Mengorbankan Gravatar Demi Bisa Berkomentar

Apa enaknya ngeblog tanpa jalan-jalan membaca tulisan orang lain dan berkomentar? — Nunik, yang lagi kesel sama Matt.

Saya mau protes sama Matt, tapi nanti pasti gantian diprotes; “Emangnya siapa lo?” :mrgreen: Ya sudah, bisanya menerima saja untuk sementara apa yang sudah diputuskannya. Mengalah dengan cara mengorbankan gravatar saya demi bisa berkomentar di blog yang masih numpang di WordPress.Com.

Awalnya, seperti biasa saya berkunjung ke blog-blog yang telah terlebih dahulu memberikan komentarnya di blog saya. Jika tertarik dengan tulisannya, sayapun mencoba mengetikkan komentar. Tiba-tiba ada notifikasi: “That email address is associated with an existing WordPress.com (or Gravatar.com) account. Please click the back button in your browser and then log in to use it.”

Kaget. Karena saya sudah nggak ingat lagi, email saya itu saya pakai untuk mendaftarkan blog yang mana. Setelah saya cek, dengan beberapa kali percobaan memasukkan password (lupa juga saya passwordnya apa), akhirnya bisa login juga. Tapi, dhuaaarrr, itu blog kan sudah bertahun-tahun yang lalu tak pernah lagi saya masuki. Masak setiap kali saya berkomentar saya harus login ke dalam blog yang tidak saya pakai?

Entah alasan logis apa yang menyebabkan Pak Matt memberlakukan peraturan gila semacam itu. Pengen rasanya boikot, nggak usah komentar lagi di blog-blog yang masih numpang sama Matt, tapi kok ya itu kejam namanya. Blogger yang numpang kan nggak bersalah. Mereka harus patuh sama yang punya rumah. Tak mau menyerah, saya mencoba berbagai cara, supaya tetap bisa berkomentar dengan gambar avatar yang selama ini saya pakai demi konsistensi. Bikin gravatar baru dengan email baru. Nggak menyelesaikan masalah, karena tetap syaratnya: harus login! FTW!

Mungkin, ada yang akan nyinyir mengomentari, login aja kok repot! Ya, buat saya memang repot. Kalau komputer kita pakai sendiri sih, mungkin nggak akan masalah, tapi kalau yang masih gantian seperti saya dan suami, yang sama-sama blogger dan sama-sama pengen blogwalking juga, pasti repot! Iya, ini derita saya, lha emang ini lagi curcol kok. πŸ˜€

Meski saya tahu betapa pentingnya sebuah gravatar saat blogwalking, demi berkomentar di blog yang masih numpang di Matt, akhirnya saya masa bodoh, komentar tanpa gravatar.

Author: isnuansa

Emak dengan satu anak yang hobi nulis. Memilih tidur kalau ada waktu luang. Follow saya di twitter: @isnuansa

51 thoughts on “Mengorbankan Gravatar Demi Bisa Berkomentar”

  1. Sama! Aku juga jadi kesal banget sama Matt. Aku jd gak bisa komen lg pake e-mail lamaku. jadinya terpaksa aku bikin e-mail baru, gak sign-up ke gravatar, untuk komen di blog2 wp. tapi ya itu… komennya gak pke avatar. ya gpp deh. ketimbang gak komen. πŸ™

  2. Saya sudah tulis solusinya di blog saya, mbak. Bagaimanapun memang harus login. Parahnya lagi, WP.Com dan Gravatar.com ternyata user-database-nya jadi satu. Entah sejak kapan? Heran saya.

    Sekedar login pun nggak cukup ternyata. Di bagian profile kita harus tambahkan blog WP.org kita supaya dikenali. Nggak ngerti dah apa maunya WP.com kok kesannya seperti mau monopoli.

    Saya sendiri bela-belain login aja, biar muka saya tetap nongol di blog teman.
    budiastawa selesai posting 20 Hari Memulung Kata

  3. WP.Com mulai monopoli ya Mbak…
    sekarang saya juga wajib login dan mengganti manual url dibawahnya…. merepotkan!
    Mungkin salah satu cara ampuh mengurangi Spam dengan register user.
    Ide Matt sebenarnya boleh juga, kita juga dibebaskan mengganti url,…. itu sudah fair ko’ πŸ˜€
    Kaget selesai posting Spiderman, Nyawa Tanpa Harga

  4. setelah lama tidak buka dot com / hiatus .
    setiap bw dan bercomentar di blog teman kok gak bisa masuk apa salahku .
    eee ternyata bukan aku saja ……..biarpun sudah login tetap aja out.
    jangan2 disini juga ditolak .sama aje dong wis lah

  5. Saya malah suka dengan aturan baru ini lho Mbak, saya selalu masuk WordPress jika berkomentar, demikian juga untuk layanan lain.

    Saya tidak tahu alasan di balik kebijaksanaan ini pastinya, namun belakangan ini cukup marak ID theft, jadi saya rasa ini adalah langkah penting dan bagus dari pihak WordPress.
    Cahya selesai posting Petualangan Hugo Cabret

    1. Iya juga sih, Bli, dengan mengharuskan login, itu berarti keamanan pengkomentar akan terjaga, karena komentar tersebut bisa dipastikan dibuat oleh ybs. Kalau tanpa login, pencurian identitas memang mungkin bisa dilakukan.

      Tapi ya buat saya tetep ribet, karena harus login ke blog yang sudah karatan, dibukak saja nggak pernah, itu yang membuat saya malas. πŸ™

  6. Makanya saya hijrah dari sana ke blog self hosting, mbak. banyak kebijakan yang berubah sekarang, teriring banyak fitur baru yang ok disana. Entahlah Abang Matt satu ini lagi kumat egonya makanya takut tersaingi.

    Oh iya, mampir ya ke blog baru saya. ya #loh kok promosi? hehe maklum PromCol (promosi colongan) :mrgreen:
    Andi Sakab selesai posting Hello world!

  7. Tapi di blog saya nggak gitu kan mbak?
    Buktinya wajah lembut mbak selalu muncul kok hehe..

    Btw dah lama nih senyum manis mbak nggak nongol di blog saya
    I wait mbak

  8. iyaa mbak.. kemaren pas awal2 diberlakukan hukum itu *jyaahh hukum*, banyak yang protes.. tapi ya untungnya blogger selain wp masih mau mencoba berbagai cara supaya tetep bisa berkomentar, termasuk mbak is.. tapi tenang, dhe udah hapal wajah manis mbak is kok.. jadi meskipun tanpa gravatar dan pasang wajah manis, dhe udah tau siapa pemilik domain isnuansa.com πŸ˜€

  9. wah, bener banget mbak. Aku juga ngeluhin hal ini udah sejak beberapa minggu yg lalu avatar cantikku *dikeplak* jd gak nongol lagi sejak kang Matt bikin aturan seperti ini πŸ™

  10. Aku juga pernah mengelamin hal tersebut. Kemarin-kemarinnya enak banget blogwalking dan berkomentar. Eh ternyata keesokan harinya aku dibukkan untuk mencari referensi bagaimana caranya agar bisa berkomentar. Seharian tidak menemukan caranya untuk bisa berkomentar dan pada malam harinya aku iseng untuk login di WP (padahal gak punya blog di WP) hanya punya akun di Gravatar, ternyata minta reset password. Setelah itu tak reset, dan alhamdulillah setelah mencoba untuk login bisa. Kemudian iseng berkomentar, akhirnya bisa juga. Seperti itulah pengalaman yang kurang menyenangkan. Akan tetapi tidak sampai mengorbankan Gravatar… πŸ˜€
    SlameTux selesai posting Hal yang Harus di Perhatikan Blogger dalam Menulis

  11. Bener banget tuh mbak ya,setiap saya mau berkomentar di wp.com mesti muncul log in mulu dech ckkckckkckc,mungkin saja agar yang si pengomentar nyaa bukan spam alias penyusup gitu heheheh πŸ™‚ btw lam kenal y mbak …………..
    juragan online selesai posting cahaya itu πŸ™‚

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge