya dong haha

  6. ngblog itu ibarat kita mengikuti pelajaran bahasa indonesia, yang pembahasannya mengarang bebas, kadang suka bingung menentukan tema atau judul yang akan kita karang tuh apa dan isinya bagaimana..tapi ngblog mungkin jauh berbeda dengan karangan bahasa indonesia ngblog butuh inspirasi dan ide2 yang gemilang supaya tulisan bisa menarik pembaca…
    resep kuliner selesai posting Bubur Ayam Pedas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge