olahraga

Olahraga Apa Yang Cocok Untuk Blogger?

Perlukah blogger berolahraga? Pertanyaan tersebut memang mudah untuk dijawab. Dengan jawaban yang hanya dua macam “perlu” dan “tidak”. Tapi anda menjawab yang pertama atau yang kedua tentunya harus dengan alasan karena ini kan bukan soal PG (pilihan ganda) untuk peserta UN  yang cukup menghitamkan jawaban dengan pensil 2B. Sebetulnya olah raga memang merupakan kebutuhan setiap orang, termasuk seorang blogger disela-sela aktivitas kesehariannya duduk berjam-jam di depan komputer, harus pula diselingi dengan berolahraga. Maksud penulis olahraga untuk kesehatan lho, bukan untuk prestasi karena kalau untuk prestasi kan namnya juga atlit bukan blogger.

Kebanyakan blogger punya aktivitas lain selain ngeblog ada yang pelajar, mahasiswa, pegawai, guru, dosen, ibu rumah tangga, atau pebisnis, tentunya waktu kegiatan sangat padat. Tapi demi kesehatan  maka harus tetap menyempatkan diri atau menyisakan waktunya untuk berolahraga secara rutin, misalnya yang terjadwal minimal 2 kali per minggu. Alasannya selain berolahraga berfungsi sebagai jaga kondisi tubuh tetap prima, maka ketika berolahraga kadang-kadang suka saja mendapat ide untuk menulis blog contohnya ide dari tulisan ini.

Olahraga apa yang cocok buat seorang blogger?

Olahraga bagi siapa pun termasuk blogger tentunya harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi, serta keuangan karena dalam berolah raga kita memerlukan biaya juga. Makanya kita harus pandai memilih olah raga yang murah meriah sesuai dengan kebutuhan serta tidak mengganggu kegiatan blogging.

Misalnya untuk memilih jenis olahraga perlu juga disesuaikan dengan usia:

  1. Bila anda seorang blogger pelajar atau mahasiswa yang masih muda, maka olahraga yang cocok adalah: basket, main bola, futsal, atau berenang. Karena pada usia ini masih termasuk ke dalam massa pertumbuhan jadi perlu menggerakkan otot-otot besar. Dan secara fisik masih memungkinkan untuk olah raga yang membutuhkan stamina tinggi.
  2. Bila anda usia 25 sampai 30 tahun kira-kira olah raga yang cocok adalah: bulu tangkis, berenang, fitnes, jogging, tenis, golf (bila keuangan mencukupi). Pada usia ini tubuh manusia sudah mulai lewat masa pertumbuhan dan cenderung stagnan jadi olah raga hanya diperlukan sebagai sarana untuk menjaga kondisi fisik supaya tetap prima. Maka olah raga yang membutuhkan gerak dengan otot-otot besar seperti basket dan main bola sudah kurang cocok.
  3. Bila usia 36 tahun ke atas jenis olah raga yang cocok kira-kira: tenis, joging, fitnes, dan golf (bila keuangan mencukupi) pada usia ini fungsi otot tubuh sudah mulai menurun sehingga diperlukan olah raga yang tidak terlalu berat. Misalnya tenis lapangan termasuk jenis olah raga segala usia karena sifat dari tenis adalah olah raga yang santai  dalam hal gerakan sehingga aktivitas jantung untuk memompa darah tidak terlalu cepat, tidak seperti, main bola, basket dan  bulu tangkis yang banyak memompa darah ke jantung  karena aktivitas gerakan yang cepat.

Adakah diantara blogger pembaca yang tidak pernah berolah raga? Nah mulai sekarang sempatkan waktu dech. Biarpun hanya jogging dan jalan kaki keliling lapangan Monas, sekalian melihat keadaan di dunia nyata sebagai salah satu cara untuk mendapatkan ide menulis.

Demikian sedikit berbagi pengetahuan serta pengalaman dari blogger dalam bentuk tulisan bila ada kekurangan atau kesalahan mohon koreksi di kolom komentar.

~~~

Tulisan ini karya Asep Sanaul Zaman, pemilik GuruBelajar.Com.

Twitternya bisa difollow di @gurubelajar.

Mau menulis juga untuk isnuansa.com? Baca caranya di sini.

98 thoughts on “Olahraga Apa Yang Cocok Untuk Blogger?

  1. saya termasuk yang jarang olah raga, udah rasa setengah mati aja naik turun tangga di tempat kerja hehehe … moga2 itu bisa dikategorikan sebagai olah raga hehehe

  2. kalau ngantor, aku ga sempat olahraga . Tapi, selama pergi ngantor saya memilih untuk jalan kaki. Dari depan rumah ke depan komplek, jalan kaki. Dari stasiun palmerah ke flyover, jalan kaki. Naik yang ke pancoran. Dari pancoran ke kalibata, jalan kaki juga.

    Kalau sudah dikantor, saya memilih naik tangga ketimbang lift. Kalau duduk kelamaan, saya sempatkan gerakan ala pemanasan. Dan, tidak lupa air putih.
    Aditya Eka P selesai posting Walk 4 Autism & Autism Expo 2012

  3. Hmmm…. Kalo punya waktu saya menyempatkan untuk bermain sepakbola dan badminton, padahal kata dokter saya disarankan untuk berenang karena penyakit lemah jantung ^^
    Deny Gnasher selesai posting Mau makan apa hari ini?

  4. Saya salah satunya yang jadwal olahraganya tak menentu.

    Tapi setelah kini bekerja di Jakarta yang ritme hidupnya seperti diuber-uber kamtib, saya fikir berlari-lari mengejar metromini dan jalan cepat melintasi jembatan penyebrangan adalah salah satu bentuk olahraga juga. Meski saya belum begitu pasti efeknya.

    Dan saya sangat setuju dengan artikel ini. Blogger pun perlu atau bisa dikatakan harus kalau ingin tetap konsisten ngeblog.

  5. Selama diboncengin pembalap Rossi yang komentar di atas 😀 sekarang ini jarang olah raga. Perut juga makin gede, yang biasanya satu dua pakaian masih sempet nyikat dan nyuci dengan tangan, kini pindah masuk tabung mesin cuci semua. Yah, emang berat menyisihkan waktu buat berolahraga. 😥
    isnuansa selesai posting Olahraga Apa Yang Cocok Untuk Blogger?

  6. Mantep Bun,, ane suka maen futsall bareng temen” bun.. maklum sangat menyukai bola,tp klo maen bola di lapangan stadion malah ngos”an.. hehehe.. 😀

  7. Waduh agak telat kayaknya nih datang berkunjung mba (Sok akrab ya..) 😀
    Sebelum saya kenal dunia blogging, jadwal olah raga saya bersama teman-teman alhamdulillah bisa dijalankan terus sesuai yg dijadwalkan. Tapi pada saat kenal dunia blogging (tidak juga menyalahkan dunia blogging sih) jadwal olah raga tersebut kadang dikerjakan dan kadang juga tidak. Satu rutinitas olah raga yg masih tetap saya lakukan walau cuman sebentar saat ini adalah main futsal tiap sore di kampus.
    Agung Talaga selesai posting Cara Memasang CommentLuv Pada Blog

  8. alhamdulillah, buatku olah raga itu menjadi suatu kebutuhan …
    jadi harus berolah raga setiap hari ,
    kadang pagi, siang atau bahkan sore, disesuaikan saja waktunya dgn kegiatan lain ….
    intinya …olah raga harus dan alhamdulillah masih bisa menikmati hasilnya ….
    salam
    bunda lily selesai posting Sadarkah Kita

  9. Ini nih…kebanyakan orang, seperti saya, olah raga hanya dilakukan jika mau. Belum lagi alasan tidak ada waktu. Mudah2an makin sadar kalau umur mulai menggerogoti raga dan mesti menjaga raga sebaik mungkin. Tapi bener kata pakdar (ptkguru.com)…yang penting judulnya olah raga…..apapunlah itu!

  10. waduh kok.aku gak ada masuk kategori diatas seh? aku kan 20an awal.. belum 25.. tapi bukan mahasiswa.. jd gak perlu olahraga dong yak 😉

  11. Sebenarnya dulu suka voly tiap sore. Tapi sekarang di kerjaan mulai dapat shift jadi gak ada waktu. Mau masuk tim Perusahaan juga skill saya masih dibawah standard. Jadi sekarang cuma bisa stretching sama apa aja yang penting berkeringat. 🙂
    Reyzha selesai posting Membuat Recent Tweet

  12. blogger penting banget lah olahraga. secara aktivitas blogger lebih banyak di depan kompi ato lepi n sangat sedikit sekali gerakan. hal ini akan membuat metabolisme di dlm tubuh tdk berjalan lancar dan dapat menyebabkan penumpukan lemak ato gula yang nantinya bisa berujung pada penyakit yang serius seperti jantung, diabetes, dll.
    oleh karena itu kita harus mengimbangi aktivitas ngeblog dg olah raga secara teratur..
    semangat kk..
    eljihadi selesai posting Randang Padang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

CommentLuv badge