Mengapa Orang Mau Menjadi Guest Blogger?

Pernah [atau, berkali-kali] ditolak ketika mengajak tukar link dengan rekan blogger yang lain? Anda nggak sendirian. Karena selain sudah nggak musim :mrgreen:, tukar link bisa dianggap sebagai sebuah kegiatan yang tidak saling menguntungkan. Secara hitung-hitungan kasarnya, sebuah blog yang ber-Page Rank 4 pasti males kalau sidebarnya dipenuhi oleh link-link ber-Page Rank 0.

Nah gambaran di atas akan saya pakai untuk menjawab mention pertanyaan dari seorang teman, “Saya lihat blog Mbak Nunik isinya Guest Post melulu. Gimana sih caranya menarik orang lain supaya mau menulis di blog kita?”

Jawabannya adalah, Guest Post merupakan sebuah kegiatan yang lebih saling menguntungkan jika dibandingkan dengan bertukar link. Tentu saja ada persyaratan yang harus dipenuhi terlebih dahulu oleh sebuah blog, sebelum dia siap membuka Guest Post di blognya. Jika syarat tersebut belum dipenuhi, ya orang akan malas menulis untuk blog tersebut.

Pada umumnya, sebuah blog sudah layak menerima tulisan dari orang lain jika blognya telah memiliki Page Rank, Alexa, dan trafik kunjungan [pembaca loyal] yang cukup. Hal tersebut penting karena, seorang Guest Blogger akan “dibarter” waktu dan usahanya untuk menulis dengan backlink berkualitas dan kunjungan dari pembaca blog yang menerima Guest Post tersebut.

Dan tidak hanya hitung-hitungan yang bersifat material seperti di atas, proses Guest Blogging juga melibatkan persahabatan. Bisa jadi, tanpa embel-embel Page Rank, backlink, dan trafik, seorang teman akan tetap mau menulis untuk blog kita. Beberapa orang bahkan tak hanya sekali saja menulis untuk saya, Bli Wira, Mas Imron, Satrya, Mas Darin, sudah menulis masing-masing dua judul di blog saya.

Mas Imron Rosyidi memberitahu saya via email, bahwa beliau mau menulis di blog saya salah satunya untuk mengasah kemampuan menulis. Karena blognya bukan tentang blogging, dan di Isnuansa.Com menulis tentang blogging, orang akan mengetahui kapasitas kemampuan menulisnya luas. Guest Blogging juga meluaskan networkingnya. Dan katanya, menulis Guest Post di Isnuansa itu mudah! Beliau pernah menulis untuk blog lain dan ditolak. Di Isnuansa.Com seingat saya, hanya pernah meminta penulis untuk merevisi beberapa tulisannya yang salah ketik [typo] saja.

Bahkan, Mas Darin membuatkan saya artikel khusus [lagi] yang akan tampil tiga hari ke depan dengan judul “Keuntungan Guest Blogging dan Tips Mengundang Blogger Tamu di Blog Anda“. Nantikan, ya!

Atau, teman-teman mau berbagi, sudah pernah menulis Guest Post di blog orang lain? Kenapa mau menulis di sana?

Author: isnuansa

Emak dengan satu anak yang hobi nulis. Memilih tidur kalau ada waktu luang. Follow saya di twitter: @isnuansa

44 thoughts on “Mengapa Orang Mau Menjadi Guest Blogger?”

  1. Iya, kayaknya dah lama banget ngga denger ada yg ngajak2 tuker link. Mungkin blogger2 sekarang sudah tahu esensi dari networking 🙂

    Yup, menulis untuk blog lain (guest blogging) keuntungannya ‘lebih dalem’ ketimbang bertukar link. Dan saya kira faktor yang paling penting dalam memilih blog yang layak tuk dijadikan wahana guest blogging adalah blog yg telah memiliki pengunjung loyal, jadi visibilitas (penampakan) artikel kita akan makin terlihat.

    Yah, lebih jelasnya nanti ada di artikel selanjutnya deh 😀

    Oya, alasan kenapa saya suka menulis di sini, hmm.. karena udah ‘chemistry’ kali ya hehehe

  2. iya nih kayaknya emang udah lama nggak pernah ada lagi yang minta tukeran link.. kalau dulu sih sebelum tahun 2010 kayaknya masih sering dapet yang beginian.. blog saya nggak nyediain sidebar/blogroll untuk memasang link, jadi memang biasanya saya tolak jika ada yang meminta tukar link.. saya lebih suka mem-follow blog dibandingkan memasang blogroll pada blog..

    membaca cerita ibu kayaknya seru juga ya jadi guest blogging 😀
    Tri Setyo Wijanarko selesai posting Baby Grave-Kambira, Kuburan Bayi Dalam Pohon Taraa’

  3. Bahkan saya kenal Guest Blogging dar Mba Is 😀 *dasar kuper

    Pengen si, tapi minder. Pertanyaannya sama : Apa sudah layak?

    Paherank blog saya aja turun 😀

  4. Wah, kena deh saya 😆

    Saya pernah beberapa kali ditawarin nulis di blog lain sebagai penulis tamu. Tapi rasanya saya kok sulit banget nyari ide yang pas untuk saya tulis di blog lain. Ujung-ujungnya ya tetap ngerasa lebih nyaman nulis di blog sendiri. Atau mungkin karena saya juga cenderung egois yach. Gak papa juga deh kalau ada yang bilang hanya jago kandang…xixixi
    iskandaria selesai posting Blog Sebagai Sarana Dokumentasi dan Manfaat Nyatanya Bagi Saya

    1. Hahaha, waduh kok jadi gitu sih Mas Is 😀

      Guest blogging cuma jalan kok, jadi ngga masalah jalan itu dilalui atau tidak. Yang penting jalannya ada 🙂

  5. iya mbak.. aku aja yg PR nya cuma 2 males buat tukaran link. soalnya sampai sekarang aku gak tahu juga apa manfaat tukeran link dg pengunjung yg baru beberapa kali aja (bahkan sekali) berkunjung..

    dan aku blm pernah jadi guest mbak.. blm kepikiran.. mgkn boleh neh tujuan pertama.di blognya mbak nunik 😉

  6. Saya pun berbangga karena pernah menjadi Guest Blogger di Isnuansa.Com. Itu saya lakukan ketika saya masih mengelola Budiastawa.Com. Tapi sekarang, saya hanya memakai wordpress.com yang terbilang gratisan. Tapi mbak Nunik dengan baik hati berkenan merubah link pada guest post-nya dengan link blog saya yang sekarang. Saya terharu.

    Membaca tulisan ini, saya jadi terketuk ingin menulis lagi untuk blog ini. Apa masih terbuka peluang untuk saya, mbak? 🙂
    budiastawa selesai posting Nomor Cantik itu Relatif

  7. Tukar Link? Hmm emang gak jaman sih, lagian emang males aku ngasih blogroll di sidebar, menuh-menuhin #sombong

    Aku masu sih buka guest blogger buat siapa aja yg mau nulis ttg Rusa dan Bawean, tapi buat pengalaman sendiri, bukan berdasarkan rangkuman dari berbagai referensi 😀
    Rusa selesai posting Kampanye Earth Hour Surabaya 2012

  8. Saya pun baru paham tentang Guest Blog ini mba, ternyata banyak sekali manfaatnya ya, sayapun ingin dong jadi guest blog di blog Mba Isnuansa yg famous 🙂
    anny selesai posting Satpam diri

  9. saya baru dua kali aja jadi blogger tamu,
    dan temanya sih suka2 kita aja, jadi bersedia mengajukan diri dan yang terakhir di blognya ordinary trainer ada karsini, tulisan tanpa disebut penulisnya harus ditebak oleh teman lain..
    seruuu… kalau teman bisa kenal tulisan kita
    monda selesai posting Tak Dijemput

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge