Menentukan Tema Blog

Tulisan ini adalah hasil karya Imron Rosyidi. Jika Anda ingin menjadi Guest Blogger baca peraturannya.

~~~

Postingan ini berusaha memberikan sebuah gambaran tentang pengalaman saya membuat dan mengelola blog, jika ditotal mungkin ada sekitar 10 blog, tidak ada yang Dummy Blog, semuanya blog yang ada dikelola dengan baik, sebelum menentukan tema untuk ke 10 blog tersebut maka beberapa hal yang telah saya lakukan adalah :

1. Menentukan topik besar yang akan dibahas, karena saya seorang lulusan sebuah sekolah tinggi kesehatan maka beberapa blog yang saya kelola akan bercerita seputar kesehatan.

2. Memecah topik menjadi beberapa pecahan, dalam kesehatan dikenal beberapa profesi kesehatan, profesi ini memiliki keunikan masing – masing. Keunikan ini terkait dengan perbedaan peran dari masing – masing profesi kesehatan tersebut, karena saya seorang lulusan keperawatan maka topik kecilnya adalah seputar keperawatan.

3. Memecah topik tersebut menjadi beberapa keyword yang akan ditembak, caranya dengan melakukan sebuah brainmapping terkait dengan tema yang diinginkan, memunculkan beberapa kosakata yang memiliki korelasi dengan tema tersebut, pecahan tema ini yang nanti akan menjadi judul sehingga judul posting menjadi tertarget dan terjadwal.

4. Menjadikan keyword tersebut sebagai anchor text untuk membangun inbound link, “katanya semakin banyak inbound link semakin baik peringkat kita di Search Engine”.

5. Mengolah keyword menjadi judul yang ” FANTASTIS”, sebuah judul yang membuat orang penasaran dengan content dari judul tersebut, sajikan informasi dengan renyah dan bahasa yang mudah dicerna sehingga orang awam sekalipun akan paham dengan tulisan kita.

6. Melakukan Inbound Link sesuai dengan Anchor text yang tadi sudah ditentukan, sehingga pembaca akan dipahamkan dengan istilah – istilah yang kita gunakan.

7. Pahami trend dan isu terhangat sesuai tema, caranya dengan blogwalking ke web portal yang menyajikan beberapa data dan fakta terkait dengan tema blog kita.

Masih banyak langkah – langkah kecil yang dapat dilakukan dalam
mengelola blog, semakin rinci dan detil langkah – langkah mengelola
blog maka pembaca akan mengenal kita sebagai apa, semakin intens kita membangun brand image maka orang akan dengan cepat menghafalkan url kita, jika sampai brand ini sudah masuk kedalam benak pembaca maka metode word of mouth akan membuat blog kita mendapatkan traffic yang stabil.

Author: isnuansa

Emak dengan satu anak yang hobi nulis. Memilih tidur kalau ada waktu luang. Follow saya di twitter: @isnuansa

18 thoughts on “Menentukan Tema Blog”

  1. kadang kalo di kasih tema suka buntu pas pengen nulis. Jadinya blog saya ga pake tema² gtu 🙂
    .-= fanz´s selesai [nulis] ..Download MP3 Minang Jadul =-.

    Yap, bener. Kesulitannya, jika kita ‘dipaksa’ fokus menulis, ya bakalan sedikit terhambat kreatifitasnya, karena terbatas pada tema itu saja.

  2. salut saya sama mbak nunik. Terbayang semua blognya fokus.

    Salam 🙂
    .-= arkasala´s selesai [nulis] ..Turun Naik – nya Nilai PR Blog Ini =-.

    Yang punya 10 blog itu Mas Imron lho, Kang Yayat…

  3. Kalo wempi dapetin tema pas sewaktu boker boo, gpp kan 😆

    pas boker waktu menghayalnya kan lebih panjaanngg 😆
    .-= Wempi´s selesai [nulis] ..PT. Gold Coin Indonesia =-.

    Dapetin ide kali Wemp…

  4. waduh harus ada temanya ya?
    kalo diriku kok hanya ngasal ya?

    Ini buat blog yang pengen nulis spesifik, Mas. Tapi kalo blognya masih gado-gado sih ya nggak papa juga. Masuk kategori Personal. 😉

  5. Kalau saya termasuk org yg masih bingungan.. sudah berkali kali ganti tema blog , tp krn ngerasa gak ada bakat nulis aku ambil tema sesuai hobby ajah 🙄 “Sekitar Berita , humor dan Musik”.. baca2 sekalian cari referensi dibumbuin sesuai selera .. disuguhkan dengan penutup Musik. Hal ini saya pilih karena keterbatasan Pendidikan saya yg sangat minim sekali.
    Sesekali sih nulis juga Puisi atau pengalaman ringan yg lucu atau yg lainnya.., btw. kalau kebanyakan rekan pd perhatikan PR atau Alexa dll.., saya sih gak begitu mikirin lah.. Ngeblog jalani suka2 kita.. santai dan enjooy.. ajah haa..haa..

    Salam.
    .-= embun777´s selesai [nulis] ..Manfaat Blog =-.

    Sekitar Berita, Humor, dan Musik, itu berarti sudah tema yang khusus kan ya? Soal PR dan Alexa, memang ada yang memperhatikan ada yang tidak. Menjadi penting jika akan dimonetasi dan tidak berpengaruh jika blog hanya digunakan sebagai media berbagi tulisan saja…

  6. Huebat mbak, sampean. Ngurusi 10 blog, ckckckckckck. saya ngopeni satu saja sudah keleleleleleran ……. Perlu belajar nih.

    Mas Rochman… Bukan saya yang punya 10 blog. 😆 Ini kan Guest Blogger, tulisannya Mas Imron, yang punya 10 blog, bukan saya…. :mrgreen:

  7. saya termasuk yang tidak spesifik dalam menentukan tema, ide tulisan berdasar pengalaman sehari-hari jadinya gado-gado mba…
    .-= mamah aline´s selesai [nulis] ..Married dan masa depan =-.

    Gado-gado yang penting enak… 😛

  8. 10 blog, apa nggak mencret tuh mbak ngurusinya. Ha ha ha. Saya 3 blog saja sudah keteteran sehingga ada yang dianak emaskan dan ada yang di anak mbakyukan.
    Thanks tipsnya.
    Salam hangat dari Surabaya

    Bukan saya lho, PakDhe… 10 Blog itu Mas Imron. Saya sih cuman satu ini aja yang aktif dan dianakemaskan…

    Salam kangen PakDhe, maaf belom bisa jalan-jalan ke Surabaya nengok blog Pakhe…

  9. “Pahami trend dan isu terhangat sesuai tema”

    Hal tersebut bisa diartikan sebagai nembak keyword kan mbak? 😆 Seringnya, blogger lebih suka melenceng dari tema blognya pas lagi nembak keyword. Mungkin karena nggak nemu ide hangat yang sesuai tema blognya.

    Mengenai menentukan tema blog, sebaiknya tidak terlalu luas dan tidak juga terlalu sempit. Pertengahan saja. Dua tema utama dalam satu blog sudah cukup bagus buat memfokuskan diri (kayak blog saya) 😳
    .-= iskandaria´s selesai [nulis] ..Tukeran Link, Masih Efektifkah dalam Mendongkrak Pagerank? =-.

    Hahaha, akhirnya narsis juga. 😳

    Nggak papa, biar jangan jadi monopoli saya narsis soal blog sendiri, hihihi… 😆

  10. tema saya apa ya ??

    kebingungan, kengawuran, dan imajinasi.
    mungkin begitu 😐
    .-= alisnaik´s selesai [nulis] ..hadiah spesial untuk tahun Hijriyah 1431 =-.

    Hehehehe, jangan gitu ah…

  11. salut untuk Imron.. 10 blog.. **bundo pingsan
    .-= nakjaDimande´s selesai [nulis] ..Menerka Alam =-.

    Saya juga pigsan waktu pertama baca.

  12. Sama dengan pembaca yang lain, aye juga bikin blog gado-gado.
    kalo sesuai tema udah banyak yang bikin jadinya bingung mau pake tema apa.

    punya 10 blog? wuih…. satu aja dah bingung mau diisi apaan.
    tapi, terima kasih atas ilmunya…
    ~~~
    Bukan saya lho yang punya 10 blog… 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge