Memulai Blog – Karena Cinta atau Harta?

Blogging Antara Cinta dan Harta, Darmawan PanduanIM

Blog saat ini sudah menjadi salah satu media online terbaik untuk melakukan pemasaran. Di samping itu, blog juga masih menjadi tempat yang menarik untuk menuangkan ide-ide penulisnya.

Tak heran dengan alasan tadi blog menjadi jenis website yang paling banyak jumlahnya di dunia.

Secara umum ada dua tipe blogger, yang memulai karena dasar cinta, atau yang mengejar harta. Menariknya, banyak juga yang mendapat harta atas dasar cinta dengan media blog.

Dalam artikel ini, saya akan memandu anda untuk memulai blog atas dasar cinta dengan tujuan harta.

Memilih topik

Ada hal medasar yang membedakan antara orang yang memulai blog dengan cinta dan yang memulai tanpa cinta. Topik blog.

Orang yang memulai blog dengan cinta biasanya memilih topik yang dia gemari. Misalkan orang yang hobi bermain gitar memulai blog tentang cara bermain gitar.

Sedangkan tipe yang satunya memilih topik yang menurutnya akan menghasilkan banyak uang.

Padahal sebenarnya dalam topik apapun, bahkan blog pribadi, bisa menghasilkan uang. Bahkan potensinya lebih besar. Nggak percaya? Saya jelaskan lebih lanjut di bawah.

Bukan berarti memilih topik blog yang tidak kita cintai berarti tidak bisa sukses lho, bisa saja.

Menulis di blog

Blog, isinya sebagian besar adalah tulisan. Maka daya tarik utamanya adalah tulisan yang anda buat. Meskipun bisa juga gambar, video, atau audio, tapi kita fokus dulu ke tulisan.

Blog yang memiliki tulisan yang menarik akan mendapatkan pembaca tetap. Lihat saja kenapa di blognya Mbak Isnuansa ini pembacanya banyak dan selalu datang kembali setiap ada tulisan baru.

Menulis blog yang dilandasi cinta dibandingkan dengan yang tidak, hasilnya berbeda.

Untuk membuat tulisan yang baik, isinya tidak boleh dangkal. Orang yang bisa membuat artikel mendalam dalam suatu topik biasanya orang yang cinta dengan topik tersebut.

Sebaliknya, kalau kita tidak cinta dengan topik yang kita pilih maka menulis akan terasa berat.

Tetapi ada caranya supaya blog tetap berisi konten secara konsisten walaupun anda tidak betah menulis. Dengan menggunakan jasa penulis artikel.

Perlu saya ingatkan kalau memang anda ingin menggunakan jasa penulis artikel yang benar-benar berpengalaman menulis dan kualitasnya tidak sembarangan.

Yang sering terjadi saat ini blogger menggunakan jasa penulis tidak profesional, alhasil kontennya tidak menarik sama sekali.

Mempromosikan blog

Promosi adalah hal terpenting yang harus dilakukan oleh pemilik blog setelah selesai menulis konten.

Ada dua jenis promosi tanpa biaya yang paling populer untuk blog, SEO dan media sosial. Di kesempatan ini saya akan bahas lebih ke arah SEO-nya.

SEO atau optimasi mesin pencari memiliki dua sisi, putih dan hitam.

Sisi putih SEO atau yang lebih dikenal dengan White Hat berarti kita menggunakan cara-cara yang jujur, bersih, dan alami untuk mengoptimasi website.

Sebaliknya Black Hat SEO berarti mengandalkan segala cara supaya website kita mendapat peringkat yang baik di mesin pencari. Umumnya, orang yang menggunakan teknik hitam akan membeli atau membuat backlink sendiri untuk website-nya dalam jumlah banyak.

Saya harus mengakui kalau sebagian teknik hitam ini masih sangat efektif untuk meningkatkan rangking dengan cepat. Tetapi Google makin lama makin ketat dalam menindaklanjuti website yang menggunakan teknik ini.

Jadi walaupun bisa meningkatkan rangking dengan cepat, resikonya juga sangat besar. Malah kita harus siap menunggu giliran blog kita sewaktu-waktu dihukum oleh Google.

Blogger yang mencintai blognya tentu akan ragu untuk menggunakan teknik hitam dan memilih mengandalkan teknik putih. Wajar kan, mana ada seorang ibu yang rela melihat anaknya mati begitu saja.

Tapi lagi-lagi saya perlu menyatakan bahwa orang yang menggunakan teknik hitam juga bisa sukses. Dengan meraup keuntungan semaksimal mungkin sebelum website-nya dihukum, kemudian membuat website baru kembali.

Kalau anda ingin belajar lebih lanjut mengenai topik ini, kebetulan saya punya panduan SEO untuk pemula.

Monetisasi

Anda yang sudah bekerja keras membangun blog pastinya ingin mendapatkan imbalan berupa penghasilan.

Ada banyak cara untuk memonetisasi blog. Yang termudah dan yang saat ini paling popular di Indonesia adalah dengan menjadi penerbit iklan AdSense.

Selain itu ada juga cara monetisasi dengan menjual produk afiliasi. Di Indonesia memang kalah populer jika dibandingkan dengan AdSense karena belum ada produk afiliasi Indonesia yang bisa memberikan penghasilan stabil. Dengan kata lain, anda harus membuat website dengan Bahasa Inggris.

Walaupun begitu, penghasilan dengan menjadi afiliasi relatif lebih besar daripada iklan.

Untuk anda yang memilih blog dalam topik yang anda cintai, ada beberapa peluang monetisasi lagi.

Pertama, dengan membuat produk informasi. Bisa dalam bentuk e-book, video pelatihan, membership berbayar, atau media lain. Sama sekali tidak sulit kalau anda menguasai dan mencintai topik blog anda. Menjual produk sendiri juga lebih menguntungkan dalam jangka panjang karena hubungannya dengan branding diri anda.

Kedua, dengan menjual diri. Ketika blog anda sudah dikenal oleh orang banyak, anda bisa memanfaatkan blog anda untuk menjual diri dalam bentuk pelatihan, kursus, menjadi pembicara, dan lain-lain.

Inilah kenapa tadi saya katakan kalau potensi blog pribadi lebih besar.

Investasikan kembali

Tepat saat anda mendapatkan penghasilan dari blog, berarti blog anda adalah sebuah bisnis dan anda adalah seorang pemilik bisnis.

Sebagai pemilik bisnis, tentunya anda harus menginvestasikan kembali pendapatan yang anda peroleh untuk membesarkan bisnis anda.

Tak jarang saya melihat pemilik website yang lupa menginvestasikan kembali hingga akhirnya mereka kalah oleh waktu.

Investasi yang anda dapat lakukan bisa dengan berpindah ke domain dan hosting berbayar (kalau belum), meng-upgrade tampilan dan fitur blog, dan meng-upgrade diri anda sendiri sebagai pemilik bisnis.

Inilah bagaimana kita bisa memulai blog yang mendatangkan harta dengan berlandaskan cinta.

~~~

Tulisan ini karya Darmawan, pemilik blog PanduanIM.com.

83 thoughts on “Memulai Blog – Karena Cinta atau Harta?

  1. Hmm.. Awalnya sih karena cinta.. Tapi ujung-ujungnya tergiur harta juga…. Hahaha…

    Mbak Nunik, tanya dong, seandainya untuk blog personal atau gado-gado gitu, apakah juga mungkin untuk menjadi sumber penghasilan? Apakah kita harus membuat blog khusus yang digunakan utk mendapatkan penghasilan? Mohon pencerahannya. Blog yang bagaimana ya, yang bisa dikatakan cepat menghasilkan?
    Mohon pencerahannya, terima kasih. 🙂
    Tatang Tox selesai posting Apa Itu Gurindam?

    1. Blog gado-gado apakah mungkin menghasilkan? Mungkin banget. Contohnya blog ini, hehe. Nggak jelas isinya apa aja. Hasilnya lumayan. 😉

      Soal cepat lambat, banyak faktornya. Apa dulu yang mau jadi sumber penghasilannya? Kalau iklan banner, mungkin lebih mudah didapat, misalnya dengan Adsense. Tapi kalau untuk job review, mungkin harus ada jumlah pembaca tertentu yang loyal dan engagement di blognya bagus, baru ada tawaran pekerjaan. 😉

  2. Ada peribahasa yang mengatakan ‘Sambil menyelam minum air’ jadi tidak ada salahnya ngeblog sambil mencari uang. Jika seorang blogger sudah ngeblog dengan baik dan memiliki tulisan-tulisan yang bermutu sehingga pengunjung blognya banyak kemudian dia memanfaatkan hal itu untuk mencari uang tentu tidak masalah.

    Yang salah adalah ketika seorang blogger langsung fokus ke ‘uang’ tanpa terlebih dahulu memikirkan konten blognya. Yang terjadi adalah pengunjung blognya sedikit dan uang pun tidak dapat.

    Saya sendiri saat ini belum memanfaatkan blog saya untuk mendulang uang, tapi untuk kedepannya pasti akan saya lakukan. Alasannya sederhana, saya harus realistis bahwa pengunjung blog saya saat ini belum cukup banyak. Sehingga untuk apa memaksakan memasang iklan kalau hanya untuk mendapatkan Rp.50.000 saja harus menunggu sekian lama.
    LAJUPU selesai posting Blogger Profesional dan Calon Mertua

  3. awalnya pasti karena cinta 🙂 ngeblog itu enak benar sebenarnya. kapanpun kita ada ide disitu kita bisa tuangkan ke dalam blog. tp tidak menampik juga jika monetize blog sebenarnya juga perlu agar blog itu bisa tetep eksis dan berjalan, karena kita bukan robot pasti ada kebutuhan dasar yg harus dipenuhi :). makasi mbak sharenya sangat inspiratif banget
    Avanoustic selesai posting Ular Dengan Sepasang Kaki Ditangkap Di Filipina

  4. Betul banget Mbak Isnuansa, ngeblog dengan cinta rasanya bikin sehat lahir dan batin. Habis nulis, puas rasanya perasaan. Awalnya saya ngeblog cuma ingin merekam jejak kisah saya bersama anak-anak, dan aktivitas saya. Lambat lau, saya rasakan kok jadi nagih ya..Apalagi sudah punya teman2 komunitas blogger, rasanya kalo tidak menulis di blog, ada perasaan bersalah. Bersalahnya, begitu ada yg blogwalking ke blog kita, belum ada informasi terbaru. Semoga bisa konsisten rutin nih mbak aku memposting di tengah seabrek kesibukan lain. Makasih ya mbak pencerahannya.

  5. sangat bermamfat mas,dan judulnyapun sangat menarik,anatar cinta sama harta ,mungkin para blogger yang ada diindonesia mereka tertarik pada pencariaan harta kayanya hehe

  6. hebat… hebat sekali artikelnya… jujur.. sebagian besar kita membangun sebuah blog.. selain menyalurkan hobi dalam menulis tapi juga mengharapkan imbalan atau hasil yang kita kerjakan. Itu menandakan hasil kerja dan hasil yang selama ini kita lakukan..
    terima kasih untuk artikelnya… sukses selalu
    muhammad isra selesai posting Penerapan Keyword Density Pada Artikel Atau Posting Blog

  7. saya pribadi pada awalnya tertarik blogging karena harta atau penghasilan namun seiring waktu ternyata saya mendapatkan kesenangan dan menjadi hobi untuk blogging dan saya menyadari ternyata dengan memiliki hobi blogging lebih terasa enjoy daripada pertama kali niat blogging hanya untuk mencari uang
    android, download film terbaru, komputer, pc selesai posting Cara Mengatasi Dan Memperbaiki Windows 7 Eror Tanpa Install Ulang

  8. menghasilkan uang sangat susah gan bagi saya, karena tiap daftar adsense gak pernah keterima, padahal artikel original

  9. Membaca blog yang nulisnya dari hati, tentu sampenya ke hati juga. Blogger yang pinter pasti bisa menyatukan hati dan uang yaa… Hehe belom bisa tuh!

  10. harta tahta wanita gan
    buat gue ngeblog itu menyenangkan… namun ada kalanya lelah juga hingga akhirnya malas posting… bagi gue blog itu menyenangkan jika kita buat sebagai krja sampingan alias bukan untuk cari harga beras..itu aja gan

  11. Semua berawal dari cinta. Kalau gak cinta, udah pasti malas jadi blogger, ujung-ujungnya gak update dech. Karena berawal dari cinta pasti nanti dapat berkah berupa harta. Tetap semangat menjadi blogger.

  12. Berbagi pengalaman nih, semoga bisa jadi pembelajaran. Saya memulai Blog bukan karena dasar Cinta, tapi Harta. Yup, awalnya saya memulai ngeblog itu karena saya cuman mau dapat uang saja dari blog tanpa susah-susah kerja. Tapi ternyata itu salah. Blog saya sepi pengunjung dan tidak pernah menduduki peringkat pertama Google. Tapi jika blog di mulai dengan Cinta atau Hoby kesukaan, itu bisa mendatangkan pundi-pundi uang tanpa harus diminta.
    Blogger Semprul selesai posting Cara Membuat Blog Gratis di Blogger Bagi Pemula Gratis

  13. artikel yang sangat menarik, btw pengen dech punya blog yang selalu update dengan tulisan-tulisan yang sangat menarik karya sendiri, cuma gimana caranya menumbuhkan minat atau meningkatkan minat buat menulis? atau dengan kata lain minat seh ada cuma pas sudah mau nulis bingung aja mau nulis apa atau bingung buat rangkai kata-katanya. ya menulis kan gak musti ada ilmu jurnalistik kan?
    Razaqa selesai posting Evercoss AT1A Tangguh Buat Gaming

  14. cinta atau harta, judulnya ini loh…gk akan ada habisnya ya mau dibahas 🙂
    terlepas dari itu, balik lagi pengennya ngeblog spy berbagi informasi ke publik *caelah saya mah apah atuh* hihihihi

  15. waaah keren nie tulisan jadi malu dlu ngeblog cman ngejar uang, skarng blajar jadi blogger baik, yang belajar menulis jadi biar bisa di katakan CINTA hehe, keren kak tulisannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge